silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program video ini Anda dapat menyaksikan apa yang dilakukan seorang guru Taman Kanak-kanak ketika ia menghadapi kejadian dimana sorang anak memukul/menangis karena tidak setuju dengan perlakuan temannya. Dalam video tampak guru tersebut menghampiri anak yang memukul/menangis kemudian ia meminta anak berhenti memukul/menangis (tenang). Jika anak masih belum tenang (masih marah/menangis), guru memeluk anak tersebut, kemudian ia bertanya dengan suara lembut dan bersahabat mengapa anak memukul/menangis. Selanjutnya, guru tersebut berusaha mendamaikan anak dengan temannya yang membuatnya memukul/menangis. Guru juga memberitahu anak yang memukul/menangis tersebut agar menyatakan apa yang ingin dia ungkapkan dengan kata-kata, dan bukan dengan cara memukul/menangis supaya temannya mengerti. Selanjutnya guru juga meminta anak untuk melapor atau menceritakan kepada guru jika ada teman yang mengganggu atau membuatnya kesal.
Dwi Astuti
Video ini berisi pembahasan dari narasumber tentang bagaimana teknik dan kiat yang dilakukan pendidik PAUD ketika menghadapi anak yang mogok tidak mau belajar di sekolah. Hal-hal yang dibahas mencakup tentang kemungkinan berbagai penyebab seorang anak mogok belajar. Narasumber juga menjelaskan beberapa teknik dan kiat yang dapat dilakukan pendidik untuk mengetahui penyebab anak mogok belajar. Teknik dan kiat yang disajikan oleh narasumber dapat memberikan solusi bagi pendidik yang menghadapi masalah yang sama. Program ini akan lebih efektif sebagai bahan ajar non-cetak bila dialog antara pendidik dengan anak dengan orangtua dimunculkan, sebagai contoh untuk pendidik dalam berkomunikasi dengan anak atau orangtua anak. Teknik yang diberikan oleh narasumber tetap relevan dengan kondisi PAUD saat ini Karena masalah yang dihadapi pada dasarnya adalah masalah yang selalu muncul.
Dra. Marisa, M.Pd.
- Cara guru mengatasi anak mogok, kurang ada percakapannya bagaimana guru memberikan ketenangan atau kesepakatan yang dibuat,
- Penggunaan strategi yang dilakukan guru dengan mencari titik permasalahan yang di hadapi anak, mengunjungi orang tua anak, dan memberikan kesampatan anak untuk merasa nyaman di kelas,
- Video ini sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik usia 4-5 tahun yang belum pernah sekolah,
- Kesesuain dengan K13 lingkup perkembangan sosial emosional dari.
- Kesadaran diri TPPA 2, mengendalikan perasaan, tanggung jawab untuk diri sendiri TPPA 1 menjaga diri sendiri dalam memilih kegiatan.
Evanigustinningtyas
Dari tema di atas anak mogok bakar ats tidak mau belajar, guru memberikan kesempatan bermain agar ank tidak bosan, dan di penuhi pembatasan belajar dan kesepakatan pada anak, kita gunakan belajar sambil bermain atow memberi tempat belajar dan di pandu guru,
Nama : Herlinda Widiastuti
NIM : 857995101
setelah melihat vidoe tersebut banyak sekali manfaat bagi saya bagaimana cara dan solusi untuk mengatasi anak yang mogok tidak mau belajar
ada beberapa faktor yang membuat anak mogok tidak mau belajar
1. Anak takut
2. Anak dipaksa untuk mengerjakan tugas yang anak itu belum mampu mengerjakannya
3. Ada kemungkinan anak sedang bertengkar dengan temannya di kelas
4. Anak sakit hati dengan perkataan guru
adapun solusi yang dapat di lakukan
1. Guru menggali keterangan dari orang tua dan melakukan home visit
2. Anak di berikan pilihan untuk belajar dengan pilihan mau belajar terpisah atau bersama demgan temannya
3. Memberikan waktu untuk anak melakukan kegiatan main bebas
pada vidio tersebut berjudul anak mogok tidak mau belajar
kesalahan guru anak usia dini pada saat mengajar adalah salah stunya yaitu para guru lebih menagaskan pada aspek kecerdasan anak dan melupakan bahwa pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang menyenangka.
Nama: Laila Izzatul Fauziah
NIM: 877321378
Video ini sangat bermanfaat dan relevan bagi para orang tua, guru, maupun pendidik yang sering menghadapi tantangan saat anak menunjukkan penolakan untuk belajar. Penyampaian materinya jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami, sehingga penonton dapat dengan cepat menangkap poin-poin penting yang disampaikan.
Salah satu hal yang menarik dari video ini adalah pendekatan yang tidak menyalahkan anak, tetapi justru mengajak orang dewasa untuk memahami akar permasalahannya (apakah karena kelelahan, tekanan, atau kurangnya motivasi intrinsik. Pendekatan ini mencerminkan empati dan pemahaman perkembangan psikologis anak.
Selain itu, solusi yang ditawarkan juga praktis dan aplikatif, seperti membangun komunikasi yang hangat, menciptakanlingkungan belajar yang menyenangkan, serta mengajak anak terlibat dalam menentukan cara belajarnya. Hal ini penting agar anak merasa memiliki kontrol dan termotivasi dari dalam dirinya sendiri.
Namun, alangkah lebih baik jika video ini juga memerikan contoh studi kasus atau simulasi interaksi orang tua dan anak agar lebih kontekstual dan konkret bagi para penonton.
Secara keseluruhan, video ini sangat membantu dan memberi wawasan baru tentang bagaimana menghadapi anak yang mogok belajar secara bijak dan penuh pengertian
Didalam video tentang “anak mogok tidak mau belajar” banyak sekali hal yang dapat kita ambil pembelajarannya dimana kita sebagai seorang pengajar haruslah benar benar memahami setiap karakteristik anak yanh berbeda beda begitu pula cara penanganannya.
Nama: Tuti Alawiyah
NIM: 860027803
video ini sangat menginspirasi sekali untuk saya sebagai seorang guru PAUD, vidio ini dapat menjadi sumber yang bermanfaat bagi pendidik dan orang tua yang ingin membantu anak mengembangkan motivasi dan minat belajar. dalam vidio ini juga memberikan wawasan yang baik tentang bagaimana mengatasi anak yang tidak mau belajar. Dan Strategi yang disajikan dalam video, seperti membuat belajar menjadi menyenangkan dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, dapat membantu meningkatkan motivasi anak untuk belajar.
Nama : Yuningsih Nona Ina
NIM : 859181484
UT : Mataram
Saya coba untuk menanggapi dalam video Anak Mogok tidak mau belajar, saya dapat memahami bagaimana seharusnya guru dapat memfasilitasianak dengan kelas yang aman dan nyaman buat setiap anak dan kita sebagai guru dapat memahami hal dasar yang menjadi kebutuhan anak di sekolah mereka harus senang. Mungkin dari video ini juga saya belajar memahami arti dari sebuah merdeka belajar buat anak. dalam mendidik anak di kelas kita tetap harus bekerja sama dengan orang tua. Terima kasih
Nama Afidah
NIM 859438701
Jika anak mogok belajar dengan sebab Anak takut, Anak dipaksa mengerjakan tugas padahal tidak mampu, Anak bertengkar dengan teman, atau anak sakit hati atas ucapan gurunya maka Anak mogok belajar bukan akhir dari segalanya, itu adalah tanda yang perlu dicermati, bukan dihakimi. Dengan pendekatan yang simpatik, kreatif, dan konsisten, anak bisa kembali merasa bahwa belajar itu menyenangkan dan bermakna.
Nama : Devi Siti Patimah Nurfajar
NIM : 859683976
pada tayangan video mengenai “Anak yang mogok tidak mau belajar” tersebut, saya setuju dengan apa yang dilakukan gurunya. seorang guru memang seharusnya mencari tau bagaimana cara menghidupkan obor semangat anak setiap harinya, seorang guru seharusnya selalu memberikan motivasi untuk anak dengan cara bercerita, mendengarkan cerita anak dan menyediakan pembelajaran yang memang tidak keluar dari kodrat anak yaitu “bermain” berikan anak pembelajaran yang menyenangkan dan menarik. jika anak maunya bermain, berikan kelonggaran waktu supaya nak bisa menikmatinya karena jika anak menginginkan hal seperti itu bisa jadi anak mengalami kejenuhan/ bosan. berikan kesepakatan waktu kepada anak dalam bermain.
jika anak terasa mogok tidak mau belajar dan mogok sekolah, guru harus membuat evaluasi apakah anak pernah mempunyai konflik dengan teman, bagaimanakah karakter anak, apakah anak merasa dipaksa ketika belajar, dll. jika hal tersebut sudah dibuat, guru bisa meminta izin kepada kepala sekolah agar visit home, melihat bagaimana kegiatan anak di rumah, guru boleh mengobservasi orang tua agar kesepatan guru juga bisa disepakati oleh orang tua agar saling menyemangati anak.
Nama : Endang Ernawati
NIm :860091404
dalam vidio” anak mogok belajar” vidio ini sangat bermanfaat untuk kita sebagai guru paud yang mempunyai tugas menghidupkan obor belajar anak usia dini, dari vidio ini memberikan pembelajaran tahap tahap yang harus di lakukan bagi guru paud dalam menghadapi anak yang mogok belajar hingga anak termotivasi untuk belajar.