silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Assalamualaikum wr.wb…
    Nama : Lilis Hildayati
    Nim : 859670346
    UPBJJ: Ut Surabaya
    Pokja : Al- Kodijah Mojokerto
    Kelas : B / Semester 2
    Tahun : 2024

    Pada video ini yang berjudul Anak sulit berimajinasi pada saat menggambar. Setelah melihat video pembelajaran tersebut Menurut pendapat saya.

    Dalam kelas guru mengajarkan anak-anak untuk berimajinasi dalam menggambar beberapa konsep yang dapat diberikan oleh guru sebagai berikut:

    1. Guru membebaskan untuk Menggambar sesuai dengan ide dan imajinasi masing-masing anak.
    2. Guru memberikan berbagai motivasi bagi anak-anak agar tetap semangat belajar.
    3. Guru memberikan tanya jawab saling bertukar jawaban kepada anak-anak.
    4. Guru mengajarkan anak-anak di luar kelas dengan memahami setiap benda di sekitar mereka. Dalam video ini jangan membantu guru ajaran anak-anak dalam proses pembelajaran dengan materi menggambar imajinasi.

    Aspek kognitif adalah setelah anak-anak berjalan di lingkungan sekolah dengan memahami setiap benda di sekitar mereka anak-anak dapat memahami mengenal bentuk ukuran warna dan juga mengenal angka, sehingga perlu dapat melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang benda-benda yang telah mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah. 

  2. Assalamualaikum wr.wb… Nama : Lilis Hildayati Nim : 859670346 UPBJJ: Ut Surabaya Pokja : Al- Kodijah Mojokerto Kelas : B / Semester 2 Tahun : 2024 Pada video ini yang berjudul Anak sulit berimajinasi pada saat menggambar. Setelah melihat video pembelajaran tersebut Menurut pendapat saya. Dalam kelas guru mengajarkan anak-anak untuk berimajinasi dalam menggambar beberapa konsep yang dapat diberikan oleh guru sebagai berikut: 1. Guru membebaskan untuk Menggambar sesuai dengan ide dan imajinasi masing-masing anak. 2. Guru memberikan berbagai motivasi bagi anak-anak agar tetap semangat belajar. 3. Guru memberikan tanya jawab saling bertukar jawaban kepada anak-anak. 4. Guru mengajarkan anak-anak di luar kelas dengan memahami setiap benda di sekitar mereka. Dalam video ini jangan membantu guru ajaran anak-anak dalam proses pembelajaran dengan materi menggambar imajinasi. Aspek kognitif adalah setelah anak-anak berjalan di lingkungan sekolah dengan memahami setiap benda di sekitar mereka anak-anak dapat memahami mengenal bentuk ukuran warna dan juga mengenal angka, sehingga perlu dapat melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang benda-benda yang telah mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah. 

  3. Nama: Lilis Hildayati
    Nim : 859670346

    Pada video ini yang berjudul Anak sulit berimajinasi pada saat menggambar. Setelah melihat video pembelajaran tersebut Menurut pendapat saya.
    Dalam kelas guru mengajarkan anak-anak untuk berimajinasi dalam menggambar beberapa konsep yang dapat diberikan oleh guru sebagai berikut:
    1. Guru membebaskan untuk Menggambar sesuai dengan ide dan imajinasi masing-masing anak.
    2. Guru memberikan berbagai motivasi bagi anak-anak agar tetap semangat belajar.
    3. Guru memberikan tanya jawab saling bertukar jawaban kepada anak-anak.
    4. Guru mengajarkan anak-anak di luar kelas dengan memahami setiap benda di sekitar mereka. Dalam video ini jangan membantu guru ajaran anak-anak dalam proses pembelajaran dengan materi menggambar imajinasi.

    Aspek kognitif adalah setelah anak-anak berjalan di lingkungan sekolah dengan memahami setiap benda di sekitar mereka anak-anak dapat memahami mengenal bentuk ukuran warna dan juga mengenal angka, sehingga perlu dapat melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang benda-benda yang telah mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.

  4. Nama : Iza Nabila
    NIM : 859414551
    Judul video : anak sulit berimajinasi pada saat menggambar

    Berdasarkan video yang telah saya simak , metode pembelajaran yang digunakan guru tersebut sangat bagus, saya sebagai guru juga termotivasi dengan metode yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam menggambar yaitu dengan memperkenalkan objek – objek sederhana dan juga mengajak anak-anak untuk keluar melihat objek tersebut secara langsung,dengan adanya metode seperti itu anak-anak bisa berpikir secara luas menggunakan ide-ide kreatif anak.
    Terima kasih 🙏

  5. Nama : Nur Azizah
    NIM : 858965015
    Judul Vidio : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar

    Alhamdulillah, dengan adanya video-video di guru pintar online ini sangat membantu saya sebagai guru TK untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dilembaga. Dari vidio tersebut kegiatan yang diberikan guru sangat membantu anak dalam mengembangkan pengetahuannya. Guru melatih anak secara bertahap dengan kegiatan yang kreatif sehingga kemampuan berkembang dengan baik.

  6. Nama : Dyah Ayu Pitasari Setyowardani
    NIM : 858869554

    Video pembelajaran yang berjudul anak sulit berimajinasi saat mengggambar ini sangat bermanfaat untuk guru PAUD karena kejadia. yang ada di video sering terjadi pada saat pembelajaran menggambar. Dimana anak kesulitan untuk menggambar sehingga meniru gambar temannya. Untuk megatasi masalah ini maka memberikan kebebasan pada anak pada saat menggambar. Guru juga bisa menjadi fasilitator anak untuk menggali imajinasi anak. guru juga meminta anak menceritakan tentang apa yang dilihatnya dan melakukan tanya jawab.

  7. Nama: Noor janah
    NIM: 858305697

    Judul video: Anak Sulit berimajinasi saat menggambar.
    Untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat mengajar guru bisa menerapkan strategi antara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita da menggambarkan apa saja yang di temukan di lapangan.

  8. Video yang sangat bermanfaat untuk guru, karena dapat memberikan solusi untuk anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Solusi yang diberikan pun sangat membantu dan mudah untuk dilakukan. Anak pun menjadi terbantu untuk perkembangannya secara bahasa, kognitif dan kreatifitas anak.

  9. NAMA: SONETA EFA SARANGA’
    NIM: 859416562
    JUDUL VIDEO: ANAK SULIT BERIMAJINASI
    Setelah menonton video ini, di sini kita dapat melihat upaya seorang guru PAUD untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat melaksanakan kegiatan menggambar. Startegi yang di gunakan guru untuk mengatasi anak tersebut menurut saya sangat tepat. Seperti memberi anak kebebasan untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak. Menurut saya hal ini tepat karena kita tidak memaksa anak melakukan suatu hal atas kehendak kita yang justru membuat anak semakin tertekan dan tidak bisa menyelesaikan kegiatan belajar atau justru membuatnya lebih sulit berimajinasi, mengajak anak keluar kelas, menurut saya teknik ini tepat karena dengan mengajak anak keluar kelas anak dapat melihat banyak hal yang akan merangsang pikiran anak untuk berimajinasi, dan meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang di temukan di lapangan. Dengan teknik-teknik ini guru pasti bisa mengatasi banyak yang sulit berimajinasi.

  10. Nama : Nurul khayatul Qilmi
    Nim. : 857631775

    Setelah melihat video tersebut saya setuju dengan cara yang dilakukan oleh guru untuk mengembangkan imajinasi anak yaitu dengan mengajak anak keluar kelas dan melihat lingkungan yang ada disekitar anak, jadi anak tidak monoton hanya ada di dalam kelas, hal ini dapat mengajak anak mengeksplor benda benda yang ada disekitar.
    Hal seperti ini akan membantu anak mendapat banyak referensi untuk menambah imajinasi nya dalam menggambar dan selanjutnya anak diminta untuk menceritakan apa yang ia gambar hal ini akan membantu anak mengembangkan bahasanya dengan memperoleh banyak kosa kata baru dan saat melihat lingkungan diluar akan membuat anak mengembangkan moral nya yaitu dengan melihat indahnya ciptaan Allah membuat anak menambah rasa bersyukur nya kepada Allah.

Leave a Reply