silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program video ini berisi gambaran umum mengenai permasalahan perkembangan moral-disiplin yang sering ditemukan pada anak usia dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung yakni anak yang “ngobrol”. Upaya yang dapat dilakukan guru diantaranya adalah: mengadakan variasi permainan, misalnya permainan tepuk; memisahkan anak yang suka mengobrol ke dekat guru; memberikan reward pada akhir pembelajaran sehingga anak akan berusaha lebih baik lagi.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Tujuan penayangan video ini agar dapat bagaimana seorang Guru PAUD mengadapi kegiatan PBM, sebagai Moral disiplin yang sering ditemukan pada anak Usia Dini pada saat proses belajar mengajar berlangsung dengan baik, dan yang terlihat pada tayangan ini seorang anak yakini anak sedang “mengobrol “ (bercanda)
Saat mengajar atau menjelaskan guru berupaya untuk menjelaskan tentang binatang dan mengalikan dengan menggunakan Media gambar penggunaan media gambar sebaiknya dengan gambar media yang besar dan menggunakan Infocus PowerPoint. Jadi untuk mengalihkan anak ngobrol akan melihat gambar binatang sambil guru menjelaskan tentang binatang
Kesesuaian tingkat kependidikan Sangat Baik
Untuk perkembangan anak didik sesuai dengan yang disampaikan guru untuk bercerita tentang Binatang karena,untuk anak usia dini sangat menarik dengan Kurikulum sesuai dengan AUD.
Kesan umum. Untuk video penayangan sangat baik hanya pada back Graud music jangan terlalu keras jadi tidak menganggu saat mel;ihat tayangan flim tsb.
Untung Laksana Budi
Dalam video tersebut ditampilkan cara bu guru membuka, mengisi pembelajaran serta menutup pembelajaran sesuai dengan pembelajaran anak.
b. Strategi, pendekatan, metode dan media ditampilkan dalam video tersebut. Namun dalam evaluasi pembelajaran tidak ditampilkan.
c. Untuk kesesuaian sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik.
d. Kesesuaian dengan kerikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013.
Rahmawati
Nama : Nurlela
NIM : 856636313
Dari kasus seperti di video ” anak mengobrol saat KBM” sering sekali saya hadapi saat pembelajaran berlangsung,solusi yang diberikan sangat bermamfaat bagi kami para guru , saya juga sering melakukan hal yang sama yaitu mendekati anak yang tidak fokus tersebut utk mengalihkan fokusnya atau dengan memanggil nama anak tersebut dengan nyanyian lalu diikuti teman – temannya misalnya ” ada Ali tidak fokus ,Astaghfirullahal’aziim” dengan begitu anak akan kembali fokus.
Atik Minanti, NIM 857625639, PGPAUD, UT Daerah Purwokerto
Tanggapan saya:
Permasalahan perkembangan moral-disiplin pada anak usia dini, seperti kecenderungan untuk “ngobrol” saat proses belajar mengajar, memerlukan pendekatan yang bijaksana dan terencana dari para pendidik. Melalui gambaran umum tersebut, kita menyadari bahwa membangun kedisiplinan dan moralitas pada usia tersebut merupakan fondasi penting untuk perkembangan anak secara keseluruhan.
Guru memiliki peran kunci dalam membimbing anak-anak untuk mengatasi kecenderungan ini. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah mengadakan variasi permainan, seperti permainan tepuk, yang tidak hanya menghibur tetapi juga melibatkan anak-anak secara aktif dalam pembelajaran. Hal ini dapat membantu mengalihkan perhatian mereka dari kegiatan yang mengganggu.
Selain itu, memisahkan anak-anak yang cenderung “ngobrol” ke dekat guru adalah langkah yang efektif. Dengan memberikan perhatian lebih intensif, guru dapat memonitor perilaku mereka dengan lebih baik dan memberikan dorongan positif serta arahan yang diperlukan.
Pemberian reward pada akhir pembelajaran juga merupakan strategi yang baik untuk mendorong anak-anak agar lebih berusaha. Ini menciptakan insentif positif dan memperkuat pola perilaku yang diinginkan.
Dengan menggabungkan pendekatan yang beragam dan mendukung, para guru dapat membantu anak-anak usia dini untuk mengembangkan kedisiplinan dan moralitas yang kuat, sehingga mereka dapat tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab dan berdaya saing tinggi di masa depan.
Nama : Astryanova
Nim :859663928
1. Anak mengobrol di kelas saat pbm
Virus tersebut sangat membantu saya mengatasi hal serupa, Setelah melihat tayangan video tersebut saya mendapatkan ilmu baru, informasi mengenai bagaimana cara mengatasi anak mengobrol di kelas saat pbm
Caranya dengan mengubah strategi pembelajaran
1. Menenangkan suasana kelas
2. Memisahkan anak yang sedang ngobrol dengan anak yang sedang belajar
3. Memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
4. Libatkan anak dalam kegiatan cerita ataupun proses belajar mengajar yang disampaikan guru
5. Tekankan anak agar tidak mengurangi kejadian yang sama
6. Memberikan reward jika anak dapat memperbaiki perilakunya
Saran saya untuk suara musik di video tersebut jangan terlalu keras.
Nama : Riska Yuni Hanisia
Nim : 858529751
Dari video diatas, suasana kelas saat pembelajaran sama dengan keadaan kelas saya, dimana anak asik mengobrol dengan temannya. Pada video ini kita sebagai guru diberikan solusi untuk mengatasi keadaan kelas yang kurang kondusif dan beberapa cara sudah saya lakukan seperti posisikan anak yang mengobrol didepan guru, memisahkan anak yang mengobrol tersebut dan digabungkan dengan anak yang fokus belajar.
Nama : Unawekla Hermina D
NIM : 857490058
Tanggapan: Guru dalam video tersebut menangani situasi ini dengan baik, seperti menghentikan sejenak proses belajar agar suasana kelas kembali kondusif dan mengajak anak yang terlibat untuk duduk di tempat yang nyaman untuk menyimak. Namun, untuk menjaga kegiatan belajar tetap tertib, berikut adalah beberapa saran tambahan:
1. Menata tempat duduk anak-anak dalam bentuk melingkar agar setiap siswa dapat menyimak dengan baik.
2. Guru sebaiknya duduk di kursi selama mengajar, karena berdiri atau berjalan-jalan dapat membuat anak-anak sulit melihat gambar di buku yang terlalu tinggi.
3. Sebelum memulai pembelajaran, guru bisa mengajak anak-anak melihat ‘peraturan kelas’ dan mengumumkan hadiah yang akan diberikan. Ini diharapkan dapat memotivasi anak-anak untuk menyimak cerita dengan lebih tertib.
Nama : Miftakhul Fia Nugrahayu
NIM : 858877229
Pertama, saya senang melihat interaksi antara anak-anak di kelas PAUD. Ini adalah bagian penting dari perkembangan sosial dan bahasa mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa dalam situasi pembelajaran, ada waktu dan tempat yang tepat untuk berbicara. Meskipun percakapan antara anak-anak bisa menjadi momen belajar yang berharga, pendidik perlu memastikan bahwa pembelajaran terstruktur dan fokus tetap terjaga. Mungkin ada cara untuk mengalihkan minat anak-anak ke topik yang relevan dengan pembelajaran saat itu, sehingga mereka tetap terlibat namun tidak mengganggu proses belajar mengajar. Overall, penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung interaksi sosial sambil tetap memprioritaskan tujuan pembelajaran.
Nama : MEGA INDRANI SANCAKA
NIM : 858876306
Di dalam video tersebut guru menghadapi situasi/ kondisi dengan baik dalam hal menghentikan sejenak proses belajar agar suasana kelas menjadi kembali kondusif.
Nama: Ashfiyaul Bakhriyah
NIM : 857761275
Dalam video tersebut terlihat seorang guru yang sedang menceritakan cerita kepada anak didik, namun ada beberapa anak yang asyik mengobrol sendiri dan tidak memperhatikan ibu guru. Kejadian ini juga sering saya alami dalam mengajar. Video ini sangat bermanfaat sekali bagi saya, karena diberikan solusi cara mengatasi anak yang mengobrol di kelas saat kegiatan belajar mengajar, yaitu:
– Dengan menghentikan proses pembelajaran sejenak untuk menenangkan kelas
– Memisahkan anak yang mengobrol dengan anak yang sedang belajar
– Memposisikan anak yang mengobrol dekat dengan guru
– Melibatkan anak dalam proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru
– Menekankan kepada anak agar anak tidak mengulangi kegiatan yang sama
– Memberikan reward kepada anak apabila anak dapat memperbaiki perilakunya.
Nama : Fitri Rahayuningsih.
NIM : 859686047.
Dari video tersebut, ada dua anak didik yang mengobrol ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru menghentikan sejenak kegiatan ceritanya, lalu memisahkan anak yang mengobrol dan memposisikan ke samping guru.
Nama : Dewi Novita
Nim : 858911091
izin ya bunda, dari video tersebut memang sering saya alami dilembaga saya dan untuk solusi dari masalah tersebut menurut saya sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik terutama terhadap lembaga saya, dan saya juga sering melakukan hal yang sama yaitu dengan mendekati anak yang kurang fokus agar anak kembali dalam proses pembelajaran.