silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Novita Rian Susanti
NIM : 857657588
dari vidio yang berjudul “anak ribut di kelas saat PBM” menjadi referensi saya untuk dapat diterapkan di lembaga saya. solusi untuk mengatasi anak yang ribut dikelas antara lain:
– mengajak anak untuk tenang,
– jika banyak anak yang melakukan keributan lakukan tepukan untuk menenangkan,
– jika yang melakukan keributan sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus pada kegiatan yang dilakukan,
– jika anak yang melakukan keributan sudah selesai mengerjakan, ajak anak untuk melakukan kegiatan yang lain.
Video ini menunjukkan anak-anak ribut di kelas saat Proses Belajar Mengajar (PBM) berlangsung memang menjadi perhatian serius, sebab kondisi ini dapat mengganggu konsentrasi siswa lain. Semua yang terjadi di kelas adalah tanggung jawab guru untuk menciptakan suasana yang menyenangkan pada anak.
Seperti memilih kegiatan yang unik bagi anak, jika mewarnai half biasa namun jika guru tau menguasai kelas dengan cara mengkoordinsi anak pasti anak tidak ribut,contoh menyiapakn gambar yang unik.
Solusi yang di berikan ibu dwi sangat membantu mengendalikan kembali konsentrasi anak untuk kembali fokus Dan diam saat pembelajaran namun, lebih baik jika sebelum KBM guru sudah mempunyai tujuan pencapaian agak ia mampu mengkoordinsi kelas dengan baik khususnya menghindari kejadian seperti ini..
Terima kasih
assalamualaikum wr wb
nama : ira Rohmatul Jannah
nim :858971151
sangat menginspirasi Untuk menciptakan suasana kelas yang lebih kondusif, penting untuk memperhatikan beberapa aspek, mulai dari lingkungan fisik kelas, hingga interaksi antara guru dan siswa. Beberapa tips yang bisa diterapkan antara lain: menata ruang kelas dengan baik, menciptakan aturan main bersama, membangun komunikasi positif, serta memberikan dukungan emosional kepada siswa
Nama : Saadah Tarbiyah
Nim : 878166261
Dari video di atas memperlihatkan saat PBM di kelas, sedangkan ada sebagian anak-anak yang ribut saat PBM berlangsung, dan di video diatas menunjukan cara menangani keributan anak sehingga mengganggu konsentri anak yang lain dikelas, dan video tersebut dapat saya jadikan referensi dalam menangani keributan di kelas karena menjadi tantangan bagi guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, menyenangkan, dan efektif.
Assalamualaikum. wr.wb
Nama : Halimatussa’diyah
NIM : 859941373
Upaya guru dalam menangani anak yang ribut dikelas yang telah ditampilkan sangat menginspirasi kita sebagai pendidik. bisa menjadi pelajaran agar kitadapat mencontohkan cara yang telah di tam
Dari video masalah anak ribut dalam kelas guru harus menyelesaikan dulu anak tersebut dekati anka itu lalu tanya ada apa, kemudian beri anak itu tugas sambil memberikan peraturan dalam kelas waktu proses PBM berlangsung ajak ank itu membuat tugas yang menarik sambil mendampinginya sementara sampai anak itu bisa tertib lagi. beri pujian bila nak itu sudah tertib dan mau mendengarkan guru lagi.
Nama: Nisa ‘Ul Mukminin
Nim : 857866929
Dalam video ini menampilkan pendekatan guru yang sangat relevan dalam mengatasi anak yang ribut di kelas. Guru tidak hanya fokus pada menghentikan perilaku ribut, tetapi juga berusaha mengenali penyebab di balik perilaku tersebut, seperti kebosanan, kelelahan, atau kebutuhan emosional anak. Langkah ini sangat penting karena pemahaman terhadap latar belakang perilaku anak memungkinkan guru memberikan solusi yang tepat sasaran, sesuai dengan prinsip psikologi perkembangan anak yang menekankan pentingnya memahami kebutuhan individu setiap anak.
Penggunaan teknik sederhana seperti “tepuk” untuk menenangkan anak merupakan inovasi yang efektif, karena selain mudah dilakukan, juga dapat menjadi ice breaking yang menyenangkan. Selain itu, memindahkan pembelajaran ke luar kelas saat anak mulai bosan adalah langkah kreatif yang dapat meningkatkan motivasi dan konsentrasi anak. Pendekatan ini sejalan dengan konsep pendidikan berbasis kemampuan, di mana lingkungan belajar yang fleksibel dan variatif sangat dibutuhkan untuk mendukung perkembangan anak usia dini.
Tanggapan saya terhadap video tersebut, anak-anak tampak tidak fokus dan suasana kelas menjadi tidak terkendali karena pembelajaran kurang melibatkan mereka secara aktif. Guru terlihat kurang memberi variasi dalam kegiatan, sehingga anak-anak mudah bosan dan akhirnya membuat kegaduhan sendiri.
Menurut saya, anak usia dini membutuhkan pembelajaran yang bersifat bermain, bergerak, dan penuh interaksi. Saat anak hanya diminta duduk dan mendengarkan terlalu lama, mereka akan kehilangan minat. Guru perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan metode seperti bernyanyi, bercerita, atau bermain peran agar anak-anak bisa lebih terlibat.
Selain itu, penting bagi guru untuk menetapkan aturan kelas sejak awal dan menggunakan pendekatan yang konsisten namun menyenangkan dalam mengelola perilaku anak. Video ini menunjukkan bahwa keberhasilan proses belajar di PAUD tidak hanya tergantung pada materi, tetapi juga pada cara guru membawakan kegiatan dan membangun hubungan dengan anak.
Video yang sangat bagus untuk menambah pengetahuan untuk menangani anak yang ribut di kelas saat belajar. Langkha-langkah yang bisa dilakukan jika ada anak yang ribut di kelas saat belajar adalah ajak anak untuk tenang, jika anak yang ribut banyak, gunakan tepuk diam / peluit, jika anak yang ribut sedikit dekati anak dan ajak fokus lagi, dan jika anak yang ribut telah selesai melakukan kegiatan, ajak anak melakukan aktivitas lainnya.
Assalamualaikum.wr.wb
Nama : Halimatussa’diyah
NIM : 859941373
Video yang telah ditampilkan menceritakan tentang keadaan kelas pada saat proses pembelajaran. video yang menjadi inspirasi pendidik untuk mengatasi anak pada saat ribut ketika belajar. berbagai cara yang guru terapkan agar menciptakan kelas yang kondusif. guru sebagai fasilitator anak saat dikelas mempunyai peranan yang penting untuk mengembangkan pengetahuan dan pemahaman siswa. salah satu yang mempengaruhi tingkat keberhasilan dalam pembelajaran adalah suasana yang dinamis dan kondusif untuk anak. seorang pendidik harus menemukan cara agar anak tetap tenang saat proses pembelajaran. dengan adanya ice breaking sebelum melakukan pembelajaran juga salah satu cara agar menumbuhkan rasa semangat anak ketika memulai pembelajaran. selain itu memilih metode yang lebih menarik juga dapat menambah semangat anak ketika belajar, berikanlah kesempatan anak untuk memberikan inspirasi apa yang disenangi pada saat melakukan pembelajaran di sekolah. berilah perhatian kepada anak agar ia dapat mendengarkan apa yang guru sampaikan di kelas, peringatkan selalu kepadanya akan tata tertib saat sedang dalam kegiatan pembelajaran. agar anak dapat mengatur waktu dengan efektif saat di sekolah.