silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Nama : Sri Rahayu Rizki
Nim : 856299337
UPBJJ : Padang
Judul video: anak mogok tidak mau belajar
Setelah melihat video dia atas yang dapat saya pelajari yaitu ada anak yg tidak mau ikut bermain bahkan menolak untuk bermain yang di sebabkan oleh beberapa faktor yaitu :
1.anak takut
2.anak di paksa mengerjakan tugas yang dia sendiri belum mampu mengerjakan nya.
3.bertengkar dengan teman
4.anak sakit hati dengan ucapan guru.
Dalam video di atas guru mencari solusi atau alasan mengapa anak mogok atau tidak mau belajar..
Jika guru sudah tahu alasan anak mogok sekolah maka solusi yang dapat di berikan pada anak adalah guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan honfinsit untuk mengetahui mengapa anak mogok belajar.
Guru juga dapat membuat lingkungan belajar yang nyaman agar anak merasa lebih aman dalam pembelajaran nya,guru juga dapat memberikan motifasi dan penghargaan dan juga memberikan perhatian dan dukungan.guru juga harus membuat kegiatan yang menyenangkan dan menarik untuk membuat anak lebih terlibat dalam proses belajar .dengan menggunakan strategi ini guru dapat membantu anak yang mogok belajar untuk meningkatkan semangat belajarnya dan mencapai tujuan pembelajaran.
SUSI EKIYAWATI
NIM : 878193441
JUDUL VIDIO : ANAK MOGOK SAAT BELAJAR
alasan anak mogok belajar :
1. anak takut dengan guru
2. anak belum mampu mengerjakan tugas dari guru sedangkan yang lainya sudah bisa
3. anak bertengkar dengan teman
4. anak sakit hati pada guru
solusi agar anak tidak mogok belajar adalah :
1. guru menggali keterangan mendalam dari anak atau orang tua dengan home visit untuk mengetahui penyebab Mengapa anak mogok belajar, dengan mengajukan beberapa pertanyaan Kenapa tidak mau masuk sekolah Padahal ibu guru dan teman-temannya sudah sangat kangen.
2. jika anak masih belum berani masuk sekolah anak dapat diberi pilihan Apakah mau belajar dengan teman kelas atau di ruang lainnya misalnya di kantor kepala sekolah atau perpustakaan
3 kadang kala terjadi bahwa anak Mogok karena merasa bosan di kelas pada kasus seperti ini maka guru boleh memberikan kesempatan bagi anak untuk bermain dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakati bersama. pembatasan waktu bermain ini harus disepakati. dengan hal ini,sangat perlu karena bagi anak sebuah kesepakatan yang dibuat nantinya adalah juga proses belajar. dan
4.permasalahan tersebut disebabkan karena anak merasa bosan maka guru atau pendidik anak usia dini dapat melakukan kegiatan pengaman atau pengayaan selama Anak tertarik walaupun materi dan cara belajar yang dilakukan oleh anak berbeda dengan anak lainnya.
Nama : Ni Komang Parwati
Nim : 859044244
Ijin menanggapi video berjudul Anak Mogok Tidak Mau Belajar
Menanggapi permasalahan anak yang mogok belajar, yakni bisa berupa memanajemen waktu yang efektik, dengan menciptakan lingkungan yang kondusif, menetapkan tujuan belajar yang realistis, mencari metode belajar yang sesuai, dan memberikan reward atas pencapaian terhadap anak tersebut.
Terimakasi.
Dalam vidio yang saya saksikan dari “GPO yang berjudul : Anak mogok tidak mau belajar dengan teman” tindakan guru didalam vidio sudah sangat tepat sekali yaitu dengan membujuk, tetapi ketika dengan dibujuk juga anak belum mau mengikuti proses belajar maka guru menggali informasi untuk mengetahui apa akar masalah dari ketidak mauan anak tersebut. Hal ini dilakukan dengan melibatkan orang tua siswa. Setelahnya baru akan ditemukan solusi dari permasalahan tersebut. Vidio yang sangat mengedukatif sekali.
Ijin berkomentar :
Nama : Lidya Rosiana
NIM : 858829661
UPBJJ : Malang
Setelah saya melihat video tersebut, banyak sekali manfaat yang bisa saya ambil dan bisa saya gunakan sebagai ilmu untuk mengatasi permasalahan yang sama pada tempat saya mengajar.
Dari Video di atas dapat saya simpulkan bahwa cara untuk mengatasi anak yang mogok belajar atau tidak mau sekolah dengan mengidentifikasikan permasalahan yang dialami anak. Permasalahan yang sering terjadi yaitu :
a. anak merasa takut
b. anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia belum mampu melakukannya
c. anak bertengkar dengan temannya
d. anak sakit hati dengan ucapan dan perilaku guru terhadapnya
Setelah guru tahu penyebab anak tersebut mogok belajar atau sekolah, guru dapat melakukan tindakan seperti :
a. melakukan home visit untuk mengetahui informasi dari orang tua mengapa anak tidak mau belajar/sekolah
b. bertanya pada anak, mengapa dia tidak mau belajar di sekolah
c. memberikan kesempatan kepada anak membuat pilihan, anak mau belajar di dalam kelas bersama teman-temannya atau di luar kelas.
izin menanggapi saya Hanik Muyasaroh, tayangan video dengan judul “Anak Mogok Belajar”. Tindakan yang dilakukan oleh guru sudah tepat saat menanggapi anak mogok belajar yaitu menggali keterangan lebih dalam kepada orangtua dan melakukan home visit/kunjungan ke rumah. kemudian anak diberikan pilihan main di kelas atau di ruang lain, anak diberikan pengaman/pengayaan. Kondisi seperti ini sangat sering dijumpai di PAUD, guru tidak boleh memaksa anak untuk mengerjakan tugas, apalagi jika anak kurang bagus moodnya. guru dituntut untuk pengertian. kadang-kadang jika berbagai cara/metode udah dicoba namun anak tetap saja masih mogok, guru bisa mengalihkan kegiatan di luar untuk kunjungan belajar bersama teman-teman yang lainnya. sehingga anak merasa senang.
Nama : Nurhayati
NIM : 859687482
UPBJJ : Bandung
Pendekatan yang ditunjukan dalam vidio tersebut sangat bagus sekali. Kita dapat tahu bagaimana mengatasi anak yang mogok belajar. Hal-hal apa saja yang menyebabkan anak menjadi mogok belajar diantaranya karena takut, dipaksa belajar yang tidak sesuia dengan kemampuan anak, atau dapat juga karena lingkungan teman-temannya . Selain cara tersebut diatas kita juga dapat mengatasi anak PAUD yang mogok belajar, dengan pendekatan yang ramah dan menyenangkan. Mulai dengan memahami alasan anak tidak mau belajar, lalu ciptakan suasana belajar yang menarik dan nyaman, serta melibatkan anak dalam proses belajar. Jangan memaksa, tetapi berikan dukungan dan dorongan positif agar anak kembali semangat belajar.
Nama : Dwi Astuti Handayani
NIM : 857856333
Berdasarkan video yang saya lihat dengan judul Anak Mogok Tidak Mau Belajar. Adakala anak di sekolah tidak mau bermain dan belajar ketika di sekolah. Beberapa hal yang mempengaruhi sikap anak tersebut bisa di sebabkan oleh faktor intern dan ekstern dari diri anak. Guru harus bisa menciptakan komunikasi yang aktif kepada anak dan orang tua mengenai permasalahan itu agar guru dapat mengetahui dengan pasti penyebab dan dapat mengatasi permasalahan tersebut sesegera mungkin. Hal ini agar kemampuan anak yang dapat di kembangkan tidak terganggu karena permasalahan sosial emosional dari dalam diri anak.
Nama:Lismia Harefa
Nim:856046493
Setelah saya melihat video tersebut, banyak sekali manfaat yang bisa saya ambil dan bisa saya gunakan sebagai ilmu untuk mengatasi permasalahan yang sama pada tempat saya mengajar.
Dari Video di atas dapat saya simpulkan bahwa cara untuk mengatasi anak yang mogok belajar atau tidak mau sekolah dengan mengidentifikasikan permasalahan yang dialami anak. Permasalahan yang sering terjadi yaitu :
a. anak merasa takut
b. anak dipaksa mengerjakan tugas yang dia belum mampu melakukannya
c. anak bertengkar dengan temannya
d. anak sakit hati dengan ucapan dan perilaku guru terhadapnya
Setelah guru tahu penyebab anak tersebut mogok belajar atau sekolah, guru dapat melakukan tindakan seperti :
a. melakukan home visit untuk mengetahui informasi dari orang tua mengapa anak tidak mau belajar/sekolah
b. bertanya pada anak, mengapa dia tidak mau belajar di sekolah
c. memberikan kesempatan kepada anak membuat pilihan, anak mau belajar di dalam kelas bersama teman-temannya atau di luar kelas.
nama : Dian Nopita
nim : 877760246
Video ini menunjukkan pentingnya memahami dunia anak-anak dari sudut pandang mereka sendiri. Ketika anak mogok belajar, itu bukan semata-mata karena mereka malas atau nakal, tetapi bisa jadi karena mereka merasa tidak nyaman, bosan, atau metode pembelajaran tidak sesuai dengan gaya belajar mereka. Sebagai guru, kita harus lebih kreatif, sabar, dan empatik dalam mengajar. Kegiatan belajar di PAUD seharusnya menyenangkan, bermain sambil belajar, bukan terlalu menuntut seperti anak usia sekolah dasar.