silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.

Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.

Dr. Siti Aisyah, M.Pd.

Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.

Tri Ekowati

Similar Posts

827 Comments

  1. Assalamualaikum wr wb, izin memberikan komentar ibu
    Video ini menggambarkan pendekatan yang proaktif dan responsif dari seorang guru dalam menangani masalah kebisingan di kelas. Upaya untuk mengenali penyebab anak ribut menunjukkan bahwa guru tidak hanya berfokus pada perilaku yang mengganggu, tetapi juga berusaha memahami konteks di balik perilaku tersebut. Ini adalah langkah penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif, di mana setiap anak merasa didengar dan dipahami.

    sekian terimakasih

  2. Video ini sangat menggambarkan pentingnya pendekatan yang sabar dan kreatif dari seorang guru dalam mengatasi masalah kebisingan di kelas. Upaya guru untuk mengenali penyebab anak ribut sangat penting karena setiap siswa bisa memiliki alasan yang berbeda-beda, entah karena bosan, kelebihan energi, atau faktor lainnya. Salah satu solusi yang saya rasa sangat efektif adalah dengan menggunakan tepuk-tepuk atau gerakan untuk menenangkan mereka. Tidak hanya itu, memindahkan pembelajaran ke luar kelas juga merupakan ide yang sangat baik untuk merespon kebosanan siswa, sekaligus memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih menyenangkan dan tidak monoton.

  3. Nama: Rully Prasetyawati,
    Izin menanggapi video jika ada anak yang ribut di dalam kelas saat pembelajaran, di dalam video tersebut penting sebagai guru untuk mengajak anak tetap kondusif dengan memiliki strategi pembelajaran, seperti mengajak anak untuk tenang, seperti melalui tepuk diam atau menggunakan peluit. Selain itu dengan pendekatan individu dengan mendekati anak dan mengajaknya untuk kembali fokus ke dalam pembelajaran. Jika anak tersebut sudah selesai, dapat mengajak anak untuk melakukan aktivitas lainnya agar anak lain dapat tetap fokus mengerjakan tugas.

  4. Nama : Mardhatillah
    NIM : 858291155
    Judul video : Anak Ribut Di Kelas Saat PBM

    Video ini berjudul Anak Ribut Di Kelas Saat PBM.
    Video tersebut menjelaskan tentang bagaimana solusi yang bisa guru gunakan jika anak ribut saat melaksanakan pembelajaran di kelas. Solusi dan upaya yang dapat guru gunakan yaitu :
    1. Ajak anak anak untuk tetap tenang
    2. Jika anak yang ribut cukup banyak maka gunakan tekhnik diam atau peluit agar anak tertib kembali
    3. Jika anak yang ribut hanya sedikit, maka guru dapat mendekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali pada tugas yang sedang mereka kerjakan
    4. Kemudian, jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugasnya ajak anak untuk melakukan aktivitas lain.

    Dalam video tersebut terlihat jelas bahwa guru melakukan beberapa upaya agar menenangkan siswa yang ribut dan bisa kembali dalam proses pembelajaran seperti mengajak tepuk tangan dan meniup pluit. Hal ini merupakan langkah yang sebenarnya dapat dijadikan contoh oleh guru lainnya jika mengalami hal yang sama. Namun perlu diingat bahwa setiap anak memiliki cara tersendiri, sehingga tidak semua upaya diatas cocok atau pas. Maka dari itu harus dicari tau terlebih dulu penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya guru bisa merancang intervensi yang lebih tepat.
    Saya juga percaya bahwa penting bagi guru untuk terus mengevaluasi dan menyesuaikan pendekatan mereka. guru bisa melibatkan siswa dalam menciptakan aturan kelas atau memberikan tanggung jawab kecil, sehingga mereka merasa lebih terlibat dan memiliki peran dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Dengan cara ini, diharapkan anak-anak tidak hanya belajar disiplin, tetapi juga merasakan kebersamaan dan tanggung jawab dalam proses belajar mengajar.

    Sekian, terimakasih.

  5. Assalamu’alaikum.
    Tayangan anak ribut di dalam kelas sering kali terjadi pada saat mengajar . Dalam tayangan vidio tersebut bagaimana cara seorang guru untuk mengembalikan fokus anak dengan meniup peluit, atau mendekati anak untuk kembali fokus dan melanjutkan kembali untuk berkegiatan , Vidio sangat bagus menginspirasi . Terimakasih

  6. Assalamu’alaikum.
    Didalam tayangan vidio di atas adalah seorang guru sedang memberikan kegiatan mewarnai gambar . Namun kelas kurang kondusif karna anak anak ribut . Bu Guru melakukan cara yang baik yaitu memberi tepukan , meniup peluit dan mendekati anak agar keadaan kondusif kembali . Vidio yang bagus menginspirasi , terimakasih

  7. keadaan ini relate sekali terjadi di lembaga terutama pendidikan anak usia dini, kadang kita sebagai guru juga harus belajar mengontrol sosial emosional kita sendiri saat menghadapi kelas yang crowed sekali

  8. Nama : Ati Nusa Laksani
    NIM : 858000265

    keadaan seperti ini sangat related terjadi di lembaga PAUD, kadang kita sebagai pendidik juga harus bisa mengontrol sosial emosi kita saat menghadapi kelas yang sangat crowed

  9. Nama : Nur Samsiah
    NIM : 857388292
    Ijin menanggapi vidio di atas, Anak yang mengobrol atau ribut di kelas saat jam pelajaran berlangsung, tentu akan cukup mengganggu terutama dalam penyampaian informasi dari guru kepada siswanya. Dalam vidio diatas saat anak ribut atau mengobrol di kelas saat KBM berjalan, bu guru kemudian memberikan sedikit esbreaking berupa tepuk, atau gerakan sederhana yang membuat siswa berkonsentrasi kembali, hal yang bisa di lakukan contohnya tepuk konsentrasi dan bisa di kuatkan dengan penyampaian aturan kelasnnya.

  10. Nama : Niken Mustika
    NIM : 877624513
    Izin Menanggapi video tersebut di atas :
    Video tersebut menurut saya materi pembelajaran monoton, anak akan cenderung merasa bosan dan mencari perhatian dengan cara membuat keributan ataupun mencari kegiatan lain yaitu bermain dengan teman temannya.
    Sebaiknya guru membuat rencana dan mempersiapkan pembelajaran dengan metode beragam seperti permainan, eksperimen, atau cerita. Dan memfasilitasi dengan satu kegiatan, di video tersebut mewarnai gambar anak laki laki atau perempuan, untuk memenuhi minat anak guru bisa menciptakan variasi, ada anak yang senang mewarnai, tetapi ada anak juga yang senang menggambar atau mengerjakan puzzle wajah. sehingga dengan pembelajaran berdiferensiasi tersebut dapat memenuhi minat anak yang berbeda beda.

    Terimakasih….

Leave a Reply