silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Megawati Simanjuntak, SP., M.Si.
Pada program ini diperlihatkan upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di kelas, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah menenangkan anak yang ribut dengan berbagai tepuk. Ketika anak teridentifikasi bosan dalam pembelajaran di kelas, guru dapat memindahkan pembelajaran di luar kelas (outdoor) agar kebosanan anak dapat teratasi dengan baik.
Dr. Siti Aisyah, M.Pd.
Dalam tayangan video sudah terlihat dengan jelas saat guru membuka pembelajaran dan mengisi pembelajaran sedangkan untuk penutup pembelajaran belum terlihat jelas. Penggunaan strategi, pendekatan, metode, dan media sudah terlihat. Sedang untuk evaluasi belum terlihat. Guru mengajak anak untuk dapat duduk tenang dan tidak membuat keributan yang dapat mengganggu konsentrasi teman (taat pada peraturan) merupakan salah satu yang ada di kompetensi dasar pada kurikulum.
Tri Ekowati
Assalamu’alaikum.wr.wb.
Nama: Niswatun Jannah
NIM: 877697776
S1 PGPAUD
UPBJJ UT Semarang
Izin menanggapi video: Anak Ribut Di kelas saat PBM
Pada video pembelajaran tersebut memperlihatkan bagaimana upaya guru untuk mengatasi anak yang ribut di dalam kelas saat pembelajaran, upaya tersebut diantaranya adalah dengan mencoba mengenali penyebab anak ribut di kelas. Setelah mengetahui penyebabnya maka solusi yang dilakukan oleh guru tersebut adalah:
1. Ajak anak untuk tenang
2. Apabila anak-anak yang berbuat keributan banyak, gunakan tepuk diam atau gunakan peluit agar anak-anak dapat tertib kembali
3. Apabila anak-anak yang ribut atau yang berbuat keributan sedikit, dekati anak dan ajak anak untuk fokus kembali kepada tugas yang ia kerjakan.
4. Jika anak yang ribut tadi sudah selesai mengerjakan tugas, maka ajak anak tersebut melakukan aktivitas lain.
Beberapa solusi tersebut sudah diterapkan di sekolah kami dalam menangani anak-anak yang ribut di kelas, seperti tepuk diam, jadi patung. Pada video tersebut juga memberikan pengetahuan tambahan bagi para guru yang mengalami permasalahan yang sama sehingga bisa diterapkan di lingkungan sekolah tempat mengajar. Akan sangat membantu jika kita dapat membaca suasana hati setiap anak sehingga kita akan tahu cara seperti apa yang sebaiknya kita lakukan untuk manghadapinya.
Nama : Nuur Rini Suryaningsih
NIM : 857866556
UT Surakarta
Judul Video : Anak Ribut Dikelas Saat PBM
Assalamu’alaikum
Mohon ijin memberikan komentar untuk video diatas.
Video tersebut menampilkan bagaimana seorang guru mengatasi permasalah di dalam kelas ketika Anak Ribut saat PBM.
Kondisi tersebut sering terjadi bahkan hampir setiap hari pasti di alami oleh seorang guru TK.Dimana memang usia anak TK mereka masih belum bisa konsentrasi dalam waktu yang relatif lama.Sebagai seorang guru TK harus di tuntut kreatif dalam menyampaikan pembelajaran di kelas agar bisa menarik perhatian anak dan membuat anak tidak bosan dan tetap fokus.
Karena ketika ada salah satu anak atau bahkan beberapa yang tidak fokus dan mulai bikin keributan itu akan sangat mengganggu proses pembelajaran karena akan mempengaruhi teman yang lainnya menjadi ikut tidak fokus.
Apa yang di lakukan guru dalam video di atas sudah tepat dengan bertepuk tangan dan memberikan kegiatan lain untuk anak-anak yang sudah selesai agar tidak menggangu teman lain yang belum selesai.
Mungkin juga guru bisa mengganti pembelajaran dengan metode yang lebih bervariatif misal dengan video animasi agar anak lebih tertarik.
Alhamdulillah saya juga sudah menerapkan metode yang dipakai guru tersebut dalam kelas saya sehari-hari.
Terimakasih video nya bisa menambah wawasan dan berbagi pengalaman untuk kami sebagai guru TK .
Wassalamu’alaikum 🙏
Nama: WIWI HERLINDA
NIM:856277324
Izin menanggapi video : Anak Ribut dikelas saat PBM”
Setelah saya menyimak video Anak ribut dikelas saat PBM, mungkin boleh ditambahkan sebelum kegiatan bermainnya , guru boleh mengajak anak- anak untuk bersama-sama membuat peraturan sabelum main, jadi apabila ada anak yang ribut atau berlarian saat main, temannya bisa mengingatkan kembali peraturan yang sudah ,mereka buat bersama, tapi kalau masih tetap mereka berlarian , maka kita akan mendekati anak tersebut dan kita tanyakan apakah ada yang bisa kita bantu.
Demikian terima kasih
NAMA : NOVIA JULIANTI
NIM : 855884448
UPBJJ : BANDA ACEH
S1 PGPAUD
izin menanggapi
judul video : Anak Ribut di Kelas Saat PBM
dari video di atas kita bisa liat pada saat proses pembelajaran, ada beberapa anak yang ribut, berlarian dikelas, memukul meja, berteriak dan lainnya. dan pada situasi itu guru tidak dapat mengajar, dan proses pembelajaran harus di tunda dulu.
maka kita sebagai guru harus tau cara bagimana mengatasinya dengan cara menarik dan kreatif sebagai berikut :
– ajak anak-anak untuk tenang
– apabila anak yang ribut cukup banyak maka gunakan nyanyian tepuk diam agar anak tertib kembali
– apabila anak yang ribut tidak banyak, maka dekati dia dan ajak anak fokus kembali kepada tugas yang sedang dia kerjakan
– apabila anak yang ribut tadi sudah selesai membuat tugas, ajak anak untuk tersebut melakukan aktivitas lain
demikianlah solusi yang diberikan guru apabila ada anak yang ribut didalam kelas, saya juga yakin para guru pasti pernah menghadapi anak-anak yang ribut pada saat proses belajar mengajar didalam kelas.
Nama : iis sugiarti
Nim : 857623707
Izin menanggapi video yang berjudul ” Anak ribut di kelas saat PMB”
Setelah menyimak video diatas, tentunya saya sendiri sebagai guru paud sangat dan sering sekali mengalami hal tersebut, kadang kalanya ketika saya sedang menjelaskan atau sedang hafalan doa- doa anak- anak tidak mau fokus dan cenderung ribut sendiri dan tidak mendengarkan saya apa lagi untuk sekarang di semester 2 , masyaAllah sekali yang mana anak anak sudah bener bener beradaptasi sama temen-temen nya, kadang guru sedang menjelaskan ya ribut sendiri, biasanya terutama anak laki-laki yang banyak punya keunikan dan rasa ingin tahunya lebih,
Tentunya video diatas sangat bermanfaat terutama bagi saya, dimana saat anak ribut di kelas saat sedang pembelajaran tentunya kita harus bisa lebih menenangkan mereka,
Biasanya sayapun demikian, kasih mereka tepuk diam, tepuk angin, dan menirukan suara suara ular seperti apa, agar anak mau fokus kembali, dan ketika anak ribut setelah selesai menyelesaikan tugas, ajak anak untuk memperbolehkan untuk istirahat diluar, atau melakukan aktivitas seperti bermain lego atau balok atau permainan yang ada didalam kelas.
Terimakasih🙏
Nama : Meri Yanti
NIM : 856258245
UPBJJ : Padang
Izin memberi tanggapan pada video pembelajaran “Anak Ribut Di Kelas saat PBM ”
Dari video yang ditonton terlihat perilaku anak yang tidak fokus mengerjakan tugas yang diberikan guru ada yang sibuk bercerita dan ada juga yang ribut. Terlihat upaya guru untuk mengembalikan konsentrasi anak untuk mengerjakan dan menyelesaikan tugasnya. Dari video upaya yang dilakukan guru diantaranya, mengajak anak untuk tenang, memberikan teknik Tepuk diam atau peluit, memberikan pendekatan serta memberikan aktivitas lain pada anak jika anak tersebut telah menyelesaikan tugasnya.
Sebagai guru PAUD pastinya semua kita pernah mengalami hal seperti pada video, dan solusi yang diberikan melalui video ini sangat tepat dan bermanfaat bagi kami. Dari solusi yang diberikan kami juga dapat memahami trik dan tahapan dalam mengatasi masalah dalam upaya mendisiplinkan anak tanpa harus memberikan tekanan mental terhadap anak dan mengengembalikan fokusnya.
Nama : annisa grensia
Nim : 856638657
Upbjj : jambi
Video di atas menjelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang ribut di kelas saat pbm. Cara yang di gunakan
1. Mengajak anak untuk tenang
2. Alih perhatian anak
3. Dekati anak
4. Memberikan aktivitas lain jika anak sudah menyelasaikan pekerjaannya.
Dari contoh di atas Alhamdulillah saya sudah melakukan nya dikelas.
Terimakasih penjelasannya.
Nama : Dewi Kurnia
Nim : 856237718
Video ini sangat menarik dan edukatif karena menunjukkan bagaimana seorag guru dapat menangani anak-anak yang ribut dikelas dengan cara yang bijaksana da tidak reaktif. Video ini memberikan contoh nyata praktik Kurikulum Merdeka, Diman guru diberikan fleksibilitas untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Selmat siang
Nama: Maria rusmiana rande
NIM:859302877
UPBJJ:Kupang
Dalam video berjudul Anak Ribut Di kelas saat PBMCara menenangkan anak PAUD seperti menggunakan tepuk diam, peluit, pendekatan personal, dan pemberian aktivitas menyenangkan adalah strategi yang tepat, ramah anak, dan mendidik. Metode ini mendorong tumbuhnya disiplin, fokus, dan motivasi anak secara positif.
kelebihan dari cara menenangkan anak,yaitu dengan memberikan pengertian kepada anak bahwa selama PBM tidak boleh ribut, menggunakan ice breaking yang menarik sehingga anak-anak mau kembali duduk dengan tenang dan mendengarkan guru selama PBM, dan gunakan teknik tersebut.
Dengan memahami penyebab perilaku tersebut dan menerapkan strategi yang sesuai, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi semua peserta didik.
Terimakasih 🙏
Nama: Neneng Rahmaniatul Ummah
NIM: 878163646
izin menanggapi video: anak ribut di kelas saat PBM
setelah menyimak video terkait saya dapat menyimpulkan bahwa terdapat beberapa solusi yang dapat diterapkan saat suasana kelas menjadi ricuh, yaitu sebagai berikut;
1. Ajak untuk tenang baik dengan nyanyian atau ajakan
2. Jika anak yang ricuh atau ribut itu banyak maka guru dapat menerapkan tepuk diam atau peluit
3. Jika anak yang ricuh atau ribut itu sedikit, maka guru dapat mendekati anak tersebut dan kembali mengajak anak ini untuk fokus
4. Jika anak yang ricuh karena telah selesai mengerjakan tugas maka guru dapat mendekati anak tersebut dan memberikannya aktivitas yang lain.
Sekian pemahaman yang dapat saya pahami dari video tersebut
terima kasih.