silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Humaira
    NIM : 858288465

    Menurut pendapat saya, langkah-langkah yang dilakukan oleh guru saat mengetahui ada anak yang mengobrol pada waktu proses pembelajaran yaitu bercerita adalah sudah tepat. Beberapa langkah yang dilakukan oleh guru tersebut antara lain:
    1. Menghentikan kegiatan bercerita atau proses pembelajaran untuk sesaat dan menenangkan suasana kelas menjadi lebih baik.
    2. Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang mengikuti pembelajaran.
    3. Menempatkan atau memindahkan posisi anak yang mengobrol untuk berada di depan guru
    4. Melibatkan anak yang mengobrol dalam kegiatan bercerita.
    5. Menekankan kepada anak agar tidak mengulangi kejadian yang sama.
    6. Memberikan reward kepada anak apabila anak dapat memperbaiki perilakunya.
    Semoga kita dapat menerapkan manfaat dari penayangan video tentang proses pembelajaran ini…🙏

  2. Nama : Yeni Afrinda Susanti
    NIM : 857003386
    UPJJ : Bandar Lampung
    Judul : Anak Mengorol Didalam Kelas Saat PBM

    Setelah Saya melihat video di atas, menurut Saya apa yang terjadi pada guru tersebut pasti juga sering di temui oleh guru-guru yang lain, dan apa yang dilakukan oleh guru tersebut atau strategi yang dilakukan guru tersebut menurut Saya sudah sangat baik dan bagus yaitu dengan bercerita, permainan tepuk ataupun pemberian reward agar anak fokus kembali kepada kegiatan PBM. Apa yang dilakukan guru tersebut juga pernah Saya lakukan, saat anak asyik.memgobrol sendiri lalu Saya lakukan permainan tepuk, seketika ana-anak fokus kembali.

  3. Nama : Rusmalasari
    NIM : 858308241
    UPJJ : Banjarmasin
    Judul : Anak Mengorol Didalam Kelas Saat PBM

    Setelah Saya melihat video di atas menurut Saya apa yang terjadi di video tersebut, juga sering terjadi atau sering dihadapi guru-guru yang lain. Strategi yang dilakukan guru pada video tersebut sudah sangat bagus, Saya juga pernah mengalami dan melakukan strategi tersebut yaitu saat anak-anak ngobrol di kelas saat PBM Saya melakukan permainan tepuk atau bercerita agar anak-anak fokus kembali kepada kegiatan PBM. Kemudian jika anak-anak sudah kembali fokus maka saya berikan reward.
    Demikian pendapat dari Saya semoga bisa jadi manfaat untuk swmuanya 🙏

  4. NAMA : INSANI GHAIDA SALSABILA
    NIM : 857629754
    JUDUL VIDEO : ANAK NGOBROL DI KELAS SAAT PBM

    Setelah saya melihat video ini , video ini sangat relevan dengan tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengelola kelasnya , terutama ketika siswa terlibat dalam obrolan diluar topik yang sedang dibahas . Saran saya yaitu : untuk menyediakan strategi yang lebih spesifik tentang bagaimana guru dapat mengatasi ganggua semacam ini . mungkin dengan memperkenalkan aturan kelas yang jelas atau mengimplementasikan kegiatan yang lebih menarik untuk mempertahankan perhatian siswa.

  5. Menanggapi masalah anak yang suka ngobrol di kelas.
    Pada dasarnya anak bisa diam (fokus) hanya 3-5 menit. Menurut saya kita sebagai guru bagaimana cara mengatasinya. Contohnya bisa mengalihkan pikiran anak dengan mengadakan permainan yang menarik perhatian mereka dahulu sebelum melakukan kegiatan. Misalnya tebak-tebakan, Menyanyi, Tepuk tangan, dan lain sebagainya.

  6. Nama : Tita Syah Fitra
    Nim : 859015386
    upbjj : Denpasar
    Judul : Anak ngobrol di kelas saat PBM
    Menanggapi masalah anak yang suka ngobrol di kelas.
    Pada dasarnya anak bisa diam (fokus) hanya 3-5 menit. Menurut saya kita sebagai guru bagaimana cara mengatasinya. Contohnya bisa mengalihkan pikiran anak dengan mengadakan permainan yang menarik perhatian mereka dahulu sebelum melakukan kegiatan. Misalnya tebak-tebakan, Menyanyi, Tepuk tangan, dan lain sebagainya.

  7. Ainaya Putri / 857853909

    Pada video diatas, strategi yang digunakan sangat tepat, dengan mengajak anak bermain tepuk atu bernyanyi dapat membuat fokus anak teralihkan ke permainan tersebut. Tak hanya itu, terkadang biasanya saya akan mengajak anak tersebut maju kedepan untuk menceritakan apa yang telah ia ceritakan untuk melatih rasa kepercaya dirian anak secara bergiliran hingga proses pembelajaran akan dimulai.

  8. Izin menanggapi vidio tersebut sama halnya yang dialami saya sebagai pendidik saat menjelaskan siswa sibuk mengobrol dan sibuk sendiri. Dalam mengatasi hal tersebut saya juga menerapkan hal sama seperti di vidio Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

  9. Nama : Lipika Suprati
    Nim : 859806176
    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..
    Ijin menanggapi dalam diskusi 4 ini
    Dari vidio tentang anak ngobrol saat PBM di atas dapat kita ambil pelajaran bagaimana tindakan seorang guru menghadapi anak yang ngobrol saat PBM berlangsung yakni dengan cara memperhatikan anak yang sedang mengobrol dengan mengajaknya kedepan agar anak tsb. Bisa lebih fokus lagi dalam memdengarkan cerita yang disampaikan olrh guru dan dan bnyak lagi tips yang disampaikan pada vidio tsb. Bagaimana cara mengatasi anak yang mengobrol saat PBM berlangsung
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh

  10. Judul video : Anak Ngobrol di Kelas Saat PBM
    Ijin menanggapi video diatas, dalam video tersebut cara guru untuk mengatasi masalah sangat baik sekali. Anak-anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sering kali memiliki energi yang tinggi dan sulit untuk duduk diam dalam waktu yang lama. Adapun upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi. Selain cara diatas ada beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi masalah tersebut yaitu :
    – Buat Sinyal Peringatan: Gunakan sinyal peringatan visual atau auditori, seperti bel atau lambaian tangan, untuk menunjukkan kapan saatnya diam dan mendengarkan. Lakukan ini dengan konsisten sehingga anak-anak dapat mengidentifikasi kapan mereka harus fokus.
    – Libatkan Anak-anak dalam Aktivitas yang Interaktif: Buatlah kegiatan pembelajaran yang interaktif dan menarik yang melibatkan partisipasi aktif dari setiap anak. Dengan cara ini, mereka akan lebih fokus pada kegiatan tersebut dan kurang cenderung untuk ngobrol.
    – Buat Kelas yang Menarik dan Dinamis: Buat lingkungan kelas yang menarik dan dinamis dengan berbagai kegiatan dan materi pembelajaran yang menarik perhatian anak-anak. Ini akan membantu mengurangi kebosanan dan dorongan untuk ngobrol.
    – Terapkan Strategi Penyaringan Suara: Gunakan strategi penyaringan suara seperti berbicara dengan suara pelan atau menepuk-nepuk di atas meja untuk menarik perhatian anak-anak ketika mereka terlalu berisik.
    – Berikan Pujian dan Pengakuan: Berikan pujian dan pengakuan kepada anak-anak ketika mereka mengikuti aturan dan menunjukkan perilaku yang diinginkan. Ini akan memperkuat perilaku positif dan mendorong mereka untuk terus berbuat baik.
    Terimakasih

Leave a Reply