silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Anak berjalan selama pembelajaran di kelas, biasanya karena kurang aktivitas motorik kasar sehingga dia belum nyaman untuk duduk dikursi. Guru dapat mengelompokkan anak yang berjalan di kelas dengan mengajaknya mewarnai di papan tulis secara bersama dengan begitu anak bisa sambil berdiri dalam melakukan kegiatan. ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Nama : Ika Noralpiani
Nim : 858308495
Dalam vidio yang saya lihat adalah pembelajaran didalam kelas secara berkelompok.Anak2 berusaha ditenangkan ibu guru pada saat memberikan arahan untuk mengerjakan kertas yang sudah bergambar diberikan kepada setiap anak.Yang saya lihat dividio tersebut ibu guru juga memberikan sebuah buku bergambar agar setiap anak tidak membuat keributan dan bisa fokus mengerjakan apa yg sudah ibu guru baikan,dengan begitu anak tidak akan mengganggu anak lainnya karena aktivitas belajar mereka diruang kelas agar tetp selalu tenang.Dan membuat setiap anak termotivasi dalam melaksanakan setiap kegiatan pembelajaran didalam kelas.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Nama saya Sri Ayu Wardani, NIM 859896959,UPBJJ Medan.
Judul video Anak Ribut di Kelas Saat PBM.
Dalam video tersebut sering saya jumpai dikelas saya, saat saya menjelaskan anak cenderung asik sendiri dan ribut serta berlarian. Kemudian saya evaluasi diri saya terlebih dahulu mengapa anak didik saya begitu, ternyata saya kurang dalam mengulang tentang kesepakatan yang sudah kami perbuat dari awal, saya tidak mengingat kan kepada mereka apa saja kesepakatan yang dibuat awal masuk sekolah. Sekarang saya sudah selalu mengingatkan kesepakatan kami saat belajar, alhamdulillah mereka paham dan kelas menjadi kondusif kembali. Saya juga mengajak anak yang ribut untuk melakukan kegiatan lebih seperti membantu saya menggunting saat ia telah selesai mengerjakan tugasnya, saya harus bisa memanfaatkan energi mereka yang berlebihan ini ke arah yang positif. Saya juga harus tegas kepada anak didik saya walaupun mereka masih TK, saya takut nya mereka di TK terlalu manja sehingga saat di SD terbawa kebiasaan buruk mereka selama di TK. jadi saya perlahan bersama anak didik saya untuk tetap kondusif saat dikelas.
Terimakasih banyak bu
Nama ALFASANNAH THAHARA
NIM 855882903
Izin menanggapi vidio pembelajaran “anak ribut dikelas saat PBM” dalam video diatas, menurut saya saat awak pembalajaran guru kurang dalam memberi motivasi belajar pada kegiatan tersebut. Kegiatandengan menggunakan melajalah kadang membuat anak bosan, saat mewarnai pun seharusnya anak diberi kebebasan untuk mewarnai agar anak menggukan imajinasu nya. Setting kelas pun cepat membuat anak bosan. Seharusnya guru mampu membuat anak anak fokus belajar dengan menyampaikan materi yang menarik. Serta bisa memberi reward untuk anak yang tenang dikelas jadi anak termotifasi untuk tenang mengerjakan tugas.
dalam video tersebut dijelaskan ketika sedang pembelajaran ,anak -anak ada yang tidak mengikuti aturan ,ada yang lari-lari ,bergitupun ketika saya sedang mengajar di kalas ketika lagi dikenlakn tema ,menjelaskan anak malah ribut ,mudah -mudahan cara -cara yang sudah di contohkan di dalam video tersebut bisa di terapkan dan anak-ankak bisa mengikuti kegiatan dengan baik ,terima kasih.
NAMA : RUKMA ANGGI WAHYU
NIM : 855882928
Menurut saya keadaan anak ribut saat pembelajaran itu sudah biasa, anak sering kali tidak mendengarkan guru saat guru menjelaskannya dan asik bermain sendiri atau bermain bersama temannya. Kadang guru menegurnya sekali sebentar anak akan ribut lagi. Oleh karena itu guru harus selalu kreatif dan inovatif untuk merancang kegiatan belajar agar suasana kelas kondusif, terutama dalam ruangan kelas.
Yang saya lihat dari video tersebut ruangan yang sempit dengan banyak anak, seharusnya tidak perlu menggunakan meja, cukup membuat lingkaran saja dalam menjelaskan materi pada anak. Jadi anak akan fokus pada guru saat mengajar.
Nama : Surni
Nim : 856285909
Izin menanggapi vidio pembelajara”Anak ribut di kelas saat PBM ” menurut saya mengapa anak ribut dan tidak mau duduk mungkin solusinya dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan misalnya dengan bernynyi terlebih dahulu sebelum mulai mewarnai dan mengajak anak untuk
fokus menyelesaikan kegiatannya.
Assalamualaikumwarohmatullahhiwabarohkatuh
Nama : Mardila
Nim. : 855766326
Izin menanggapi dari vidio diatas terlihat anak-anak yang saat pembelajaran ada beberapa anak yang berlari dan ribut saat guru sedang menjelaskan.
Dan dari vidio diatas cara guru menyikapi anak tersebut sudah sangat baik dengan berbagai cara yang dilakukan anak-anak menjadi lebih pokus lagi.
NAMA : SITI FATIMAH
NIM : 859419489
Izin memeberikan tanggapan pada video tersebut. Beberapa anak yang tidak bisa diam, untuk mengaktifkan otak, biasanya mereka melakukan dengan cara berdiri, berjalan, berlari, mengetik-negetukkan pensil. Sebagai guru TK ada hal yang harus bisa kita lakukan, yaitu ” Bagaimana cara menenangkan kelas yang ribut” guru TK harus lebih kreatif dan bisa membuat suasana kelas menjadi lebih menyenangkan, dalam video ini memperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas yaitu dengan mengajak anak untuk tenang, jika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran dikelas, guru dapat memindahkan pembelajaran diluar kelas agar kebosanan dapat teratasi dengan baik.
Nama ;Rina Sindau likun Sapan
Nim 859406672
Ijin mengomentari vidio PBM mengenai Anak yang ribut dikelas saat pembelajaran, anak yang berlarian dalam kelas pada saat pembelajaran berlangsung sering kita jumpai dan hal tersebut sangat mengganggu aktifitas pembelajaran yang sedang berlansung baik teman-temannya maupun guru, sehingga terkadang pembelajaran yang sudah di susun dengan baik dapat berubah, seperti merubah kegiatana yang sedang berlansung, dengan kegiatan dadakan yang bisa menarik perhatian anak tetapi tetap pada pokok dan tujuan pencapaian pembelajaran.seperti yang terjadi pada kegiatan kelas
yang di vidio PBM tersebut mengarahkan anak untuk kembali tenang dan melanjutkan kegiatan dengan baik dan tepat apa yang di lakukan Bunda paut PBM tersebut.
terima kasih