silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)

Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang

Kesesuaian tingkat kependidikan  Sangat Baik

Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.

Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.

Untung Laksana Budi

Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.

b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.

c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.

d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.

Rahmawati

Similar Posts

1,932 Comments

  1. NAMA : IKA HERMAYANTI
    NIM : 858755693
    Dalam video tersebut menggambarkan anak yang mengobrol sendiri bersama temannya pada saat guru bercerita, adapun strategi yg harus dilakukan saat mendapati anak didiknya mengobrol sendiri saat guru bercerita yaitu :
    1. hentikan proses cerita guru sejenak untuk memenangkan kondisi kelas
    2. pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang belajar
    3. posisikan anak yang mengobrol berada didepan guru
    4. libatkan anak dalam kegiatan bercerita yg disampaikan guru
    5. tekankan agar anak tidak mengulangi perbuatan yang sama
    6. berikan penghargaan terhadap anak yang mau mengikuti kegiatan guru

  2. Dari vidio tersebut menjelaskan cara menenangkan anak yang mengobrol didalam kelas,
    Guru menghentikan pembelajaran sejenak untuk menegur anak yang mengobrol,
    Mengajak anak yang mengobrol tersebut untuk maju ke depan.Nasehati anak untuk tidak mengulangi perbuatannya berikan reward kepada anak yang tertib dalam mengikuti pembelajaran.

  3. NAMA : RIDA RIASTINI
    NIM : 858877021
    Video tersebut sangat membantu kita untuk mengatasi masalah anak yang mengobrol di dalam kelas. Sebagai guru baru mungkin kita masih sedikit bingung tentang cara mengatasi hal tersebut namun dengan melihat video tersebut kita belajar dan dapat mengaplikasikan di dalam kelas kita ketika peristiwa tersebut juga terjadi saat pembelajaran kita. Saran mungkin video tersebut juga bisa ditambh dengan penyebab anak mengobrol sendiri,bisa jadi mereka mengobrol karena merasa cerita yang dibacakan kurang menarik dan posisi duduk belum diatur dengan benar sehingga semua anak dapat melihat guru dengan jelas. Mungkin anak juga bisa dilibatkan dalam memilih cerita supaya dia lebih tertarik dan antuasias ke cerita yang dibacakan.

  4. Nama : Wilda Fitriani
    Nim : 856253998
    =Anak ribut dikelas saat PBM dalam video ini kita bisa menggunakan pendekatan , memberikan perhatian , pujian dan berikan yel-yel, syair agar anak bisa diam dan pokus untuk kembali belajar,

  5. Setelah menonton video diatas banyak wawasan dan ilmu baru yang saya dapatkan, ilmu baru yang saya dapat kan bisa di sebagai berikut dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak. Dalam video tersebut juga mengajarkan bagaimana upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan misalnya permainan tepuk, memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru, memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
    Saran Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat melihat tayangan video tersebut.

  6. Nama : Adhinda Pringgandani
    NIM : 877600198

    Situasi kelas yang digambarkan di video diatas yang berjudul ” Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM” juga saya alami saat mengajar anak didik saya mengobrol saat saya sedang berbicara mengenai materi pembelajaran. Dari video tersebut saya mendapatkan informasi dan ilmu tentang bagaimana mengatasi bagiamana cara mengatasi anak yang mengobrol. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan:
    Mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas.
    – Guru dapat menghentikan kegiatan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    – pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    – posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
    – libatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar.
    – tekankan pada anak untuk tidak mengulangi kejadian yang sama.
    – berikan penghargaan kepada anak jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

  7. Judul : Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM
    Dari video tersebut saya mendapatkan informasi dan ilmu tentang bagaimana mengatasi bagiamana cara mengatasi anak yang mengobrol. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan:
    •Mengubah strategi pembelajaran guru di dalam kelas.
    •Guru dapat menghentikan kegiatan pembelajaran sejenak untuk menenangkan suasana kelas.
    •pisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar.
    •posisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru.
    •libatkan anak dalam kegiatan belajar mengajar.
    •tekankan pada anak untuk tidak mengulangi kejadian yang sama.
    •berikan penghargaan kepada anak •jika anak dapat memperbaiki perilakunya.

  8. Nama : Muzakiyah
    Nim. : 857755755
    Anak Ngobrol Di Kelas Saat PBM

    Pada vidio tersebut guru sudah memberikan contoh solusi yg efektif untuk menyelesaikan masalah tersebut.
    Dengan memberikan riwerd pada anak akan memberikan semangat bagi anak.
    Memberikan permainan yang menarik salah satu kegiatan menyenangkan bagi anak , apalagi anak diberikan kebebasan untuk memilih.
    Sekian terimakasih

  9. Nama : Intan Pradasari
    NIM : 858951332
    Judul : Anak ngobrol dikelas saat PBM (Seri Pengembangan sosial emosional)

    Dalam video tampak seorang guru sedang membacakan cerita kepada anak- anak didalam kelasnya. Anak tampak serius mendengarkan, namun ada beberapa anak yang membuat grup dan mengobrol saat guru sedang bercerita. Menghadapi hal tersebut, guru diharapkan dapat mengubah strategi bercerita sehingga anak bisa fokus pada cerita yang dibacakan, dengan cara memisahkan anak yang sedang mengobrol, menempatkan anak didekat guru, mengajak anak melakukan kegiatan ice breaking untuk mengembalikan fokus mereka, bisa dengan cara tepuk-tepuk, bernyanyi atau melakukan gerak terkoordinasi. Selain itu, ketika bercerita guru diharapkan menggunakan sesuatu yang menarik minat anak untuk mendengarkan cerita atau mengikuti pelajaran. Anak suka belajar menggunakan sesuatu yang konkret. Jadi guru dapat membawa dan menggunakan benda sesuai tema yang disampaikan guru untuk menarik minat anak, misalnya saat bercerita tentang gajah, guru dapat membawa gambar gajah atau boneka gajah.

  10. Nama: NURHAYATI
    NIM: 859671631

    Pada video tersebut di atas, guru sudah memberikan contoh solusi untuk menyelesaikan masalah dengan cukup efektif. Salah satunya dengan memberikan reward kepada anak, ini sangat efektif untuk membangun semangat anak dalam mengikuti PBM.
    Kemudian kegiatan yaang menarik dan memberi keleluasaan untuk memilih sendiri kegiatan akan membuat anak merasa senang. Terima kasih

Leave a Reply