silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
NAMA : Villia Sekar Ayu Restianti
NIM : 860009883
PRODI : Pendidikan Anak Usia Dini
Komentar:
Video ini relevan dengan masalah yang sering saya hadapi saat mengajar. Video ini memberikan pengetahuan yang sangat bermanfaat tentang cara mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung. Dijelaskan bahwa cara mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran adalah sebagai berikut: Hentikan pembelajaran sejenak, pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar, posisikan anak yang mengobrol di dekat guru, libatkan anak dalam pembelajaran, tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama, dan berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya.
Video ini menjelaskan satu per satu cara mengatasi anak yang mengobrol di kelas dengan cukup jelas dengan disertai penerapannya. Durasi video juga singkat sehingga mempermudah penonton untuk memahami inti yang disampaikan.
Masukan dan saran :
Lebih bagus jika cara mengatasi anak yang mengobrol saat pembelajaran berlangsung disajikan dalam bentuk poin-poin tertulis di dalam video dan lebih baik kualitas video ditingkatkan agar tidak buram.
Manfaat yang saya dapatkan:
– Saya lebih memahami cara mengatasi anak yang mengobrol di kelas saat PBM.
– Saya jadi termotivasi untuk melakukan cara tersebut di kelas.
NAMA : ISEU ROSTIAMAH
NIM : 877678593
menurut pendapat saya video ini sangat mewakili keadaan kelas yang sering tidak kondusif ketika belajar , video ini memberikan trik dan solusi yang sangat bermanfaat untuk dapat dipraktekan di kelas , namun menurut saya ibu guru yang mengajar tidak harus berdiri untuk bercerita di depan anak anak , menurut saya ibu guru sebaiknya duduk bersama anak sehingga anak mudah diraih dan dekat secara emosional sehingga menumbuhkan kelekatan.
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Siti Hairati
Nim : 858326651
Judul Video : Anak ngobrol di kelas saat KMB
Cara mengatasi anak yang suka ngobrol dikelas selama kegiatan atau proses pembelajaran dimulai. Pisah anak yang suka ngobrol dikelas dan pindahkan tempat duduk disamping ibu gurunya. Selalu beri semangat agar termotivasi untuk mengikuti bembelajaran berlangsung.
Assalamu”alaikum wr wb…..
Nama : Catur yulianti prastiwi
NIM : 877680837
Video ” Anak Ngobrol di Kelas Saat Pembelajaran “memberikan gambaran nyata tentang tantangan yang sering dihadapi guru PAUD dalam menjaga fokus dan disiplin anak -anak.Saya mengapresiasi bagaimana guru dalam video mencoba menanggapi anak-anak dengan pendekatan yang sabar dan komunikatif,bukan dengan hukuman.Ini menunjukan pentingnya membangun komunikasi yang positif sejak dini.
Masukan dan Saran :
Video ini bisa lebih kuat jika disertai dengan penjelasan pedagogis atau refleksi dari guru tentang metode yang digunakan.Akan lebih baik juga disisipkan contoh strategi konkret untuk mengalihkan perhatian anak atau mengelola kelas yang efektif.Untuk portal Guru Pintar,tampilannya cukup ramah pengguna dan akses kemateri mudah.
Terimakasih,Wassalamu’alaikum wr wb
Nama : Amellia Dwi Ariesta
Nim : 856108087
Video ‘anak ngobrol dikelas saat PBM’ ini sering kali terjadi dilapangan bahkan pada umumnya anak sering kali melakukan hal ini. Dengan adanya video ini memberikan strategi untuk guru dapat berupaya dengan cara mengadakan variasi permainan sederhana misalnya permainan tepuk,memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, dan memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik dan kedepannya tidak ngobrol dikelas saat PBM berlangsung
Assalamu’alaikum wr wb
Nama : Tiara Erlin Cahyani
NIM : 877683445
Judul video : Anak Ngobrol Dikelas Saat PBM.
Video ini menyajikan situasi yang sering dialami oleh para guru di kelas. Dengan solusi yang telah dipaparkan dan digambarkan dengan sangat jelas dan menginspirasi para guru untuk lebih menerapkan solusi tersebut. Pesan moralnya cukup jelas dan bermanfaat. Saran dari saya mungkin bisa ditambahkan narasi atau teks yang mengajak anak berpikir, seperti “Menghormati guru dan teman adalah bagian dari karakter baik.” Namun selepas dari itu semua, overall sudah sangat baik dan bagus, semoga lebih banyak menciptakan konten-konten bermanfaat seperti video diatas. Selamat berkarya semua.
Assalamu’alaikum izin menanggapi video tersebut..
Nama : Tiara Erlin Cahyani
NIM : 877683445
Judul video : Anak Ngobrol Dikelas Saat PBM
Video ini menyajikan situasi yang sering dialami oleh para guru di kelas. Dengan solusi yang telah dipaparkan dan digambarkan dengan sangat jelas dan menginspirasi para guru untuk lebih menerapkan solusi tersebut. Pesan moralnya cukup jelas dan bermanfaat. Saran dari saya mungkin bisa ditambahkan narasi atau teks yang mengajak anak berpikir, seperti “Menghormati guru dan teman adalah bagian dari karakter baik.” Namun selepas dari itu semua, overall sudah sangat baik dan bagus, semoga lebih banyak menciptakan konten-konten bermanfaat seperti video diatas.
Nur Hamidah
Nim : 877977724
menurut saya suasana dikelas itu pasti terjadi disemua kelas paud, itu adalah hal yang biasa, karena anak sedang ditahap eksplorasi sosial. Namun ini menjadi tantangan bagi guru dalam mengarahkan anak-anak biar tetap fokus dan semangat belajarnya
Nama : Upik Supriyati
NIM : 857988629
Tugas : 1
Mata Kuliah : PKP
ANAK NGOBROL SAAT PEMBELAJARAN DI KELAS
https://gurupintar.ut.ac.id/anak-ngobrol-di-kelas-saat-pbm/
Komentar :
Kegiatan literasi di dalam kelas dengan cara bercerita merupakan cara guru untuk mengajarkan anak-anak menyukai buku, guru berharap anak dapat atau suka membaca walaupun untuk anak-anak PAUD belum semuanya mampu membaca. Oleh sebab itu guru mengajarkan anak untuk suka dengan buku dengan cara bercerita. Dalam prakteknya masih ada anak yang kurang menyukai cerita. Disaat waktunya mendengarkan cerita masih ada anak yang suka ngobrol sendiri atau ganggu temannya yang sedang fokus mendengar. Melalui video diatas saya sebagai guru kelas mendapatkan pengertian atau ilmu bagaimana cara untuk mengatasi anak-anak yang suka ngobrol saat belajar.
1. Disaat ada anak yang ramai atau ngobrol sendiri hentikan sejenak ceritanya dan menunggu sampai anak tenang kembali.
2. Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan anak yang sedang fokus mendengarkan atau sedang belajar.
3. Saat ada anak yang ngobrol pindahkan posisinya dekat dengan guru
4. Libatkan anak saat guru bercerita
5. Mengingatkan anak untuk tidak mengulagi perbuatannya yang suka ngobrol dan ganggu teman
6. Berikan reword untuk anak yang sudah mendengarkan cerita dengan sikap yang baik bersikap baik .
Terimakasih untuk solusi yang diberikan kepada kepada kami ilmu ini sangat bermanfaat
Nama Hanik Muyasaroh NIM 501673546
Judul Video “Anak Ngobrol di Kelas saat KBM”
Dari tayangan tersebut terlihat kegiatan guru membacakan buku cerita, anak mendengarkan. Karena fokus anak hanya sebentar akhirnya anak ngobrol bersama teman dekatnya. Dari video tersebut tampak guru berusaha untuk menghentikan obrolan anak dengan cara memisahkan dan menempatkan anak dekat dengan guru. strategi ini mungkin bisa efektif sesaat. namun, tidak menjamin anak untuk tetap fokus, bisa saja anak kemudian mengalihkan perhatian dengan main-main sendiri. Menurut saya guru harus punya Metode cerita yang lebih menarik, tidak monoton membacakan buku. Beberapa metode bercerita yang menarik antara lain : Menggunakan buku cerita besar dan bergambar, menggunakan media boneka atau boneka tangan, bahasa sederhana dan intonasi yang menarik.