silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
nama : endang purwati
nim : 858187672
upbjj : palangkaraya
Dalam video tersebut, anak diajak untuk menggambar bebas, namun dalam kegiatan banyak anak yang masih belum mampu berimajinasi, justru cenderung mereka mengikuti gambar yang sudah pernah dicontohkan bahkan meniru punya temannya. Untuk mengatasinya pendidik mengajak anak keluar kelas untuk melihat pemandangan disekitar mereka dan diajak bercerita tentng apa yang mereka lihat.
Nama: Tiara Anggriani
Nim: 0856765825
Setelah saya melihat video di atas dengan memperkenalkan anak paud /Tk pada lingkungan luar dapat menjadi stimulasi yang bagus untuk mengembangkan imajinasi kreatif mereka dan membuat anak agar tidak jenuh di dalam kelas. Melalui pengalaman langsung dengan alam dan objek di sekitarnya, anak-anak dapat memperluas pandangan mereka dan mengembangkan kreativitas , menggambar serta mewarnai di alam luar karena anak langsung mengamati pemandangan serta selalu berikan kata pujian setelah tugasnya selesai angar anak senang dan semangat untuk melakukan kegiatan selanjutnya
Nama Eka maryanti
NIM 859812449
UPBJJ:PALEMBANG
Teks tersebut menggambarkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Beberapa strategi yang diterapkan oleh guru tersebut antara lain:
1. Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat mereka.
2. Mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Nama: Susana Ataloy
Nim : 859300028
Mohon ijin saya menanggapi video di atas.
Menurut pendapat saya sebelum anak menggambar guru menunjukkan suatu gambar dan bercerita tentang gambar tersebut untuk menggali imajinasi anak.
Setelah itu ajak anak bercerita tempat-tempat pemandangan yang mereka sukai dan tempat yang mereka pernah berkunjung sebelumnya.
Saya setuju dengan strategi yang guru tetapkan di video tersebut,dimana anak diberi kebebasan untuk menggambar sesuatu sesuai minat anak dan mengajak anak untuk berkelilinh du luar kelas,serta memberi waktu kepada anak untuk menceritakan tentang apa saja yang mereka temui di luar kelas.
Dengan begitu anak mampu berimajinasi untuk mengembangkan kognitif anak.
Nama: Nurul Handayani
NIM: 857756789
UPBJJ: Semarang
Pembelajaran yang dapat saya ambil setelah melihat video di atas yakni Kita sebagai pendidik dalam mengembangkan kretifitas anak melalui berimajinasi dalam menggambar, kita perlu melakukan stimulasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar, dengan mengajak anak ke luar kelas akan memancing imajinasi anak dan menuangkannya ke dalam gambarnya, anak akan belajar berdasarkan kebutuhannya, pembelajaran yang bersifat konkret dan melalui bermain yang menyenangkan yang sesuai dengan karakteristik anak. Video yang bermanfaat dan menginspirasi bagi kami, terimakasih.
Video ini menggambarkan apa yang terjadi dan seringkali terjadi di kelas pada umumnya. Anak belum bisa menuangkan imajinasinya ketika diajak untuk menuangkan idenya pada waktu kegiatan menggambar bebas.
Dan dengan melihat video dari pembelajaran Guru Pintar ini, kita diberi jalan keluar untuk mengatasi kesulitan anak menuangkan ide dan imajinasinya. Salah satunya dengan cara mengajak anak keluar kelas melihat lingkungan sekitar / mencari ide – ide di luar kelas.
Terima kasih, pembelajaran pada vidio ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai pendidik yaitu mengajak anak untuk berimajinasi dan menuangkan ide-idenya dalam menggambar, cara yang digunakan oleh pendidik dalam vidio tersebut sangat bagus yaitu, dengan mengajak anak-anak keluar kelas untuk melihat keadaan dilingkungan sekitar kelas, kemudian meminta anak untuk menceritakan kembali apa yang baru saja dilihatnya, setelah anak bisa menceritakan keadaan yang baru saja dilihatnya kemudian meminta anak untuk menggambar bebas apa yang ada di fikirannya sendiri dengan benda yang dilihatnya disekitar lingkungan kelasnya, dengan kegiatan tersebut anak akan bebas berkarya dan berimajinasi dalam menggambar sehingga menghasilkan gambar yang bagus,unik dan bervariasi.
Nama : Juhariah
Nim : 857215485
Judul vidio “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Setelah saya melihat vidio diatas , saya sangat setuju sekali dengan cara berimajinasi ketika anak- anak di minta untuk menggambar, kerana saya pernah mempraktekannya dengan cara berimajinasi.
Alhamdulillah berhasil walaupun masih ada anak yang belum bisa.
Tetapi di dalam vidio ini saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat, yang belum saya praktekan yaitu mengajak anak ke luar kelas untuk mencari ide”yang akan anak tuangkan di buku gambar.
Insha Allah akan saya praktekan di sekolah saya, terima kasih
Nama : Juhariah
Nim : 857215485
Saya ambil judul vidio ‘ anak sulit berimajinasi saat menggambar”
Saya sangat setuju dengan cara berimajinasi ketika anak – anak di minta untuk menggambar, karena saya pernah mempraktekannya di sekolah , Alhamdulillah anak-anak berhasil walaupun tidak semua bisa,
Tetapi di dalam vidio tersebut saya mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya sendiri, yaitu mengajak anak anak untuk menggali ide ide di halaman sekolah.insha Allah saya akan praktekan di sekolah, terima kasih
Judul video “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar” ini sangat bermanfaat bagi guru agar dapat mengembangkan imajinasi anak dan tidak monoton dengan apa yang di contohkan guru. Yang harus dilakukan oleh guru :
1. Mengajak anak keluar kelas/halaman sekolah dan melihat apa yang ada di luar kelas/sekolah
2. Meminta Anak untuk menceritakan apa yang telah dilihat dihalaman sekolah
3. Kemudian minta anak untuk menggambarkannya
4. Kemudian guru bertanya jawab dengan anak mengenai hasil karya mereka.