silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. RIDA PRESTI RAHAYU (877318703)
    Mohon izin menanggapi,

    Menurut saya, anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar mungkin memiliki berbagai
    alasan di balik hal tersebut. Beberapa faktor yang mungkin memengaruhi termasuk perkembangan kognitif,
    pengalaman visual, dan tingkat kreativitas.
    Sebagai orang tua atau pendidik, kita bisa membantu anak untuk mengembangkan imajinasi mereka dengan
    memberikan kesempatan untuk bereksplorasi, menciptakan lingkungan yang mendukung kreativitas, dan
    memberikan dukungan serta pujian yang positif terhadap usaha mereka. Selain itu, memperkenalkan anak pada
    berbagai bentuk seni dan mengajak mereka untuk bermain secara kreatif dapat membantu memperluas
    wawasan dan pemahaman mereka tentang dunia di sekitar mereka.

  2. Nama. : Indah Nurjohariah
    Nim. :857481295
    Matkul :Metode Pengembangan Kognitif.
    Pokjar :Awipari
    Kelas : Indramayu.
    Tutor :Nur dini Fauziah M.Pd
    Judul :Anak Sulit Berimajinasi Saat menggambar.
    Setelah saya melihat Vidio pembelajaran yang telah dilakukan oleh 2 orang pengajar tadi yaitu Bu Lina dan Bu Venti bahwa Pembelajaran yang diterapkan Bu Lina memang sudah benar,tetapi mereka menganggapnya atau mereka berpikir bahwa gambar yang dibuat Bu guru Lina harus mereka tiru juga,padahal Bu Lina telah memberitahukan bahwa mereka boleh menggambar bebas.
    Semisal dilembaga saya,saya sering melakukan kegiatan menggambar bebas,agar saya juga tahu,imajinasi dan bakat yang dimiliki anak.
    Kemudian guru juga dapat
    memfasilitasi anak dengan memberikan alat-alat untuk menggambar.Guru juga diharuskan memberikann informasi kepada anak dengan cara membawa mereka ke halaman sekolah,ke kebun atau sesuai tema di dalam RPPH.,Agar anak bisa mengetahui apa saja yang mereka lihat dan mereka temui,lalu mereka menuangkannya kedalam gambar,lalu anak menceritakan pengalamannya dan hasil gambar yang dibuatnya.

  3. Nama : Indah Nurjohariah
    Nim : 857481295
    Matkul :Metode pengembangan kognitif
    Pokja r :Awipari
    Kelas :Indramayu
    Tutor :Nur dini Fauziah M.Pd
    Judul :Anak Sulit Berimajinasi Saat menggambar.

    Setelah saya melihat Vidio pembelajaran yang telah dilakukan oleh 2 orang pengajar tadi yaitu Bu Lina dan Bu Venti bahwa Pembelajaran yang diterapkan Bu Lina memang sudah benar,tetapi mereka menganggapnya atau mereka berpikir bahwa gambar yang dibuat Bu guru Lina harus mereka tiru juga,padahal Bu Lina telah memberitahukan bahwa mereka boleh menggambar bebas.
    Semisal dilembaga saya,saya sering melakukan kegiatan menggambar bebas,agar saya juga tahu,imajinasi dan bakat yang dimiliki anak.
    Kemudian guru juga dapat
    memfasilitasi anak dengan memberikan alat-alat untuk menggambar.Guru juga diharuskan memberikann informasi kepada anak dengan cara membawa mereka ke halaman sekolah,ke kebun atau sesuai tema di dalam RPPH.,Agar anak bisa mengetahui apa saja yang mereka lihat dan mereka temui,lalu mereka menuangkannya kedalam gambar,lalu anak menceritakan pengalamannya dan hasil gambar yang dibuatnya.

  4. Video ini menggambarkan seorang pendidik yang sedang membantu anak anak yang sulit berimajinasi untuk menggambar, disini pendidik memberikan kebebasan anak untuk menggambar sesuai keinginan nya,, sebelum itu guru memberikan contoh terhadap apa yang akan digambar. Setelah anak anak selesai menggambar apa yang mereka inginkan pendidik mengajak anak bercerita tentang apa yang mereka gambar.

  5. Dari video tersebut kita sebagai guru harus lebih bersabar lagi dalam menghadapi permasalahan yang dialami setiap anak, karena kemampuan masing-masing anak itu berbeda-beda. cara yang ditunjukkan penyidik dalam video tersebut sangat luar biasa, beliau mampu memberikan penjelasan dengan sabar kepada anak tersebut supaya anak bisa meraba tekstur bola dan anak mengetahui tidak berbahaya sehingga anak tidak merasa takut lagi melempar dan menangkap bola.
    Kelebihan dalam video di atas strategi yang digunakan oleh guru sangat baik dan tepat titik dengan menggunakan dengan melakukan pendekatan secara perlahan terhadap anak yang mengalami hambatan tentang ketakutan untuk menangkap bola titik dengan mengajak anak mengenal dan menganalisis tekstur, bobot, dan merasakan benda yang bernama bola disertai penjelasan dan bimbingan dari guru menjadikan anak merasa yakin bahwa bola itu benda yang aman dan tidak berbahaya sehingga anak tidak merasa takut lagi melempar dan menangkap bola
    Kekurangan dalam video tersebut adalah guru langsung memberikan perintah tanpa menjelaskan terlebih dahulu aturan mainnya dan bahan yang digunakan pada kegiatan melempar dan menangkap bola.
    Hal unik dari video tersebut yaitu dapat dilihat dari ekspresi anak-anak ketika menangkap bola media pengganti dalam hal ini guru menggunakan bola yang berbahan lembut sehingga memberikan rasa aman untuk anak menangkap dan bermain bola.

  6. Nama Yulianti/UPBJJ Banjarmasin
    Dari video diatas menurut saya anak memiliki kemampuan yang berbeda sehingga guru dapat memberikan dorongan dan motivasi kepada anak dan perlu juga kesabaran dalam membimbing anak apalagi pada anak usia dini

  7. Yulianti/UPBJJ Banjarmasin
    Dari video diatas menurut saya anak-anak harus diberikan kebebasan dalam berimajinasi sesuai dengan keinginannya, sehingga mereka mampu menuangkan ide tanpa di paksa dan di kucilkan hasil dari karya mereka. Guru juga hendaknya memberi apresiasi terhadap hasil karya gambar anak dan menanyakan apa yang tertuang dalam gambar yang dibuatnya.

  8. NAMA : AYU WULANDARI TANJUNG
    NIM. : 856036833
    JUDUL : ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
    Menurut saya anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar adalah kemungkinan anak memiliki berbagai alasan di balik hal tersebut . Misal nya di sekolah paud KB lafau indah kmi semua guru sering melakukan kegiatan seperti meggambar agar anak merasa bahagia dan juga aktif sehingga saya atau guru lain bisa melihat imajinasi atau bakat yang di miliki anak tersebut. Sekian dari tanghapan saya wassalam ……

  9. Nama : Dwi Puryanti
    NIM : 857528488
    Setelah menyaksikan tayangan video tentang “Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar”
    karena ini temanya menggambar bebas maka Sebelum mencontohkan gambar, ibu guru bercakap-cakap dahulu tentang kegiatan menggambar bebas ini lalu bertanya dulu kepada anak apa yang mereka sukai, bagaimana bentuknya, bagaimana warnanya, bagaimana teksturnya, sehingga anak akan membayangkan apa yang akan dituangkannya dalam gambar. mungkin itu pendapat dari saya. Secara keseluruhan guru sudah bagus dalam mendampingi anak belajar, terimakasih video ini menambah wawasan untuk saya dalam memberikan pembelajaran menggambar untuk anak.

  10. NAMA: MERY KAMALI
    NIM : 859413986
    UPBJJ : MAKASSAR
    salam sejatera buat kita semua terima kasih atas kesempatan yang diberikan keada saya menggapi viseo perkembangan kognitif anak, saya sangat setuju dengan cara menghadapi anak yang sulit berimajinasi, memang klo anak anak distimulus dengan lingkungan sekitar anak-anak hanya mampu meniru apa yang dilakukan oleh gurunya tetapi kalau kita sebagai guru mengajauk anak-anak terjunlangsung untuk mengamaiti setiap objek yang dia temui dan menceritakan apa yang dia lihat akan jauh lebih efektif dan mudah diserap oleh anak dan anak-anak mampu berimajinasi sesuai dengan apa yang mereka lihat dari pengamatan mereka, dan mereka mampu melakukan kreativitas itu secara antusias tanpa bantuan guru

Leave a Reply