silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Sri Lestari
NIM : 857748323
Ketika anak ngobrol dikelas hal yang biasa saya lakukan sama seperti pada video tersebut yaitu dengan :
1. Memisahkan anak yang suka mengobrol
2. Tekankan agar anak tidak mengulangi kejadian yang sama
3. Memberikan reward kepada anak
4. Ajak anak untuk ikut dalam kegiatan
Dengan begitu anak akan mengurangi kegiatan mengobrol dengan temannya.
Nama : Gusila Wati
Nim 877597161
Upbjj Palembang Pokjar Prabumulih
saya dapat memberikan beberapa masukan dan saran berdasarkan pengamatan saya terhadap portal Guru Pintar Online UT, khususnya pada seri pembelajaran PAUD terkait pengembangan sosial-emosional:
Komentar dan saran saya terhadap video-video pembelajaran tersebut:
•Konten video sangat relevan dan sesuai dengan topik pengembangan sosial-emosional anak usia dini.
•Penyampaian materi cukup jelas dan mudah dipahami, dengan contoh-contoh yang konkret.
•Durasi video yang tidak terlalu panjang memudahkan anak-anak untuk tetap fokus dan antusias.
•Penggunaan animasi dan ilustrasi visual yang menarik dapat membantu memperkuat pemahaman anak-anak.
•Adanya aktivitas interaktif atau refleksi di akhir video dapat mendorong anak-anak untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
Saran untuk pengembangan lebih lanjut:
•Menambahkan video dengan variasi topik yang lebih beragam, misalnya tentang manajemen konflik, empati, atau keterampilan komunikasi.
•Menyediakan panduan atau lembar kerja yang dapat diunduh oleh orang tua atau guru untuk mendukung pembelajaran di rumah.
•Memfasilitasi diskusi atau forum interaktif di mana anak-anak, orang tua, dan guru dapat saling berbagi pengalaman dan ide.
•Memberikan umpan balik atau penilaian formatif sederhana untuk memantau pemahaman dan kemajuan anak-anak.
Secara keseluruhan, saya menilai portal Guru Pintar Online UT memiliki potensi yang baik untuk mendukung pembelajaran PAUD, khususnya dalam pengembangan aspek sosial-emosional anak. Dengan terus melakukan perbaikan dan pengembangan, portal ini dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi anak-anak, orang tua, dan guru PAUD.
Nama Gusila Wati
Nim 877597161
Upbjj Palembang Pokjar Prabumulih
saya dapat memberikan beberapa masukan dan saran berdasarkan pengamatan saya terhadap portal Guru Pintar Online UT, khususnya pada seri pembelajaran PAUD terkait pengembangan sosial-emosional:
Komentar dan saran saya terhadap video-video pembelajaran tersebut:
•Konten video sangat relevan dan sesuai dengan topik pengembangan sosial-emosional anak usia dini.
•Penyampaian materi cukup jelas dan mudah dipahami, dengan contoh-contoh yang konkret.
•Durasi video yang tidak terlalu panjang memudahkan anak-anak untuk tetap fokus dan antusias.
•Penggunaan animasi dan ilustrasi visual yang menarik dapat membantu memperkuat pemahaman anak-anak.
•Adanya aktivitas interaktif atau refleksi di akhir video dapat mendorong anak-anak untuk terlibat aktif dalam pembelajaran.
Saran untuk pengembangan lebih lanjut:
•Menambahkan video dengan variasi topik yang lebih beragam, misalnya tentang manajemen konflik, empati, atau keterampilan komunikasi.
•Menyediakan panduan atau lembar kerja yang dapat diunduh oleh orang tua atau guru untuk mendukung pembelajaran di rumah.
•Memfasilitasi diskusi atau forum interaktif di mana anak-anak, orang tua, dan guru dapat saling berbagi pengalaman dan ide.
•Memberikan umpan balik atau penilaian formatif sederhana untuk memantau pemahaman dan kemajuan anak-anak.
Secara keseluruhan, saya menilai portal Guru Pintar Online UT memiliki potensi yang baik untuk mendukung pembelajaran PAUD, khususnya dalam pengembangan aspek sosial-emosional anak. Dengan terus melakukan perbaikan dan pengembangan, portal ini dapat menjadi sumber belajar yang bermanfaat bagi anak-anak, orang tua, dan guru PAUD.
Nama : Sugiharti
NIM! : 859666339
Menurut saya video di atas sudah sangat bagus, dari video tersebut saya mendapatkan ilmu yang akan coba saya terapkan di lembaga saya.
Saran dan masukan saya yaitu:
– Melakukan strategi penanganan yang komprehensif.
– Hentikan kegiatan pembelajaran sejenak untuk mengkondusifkan suasana kelas.
– Pisahkan anak yang suka mengobrol dengan memposisikan mereka di dekat guru
– Selain strategi di atas dan juga pemberian reward, pengaturan ruangan kelas juga mungkin bisa di perhatian.
– Terapkan aturan atau kesepakatan kelas sebelum pembelajaran dimulai.
– Memberikan pengertian tentang arti pentingnya belajar displin dengan kata-kata yang mudah dipahami oleh anak usia dini.
– Memberi pengertian tentang sopan santun yaitu bagaimana cara menghargai dan menghormati ketika ada orang yang berbicara agar mendengarkan dan tidak berbicara sendiri.
Demikian tanggapan saya untuk video di atas terimakasih.
Nama : septa ajrina irsalina
NIM : 858527163
UT SEMARANG
dari video tersebut saya menjadi tau ilmu baru cara mengatasi anak yang mengobrol saat dikelas, yaitu :
– tenangkan suasana kelas
– pisahkan anak yang ngobrol dan yang belajar
– libatkan anak dalam kegiatan belajar
Nama : Zimamatud Diyanah
NIM : 857755723
Dari video di atas saya dapat mengambil kesimpulan dan Langkah yang harus dilakukan Guru pada saat ada anak yang mengobrol di kelas adalah :
a. Menghentikan sejenak kegiatan Pembelajaran dan menenangkan suasana kelas
b. Kelompok Anak yang suka mengobrol dan yang mau belajar
c. Memposisikan anak yang suka ngobrol dekat dengan guru
d. Libatkan anak dalam kegiatan cerita
e. Mengingatkan anak supaya tidak mengulangi kejadian yang sama atau suka mengobrol saat belajar
Terimakasih
NAMA: SONISA HULU
NIM:859794849
judul video:anak mengobrol dikelas saat PBM
Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi pendidik.tang mana kebanyakan terjadi dan tentunya selalu terjadi ketika pada saat proses belajar.apalagi jika menurut pandangan anak bahwasanya guru itu lemah lembut tidak suka marah,jadi tentunya mereka menganggap remeh dan tidak mau diam.dalam video tersebut sangat bermanfaat sekali krna langsung dengan penangananya sehingga dengan penanganan tersebut,suasana kelas menjadi bagus dan anak2 dapat lebih fokus untuk belajar.
Bismillah…
Nama : Toiah Labibah
NIM :859655605
Alhamdulillah video diatas sangat bermanfaat bagi saya, guru baru untuk dapat diterapkan dalam pengkondisian kelas ketika pembelajaran berlangsung. Terimakasih
Nama:Ayu Wandira Lahagu
Nim :859788361
judul video:anak diajarkan dikelas saat PBM
Menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi pendidik. Yang mana kebanyakan terjadi dan tentunya selalu terjadi ketika pada saat proses belajar. Apalagi jika menurut pandangan anak bahwasanya guru itu lemah lembut tidak suka marah,jadi tentu saja mereka menganggap remeh dan tidak mau diam.dalam video tersebut sangat bermanfaat sekali krna langsung dengan penangananya sehingga dengan penanganan tersebut,suasana kelas menjadi bagus dan anak2 dapat lebih fokus untuk belajar.
Nama : Luh Putu Ari Widayani
NIM : 859034078
Anak ngobrol di kelas saat PBM
Menurut saya proses pembelajaran di kelas ini sudah bagus,karna sangat penting untuk pendidik bagaimana mengatasi anak yang mengobrol pada proses belajar dan dengan cara memisahkan anak dari teman yang di ajak mengobrol seperti video di atas dan mengubah proses belajar.
Terimakasih