silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. Nama : Raodatul Jannah
    Nim : 858613375

    Dari video seri pengembangan sosial emosional di atas tentang anak yang ribut dalam kegiatan belajar mengajar dan video tersebut memberikan contoh yang baik kepada guru apabila ketika dalam pembelajaran dilaksanakan masih ada anak yang ribut Dan juga guru harus punya cara dalam membuat suasana kelas yang baik dengan mengkondisikan anak, membuat pembelajaran yang lebih menarik lagi, memberikan reward kepada anak yang mau mendengarkan gurunya.

  2. Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabaarakatuh.

    Nama: Nia Marda Widuri
    Nim: 856646575

    Judul vidio: Anak ngobrol dikelas saat pembelajaran
    Kejadian seperti vidio tersebut sering terjadi, solusi yang bisa dilakukan guru adalah:
    1. Hentikan proses cerita guru dalam pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    2. Mengubah strategi pembelajaran guru dalam kelas.
    3. Memisahkan anak yang ngobrol dengan anak yang sedang belajar
    4. Posisikan anak yang ngobrol tadi dekat dengan guru
    5. Libatkan anak dalam proses belajar/kegiatan cerita.
    6. Tekankan pada anak untuk tidak mengulangi.
    7. Berikan reward pada anak yang bisa memperbaiki perilakunya.

    Vidio ini sangat bermanfaat dan membantu saya dalam menenangkan anak yang sering mengobrol didalam kelas saat pembelajaran. Solusi yang diberikan bisa dijadikan contoh apa bila menemukan masalah yang sama seperti di vidio.

  3. Permasalahan anak-anak mengobrol pada saat pembelajaran memang sering dilakukan oleh anak -anak , setelah mengamati video diatas kita bisa menerapkan langkah – langkah tersebut pada saat pembelajaran, supaya anak anak bisa lebih fokus kita bisa melakukan jeda permainan singkat ntuk mengembalikan mood nya peserta didik

  4. Nama : Nieda Hayati
    NIM : 858305579
    UPBJJ : Banjarmasin
    Judul : Anak ngobrol di kelas saat BPM

    Dari video diatas saya bisa belajar bagaimana mengatasi anak disekolah, dan semoga saya bisa menerapkan di lembaga. Dengan begitu saya menggunakan metode belajar yang bervariasi. Metode pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna dapat membuat anak antusias dalam belajar dan selalu menunggu-nunggu pelajaran yang diajar oleh guru.

    Terima kasih🙏🏻

  5. Nama : Raodatul Jannah
    NIM : 8586133375
    Video pengembangan : Anak ngobrol di kelas ketika sedang PBM
    Semester: 4

    Dari video seri pengembangan sosial emosional di atas tentang anak yang ngobrol dalam kegiatan belajar mengajar dan video tersebut memberikan contoh yang baik kepada guru apabila ketika dalam pembelajaran dilaksanakan masih ada anak yang ngobrol terutama ketika guru berbicara. Dan juga guru harus punya cara dalam membuat suasana kelas yang baik dengan mengkondisikan anak, membuat pembelajaran yang lebih menarik lagi, memberikan reward kepada anak yang mau mendengarkan gurunya

  6. Dari video diatas, bisa menambah pengetahuan saya tentang cara menenangkan anak yang sedang mengobrol dikelas saat pbm berlangsung. Dengan metode pembelajaran yang menyenangkan anak akan antusias dalam belajar.

  7. Umi kalsum
    856651663
    Makul:propesionalitas guru paud
    Sangat bermanfaat sekali bagi saya….dengan melakukan strategi tersebut tentu dengan hati yang tenang dan sabar

  8. Dari video diatas bisa menambah pengetahuan saya untuk bisa menenangkan suasana kelas disaat ada yang mengobrol ketika pbm berlangsung. Dengan metode pembelajaran yang menyenangkan, anak akan antusias untuk mengikuti pembelajaran tersebut

  9. Nama: Fitri Yanti
    Nim: 858613748
    dari video diatas tentang cara guru mengatasi anak mengobrol dikelas pada saat PBM yaitu mengadakan variasi permainan yang melibatkan murid didalam permainan tersebut, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

  10. Assalamu’alaikum wr wb
    Ijin menanggapi video tentang anak yang suka mengobrol saat PKBM, dalam mengatasi anak tersebut dengan memisahkannya, menjaknya bertepuk tangan dan memberikan apresiasi terhadap yang yang lebih baik d akhir pelajaran,,,terimakasih atas solusi yang selalu diberikan kepada kami sebagai guru dalam mengatasi anak didik kami,,,
    Sekian dan terimakasih

Leave a Reply