silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

1,275 Comments

  1. Nama : Ni Putu Darmawati
    NIM : 859043307
    ijin untuk ikut diskusi menanggapi vidio dengan judul “Anak ribut di kelas saat PBM”. Situasi seperti itu memang sudah biasa terjadi di tingkat PAUD. Karena pada masa ini anak sebenarnya masih ada pada dunia bermain, sehingga fokus mereka untuk untuk belajar sangatlah pendek, atau konsentrasi mereka untuk diajak belajar hanya sebentar, selebihnya mereka akan bermain dan cenderung ribut bersama teman atau bahkan suka berteriak. Sebagai seorang Guru sikap kita terhadap mereka yaitu menjalankan keterampilan mengelola kelas agar kelas kembali kondusif dan aman, dengan cara mengajak anak untuk tenang, menggunakan teknik bernyanyi atau tepuk diam, dekati anak dan ajak mereka kembali fokus, atau berikan mereka kegiatan lain agar tidak mengganggu teman lainnya. Tentunya dengan cara yang ramah agar proses pembelajaran di kelas kembali berjalan dengan baik. Menjalankan Peran Guru sebagai pelaksana dan mejalankan keterampilan Guru sangat penting di tingkat PAUD.

  2. Nama : Isnayni
    Nim. : 858432073
    Prodi. : PG-PAUD
    Alhamdulillah dengan melihat dan menyimak video pembelajaran ini saya dapat solusi ketika menghadapi anak-anak yang ribut di saat pembelajaran di kelas.
    Bagaimana metode yg baik dan efektif untuk membuat anak lebih tenang dan tertib dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
    Adapun hal-hal yang bisa sata lakukan adalah:
    1. Jika anak yg ribut hanya satu orang maka ajak anak untuk kembali fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan.
    2. Jika anak yang ribut lebih dari 2 orang hendaknya sang guru lebih bisa menarik perhatian anak-anak dengan melakukan tepuk diam, atau tepuk konsentrasi agar anak kembali duduk tertib dan melakukan kegiatan nya kembali.
    3. Jika anak yang ribut sudah selesai dengan kegiatan yang dilakukan, anak dikimta untuk duduk kembali dan memberikan aktivitas atau kegiatan agar anak memiliki kesibukan sehingga mereka merasa memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan kegiatan tersebut.

    Terimakasih

  3. Judul Video: Anak Ribut di Kelas Saat PBM
    Nama : Rizki Maharani
    NIM : 858100862
    Mata Kuliah: Metode Pengembangan Sosial Emosional

    Dari video ini, dapat dijelaskan beberapa hal sebagai berikut:
    • Guru dapat menggunakan teknik-teknik tertentu untuk mengatasi anak-anak yang ribut di kelas, seperti mengajak mereka untuk tenang, menggunakan teknik tepuk diam atau peluit, dan mendekati mereka untuk mengalihkan fokus.
    • Menggunakan variasi aktivitas, seperti bermain warna, dapat membantu menarik perhatian anak-anak dan mengurangi kecenderungan mereka untuk berbuat keributan.
    • Penting bagi guru untuk tetap tenang dan sabar dalam menghadapi anak-anak yang ribut, serta mengkomunikasikan aturan dan harapan dengan jelas kepada mereka.
    • Mengalihkan perhatian anak yang ribut ke aktivitas lain setelah mereka selesai mengerjakan tugas dapat membantu mempertahankan ketertiban di kelas.
    • Solusi-solusi yang diberikan dapat membantu para guru menghadapi masalah anak ribut di dalam kelas dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih kondusif.

  4. Alhamdulillah video diatas bagus sekali. Nanti bisa saya terapkan di kelas saya ketika anak-anak sedang ribut di kelas saat pembelajaran.

  5. Saya memilih menonton video seri pembelajaran dengan judul ” Anak Ribut di Kelas Saat PBM ” Karena saya sering mengalami hal yang sama saat pembelajaran. Saya sangat setuju dengan video tersebut, jika ada anak yang ribut atau berlari-lari saat pembelajaran lebih baik guru diam sejenak untuk mengajak anak tepuk diam jika yang ribut lebih dari 2 anak, tetapi jika hanya 2 anak lebih baik di dekati dan di ajak fokus ke pelajaran lagi.
    Dengan video-viseo pembelajaran seperti ini kita bisa lebih kreatif mencari solusi agar anak mau tenang dan mau fokus ke pelajaran lagi.
    Trimakasih

  6. Assalamu’alaikum wr wb
    Nama : I’IN MASITHOH
    Nim : 859667244

    Mohon izin mengomentari video pembelajaran di Mata Kuliah Metode Pengembangan Sosial Emosional.

    Saya memilih menonton video seri pembelajaran dengan judul ” Anak Ribut di Kelas Saat PBM ” Karena saya sering mengalami hal yang sama saat pembelajaran. Saya sangat setuju dengan video tersebut, jika ada anak yang ribut atau berlari-lari saat pembelajaran lebih baik guru diam sejenak untuk mengajak anak tepuk diam jika yang ribut lebih dari 2 anak, tetapi jika hanya 2 anak lebih baik di dekati dan di ajak fokus ke pelajaran lagi.
    Dengan video-viseo pembelajaran seperti ini kita bisa lebih kreatif mencari solusi agar anak mau tenang dan mau fokus ke pelajaran lagi.
    Trimakasih

  7. Assalamualaikum
    Nama : Risma Mayanti
    NIM : 857435352
    izin mengomentari video pembelajaran Metode Pengembangan Sosial Emosional. ” ANAK RIBUT DI KELAS SAAT PBM”

    saya menyimak video ini karena saya tertarik, dan sering mengalami hal tersebut di kelas.
    Dengan menyimak video ini saya mendapat solusi ketika menghadapi anak-anak yang ribut di kelas saat pembelajaran.
    Hal-hal yang bisa di lakukan pada saat anak ribut di kelas yaitu :
    1. ajak anak anak untuk tenang
    2. Jika anak yg ribut hanya sedikit maka ajak anak untuk kembali fokus pada kegiatan yang sedang dilakukan.
    3. Jika anak yang ribut cukup banyak hendaknya guru lebih bisa menarik perhatian anak-anak dengan melakukan tepuk diam, menipu peluit atau tepuk tepukan agar anak tertib kembali dan melakukan pembelajaran lagi.
    4. Jika anak sudah menyelesaikan tugasnya, ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain

    Terimakasih

  8. Assalammualaikum,wr.wb
    Nama : Warsidah
    Nim : 858460334
    Mohon izin Mengomentari video Pembelajaran Metode Pengembangan Sosial anak usia dini dengan judul Anak ribut di kelas saat PBM.
    Alhamdulillah dengan menonton video pembelajaran ini sangat membantu dan bisa saya terapkan di dalam kelas saat mengajar,karena masalah anak yang ribut saat PBM ini sering terjadi,yang mana anak tidak mau fokus dan asyik bermain dengan teman yang lainnya,untuk kegiatan yang saya terapkan selama ini adalah dengan memanggil nama anak yang mengobrol tersebut (agar fokus) dan dengan menggunakan tepuk diam,,,diam,,,diam.
    Wassalammualaikum.wr.wb

  9. Nama : entelina harefa
    nim :856021976

    ijin untuk ikut diskusi menanggapi vidio dengan judul “Anak ribut di kelas saat PBM”.menurut saya anak -anak ribut dikarenakan mereka ingin mendapatkan perhatian lebih dari gurunya,tetapi cara yang dilakukan guru dalam vidio diatas sangat bermanfaat untuk di terapkan si kelas.

  10. Nama : Miska Laila Siregar
    Nim : 855951302
    Pokjar : Tapsel Maju

    Alhamdulillah dari vidio pembelajaran tersebut saya lebih tau tentang cara mengatasi anak yang sibut saat proses belajar mengajar sedang berlangsung. Cara guru tersebut sangat efektif untuk diterapkan dalam pendidikan anak usia dini. Ketika menghadapi anak yang ribut guru melakukan cara seperti bertepuk tangan, mendekati anak dan mengatur anak yang ribut saat belajar.

Leave a Reply