silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Nama : Desty Syifa Delima Putri
Nim : 857509986
Prodi : PGPAUD
Sebagai pendidik anak usia dini menghadapi anak yang ribut di kelas selalu menjadi tantangan. Banyak strategi yang bisa dilakukan oleh guru saat anak ribut di kelas. Dalam video tersebut beberapa solusinya yaitu:
1. Ajak anak-anak untuk tenang. Mengajak anak-anak untuk tenang adalah langkah pertama yang penting dalam mengatasi situasi yang ribut. Guru dapat menggunakan suara yang tenang dan penuh perhatian, serta memberikan sinyal visual seperti mengangkat tangan untuk menunjukkan bahwa waktu untuk tenang.
2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali.
3. Bila anak yang berebut atau berbuat keributan hanya sedikit, dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang harus dia kerjakan.
4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain. Mengajak mereka untuk melakukan aktivitas lain yang lebih menarik atau menyenangkan dapat membantu menjaga suasana kelas tetap positif dan produktif.
Dengan menerapkan langkah-langkah ini secara konsisten, guru dapat membantu mengelola perilaku anak-anak di kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi semua siswa.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Perkenalkan nama saya Vindy Rima Arifah 858946885 dari program S1-PGPAUD yang sedang menempuh pendidikan kuliah di semester 4.
Berikut refleksi saya setelah melihat video tersebut :
Dalam video tersebut, guru sudah memiliki kemampuan mengajar yang baik karena guru sudah dapat mengatasi masalah anak yang ribut di kelas saat pembelajaran. Tehnik yang dilakukan guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas yaitu :
1. Mengajak anak untuk tenang
2. Menenangkan anak dengan berbagai tepuk apabila anak yang ribuk itu banyak
3. Mengajak anak untuk fokus kembali apabila anak yang ribuk itu sedikit
4. Apabila anak yang ribut telah menyelesaikan tugasnya, maka ajak anak untuk melakukan aktivitas lain
Dari tayangan video tersebut, dapat kita ketahui bahwa terlihat jelas guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran. Tetapi untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, metode, dan pendekatan yanb dilakukan guru sudah terlihat dan berhasil. Hal ini terlihat saat guru mengajak anak untuk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman. Anak dapat mengikuti instruksi yang diberikan oleh guru. Dengan kata lain, anak dapat dikatakan bahwa anak taat pada peraturan dan hal ini termasuk dalam kompetensi dasar yang ada di kurikulum.
Saran untuk video tersebut :
Guru dapat memberikan penjelasan kepada murid secara perlahan untuk anak bisa tenang dalam kegiatan belajar mengajar. Guru juga dapat membuat kesepakatan bersama dengan anak sebelum masuk pada kegiatan inti. Sehingga dengan begitu, anak dapat menyepakati hal tersebut secara bersama. Dan apabila anak merasa bosan dalam pembelajaran di kelas maka guru dapat mengalihkan pembelajaran ke luar kelas (outdoor) agar kebosanan tersebut dapat teratasi dengan baik.
Sekian refleksi dari saya
Saya ucapkan terima kasih
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama: Rizka Aini
NIM: 857195946
UPBJJ: Serang
Judul Video: Anak Ribut di Kelas Saat Pembelajaran
Izin menanggapi video tersebut.
Setelah melihat video pembelajaran diatas, tindakan yang dilakukan oleh guru saat mengajar di kelas sudah baik, Dengan melihat cara mengajar guru pada video tersebut saya mendapat referensi bagaimana mengkondisikan anak ketika ada yang ribut atau mengganggu teman yang lain ketika sedang berkegiatan. Namun ada baiknya guru juga menggunakan cara lain untuk Mengatasi siswa yang ribut saat belajar, misalnya:
1. Dapat dilakukan dengan membuat kesepakatan yang jelas bersama dengan siswa. Jika kesepakatan sudah dibuat, Guru harus konsisten dan menunjukkan pada siswa bahwa kesepakatan harus dipatuhi oleh semua siswa dan juga guru.
Biasanya kesepakatan dibuat di awal pembelajaran. Ajak siswa berdiskusi kesepakatan apa yang harus dibuat supaya kelas berjalan lancar dan konsekuensi apa yang akan didapatkan jika melanggar kesepakatan yang telah dibuat oleh semua warga di kelas. Melibatkan siswa dalam menetapkan kesepakatan atau peraturan akan membuat siswa lebih bertanggung jawab. Dan apabila terdapat siswa yang melanggar aturan tersebut, guru bisa mengingatkannya kembali.
2. Pahami kenapa siswa tidak bisa diam
Setiap siswa memiliki karakter yang berbeda-beda. Ketika anak cenderung untuk selalu bergerak dan aktif di dalam kelas sehingga berpotensi mengganggu siswa lainnya, bukan berarti anak tersebut memang nakal atau bandel. Guru wajib mencari tahu penyebab siswa melakukan tindakan seperti itu.
Bisa jadi siswa tersebut merupakan anak yang hiperaktif atau sedang merasa bosan. Supaya pembelajaran berjalan lancar dan semua siswa mendapatkan pengalaman belajar yang sama-sama bermakna, Guru dapat menerapkan metode belajar yang banyak melibatkan aktivitas seperti ice breaking, games, diskusi, atau bermain peran.
3.
Menurut saya pada vidio tersebut guru sudah baik dalam mengkondisikan suasana didalam kelas. Pada vidio tersebut saya belajar cara menangani anak yang ribut dengan benar dan dapat kami contoh serta dapat di praktekan dalam kelas kami.
Assalamualaikum, Pada situasi kelas pendidikan anak usia dini memang sedikit berbeda dan kita sebagai pendidik perlu memiliki potensi yang dimana dapat kita fungsikan dalam menangani anak yang ribu di kelas, menenangkan anak adalah upaya yang baik untuk mengatasi masalah tersebut, ketika menenangkan anak tidak berhasil maka bisa dengan meninggikan suara artinya, suara kita lebih lantang dan tegas dri pada si anak agar perhatian anak kembali terfokus ke pada kita. Dalam video tersebut terlihat pendidik begitu sabar serta pendekatan yang digunakan yaitu sentuhan fisik dimana cara tersebut akan membuat anak lebih tenang dan mengikuti aturan.
Nama : Marsalina Feoh
NIM: 857249263
Prodi: PGPAUD
Refleksi berdasarkan pengamatan saya: Memberikan beberapa solusi bagaimana menangani anak yang ribut saat pembelajaran berlangsung yakni jika yang ribut banyak guru mengajak anak melakukan tepuk diam, atau solusi lainnya meniup pluit sebagai tanda agar anak tenang kembali. jika yang ribut sedikit maka guru mendekati anak tersebut dan mengarahkan kembali tenang. Apabila anak yang sudah cepat selesaikan tugas diberi tugas tambahan sebagai antisipasi agar suasana kelas tetap tenang. Strategi tersebut berhasil di lakukan sehingga terlihat anak-anak mampu tenang kembali.
Saran saya terhadap video:
Video singkat ini tidak menampilkan secara kseluruhan bagaimana membuka dan menutup kelas, namun langsung pada inti tugas.
Saran yang dapat saya berikan adalah membuat kesepakatan awal untuk anak dapat mengikuti aturan belajar. Agar mampu menertipkan dan menjaga suasana tetap tenang. Anak yang tidak dapat duduk tenang mungkin mereka perlu lebih banyak waktu untuk mengerti cara mengerjakan tugas.
Jika terlihat anak-anak tidak terlalu bersemangat engerjakan tugas, mungkin anak perlu waktu sejenak untuk melakukan kesiapan seperti mengajar bermain tepuk atau sekedar meniru cara hewan berjalan untuk pergi ke loker anak dan minum sejenak dulu baru di lanjutkan kegiatan belajarnya.
Nama : Susi Sumarni
Nim: 857511785
UPBJJ : Bandung
Analisis vidio pembelajaran pada GPO yang berjudul ” Anak ribut dikelas saat PBM ” adalah sebagai berikut :
setelah melihat vidio pembelajaran di atas tindakan yang dilakukan guru saat mengajar sudah baik. Namun ,sebaiknya sebelum kegiatan pembelajaran seharusnya membuat membuat peraturan kelas terlebih dahulu walaupun pada saat kegiatan akan ada Anak yang tidak mengikuti aturan namun kita bisa mengingatkan kembali pada mereka untuk menatuhi aturan kelas yang sudah di buat bersama . Ataupun pada akhir Kegiatan kita dapat memberikan reward pada anak yg tidak ribut saat pembelajaran sebagai bentuk penghargaan pada anak yang mengikuti aturan kelas .
Terimakasih
Nama : Puspitarini Dharmawati
NIM : 858528015
“Anak Ribut di Kelas saat PBM”
Saat Proses Belajar Mengajar kerap terjadi anak ribut di kelas seperti berlarian, berteriak dan memukul- mukul meja. Dalam video diatas terlihat kelas ramai saat guru mengajar. Dalam video diatas juga diberikan solusi untuk mengatasi masalah di kelas. Solusinya antara lain, guru mengajak anak- anak untuk tenang, jika anak yang ribut banyak gunakan tepuk diam agar anak tertib kembali, bila anak yang ribut sedikit cukup dekati anak yang ribut untuk fokus kembali dan jika anak yang ribut telah selesai melaksanakan tugas, maka ajak anak untuk melakukan aktivitas lain.
Nama : Erly Yuspida
Nim : 855890119
UPBJJ : Banda Aceh
“Anak Ribut Dikelas Saat PBM”
Pada situasi kelas pendidikan anak usia dini memang sedikit berbeda. Seorang guru pasti mengetahui bahwa siswa di dalam kelas memiliki karakter yang sangat beragam. Ada yang rajin dan patuh pada guru. Dan sebaliknya ada juga yang sering mencari perhatian dengan membuat ulah dan susah diatur. Nah, sebagai seorang guru, Guru Pintar harus tetap mengajar dengan sebaik-sebaiknya dan berbuat adil pada seluruh siswa. Hal ini tidak menjadi masalah jika siswa disiplin dan selalu taat pada guru. Bagaimana dengan siswa bandel dan sulit diatur?
Berikut ini adalah cara mengatasi anak yang susah diatur yang dapat Guru Pintar terapkan di kelas:
1. Mengajak anak untuk tenang
2. Menenangkan anak dengan berbagai tepuk apabila anak yang ribuk itu banyak
3. Mengajak anak untuk fokus kembali apabila anak yang ribuk itu sedikit
4. Apabila anak yang ribut telah menyelesaikan tugasnya, maka ajak anak untuk melakukan aktivitas lain
Nama : Siti Maulidatul Mas’udah
Nim : 856816409
Menurut saya untuk mengatasi masalah tersebut kita dapat melakukan suatu metode yang dapat menenangkan anak yaitu misalnya dengan bernyanyi atau memberikan tebak tebak kata anak semisal suara hewan suara kendaraan dan lain – lain. atau memberikan suatu pertanyaan yang menantang bagi anak dan juga memberikan suatu ucapan atau pujian kepada anak semisalnya Terima kasih Nia sudah tertib dan mau mendengarkan ibu guru. Selain itu jangan menggunakan nada nada keras atau nada bentak, karna dapat membuat suasana kelas menjadi berisik dan gadu.