silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
nama: laily listia khasanah
nim: 859670883
anak sulit berimajinasi saat menggambar menurut saya vidio tersebut sangat bermanfaat bagi guru untuk menerapkan apa yang dibahas di vidio itu tadi.
Nama: Indah Lesihatia
Nim : 877595635
Video tersebut menjelaskan cara bagaimana anak dapat menggambar sesuai imajinasi nya ,
Yaitu salah satu nya dengan cara anak diajak untuk kehalaman sekolah agar anak dapat menemukan ide-ide atau imajinasi Dengan melihat apa saja benda yang ada di sekitar nya.
Menurut saya dari penjelasan video tersebut sangat lah bermanfaat bagi guru untuk membantu anak agar mudah berimajinasi dan menuangkan nya melalui gambar. Guru juga dapat menerapkan teknik lainnya untuk membangun imajinasi anak.
Nama : Larasati Sukmaningrum
NIM : 887315303
Dalam video tersebut terdapat cara-cara untuk menggali ide/imajinasi seorang anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:
a. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
b. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide/imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat dihalaman sekolah
c. Mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkannya
d. Guru melalukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka
Salah satu pengembangan kreativitas anak yang efektif adalah dengan menggambar bebas seperti imajinasi mereka, juga mewarnainya sesuai keinginan. Seperti hal nya menulis, bermain, menggambar juga salah satu metode perkembangan kognitif anak di usia keemasan(golden age).
Menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak karena anak daoat mengutarakan apa yang dirasakan dan alami baik mental, maupun visual dalam bentuk coretan dan warna.
Adapun manfaat dari kegiatan menggambar, yaitu:
1. Menggambar memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dengan tangan dan cara yang tepat dalam menggunakan alat tulis untuk membuat goresan, hingga menghasilkan sebuah gambar
2. Mendorong analisis visual
3. Sebagai media berekspresi
4. Meningkatkan memori
Agar berbagai manfaat tersebut tercapai, guru dan orang tua mengapresiasi dan menghargai keinginan anak dalam menuangkan ide ekspresi dalam gambarnya. Menghindari ucapan dan sikap yang dapat mengecilkan hati si anak. Dan terus memberikan motivasi dan semangat dalam mengembangkan bakat menggambar.
Nama : Larasati Sukmaningrum
NIM : 877315303
Dalam video tersebut terdapat cara-cara untuk menggali ide/imajinasi seorang anak dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:
a. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
b. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide/imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat dihalaman sekolah
c. Mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkannya
d. Guru melalukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka
Salah satu pengembangan kreativitas anak yang efektif adalah dengan menggambar bebas sepertu imajinasi mereka, juga mewarnainya sesuai keinginan. Seperti hal nya menulis, bermain, menggambar juga salah satu metode perkembangan kognitif anak di usia keemasan(golden age).
Menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak karena anak daoat mengutarakan apa yang dirasakan dan alami baik mental, maupun visual dalam bentuk coretan dan warna.
Adapun manfaat dari kegiatan menggambar, yaitu:
1. Menggambar memerlukan koordinasi yang bagus antara mata dengan tangan dan cara yang tepat dalam menggunakan alat tulis untuk membuat goresan, hingga menghasilkan sebuah gambar
2. Mendorong analisis visual
3. Sebagai media berekspresi
4. Meningkatkan memori
Agar berbagai manfaat tersebut tercapai, guru dan orang tua mengapresiasi dan menghargai keinginan anak dalam menuangkan ide ekspresi dalam gambarnya. Menghindari ucapan dan sikap yang dapat mengecilkan hati si anak. Dan terus memberikan motivasi dan semangat dalam mengembangkan bakat menggambar.
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh……
Pada video ini yang berjudul Anak sulit berimajinasi pada saat menggambar. Setelah melihat video pembelajaran tersebut Menurut pendapat saya. Dalam kelas guru mengajarkan anak-anak untuk berimajinasi dalam menggambar beberapa konsep yang dapat diberikan oleh guru sebagai berikut, guru membebaskan untuk Menggambar sesuai dengan ide dan imajinasi masing-masing anak, guru memberikan berbagai motivasi bagi anak-anak agar tetap semangat belajar, guru memberikan tanya jawab saling bertukar jawaban kepada anak-anak, guru mengajarkan anak-anak di luar kelas dengan memahami setiap benda di sekitar mereka. Dalam video ini jangan membantu guru ajaran anak-anak dalam proses pembelajaran dengan materi menggambar imajinasi. Aspek kognitif adalah setelah anak-anak berjalan di lingkungan sekolah dengan memahami setiap benda di sekitar mereka anak-anak dapat memahami mengenal bentuk ukuran warna dan juga mengenal angka, sehingga perlu dapat melakukan tanya jawab kepada anak-anak tentang benda-benda yang telah mereka lihat di lingkungan sekitar sekolah.
Nama : Dwi Puryanti
NIM : 857528488
JUDUL VIDEO : Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar
Dalam proses membangun imajinasi anak guru memberikan kebebasan pada anak dalam menggambar, memfasilitasi dalam membangun imajinasi dengan mengajak anak belajar diluar sehingga anak dapat berimajinasi dan mengaplikasiksnnya dalam sebuah gambar. Saya ingin menambahkan sedikit. dapat juga sebelum anak-anak melakukan tugas menggambar terlebih dahulu guru memberikan kesempatan pada anak untuk bercerita atau mengungkapkan apa yang ingin digambar oleh anak dapat berupa kesukaannya, bisa juga dengan mengajukan kata pemantik, apa yang anak-anak lihat saat berangkat sekolah, apa yang anak-anak sukai saat belajar disekolah, ada apa saja benda-benda yang ada dilingkungan sekolah dan yang lain sebagainya, sehingga anak dapat berimajinasi dengan apa yang dilihat, apa yang disukai oleh anak.
Nama : Taswalma
Nim : 856276766
Judul Video : Anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar Pengamatan saya terhadap Video yang saya tonton bagus sangat bermamfaat, bisa menjadi referensi untuk permasalahan atau kejadian serupa yang sedang dialami guru dalam proses pembelajaran, kadang sebagian kita waktu ada permasalahan tidak bisa memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang sedang terjadi maka video-video seperti ini lah yang mampu memberi solusinya. Kalau dipikir dari kasus video yang telah saya tonton, solusinya cuma membawa anak-anak untuk melihat pemandangan lepas atau keluar. cara yang sederhana tetapi sudah bisa membangkitkan imajinasi anak
Nama : Taswalma
Nim : 856276766
Judul Video : Anak sulit untuk berimajinasi saat menggambar Pengamatan saya terhadap Video yang saya tonton bagus sangat bermamfaat, bisa menjadi referensi untuk permasalahan atau kejadian serupa yang sedang dialami guru dalam proses pembelajaran, kadang sebagian kita waktu ada permasalahan tidak bisa memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan yang sedang terjadi maka video-video seperti ini lah yang mampu memberi solusinya. Kalau dipikir dari kasus video yang telah saya tonton, solusinya cuma membawa anak-anak untuk melihat pemandangan lepas atau keluar. cara yang sederhana tetapi sudah bisa membangkitkan imajinasi anak.
Nama : AIda Muslimah
NIM : 858304688
Anak sulit Berimajinasi saat Menggambar
Sering kali kita seorang guru menemui anak yang sulit berimajinasi dalam menggambar, dengan itu anak suka melihat dan meniru gambaran teman nya, yang disampaikan di video ada beberapa cara yang harus kita lakukan agar menunjang krativitas anak dalam berimajinasi saat menggambar agar anak lebih kratif.
1. Membebaskan anak menggambar apa saja yang sesuai minat anak
2. Mempasilitasi anak untuk menggali imajinasi anak dan mengajak anak ke luar sekolah atau mengajak ke lingkungan sekolah melihat apa saja yang membuat anak suka
3. Mintalah anak untuk mencerikaan apa yang dilihatnya dihalaman sekolah
4. Melakukan tanya jawab dengan karya yang di gambar oleh anak
Dengan cara itu anak akan mengungkapkan apa yang digambarnya dan juga menjadi lebih kreatif dalam mengungkapkan imajinasinya
NAMA : TAZKIA UMMATUL KHASANAH
NIM: 857779184
Saya setuju dengan video pembelajaran yang ada pada video. anak yang sulit berimajinasi saat menggambar biasanya akan meniru gambar guru atau temannya atau mungkin anak belum terbiasa menuangkan imanjinasinya dalam bentuk gambar ketika anak diminta untuk menggambar bebas. dengan meniru gambar menyebakan anak tidak kreatif, disinilah tugas guru sebagai faslitator dalam mengembangkan kreatifitas pada anak. Misalnya mengajak anak untuk berjalan jalan dan melihat lihat apa yang ada di lingkungan halaman sekolah dengan begitu anak akan mampu untuk mengembangkan ide ide melalui aktifitasnya tersebut, melakukan sesi tanya jawab tentang apa yang dilihat anak di linkungan halaman sekolah, guna mengetahui apakah anak sudah memahami atau belum terhadap tugas yang diberikan, lalu mengajak anak untuk menuangkan imanjinasinya dalam buku gambar sesuai apa yang dilihatnya di lingkungan halaman dengan begitu anak akan mengembangakan kreatifitas yang ada pada dirinya.