silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Dalam mengatasi anak mengobrol saat kegiatan pembelajaran, setiap guru memiliki strategi pembelajaran yang berbeda yang digunakan unruk mengatasi permasalahan tersebut. Pada video, cara yang dilakukan sudah sangat efektif. Akan tetapi, bila masih terjadi kesulitan yang sama. Guru dapat melakukan refleksi dan perbaikan berupa cara mengajar, media belajar yang digunakan, dan motivasi yang diberikan agar anak antusias serta memiliki rasa ingin tau dan fokus yang baik saat proses belajar mengajar. Semoga segala hal baik yang kita lakukan dapat membantu anak-anak kita dalam belajar dan berkembang dengan baik. Aamiin
Nama: Luminta Intan
NIM : 859940167
Judul: Anak Mengobrol saat Kegiatan Belajar Mengajar
Pada video diatas terlihat bagaimana guru sedang menjelaskan namun, beberapa anak mengobrol. yang dapat saya lihat, diawal pembelajaran guru belum melakukan opening pada awal proses pembelajaran, posisi guru saat mengajar juga terlalu tinggi, sehingga anak kesulitan untuk melihat keatas. Pada video tersebut guru juga tidak menjelaskan mengenai aturan saat proses pembelajaran dan konsekuensi jika anak melanggar.
nama : siti mahfuzah
nim ; 858436389
dari video diats terlihat seorang guru sedang membaca kan sebuah buku cerita kepada anak anak didiknya.namun didapati 2 orang anak sedang sibuk berbicara.lalu kemudian guru mendatangi 2 anak tersebut dan mengajak mereka ikut ibu guru kedepan dan mendengarkan cerita bersama.benar saja disaat guru memposisikan anak tersebut kedepan ,sampai cerita dari guru habis ,anak anak tersebut tidak melanjutkan pembicaraan.artinya cara seperti ini cukup memberikan solusi kepada guru untuk bisa mengkondisikan kelas agar kurang berisik ,dan meminimalisir anak yang sibuk sendiri.
Mey istiana _ 858525407
Terimakasih ilmu dari vidio ini, tidak di pungkiri jika kejadian ini selalu saja ada di kelas sya bu.. Dan sya menerapkan sperti yanga ada di vidio ini, alhamdulillah anak anak menjadi fokus kembali
NAMA : ERNA
NIM: 859565277
Assalamualaikum, Wr.Wb.
Judul Vidio, Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Dari cerita guru dalam video tersebut adalah tentang “Anjing dengan Bayangannya”, guru dapat mengambil pelajaran penting untuk menghadapi anak-anak yang suka mengobrol di kelas. Saat guru melihat ada anak yang tidak fokus, guru bisa berhenti sejenak bercerita untuk menenangkan suasana. Lalu, ajak anak yang mengobrol ikut terlibat dalam cerita, tempatkan mereka lebih dekat agar perhatian lebih terpusat, dan jika mereka mulai menunjukkan perubahan sikap, beri pujian atau reward. Dengan pendekatan bercerita seperti ini, guru dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan efektif tanpa harus memarahi anak.
Menurut saya, ketika ada anak yang suka berkumpul saat proses belajar mengajar,guru sebaiknya menangani dengan cara yang tenang, positif dan interaktif. Pada video ini cara penanganannya sudah sangat efektif. Akan tetapi bila masih terjadi kesulitan yang sama,maka guru dapat melakukan refleksi dan perbaikan berupa cara mengajar,media belajar yang digunakan dan motivasi yang diberikan agar anak antusias serta memiliki rasa ingin tahu dan fokus yang baik saat proses belajar mengajar.
Ijin menanggapi,.
Vidio pembelajaran PAUD Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
Dari video yang berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral dan disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah, dengan menggubah strategi pembelajaran yang sudah di lakukan.
Dengan cara :
1. Guru menghentikan kegiatan dan mendekati anak yang ngobrol tersebut dengan cara menanyakan apa yang sedang terjadi.
2. Pisahkan anak yang sedang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
3. Memposisikan anak yang mengobrol supaya duduk di dekat guru.
4. Melibatkan anak dalam kegiatan bercerita ataupun kasus yang sedang berlangsung.
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama.
6. Berikan reward kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilaku nya.
Demikian solusi yang dapat di lakukan untuk mengatasi anak yang mengobrol sendiri di dalam kelas ketika sedang belajar.
Terimakasih 😊🙏
Video ini memberikan gambaran yang sangat relevan mengenai permasalahan perkembangan moral dan disiplin pada anak usia dini, khususnya perilaku “ngobrol” saat proses belajar mengajar berlangsung. Fenomena ini memang sering menjadi tantangan bagi guru karena dapat mengganggu konsentrasi dan kelancaran pembelajaran.
Upaya yang disarankan dalam video, seperti mengadakan variasi permainan (misalnya permainan tepuk), sangat efektif untuk menarik perhatian anak dan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Selain itu, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru merupakan strategi yang tepat agar guru dapat lebih mudah mengawasi dan memberikan arahan langsung.
Pemberian reward pada akhir pembelajaran juga merupakan pendekatan positif yang dapat memotivasi anak untuk berperilaku lebih baik. Dengan sistem penghargaan ini, anak-anak akan merasa dihargai atas usaha mereka dan terdorong untuk meningkatkan disiplin diri.
Secara keseluruhan, video ini memberikan solusi praktis dan aplikatif yang dapat membantu guru dalam mengelola perilaku anak usia dini, sekaligus mendukung perkembangan moral dan disiplin mereka secara bertahap. Pendekatan yang ramah dan kreatif seperti ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi anak-anak.
pada vidio diatas terlihat seorang guru sedang menjelaskan dan ada beberapa anak yang sedang asik mengobrol sebelum melakukan tindakan alangkah lebih baiknya guru mencari akar masalah kenapa anak tersebut mengobrol sebelum menegurnya
Nama : Maissy Nurmala Sari
Nim : 858430671
Setiap guru punya cara nya tersendiri dalam menghadapi situasi dimana anak-anak mengobrol di kelas, seperti yang di video menyarankan untuk mengadakan variasi permainan, contohnya mengajak bermain tepuk tangan sehingga sangat efektif menarik perhatian anak-anak agar memperhatikan, sebagai guru juga harus profesional tetap tenang dan lemah lembut untuk memberikan arahan dan selalu memberikan apresiasi pujian terhadap anak-anak agar menarik perhatian nya dan membuat lebih antusias dalam mengikuti pelajaran.