silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Assalamu’alaikum.Wr.Wb.
    Sebelumnya terimakasih kepada Bpk/Ibu tuton dan rekan-rekan tuton yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menjawab diskusi di atas pada kesempatan kali ini.Perkenankanlah saya
    Nama:KARISMA YOGI NOVIANA
    NIM:858004406
    Prodi:PG PAUD
    UT Yogyakarta Salut Payaman
    Untuk menjawab pertanyaan di atas.
    #Video yang di tampilkan sangat bermanfaat sekali bagi kita sebagai pendidik karena dapat memberikan pandangan bagi kita bagaimana menggunakan strategi pembelajaran yang baik dan benar saat berada di dalam kelas dan cara mengatasi anak yang asik ngobrol sendiri pada saat pembelajaran berlangsung.Sekian tanggapan dari saya mengenai pertanyaan di atas.Wassalamu’alaikum.Wr.Wb

  2. Nama: WINDA LUXTIANI
    NIM. :877973917

    Video ini menunjukkan upaya guru dalam menangani anak yang sering berbicara dikelas saat proses belajar mengajar berlangsung. Guru menggunakan variasi permainan, seperti permainan tepuk, dan memisahkan anak yang suka mengobrol untuk menjaga ketertiban kelas.

  3. Nama : Nila Sahura
    NIM : 877803979

    Video ini memberikan gambaran yang sangat relevan mengenai tantangan yang sering dihadapi guru PAUD, yaitu anak-anak yang suka ngobrol saat proses belajar mengajar berlangsung. Saya setuju dengan upaya guru dalam video yang mengadakan variasi permainan seperti permainan tepuk untuk menarik perhatian anak dan mengalihkan energi mereka secara positif. Pendekatan ini efektif karena anak usia dini cenderung mudah bosan dan membutuhkan stimulasi yang beragam agar tetap fokus.
    Perbedaan yang disebutkan, yaitu anak yang suka miring ke dekat guru, juga menggambarkan bahwa anak mencari rasa aman dan perhatian. Dengan mengamati perilaku ini, guru dapat menyesuaikan pendekatan agar anak merasa diperhatikan tanpa mengganggu proses pembelajaran.
    Memberikan reward di akhir pembelajaran merupakan strategi yang baik untuk memotivasi anak agar berusaha lebih baik dan belajar mengendalikan diri. Penguatan positif ini membantu anak memahami batasan-batasan perilaku dengan cara yang menyenangkan dan membangun.
    Secara keseluruhan, video ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai referensi bagi guru PAUD untuk mengelola kelas dengan lebih efektif dan menciptakan suasana belajar yang kondusif.

  4. Nama : Kartika Nurdianingsih
    NIM : 877805055

    Video tersebut menggambarkan situasi nyata yang sering terjadi di kelas PAUD. Penjelasan tentang bagaimana menghadapi anak yang ngobrol di kelas saat PBM sangat membantu. Saya belajar bagaimana pentingnya pendekatan positif, aturan yang konsisten, dan pemberian contoh langsung oleh guru.

    – Masukan dan saran saya mengenai video tersebut yaitu:

    Video pembelajaran bisa lebih menarik jika dilengkapi dengan teks atau penjelasan yang lebih interaktif, serta menambahkan contoh-contoh penanganan lainnya agar lebih jelas lagi.

    Namun demikian Video tersebut sangat bermanfaat. Video ini membantu saya sebagai guru PAUD untuk memahami cara penanganan anak dengan cara yang tepat tanpa kekerasan. Ini juga bisa menjadi panduan praktis dan tidak bertele-tele bagi guru pemula dan mahasiswa PGPAUD untuk menghadapi situasi di kelas.

  5. Nama : Wastika Endah Rusmawati
    NIM : 858018751

    Dalam tayangan tersebut terlihat pentingnya memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar. Menurut saya ini penting karna biasanya guru sekedar menegur sehingga anak yang mengobrol diam selama sesaat setelah itu mengobrol lagi dan menganggu teman-teman yang sedang belajar, guru biasanya juga lupa untuk memberikan reward kepada anak-anak yang sebenarnya juga penting. Setelah menonton video ini saya menjadi lebih paham dengan strategi efektif untuk mengatasi anak yang sedang ngobrol pada saat pembelajaran terutama saat menceritakan kisah kepada anak-anak.

  6. Nama : Wastika Endah Rusmawati
    NIM : 858018751
    Dalam tayangan tersebut terlihat pentingnya memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar. Menurut saya ini lebih penting karna biasanya guru sekedar menegur sehingga anak yang mengobrol diam hanya selama sesaat setelah itu mengobrol lagi dan menganggu teman-teman yang sedang belajar guru biasanya juga lupa untuk reward kepada anak-anak .Setelah menonton video ini saya menjadi lebih paham cara efektif mengatasi anak yang sedang ngobrol pada saat pembelajaran terutama saat menceritakan cerita pendek.

  7. Nama : Wastika Endah Rusmawati
    NIM : 858018751
    Dalam tayangan tersebut terlihat pentingnya memisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar. Menurut saya ini lebih penting karna biasanya guru sekedar menegur sehingga anak yang mengobrol diam hanya selama sesaat setelah itu mengobrol lagi dan menganggu teman-teman yang sedang belajar guru biasanya juga lupa untuk reward kepada anak-anak .Setelah menonton video ini saya menjadi lebih paham cara efektif mengatasi anak yang sedang ngobrol pada saat pembelajaran terutama saat menceritakan cerita pendek.

  8. Retno Anggraeni
    877635928

    Video diatas memperlihatkan kondisi dikelas dengan kendala anak mengombrol saat PBM berlangsung. Situasi tersebut sangat sering dijumpai pada kehidupan guru PAUD sehari-hari, cara penanganan yang dituturkan memberikan wawasan pada kami mahasiswa PGPAUD untuk dapat menerapkannya dikelas saat mendapatkan situasi yang sama.
    singkatnya video seri pembelajaran diatas sangat bermanfaat bagi para mahasiswa pgpaud. hanya sedikit saran agar suara backsound dari video tidak lebih keras daripada suara pemateri. sehingga maksud/ kata-kata yang dituturkan dapat terdengar lebih jelas. atau bisa dengan memasukkan teks terperinci langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menangani kasus tersebut.
    terima kasih.
    salam Sukses selalu…

  9. nama : TRI MURNI SARI
    NIM : 858019026
    UPBJJ : Yogyakarta

    setelah menonton video di atas, dapat saya ambil banyak pelajaran bagaimana cara menyikapi anak-anak yang mengobrol saat kita menerangkan pembelajaran, tips-tips yang diberikan sangat bermanfaat dan berguna bagi kami guru-guru yang masih mengalami kesulitan saat menangani situasi seperti itu.

  10. Nama: Firda Juliana Zahra
    NIM: 877803069
    Upbjj: Jakarta

    Menurut saya, cara guru menangani anak yang suka mengobrol saat belajar sudah sangat baik. Dengan membuat variasi permainan seperti tepuk tangan, anak-anak jadi lebih tertarik dan fokus pada kegiatan. Memindahkan anak yang sering ngobrol ke dekat guru juga langkah yang tepat agar lebih mudah diawasi tanpa membuat anak merasa dimarahi. Memberikan reward di akhir pembelajaran bisa memotivasi anak untuk berperilaku lebih baik. Pendekatan seperti ini menurut saya sangat cocok diterapkan karena tetap mendidik tapi tidak keras, dan anak-anak bisa belajar disiplin dengan cara yang menyenangkan.

Leave a Reply