silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Video yang disajikan terlihat relevan dan sering terjadi saat kegiatan belajar mengajar. tips yang diberikan juga bermanfaat dan mudah untuk dipraktikkan.
Kejadian anak mengobrol di kelas sering kali terjadi , apalagi untuk anak usia dini memang terkadang sulit sekali di kendalikan. Vidio tersebut memberikan saya pengetahuan akan tips dan trik menangani anak yang mengobrol di kelas dengan cara :
1. Menghentikan pembelajaran sejenak untuk mengatasi anak
2. Memisahkan anak yang sedang mengobrol
3. Meletakkan anak yang ngobrol di depan
4. Dan hal yang terpenting yaitu memberi penghargaan.
Namun perlu di ingat dalam pembelajaran di kelas perlunya aturan yang harus di sepakati oleh guru dan anak , di mana kesepakatan tersebut bisa di terapkan di kelas, kemudian posisi duduk anak juga perlu di perhatikan supaya anak dapat melihat dan mendengar dengan jelas ketika guru bercerita , gunakan juga alat peraga yang menarik perhatian anak serta berikan rewad/penghargaan terhadap anak yang mau mendengarkan dengan tertib
Dari video ini saya dapat mengambil pelajaran bagaimana mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas yang perlu dilakukan guru antara lain:
~. Menghentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
~.Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
~.Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru
~. Libatkan anak dalam kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan guru
~. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
~. Memberikan reward kepada anak yang mampu meperbaiki perilakunya
Assalamualaikum……
Nama saya :Rukiana Wildayanti
NIM: 859174339
Alhamdulillah…. Dengan vidio ini saya atau guru-guru yang lain, in syaa Allah, lebih terbantu dalam menghadapi anak yang “Ngobrol di kelas saat PBM” terimakasih 🙏😊
Nama : Ani Mulyani
Nim : 857509804
UPBJJ : Bandung
Dari video pembelajaran tersebut berisi gambaran permasalahan perkembangan moral disiplin anak yang sering ditemui ketika anak belajar yakni ada anak yang ngobrol. Upaya yang dilakukan guru antara lain: mengadakan variasi permainan, sehingga anak tidak merasa bosan dalam pembelajaran
Nama : Nadya putri rifayanti
Nim : 858690083
Kelas : 8B-PGPAUD
Asal : Pokjar Mojokerto
UT SURABAYA
Dari video di atas dengan judul “anak mengobrol saat kegiatan pembelajaran” saya mendaptkan ilmu yang dapat saya terapkan pada saat kegatan pembelajaran di kelas saya.
menurut saya dalam video tersebut guru kurang menkondusifkan kelas terlebih dahulu, posisi anak atau penataan posisi temat duduk saat pembelajaran juga kurang tepat jadi untuk anak yg dibelakang kurang fokus dan tidak dapat melihat gambar dengan jelas.
pada video tersebut sudah di sampaikan cara mengatasi “anak yg mengobrol saat kegiatan pembelajaran” yaitu antara lain :
1. Hentikan kegiatan guru dan proses kegiatan pembelajaran sejenak untuk menenangjan anak
2. Pisahkan anak yg mengobrol supaya bisa belajar
3. Posisikan anak yg mengobrol didekat guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita dalam proses belajar yg disampaikan guru
5. Tekankan agak anak tidak mengulangi kejadian tersebut
6. Berikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya
namun, perlu saya tambahkan sesuai pengalaman saya saat mendapati murid yang seperti video di atas dengan mengkondusifkan kelas terlebih dahulu, menata posisi duduk anak-anak, Mengajak anak untuk kesepakatan kelas sebelum pembelajaran dimulai, Meminta anak yang ngobrol tadi untuk mengobrol didepan teman-temannya , Meminta anak yang ngobrol untuk bercerita menggantikan bu guru yang sedang cerita.
Nama : Sarifatun Khasanah
NIM: 857607877
Melihat tayangan vidio seperti ini saya jadi teringat kelas yang memang sering terjadi seperti pada vidio. Anak yang sudah semakin akrab dengan teman temannya membuat mereka lupa saat sedang kegiatan bersama guru. Vidio ini memberikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut.
Vidio ini sangat membantu guru dalam menghadapi berbagi tingkah laku anak usia dini.
NAMA : SERA PATMAWATI
NIM : 859874691
UPBJJ : MEDAN
Setelah melihat video ini saya merasa sangat terbantu di mana hal ini sering saya hadapi di kelas.
Dari video ini saya dapat mengambil pelajaran bagaimana mengatasi anak yang mengobrol di dalam kelas yang perlu dilakukan guru antara lain:
1. Menghentikan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang mengobrol di dekat guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan proses belajar mengajar yang dilakukan guru
5. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Memberikan reward kepada anak yang mampu meperbaiki perilakunya
Semoga untuk kedepannya saya dapat menerapkan metode ini, sehingga anak-anak lebih dapat menyimak pembelajaran. Terimakasih
saya mencari komentar saya yg hilang……
Dari video tersebut kita mendapatkan ilmu cara mengatasi anak yang ngobrol dikelas ketika pembelajaran sedang berlangsung,cara guru mengatasi anak -anak itu sudah sangat bagus dan bisa menjadi wawasan untuk kita sebagai guru, dengan mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas :
1. Hentikan kegiatan cerita guru atau proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas
2.pisahkan anak yang mengobrol dari anak yang sedang belajar
3. posisikan anak yang mengobrol tadi duduk didekat guru
4. libatkan anak dalam kegaiatan cerita atau proses belajar mengajar yang disampaikan guru
5.Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
6. Berikan reword kepada anak yang anak dapat memperbaiki perilakunya
Selain strategi diatas sebagai guru kita juga dapat memilih judul atau cerita yang menarik dan juga mengatur tempat duduk anak-anak agar tidak ada anak yang terhalang teman yang lain, dengan itu anak bisa fokus dalam mengdengarkan cerita atau dongeng.