silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

833 Comments

  1. Nama: Ni’matul Arsyidah
    NIM : 858532008
    Dari video tersebut, saya menjadi mengerti bagaimana cara mengatasi anak yang ribut di kelas, yaitu dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusinya adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak terlihat bosan dalam pembelajaran di kelas, maka saya sebagai guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas.

  2. Nama : Ica Irama Pramesti
    NIM : 858877164
    Masukan dan saran saya tentang video tersebut adalah dengan menambahkan lebih banyak visual dan animasi akan membuat video lebih menarik dan mudah dipahami oleh para guru. Animasi bisa menggambarkan teknik-teknik yang diajarkan. Sertakan contoh nyata atau simulasi pendek yang menunjukkan bagaimana guru menggunakan teknik-teknik tersebut dalam situasi nyata. Memberikan penjelasan lebih rinci tentang setiap langkah yang disarankan. Misalnya, teknik tepuk diam bisa diperagakan secara lengkap, termasuk ritme tepukan yang efektif. Sertakan tips tambahan, seperti bagaimana menjaga konsistensi dalam menerapkan teknik tersebut dan bagaimana membangun kebiasaan positif di kelas. Menambahkan sesi latihan singkat di akhir video di mana para guru bisa mempraktikkan teknik yang baru dipelajari. Video dari Portal Guru Pintar telah memberikan solusi yang baik dan praktis untuk menangani keributan di kelas PAUD. Dengan menambahkan elemen-elemen visual yang menarik, penjelasan yang lebih rinci, serta pendekatan yang lebih holistik, video ini bisa menjadi alat yang lebih efektif dalam membantu guru mengelola kelas mereka. Dukungan melalui pelatihan interaktif dan refleksi juga bisa meningkatkan efektivitas implementasi teknik yang diajarkan. Terima kasih

  3. Nama : YANTI
    NIM : 858439391

    Video tersebut sangat membantu guru dalam khasus anak yang ribut saat PBM, karna hal ini sering terjadi pada saat proses kegiatan berlangsung dan pentingnya pengetahuan guru dalam mnyelesaikan khasus seperti ini.
    Dan maaf ada sedikit saran dari saya yaitu jika anak yang ribut cukup banyak , guru dapat juga mengalihkan perhatian anak dengan mengajak anak bernyanyi sambil memperagakannya atau permainan teka – teki agar menjadikan anak dapat berkonsentrasi kembali.
    mungkin itu saran saya , semoga ada dari teman – teman yang dapat memberikan saran yang lebih baik lagi dari saya , terima kasih

  4. Alangkah baiknya jika resolusi video tersebut dapat lebih jernih lagi, agar sesorang yang melihat video tersebut merasa nyaman di mata saat menontonnya.
    Selain itu, video ini begitu penting bagi guru agar mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan saat anak mengalami hal tersebut. Kita juga bisa mengembangkan tata cara pembelajaran yang efektif di kelas.

  5. Nama : Aida Muslimah
    NIM : 858304688

    Dari video yang di tanyangkan tadi ada solusi bagi guru jika menghadapi anak yang tidak mau duduk saat belajar.
    1. Ajak anak-anak untuk tenang
    2. Anak yang ribut cukup banyak maka gunakan teknik tepuktangan
    3. Anak yang ribut sedikit dekati anak ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang seharusnya dikerjakan

  6. Nama : Alifatul Unsa
    Jurusan : PG PAUD Semester 4
    NIM : 857749031

    Sangat banyak sekali kejadian-kejadian yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di lingkup PAUD olehkarena itu kita sebagai pendidik harus memberikan sikap atau stimulus yang baik dan benar dalam menghadapi anak didik kita. salah satu kasus yang sering terjadi yaitu anak ribut di kelas saat proses belajar mengajar seperti yang ada di video tersebut.
    dari video tersebut, kita dapat belajar bagaimana menghadapi anak ribut di kelas saat proses belajar mengajar yaitu dengan Ajak anak anak untuk tenang
    Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan tekhnik tepuk diam atau gunakan peluit agar anak dapat tertib kembali, jika anak yang ribut hanya sedikit dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali pada tugas yang harus dia kerjakan, jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas maka ajak anak tersebut untuk melakukan aktivitas lain.

  7. Nama : Astari
    NIM : 859526648
    Dalam video ini disampaikan cara mengatasi anak yang ribut ketika teman yang lain sedang mengerjakan tugasnya. Yaitu dengan cara ajak anak untuk tenang, jika anak yang ribut cukup banyak gunakana tepuk diam, jika anak yang ribut hanya sedikit maka dekati anak lalu ajak untuk focus kembali, dan kemudian jika anak yang ribut itu sudah menyelesaikan tugasnya maka ajaklah anak untuk melakukan kegiatan lainnya.

  8. Bismillah
    Nama : Suningsih
    Nim : 857324347

    Dari video tersebut dapat kita lihat beberapa teknik yang dapat diterapkan jika anak ribut di dalam kelas dan sangat membantu sekali untuk dapat mengkondisikan kelas kembali , saran saya dapat juga dilakukan syair atau yel-yel yang disukai anak2 sehingga anak di kelas dapat tertib kembali , sebaiknya juga ada guru pendamping yang bisa membantu guru dikelas

    terimakasih

  9. Nama :Durotun Naqiyah
    NIM: 859525732

    Terima kasih sebelumnya semoga makin banyak video-video pembelajaran untuk guru PAUD karna itu akan menambah wawasan kami sebagai guru bagaimana cara menghadapi keributan didalam kelas saat pembelajaran berlangsung karna dalam satu tahun periode pembelajaran pasti kita akan dihadapi oleh kasus-Kasus yg berbeda karna kita menghadapi anak yg berbeda,disetiap tahun oleh sebab itu kita sebagai guru PAUD harus terus belajar dan menggali pengetahuan tentang cara menangani kebisingan didalam kelas dari video ini sy banyak belajar bagaimana menghadapi anak yg ribut saat pembelajaran berlangsung
    Misal : mengajak anak untuk tenang .jika anak yg ribut cukup banyak dgn cara mengajak mereka utk melakukan tepuk,jika anak yg ribut hanya sedikit cukup mendekatinya dan mengajaknya utk tenang dan fokus kembali pada pembelajaran dll…terima kasih moga makin memberikan solusi terbaik bagi kami guru PAUD

  10. Nama : Septianingsih
    NIM: 855708048
    Judul : Anak ribut di kelas saat PBM
    Saya setuju dengan beberapa strategi yang dilakukan guru yang ada dividio seperti melakukan tepuk diam, mendekati anak. Dan anak-anak yang sudah selesai kerja, di berikan kegiatan yang lain, namun jika anak sudah capek, kita tidak bisa paksa cukup berikan instruksi duduk tenang dulu ya sambil menunggu teman. Saran saya sebelum guru memberikan tugas kepada anak, guru harus menentukan aturan yang sudah disepakati oleh anak.
    1. Misal Anak2 berlari di kelas apa konsekuensinya?

Leave a Reply