silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Irma Nursalima
NIM : 857490294
Sebagai pendidik disatuan PAUD, tentu kita pernah bahkan sering menghadapi situasi tersebut saat Pembelajaran Berlangsung. Apalagi dalam kegiatan bercerita, terutama anak yang aktif dan hyperaktif tentu akan bosan dan jenuh jika hanya duduk manis dan mendengarkan saja.
Berdasarkan video tersebut, menurut saya bu guru seharusnya memformasikan anak bentuk lingkaran sebelum kegiatan bercerita dimulai. Kalau formasi seperti dalam video kurang efektif dan kesannya berantakan, kasihan juga anak yang badannya kecil dan mau fokus mengikuti, terhalang sama anak yang badannya besar dan terhalang sama anak yang ngobrol.
Selanjutnya anak dikondisikan, ditenangkan, dan ditanya siap belumnya mengikuti pembelajaran. Selain itu, alangkah lebih bagusnya juga kegiatan dikemas sedemikian menarik, misalnya menggunakan alat peraga ( boneka jari, boneka tangan, dan lain sebagainya ). Ditengah-tengah kegiatan juga saat anak-anak kelihatan mulai tidak fokus , kita kasih ice breaking dulu.
Solusi lainnya sudah terpapar dalam video tersebut dan saya sangat setuju dengan langkah-langkah tersebut.
Nama : Umi Tri Lestari
NIM : 857850095
Dari video tersebut banyak sekali pembelajaran yang kita peroleh, tentang menghadapi anak ngobrol dikelas saat PBM. Selain memisah anak yang mengobrol, kita juga bisa menggunakan media atau APE saat bercerita, agar anak lebih terfokus pada kegiatan yang kita fokuskan. Selain itu juga bisaenggunakan ice breaking untuk menambah keseruan saat bercerita. Ice breaking dapat melalui tepuk ataupun nyanyian.
Nama : Umi Tri Lestari
NIM : 857850095
Dari video tersebut, kita mendapatkan solusi mengatasi anak ngobrol di kelas saat PBM. Selain itu kita sebagai guru juga dapat menggunakan media atau APE yang lebih menarik untuk bercerita, misalnya bisa menggunakan boneka ataupun alat permainan yang mendukung untuk bercerita. Pada saat bercerita juga bisa menyelipkan ice breaking untuk menjaga konsentrasi anak dalam belajar. Ice breaking dapat melalui tepuk atau nyanyian, hal itu dapat menjadikan anak lebih senang dan terfokus.
Nama : DEWI NUNUNG NURAINI
NIM : 856621069
Vidio di atas sangat membantu para guru terutama saya sendiri, karena kasus anak mengobrol saat KBM sering terjadi.
Terimakasih mudah mudahan bisa kami terapkan di lembaga kami.
Terimakasih 🙏🙏🙏
NAMA : Dewi Nunung Nuraini
NIM : 856621069
Dari vidio di atas sangat membantu kami para guru dalam menangani kasus anak mengobrol dalam kelas, mudah mudahan dapat kami aplikasi kan di sekolah kami. Namun dari vidio yang di tampil kan guru tersebut bercerita dengan media buku cerita saja sehingga kurang menarik minat anak, alangkah baiknya jika guru ketika bercerita menggunakan media yang lebih menarik minat anak, selain itu pada saat bercerita intonasi nya kurang menarik bagi anak, sehingga anak merasa bosan ketika mendengar kan cerita guru .
Ketika bercerita juga akan lebih menyenangkan apabila di selingi dengan nyanyi an yang sesuai dengan cerita tersebut jadi anak lebih semangat mendengarkan cerita ibu guru.
Terimakasih
Wassalam
Nama : Selly Susmiyati
NIM : 856818552
Selain dari beberapa hal yang disebutkan didalam Video tersebut, Adapun cara Guru Mengatasi Anak yang mengobrol di dalam Kelas ketika Kegiatan Pembelajaran yaitu :
1.Guru hendaknya Menggunakan Metode Belajar yang bervariasi, Menggunakan Media yang Lebih Menarik, Misalnya Guru Menyediakan Media Boneka Anjing agar Anak-Anak Lebih Tertarik.
2. Anak-anak hendaknya di atur Duduk Melingkar, Agar bisa lebih tenang, Agar tidak ada yang di depan dan belakang.
3. Buat aturan yang tegas dan jelas sebelum kegiatan pembelajaran dilakukan, Misalnya Bagi siapa Anak-Anak yang tidak mengobrol di kelas Maka selesai Pembelajaran Guru akan memberikan Bintang.
4. dan Berikan Apresiasi Kepada Anak yang Mematuhi Aturan.
Saya Mega Rahayu, izin memberi tanggapan tentang video yang berjudul ” Anak Mengobrol Saat PBM “. Dalam video tersebut terlihat guru sedang bercerita ada beberapa anak mengobrol. Lalu guru tersebut menghampiri anak yang mengobrol. Guru menghentika cerita lalu memisahkan anak yang mengobrol. lalu guru memposisikan anak dekat dengan guru dan melibatkan anak tersebut dalam percakapan dan memberikan apresiasi kepada murid yang bisa menjawan pertanyaan guru tersebut
Nama : Nofi Ariani
Nim : 859516013
setelah menyaksikan tayangan video di atas kita bisa belajar langkah-langkah yang bisa kita lakukan jika anak ngobrol di kelas saat pembelajaran , yaitu dengan cara mengubah strategi mengajar diantaranya :
1. ketika membacakan buku cerita posisi guru sejajar dengan anak
2. menghadapkan buku cerita ke anak ,agar anak juga melihat gambar /objek cerita
3. melakukan pendekatan / fisikal touch / kotak mata dengan siswa
4. memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang fokus belajar
5. memposisikan anak yg mengobrol di dekat guru
6. libatkan anak dalam kegiatan bercerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru
Nama: munawaroh
Nim:858820809
Dari vidio tersebut saya mendapatkan banyak ilmu untuk mengatasi anak yang mengobrol saat kegiatan belajar, karena hal tersebut juga sering saya alami ketika di kelas, saya merasa menemukan solusi untuk masalah yang sering saya alami.
Nama: Salma Nur Arasyta Sidik
NIM: 857513123
PRODI: PGPAUD
Setelah menonton video mengenai Anak yang sedang mengobrol dikelas, kita dapat mengetahui bagaimana solusi ketika mendapatkan masalah seperti ini di dalam kelas. Anak yang mengobrol merupakan hal yang sering terjadi di sekolah, yang berbeda adalah bagaimana kita menyikapi anak-anak tersebut dan mengingatkan mereka kapan saja mereka boleh mengobrol dengan temannya, dan kapan mereka memang harus mendengarkan gurunya.
Berdasarkan video, menurut saya Guru dapat memisahkan anak/ guru dapat memberikan kegiatan yang menyenangkan agar anak tidak jenuh dan lebih semangat. Guru juga dapat mengganti strategi pembelajaran dengan menggunakan alat peraga yang menarik perhatian, ice breaking untuk memusatkan fokus, atau kegiatan lainnya yang mengairahkan semangat anak.