silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama : Sulasmi
NIM : 857805036
UPBJJ : Surakarta
Video : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
Setelah saya melihat video saya sangat setuju cara guru mengembangkan imajinasi kepada anak dengan cara membebaskan anak untuk menggambarkan sesuai imajinasi dan mefasilitasi anak dalam menggali ide2 anak dengan langsung yang ada di halaman sekolah. Dengan cara tersebut anak dapat menggambar apa saja yang anak lihat sehingga anak berkreasi dalam menggambar.
Nama: Ngulwiyah
NIM :0857623517
Assalamualaikum wr Wb.
Setelah melihat vidio seri pembelajaran dengan pengembangan kognitif tentang anak mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar ini sering sekali dialami oleh anak anak mereka selalu bingung ketika disuruh menggambar, kebanyakan anak pasti mencotek gambar temannya dengan solusi yang diberikan pada vidio ini sangatlah membantu yaitu mengajak anak keluar ruangan dan melihat banyak obyek yang dilihatnya sehingga anak akan mempunyai ide atau imajinasi tentang apa yang akan digambarnya dari bentuk yang sederhana.selalu hargailah hasil karya anak sehingga mereka akan selalu bersemangat dalam menyajikan hasil karya nya.
Dalam video tersebut dijelaskan bahwa cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, untuk menggali ide dan imajinasi anak yaitu dengan cara mengeksplor halaman sekolah, agar anak juga tidak jebuh. Menurut saya, guru bisa mencoba beberapa cara untuk merangsang imajinasi anak saat menggambar Misalnya, berikanlah pertanyaan atau cerita-cerita yang dapat menginspirasi mereka, atau berikan mereka bahan-bahan yang berbeda untuk digunakan, seperti spidol warna-warni, pensil, atau cat air. Juga, berikan pujian dan dorongan yang positif untuk setiap upaya yang mereka lakukan.
Nama: NUR RAHMAH BASRI
NIM : 859413581
POKJAR: ENREKANG
dari vidio di atas menunjukkan bahwa sebagian anak usia dini masih sangat sulit dalam berimajinasi dan menuangkan dalam bentuk cerita dan gambar. dan kebanyakan besar imajinasi anak usia dini muncul biasa meniru gambar yang sudah ada atau bahkan meniru gambar temannya,kadang juga anak usia dini berimajinasi dari lingkungannya. jadi sebagai guru kita harus memberi keleluasan kepada anak-anak menuangkan imajinasinya di dalam gambarnya.
Nama : Tri Yuni Setyaningsih
NIM : 857993147
Judul Video : Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar
Tanggapan :
Menurut pendapat saya tentang video tersebut adalah Video tersebut sangat bermanfaat bagi guru PAUD karena dari video tersebut guru bisa menstimulasi nya kepada anak didik dengan belajar sambil bermain dan tanpa ada paksaan dari guru.
Manfaat video tersebut adalah
– Dapat mengembangkan imajinasi anak dengan mengajak anak melihat-lihat lingkungan sekitar,dan mengajak anak untuk mengeksplor benda-benda yang ada disekitar anak.dengan begitu anak lebih banyak mendapatkan referensi ide yang akan mereka gambar melalui apa yang mereka lihat dan mereka dapat menggambar sesuai dengan imajinasi mereka.
– Dapat merangsang perkembangan yang lain seperti perkembangan kognitif, bahasa karena mereka akan dapat pengalaman mainnya secara bermakna mereka akan bercerita dan dapat menambah kosa kata yang anak-anak miliki, perkembangan nilai agama dan moral anak juga dapat terstimulasi ketika mereka mengetahui bahwa diluar banyak ciptaan Allah dan ciptaan manusia.
– Selain itu ada manfaat dari kegiatan menggambar tersebut diantaranya adalah Sebagai media berekspresi,Membantu mengenal perbedaan warna,Warna merupakan media terapi,Stimulus otak kanan,Melatih menggenggam pensil,Melatih kemampuan koordinasi,Mengembangkan kemampuan motorik dan dapat Meningkatkan konsentrasi.
Nama : Taswalma
Nim : 856276766
Judul Video : Anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar
Pengamatan saya terhadap Video yang saya tonton bagus sangat bermamfaat, bisa menjadi referensi untuk permasalahan atau kejadian serupa yang sedang dialami guru dalam proses pembelajaran, kadang sebagian kita waktu ada permasalahan tidak bisa memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang sedang terjadi maka video-video seperti ini lah yang mampu memberi solusinya. Kalau dipikir dari kasus video yang telah saya tonton, solusinya cuma membawa anak-anak untuk melihat pemandangan lepas atau keluar. cara yang sederhana tetapi sudah bisa membangkitkan imajinasi anak
Nama : Inayatun Fitri
NIM : 857599343
anak bisa meluahkan segala yang dirasakan lewat sebuah gambar. Ini bisa menjadi media anak mengekspresikan diri. Kenapa anak belum bisa meluangkan diri lewat gambar atau bahkan goresan saja, bisa jadi ini dikarenakan anak takut dirinya mererasa ditekan sehingga takut salah dan anak kurang komunikasi dengan orang tuanya misal diajak ngobrol atau berwisata atau jalan jalan kecil saja misal ke sawah.
Nama: Tiara Siti Aminah
NIM: 857527787
UPBJJ: Bandung
Video dengan judul “Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar” dari Guru Pintar Online UT adalah sebuah langkah yang sangat penting dalam mengembangkan kognisi anak usia dini. Dalam video ini, guru berhasil menciptakan lingkungan yang mendukung anak-anak untuk mengembangkan imajinasi dan minat mereka melalui kegiatan menggambar. Pendekatan ini sangat penting karena imajinasi merupakan salah satu aspek kognitif yang perlu diperhatikan sejak dini. Dengan memfasilitasi anak-anak untuk menggali ide-ide dan imajinasi mereka, guru memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berekspresi secara kreatif dan memperluas pemikiran mereka.
Langkah guru dalam mengajak anak-anak ke halaman sekolah untuk melihat berbagai objek dan situasi merupakan strategi yang cerdas dalam merangsang imajinasi anak. Melalui pengalaman langsung ini, anak-anak dapat mengamati dan memperoleh inspirasi dari lingkungan sekitar mereka, yang pada gilirannya akan memperkaya hasil karya mereka. Tanya jawab yang dilakukan guru mengenai hasil karya anak-anak juga merupakan langkah yang sangat mendukung dalam pengembangan kognitif. Dengan meminta anak-anak untuk menceritakan apa yang mereka lihat di halaman sekolah, guru tidak hanya mendorong mereka untuk berpikir secara kreatif, tetapi juga mengembangkan kemampuan verbal mereka dalam menyampaikan ide dan pengalaman mereka.
Terima kasih atas video yang bermanfaat ini. Saya yakin banyak orangtua dan pendidik akan sangat menghargai upaya untuk mengembangkan kognisi anak usia dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif seperti ini. Semoga ada lebih banyak lagi video yang menginspirasi di masa mendatang untuk terus mendukung perkembangan kognitif anak-anak secara optimal.
Nama : Dini Destiani
Nim : 857524964
Dalam video tersebut mengajarkan tentang strategi bagaimana mengatasi bagaimana anak yang sulit untuk berimajinasi saat menggambar dan saya setuju dan terbantu dengan melihat video tersebut karna dengan cara tersebut anak dapat mudah untuk mengambil keputusan ingin menggambar apa dan bagaimana
Assalamualaikum wr.wb…
Nama : Lilis Hildayati
Nim : 859670346
UPBJJ: Ut Surabaya
Pokja : Al- Kodijah Mojokerto
Kelas : B / Semester 2
Tahun : 2024
Pada video ini yang berjudul Anak sulit berimajinasi pada saat menggambar.
Setelah melihat video pembelajaran tersebut Menurut pendapat saya.
Dalam kelas guru mengajarkan anak-anak untuk berimajinasi dalam menggambar beberapa konsep yang dapat diberikan oleh guru sebagai berikut:
1. Guru membebaskan untuk
Menggambar sesuai dengan ide dan
imajinasi masing-masing anak.
2. Guru memberikan berbagai motivasi
bagi anak-anak agar tetap semangat
belajar.
3. Guru memberikan tanya jawab
saling bertukar jawaban kepada
anak-anak.
4. Guru mengajarkan anak-anak di
luar kelas dengan memahami
setiap benda di sekitar mereka.
Dalam video ini jangan membantu
guru ajaran anak-anak dalam
proses pembelajaran dengan
materi menggambar imajinasi.
Aspek kognitif adalah setelah anak-anak berjalan di lingkungan sekolah dengan memahami setiap benda di sekitar mereka anak-anak dapat memahami mengenal bentuk ukuran warna dan juga mengenal angka, sehingga perlu dapat melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang benda-benda yang telah mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.