silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Wynda Ashary Sugali
Nim : 857482652
Matkul : Metode Pengembangan Kognitif
Dosen : Nur Dini Fauziah S.Pd ,M.Pd
Menurut saya metoda yang dilakukan guru dalam.video tersebut sudah sangat baik, guru menerapkan metoda saintifik. saat anak-anak kesulitan berimajinasi guru mengajak anak melihat dan mengamati lingkungan di sekitar seperti melihat pohon, pemandangan, mobil, gedung dll anak-anak melihat visual dari objek2 tertentu…kemudian guru mengajak anak bertanya jawab mengenai objek apa saja yg diliat tadi setelah seai tanya jawab guru mengajak anak menggambar objek2 yang baru saja anak2 lihat..metoda ini sangat baik untuk memancing daya imajinasi anak…karena setelah anak2 melihat dan kemudian membayangkan kembali apa yg baru saja dilihat kemudian menuangkannya dalam bentuk gambar…daya imajinasi anak akan sakin luas
Nama : Okliya Pradesi
NIM : 857844948
Pada video diatas terlihat guru mengajak anak menggambar bebas dengan memberikan sebuah contoh gambar pemandangan ternyata hasil gambar anak semua sama yaitu pemandangan karena mereka cenderung akan mengikuti gurunya.Ini karena anak belum mampu berimajinasi tentang apa yang mereka akan gambar.Yang dilakukan guru tersebut dengan mengajak jalan-jalan ke halaman untuk mengali ide dan imajinasi anak.Guru mengajak diskusi apa saja yang mereka lihat di halaman sekolah guru kembali menugaskan menggambar bebas sesuai imajinasi dan apa yang telah dilihat anak-anak untuk dituangkan dalam gambarnya tersebut.karena dengan melihat objek atau benda secara langsung dan melakukan pengamatan maka anak akan mengambar sesuai yang dilihatnya dan mengembangkan daya imajinasi dan kreativitasnya.
Nama : Surwiti NIM : 857480333 Pokjar : Indramayu Mata Kuliah : PAUD4101 Metode Pengembangan Kognitif Tutor : Nur Dini Fauziah,MPd
Menurut hasil analisis saya dari GPO yang berjudul ” Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar tersebut Guru memberi stimulus yang sesuai dengan prosedur pendidik memang benar imajinasi anak biasanya di terapkan melalui gambar akan tetapi tidak semua anak mampu menerapkan imajinasi tersebut ,ada beberapa hal yang tidak bisa di pisahkan yaitu imajinasi anak sulit dan anak terlalu tidak konsen oleh sebab itu guru ,mengajak anak langsung untuk melihat langsung apa saja yang ada di halaman sekolah saat anak tidak menemukan imajinasi dalam kelas menjadi cara yang tepat.tetapi kadang di papan tulis saja anak -anak masih banyak kebingungan apalagi menggambar sesuai imajinasinya,
Nama : Chintya Eka Merdekawati
Nim : 857485665
MK : Metode Pengembangan Kognitif
Dosen : Nur Dini Fauziah S.Pd, M.Pd
Setelah menonton vidio,menurut saya tindakan yang dilakukan guru sudah benar.Guru memberikan contoh terlebih dahulu degan tujuan agar anak dapat menuangkan kreativitasnya dalam menggambar.tetapi biasanya jika anak di beri contoh terlebih dahulu menggambar anak malah akan meniru gambar yang kita buat meskipun kita sudah menekankan menggambar bebas.Guru juga membawa anak-anak keluar kelas diharapkan anak akan mendapatkan inspirasi dengan melihat lihat lingkungan sekitarnya.Dilembaga saya juga sering terajdi hal seperti itu,salah satu cara saya untuk mengembangkan kreativitas anak dengan cara memancing dengan pertanyaan “misal tema alam semesta saya bertanya pernah tidak kamu pergi liburan misalkan anak menjawab dia pernah pergi ke pantai.Terus kamu disana melihat apa saja,setelah dia menyebutkan apa yang dia lihat biasanya saya akan menyuruh si anak untuk menggambar apa yang dia lihat.
Menurut saya tindakan ibu guru dalam vidio tersebut sudah tepat,ketika anak sulit berimajinasi ibu guru membawa anak anak keluar untuk melihat benda benda yang ada di lingkungan sekitar sehingga anak anak akan menemukan hal hal baru,guru mengenalkan kepada anak anak apa yang mereka lihat dan kemudian menceritakan kembali apa yang mereka lihat tadi,sehingga anak akan menemukan imajinasinya.
Nama : Desi Alfinursani
NIM : 857487493
Pokjar : Indramayu
Mata kuliah : Metode pengembangan kognitif
Nama tutor : Nur Dini Fauziah M.pd
Dari video yang saya tonton
Menurut saya sudah sangat setuju dengan apa yang di sampaikan dalam video tersebut
Seorang pendidik atau guru harus bisa menstimulasi imajinasi anak
Ketika akan menggambar seorang pendidik harus mengajak anak anaknya belajar di luar kelas untuk melihat benda benda atau sesuatu yang ada di sekitar sekolah,apa yang mereka lihat,di tuangkan ke dalam gambar atau lukisan dengan imajinasi yang mereka lihat
Disini guru berperan sebagai fasilitator supaya anak berimajinasi supaya anak dapat menumbuhkan kepercayaan dirinya
Nama : reka Dwi asmaranti
Nim :856834944
Judul video “anak sulit berimajinasi saat menggambar ”
menurut saya setelah menonton Vidio tersebut pembelajaran yang diberikan oleh ibu Lina kepada anak-anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar tersebut sudah benar karena ibu Lina memberikan kebebasan dalam menuangkan imajinasi anak saat menggambar serta memberikan pengalaman langsung dalam melihat objek yang nyata dapat memberi peluang anak dalam berimajinasi seperti contoh ibu Lina mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat apa saja yang ada disekitaran halaman sekolah dan setelah itu anak diminta untuk menceritakan apa saja yang dilihat saat di halaman sekolah lalu menuangkan nya melalui dengan cara menggambar jadi dari pembelajaran tersebut bisa mengembangkan imajinasi anak saat menggambar.
Nama : Lucia Indriyati
Nim : 857758546
Matkul : Metode Pengembangan Kognitif.
Judul ” Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar”
Kegiatan pengembangan kognitif PAUD
Setelah melihat video pembelajaran yang telah dilakukan oleh ibu guru Lina itu sudah benar. karena di sana memberi kesempatan dan kebebasan kepada anak untuk menuangkan imajinasinya melalui berbagai cara dan media pembelajaran. Kemudian guru untuk dapat memfasilitasi anak ke halaman sekolah untuk mengamati yang ada di halaman sekolah, Setelah itu anak untuk menceritakan imajinasi yang dia lihat, lalu bu lina memberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada anak. Dengan berbagai cara tersebut maka dengan kesulitan anak tersebut dia bisa mengembangkan imajinasinya dalam menggambar dan berpikiir kritis serta logis.
Nama : Lucia Indriyati
Nim : 857758546
Matkul : Metode Pengembangan Kognitif.
Judul ” Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar”
Kegiatan yang dikembangkan: yaitu kegiatan pengembangan kognitif PAUD
Setelah mempelajari video yang telah saya lihat bahwa pembelajaran yang telah dilakukan oleh ibu guru Lina itu sudah benar. karena disana bu lina memberi kesempatan dan kebebasan kepada anak untuk menuangkan imajinasinya melalui berbagai cara dan media pembelajaran. Kemudian guru untuk dapat memfasilitasi anak ke halaman sekolah untuk mengamati yang ada di halaman sekolah, Setelah itu anak untuk menceritakan imajinasi yang dia lihat, lalu bu lina memberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada anak. Dengan berbagai cara tersebut maka dengan kesulitan anak tersebut dia bisa mengembangkan imajinasinya dalam menggambar dan berfikir kritis serta logis.
Nama : MIRA TRI SUBEKTI
Nim : 856830417
Matkul : Pembelajaran Terpadu
Tutor : Nismi Heryani,M.TPd
Judul ” Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar”
-Kegiatan yang dikembangkan: yaitu kegiatan pengembangan kognitif PAUD
Dari video tersebut saya melihat bahwa pembelajaran yang telah dilakukan oleh ibu guru sudah benar. karena disana ibu guru memberi kesempatan dan kebebasan kepada anak untuk menuangkan imajinasinya melalui berbagai cara dan media pembelajaran. Kemudian guru memberikan kebebasan kepada anak untuk mengeksplor ke halaman sekolah mengamati halaman di lingkungan sekolah, Setelah itu anak kembali berimajinasi sesuai dengan yang anak anak lihat yang di tuangkan dalam bentuk gambar di secarik kertas. Dan ibu guru memberikan kesempatan untuk tanya jawab kepada anak. Dengan berbagai cara tersebut maka dengan kesulitan anak tersebut anak dapat mengembangkan imajinsinya dalam menggambar dan berfikir kritis serta logis.