silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Pinta Ulina Br Barus
    NIM : 858523521
    Menurut tanggapan saya mengenai video anak yang mogok belajar ini sangat membantu saya untuk memberi perngertian lebih, mengenai anak yang mogok belajar, hanya masih biasa melakukan mengajak anak bermain, tetapi itu menjadi kebiasaan yang kurang mendukung untuk mengembangkan semangat belajarnya dengan baik, dan video ini mengajarkan saya untuk lebih mendekat diri dengan cara yang baru yang bisa lebih mendekat kan diri dengan anak, memberi motivasi, membangun rasa inggin tau anak sesuai perkembangan, saya sebagai pendidik pertanyaan mengapa anak mogok belajar atau tidak masuk sekolah karena guru sudah rindu terhadap anak, guru memperhatikan hal yang membuat anak senang dan melakukan pengayaan untuk anak agar anak bisa lebih mau untuk tetap sekolah dan belajar bersama dengan teman-temannya.

  2. nama : Reschy Surya Ningsih
    Nirm : 859428882
    Pokjar: Luwu Utara
    dalm matah kuliah pemantapan kemampuan mengajar, anak mogok tidak mau belajar, yang harus di lakukan guru yaitu guru harus melakukan dengan menyenangkan dan menarik bagi anak, dan guru harus memotivasi anak untuk selalu mau mengetahui sesuatu hal

  3. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). langkah-langkah guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kasus dimana seorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

  4. NAMA ; NUR FARIDA
    NIM : 857991025

    Sangat menarik sekali video yg barusaja saya simak, yaitu mengenai anak yang Mogok tidak mau belajar. Hal ini juga sedang saya alami di sekolah TK lembaga yang saya ampu. dengan menymak video tersebut setidaknya ada solusi atau masukan bagaimana cara kita mengatasi anak dengan masalah tersebut.Dan yang sedah saya lakukan adalah dengan pendekatan melaui orang tuanya, yaitu dengan bertanya tentang masalah – masalah yang mungkin berpengaruh dengan perubahan sikap anak tersebut terutama saat disekolah. Setelah kami telusuru ternyata tidak ada permasalahan yang seriys pada keluarganya sehingga saya menanyakan langsung pada anak tersebut, akan tetapi tidak ada jawaban yang bisa saya sikapi.karena kebetulan anaknya juga memang pendiam.
    Dari berbagai macam cara yang sudah saya lakukan ahirnya saya bisa ambil kesimpulan ternyata anaknya merasa kurang diperhatikan oleh Guru waktu di lingkungan sekolah.sehingga guru mulai memberikan perhatian khusus lagi bagi siswa tersebut sampai anak tersebut ceria kembali dan bisa bermain bersama teman – temannya dan mau belajar bersama teman – temannya juga

  5. nama : sinta safitri
    nim :858010882
    Dari vidio diatas menjelaskan akan pentingnya guru untuk dalam memahami anak,guru harus membuat anak senang dalam kegiatan belajar,dunia anak usia dini ialah bermain maka dari itu guru harus membuat pembelajaran yang menyenangkan,adakalanya ada anak yang mogok belajar/sekolah dikelas karena faktor tertentu misal ketakutan,keterpaksaan anak dalam mengerjakan tugas,sakit hati terhadap perbuatan/perkataan anak terhadap guru, dll,sehingga guru harus harus mencari alasan kenapa anak mogok sekolah,kemudian guru melakukan home visit dengan berkomunikasi dengan orang tua penyebab anak mogok sekolah,kemudian guru memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar sesuai minatnya serta menyenangkan bagi anak.Vidio tersebut sangat bermanfaat bagi guru memberikan cara untuk menangani anak yang mogok tidak mau belajar/sekolah.

  6. Nama : Martini Dwi Febriyanti
    NIM : 85748983
    Video ini memperlihatkan pendekatan yang baik dari guru dalam menenangkan anak yang tidak mau bergabung dengan temanya saat belajar.
    Yang dilakukan guru untuk menangani anak yang mogok antara lain :
    1. Guru mencari informasi dari anak atau orang tua melalui kunjungan rumah, dengan bertanya mengapa anak enggan masuk sekolah, meskipun teman-teman dan guru sudah menantikan kedatangannya.
    2. Memberikan Anak kebebasan memilih, apakah ingin belajar di kelas atau di tempat lain seperti perpustakaan atau ruang guru, untuk menghindari kebosanan belajar di kelas.
    3. Memberikan waktu bermain yang telah disepakati bersama anak, karena anak merasa bahwa kesepakatan tersebut merupakan bagian dari proses pembelajaran mereka.

    Refleksi untuk saya setelah menonton video tersebut :
    Menghadapi anak yang mogok belajar mengajarkan saya pentingnya pendekatan yang empatik dan komunikasi yang baik dengan anak dan orang tua. Fleksibilitas dalam pemilihan belajar dan bermain membantu menciptakan kenyamanan dan mempertahankan motivasi serta perkembangan emosi anak.

  7. Nama: Nazilatul Fatihah
    NIM: 860143376
    Terima kasih atas video-video pembelajarannya. Saya sangat terbantu dengan isi video yang disampaikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Materinya akan saya aplikasikan di sekolah.

  8. assalamu’alaikum wr.wb
    Nama : Klaudia syintia bela
    Nim :877640256

    dari vidio yang berjudul anak mogok tidak mau belajar, dapat kita pahami bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan anak anak tidak mau belajar salah satunya, pelajaran yang belum ia bisa/ kuasai sehingga dia bingung untuk mengerjakan nyaa, dan Disni juga dapat di jelaskan tentang cara menghadapi anak ank yg tidak mau belajar salah satunya ajak anak bermain di luar kelas agar anak tidak merasa jenuh dan bosan.
    vidio ini sangat memotivasi untuk sayaa Agar bisa lebih baik lagi kedepannya.

  9. Assalamualaikum dan selamat sore izin berdiskusi dan bertanggapan
    Nama ;Aulia Ruwaida
    Nim; 858465974
    Dari video di atas sangat bermanfaat bagi para guru terkhusus guru paud, menjelaskan bagaimana cara menangani anak mogok belajar terutama di dalam kelas, hal ini menjadi kendala yang sering di alami para guru dikelas dan menjadi acuan pembelajaran serta menjadi tambahan ilmu tentang apa saja dan cara menangani anak yang mogok belajar.

  10. nama : Maria Setia
    nim : 858329474
    dari video ini kita dapat melihat bagaiman cara guru dalam menangani anak yang mogok tidak mau belajar.mulai dari penyebab anak tida mau ikut bermain misalnya anak takut, anak yang terpaksa mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu menyelesaikannya, bertengkar dengan teman atau pun anak sakit hati terhadap teman atau gurunya.dengan itu guru harus mengetahui atau mencari solusinya misalnya mencari tahu atau menggali keterangan dari orang terdekatnya, memberi pilihan ingin bermain dimana, bila anak bosan bisa membiarkan anak bermain dengan pembatasan waktu yang telah disepakati.

Leave a Reply