silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.

Dwi Astuti

Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.

Dra. Marisa, M.Pd.

  1. Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
  2. Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
  3. Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
  4. Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
  5. Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.

Evanigustinningtyas

Similar Posts

1,934 Comments

  1. Nama : Nur hamidah
    NIM : 860011421

    Menurut saya pada video pembelajaran guru pintar tersebut sangat bermanfaat dan dapat Kita jadikan sebagai motivasi agar kita lebih bijak dalam menghadapi suatu tantangan dan persoalan-persoalan yang ada Karena boleh jadi persoalan-persoalan dan tantangan tersebut merupakan suatu ujian yang harus kita hadapi dan kita bisa belajar lebih sabar dalam menghadapi salah satu tantangan tersebut sehingga kita bisa mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu persoalan-persoalan.Salah satu contohnya yaitu saat anak tidak mau ditinggal dan menangis pada awal masuk sekolah sehingga guru berupaya mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru, itu merupakan solusi yang dapat dijadikan sebagai contoh bagi semua guru TK. Karena pada hakikatnya setiap anak mempunyai keunikan tersendiri. Teruslah mencatat dan mendengarkan keluhannya, belajarlah memahami persoalan-persoalan hidup anak dan keluarga mereka. Semuanya itu adalah informasi yang sangat penting untuk menambah bekal Kita agar menjadi profesional dalam menghadapi persoalan anak.

    Saran
    Saran saya untuk semua guru PAUD, pembelajaran dari video guru pintar tersebut dapat kita jadikan sebagai contoh dalam memberikan solusi saat nanti kita menghadapi anak yang belum mandiri kunci yang penting adalah semangat untuk terus menambah ilmu dan keterampilan menghadapi anak-anak. Teruslah berlatih, pantang menyerah, tekun dan sabar.

  2. Nama : Nur hamidah
    NIM : 860011421

    Menurut saya pada video pembelajaran guru pintar tersebut sangat bermanfaat bagi semua guru PAUD yaitu saat anak tidak mau ditinggal dan menangis pada awal masuk sekolah sehingga guru berupaya mendekati anak dengan penuh kelembutan lalu memberikan sentuhan, belaian dan pelukan sehingga anak merasa nyaman berada dekat dengan guru, itu merupakan solusi yang dapat Kita jadikan sebagai motivasi agar kita lebih bijak dalam menghadapi suatu tantangan dan persoalan-persoalan yang ada Karena boleh jadi persoalan-persoalan dan tantangan tersebut merupakan suatu ujian yang harus kita hadapi dan kita bisa belajar lebih sabar dalam menghadapi salah satu tantangan tersebut sehingga kita bisa mencari solusi terbaik dalam menghadapi suatu persoalan-persoalan.teruslahm mencatat dan mendengarkan keluhan anak dan belajarlah memahami persoalan hidup anak dan keluarga mereka. Semuanya itu adalah informasi yang sangat penting untuk menambah bekal Kita agar menjadi profesional dalam menghadapi persoalan anak.
    Bagi semua guru PAUD teruslah semangat untuk menambah ilmu dan keterampilan menghadapi anak-anak, pantang menyerah,tekun dan sabar.

  3. Nama : Nur hamidah
    NIM : 860011421

    Menurut saya video tersebut mengajarkan kita untuk lebih sabar dan tidak marah-marah dalam menghadapi situasi anak yang belum mandiri karena pada situasi ini anak baru bersosialisasi/ beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sehingga peran guru sangat dibutuhkan agar anak dapat beradaptasi dengan baik. Guru harus tetap sabar saat menghadapi persoalan-persoalan tersebut dan carilah solusi terbaik dalam menghadapi persoalan-persoalan anak. Teruslah berlatih, pantang menyerah, tekun dan sabar.

  4. Nama : Nur hamidah
    NIM : 860011421

    Menurut saya video tersebut mengajarkan kita untuk lebih sabar dan tidak marah-marah dalam menghadapi situasi anak yang belum mandiri karena pada situasi ini anak baru bersosialisasi/ beradaptasi dengan lingkungan yang baru, sehingga peran guru sangat dibutuhkan agar anak dapat beradaptasi dengan baik. Kunci utama guru adalah sabar dan tidak marah-marah saat menghadapi murid yang belum mandiri

  5. Nama : Hana Jauza Khalishah
    NIM : 877635301
    Video ini saat bermanfaat karena kita bisa mengetahui bagaimana cara menangani anak yang mogok belajar. Perlu diingat, tugas utama seorang guru adalah menghidupkan obor belajar anak, pembelajaran pada level anak usia dini harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan hal ini sesuai dengan asal kata sekolah yaitu schooling yang artinya menyenangkan. Guru harus selalu ingat bahwa dunia anak usia dini adalah dunia bermain sehingga jika seorang anak ingin bermain maka sebenarnya ia ingin belajar mengenal semua hal. Mengapa anak mogok belajar? seperti yg sudah dijelaskan dalam video pembelajaran tersebut yang pertama mungkin anak merasa takut, anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang ia sendiri mungkin belum mampu mengerjakannya, mungkin berantem dengan teman sekelasnya, atau mungkin sakit hati terhadap ucapan atau perbuatan guru terhadap dirinya. Jika guru sudah mendapat alasan mengapa ia tidak mau masuk sekolah maka guru dapat menggali keterangan dari orang tua, dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

  6. Nama : Neti Rosmiati
    Nim : 859183384
    Menurut pendapat saya berdasarkan pada video tersebut sangat bermanfaat dan membantu guru paud dalam menangani anak yang tidak mau belajar. Pertama pada video tersebut guru menghampiri dan memeluk anak tersebut dan bertanya dengan tutur kata yang lembut dan dengan kesabaran. Ada beberapa kemungkinan yang membuat anak tidak mau belajar atau sekolah, mungkin dia merasa tidak nyaman ataupun takut. Beberapa hal yang dilakukan oleh guru yaitu dengan cara homevisit, untuk mendapatkan informasi terkait hal itu, ataupun memberikan kesempatan kepada anak untuk belajar di tempat yang lain baik di kantor atau di perpustakaan. Dengan cara strategi seperti yang dilakukan oleh guru pada video tersebut membuat anak berminat dan mau belajar dengan nyaman. Dan stratengi ini, sangatenginspirasi dan memotivasi saya untuk melakukan strategi ini di tempat saya bekerja. Terimakasih

  7. Video ini sangat membantu dan bermanfaat bagi saya sebagai guru paud. Melalui video ini dapat mengetahui dan menambah pemahaman saya dalam menangani anak yang mogok belajar ataupun anak yang tidak mau sekolah.

  8. Nama : Sry Asmawati Sitompul
    NIM : 856524678
    UPBJJ : Pekanbaru
    Jurusan : PGPAUD Semester 2

    Judul video : Anak mogok tidak mau belajar.

    Ada beberapa faktor yang membuat anak menjadi mogok belajar, yaitu :
    * Anak merasa takut.
    * Anak dipaksa mengerjakan tugas yang belum mampu dilakukan.
    * Anak merasa sakit hati terhadap ucapan, dan tindakan yang dilakukan oleh guru.

    Adapun solusi untuk menghadapi anak yang mogok belajar yaitu :
    * Guru mengunjungi anak kerumahnya jika sudah tidak masuk beberapa hari untuk mengetahui alasan mengapa tidak mau sekolah dan belajar.
    * Anak dapat diberi pilihan seperti belajar dikelas atau mau diruangan lainnya.
    * Guru mengajak anak bermain agar anak tidak merasa bosan.

    Masukan untuk video tersebut adalah setiap guru tidak boleh memaksa anak untuk belajar, akan tetapi guru mengupayakan memberi motivasi kepada anak agar anak merasa senang dan tidak merasa tertekan selama belajar. Pada video tersebut, tampak guru memiliki rasa empati dan sabar yang luar biasa ketika menghadapi anak yang sedang mogok tidak mau belajar.

    Saran nya yaitu : Guru perlu memberikan dispensasi jika diperlukan kepada anak saat anak belum selesai melakukan kegiatan belajarnya, agar anak tidak merasa terbeban kan. Akan tetapi, guru perlu mengingatkan kepada anak untuk menyelesaikan tugas nya di keesokan hari atau diwaktu lain sebagai rasa tanggung jawab anak dalam pekerjaan nya dengan cara bicara yang baik, tenang, tidak terlihat memaksa agar suasana hati anak tidak merasa sedih atau terbeban kan kembali.

    Terimakasih.

  9. Nama : Hidayah Wijayanti
    NIM : 858876076

    Video tersebut sangat bermanfaat bagi saya untuk mengatasi anak mogok tidak mau belajar, pembelajaran untuk anak usia dini adalah pembelajaran yang menyenangkan sehingga untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar adalah dengan menggunakan kegiatan pembelajaran yang menarik , kreatif dan sesuai dengan usia anak, guru harus menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk anak, kunjungan ke rumah untuk mengetahui lebih dalam apa yang terjadi pada anak tersebut.

  10. Nama: Dela Puspita
    Nim: 860101189
    UPBJJ-Palembang

    Dari video guru pintar anak mogok belajar atau tidak mau belajar dapat diketahui bagaimana cara menyikapinya dengan baik seperti bertanya dengan nada lembut tanpa suara keras. Dikarenakan kemungkinan anak merasa kesulitan dan belajar jika sedikit tertekan ataupun anak merasa bosan di dalam kelas. Saran dan masukan dari saya yaitu agar durasi video sedikit lebih dipanjangkan dan juga sediakan forum untuk bertanya langsung dengan narasumber atau pemateri.

Leave a Reply