silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : LETHA YULIA PICAL
    NIM. : 855704904
    UPBJJ : AMBON
    Menurut pendapat saya tentang Video anak sulit berimajinasi saat menggambar diatas adalah langkah-langkah yang dilakukan guru tersebut sudah sangat baik dalam mengapreaiasi anak agar dapat mengekspresikan perasaan mereka untuk dapat menggambar dengan mempergunakan lingkungan sekolah untuk anak dapat berimajinasi. Tetapi juga satu hal yang perlu saya sampaikan terkait video diatas bahwa guru harus memberikan apresiasi kepada anak tentang gambar pemandangan yang sudah dibuat anak dengan memberikan pujian bahwa anak sudah bagus menggambar.
    Terima kasih

  2. Nama: Minda Febianti
    NIM: 857535089
    Melalui video diatas, metode yang dilakukan oleh gururnya sudah cukup bagus, tetapi gurunya lupa untuk memberikan sebuah apresiasi. Agar berbagai metode tersebut tercapai, guru harus mengapresiasi dan menghargai keinginan anak dalam menuangkan ide ekspresi dalam gambarnya. Menghindari ucapan dan sikap yang dapat mengecilkan hati si anak. Dan terus memberikan motivasi dan semangat dalam mengembangkan bakat menggambar. Ada cara lagi agar anak bisa menggambar dengan beri objek baru yang sederhana cara mengajari anak menggambar lainnya yaitu dengan memberikan objek baru untuk mereka gambar. Pilihlah objek yang sering dilihat anak dan memiliki bidang sederhana, misalnya cangkir atau botol minum yang berbentuk lingkaran.
    Terimakasih.

  3. Nama : Firza Efendi
    NIM : 859860962
    Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar

    Saya setuju dengan video pembelajaran tersebut. Anak yang kesulitan berimajinasi ketika menggambar seringkali meniru gambar guru atau temannya, atau ketika anak diminta menggambar dengan bebas, anak tersebut mungkin belum terbiasa mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk gambar. Dengan meniru gambar, anak menjadi tidak kreatif dan tugas guru sebagai fasilitator untuk mengembangkan kreativitas pada anak. Misalnya mengajak anak berjalan-jalan melihat apa yang ada di lingkungan sekolah, membiarkan anak mengembangkan ide melalui kegiatan tersebut, mengadakan sesi tanya jawab agar anak melihat dan menemukan apa yang dilihatnya di lingkungan sekolah. Lihat apakah anak memahami dan belum menyelesaikan tugas yang diberikan, kemudian biarkan anak mengekspresikan imajinasinya dalam buku bergambar berdasarkan apa yang dilihatnya di halaman dan biarkan anak menggunakan kreativitasnya. .
    Terima kasih atas video yang bermanfaat ini. Saya yakin banyak orangtua dan pendidik akan sangat menghargai upaya untuk mengembangkan kognisi anak usia dini melalui pendekatan yang menyenangkan dan interaktif seperti ini. Semoga ada lebih banyak lagi video yang menginspirasi di masa mendatang untuk terus mendukung perkembangan kognitif anak-anak secara optimal.

  4. Pada video diatas,pendekatan yang dilakukan guru sangat kreatif yaitu dengan mengajak melihat lingkungan sekitarnya untuk diwujudkan dalam proses imajinasi anak yaitu menggambar.Video ini sangat inspiratif dan berguna bagi kita untuk menghadapi seorang anak yang mengalami kesulitan berimajinasi pada saat menggambar.Terimakasih videonya..

  5. Video tersebut menunjukkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak yang peduli dan kreatif dalam membantu anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut sangat terarah dan memperhatikan kebutuhan individu anak.

    Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka adalah langkah yang sangat bijaksana. Ini memungkinkan anak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dan mengeksplorasi imajinasi mereka tanpa batasan yang kaku. Selain itu, mengajak anak keluar kelas untuk mengamati dan mengeksplorasi lingkungan sekitar merupakan cara yang sangat efektif untuk merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Melalui pengalaman langsung ini, anak dapat mengembangkan ide-ide baru dan memperkaya pemahaman mereka tentang dunia.

    meminta anak untuk bercerita tentang apa yang mereka temui di lapangan dan menggambarkannya adalah cara yang brilian untuk menghubungkan pengalaman nyata dengan ekspresi visual. Ini tidak hanya membantu anak untuk lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar, tetapi juga meningkatkan keterampilan verbal mereka dalam menceritakan pengalaman mereka.

    Keseluruhan, pendekatan yang diambil oleh guru ini menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan individual anak dan upaya yang sungguh-sungguh dalam membantu mereka mengatasi kesulitan. Ini adalah contoh bagus tentang bagaimana pendidik dapat menggunakan kreativitas dan kepekaan untuk membantu setiap anak berkembang secara penuh

  6. NAMA : SURAYAH
    NIM : 858613898

    Video tersebut menunjukkan upaya seorang guru Taman Kanak-Kanak yang peduli dan kreatif dalam membantu anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut sangat terarah dan memperhatikan kebutuhan individu anak.

    Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan minat mereka adalah langkah yang sangat bijaksana. Ini memungkinkan anak untuk mengekspresikan diri mereka sendiri dan mengeksplorasi imajinasi mereka tanpa batasan yang kaku. Selain itu, mengajak anak keluar kelas untuk mengamati dan mengeksplorasi lingkungan sekitar merupakan cara yang sangat efektif untuk merangsang imajinasi dan kreativitas mereka. Melalui pengalaman langsung ini, anak dapat mengembangkan ide-ide baru dan memperkaya pemahaman mereka tentang dunia.

    Selanjutnya, meminta anak untuk bercerita tentang apa yang mereka temui di lapangan dan menggambarkannya adalah cara yang brilian untuk menghubungkan pengalaman nyata dengan ekspresi visual. Ini tidak hanya membantu anak untuk lebih terlibat secara aktif dalam proses belajar, tetapi juga meningkatkan keterampilan verbal mereka dalam menceritakan pengalaman mereka.

    Keseluruhan, pendekatan yang diambil oleh guru ini menunjukkan pemahaman yang mendalam tentang kebutuhan individual anak dan upaya yang sungguh-sungguh dalam membantu mereka mengatasi kesulitan. Ini adalah contoh bagus tentang bagaimana pendidik dapat menggunakan kreativitas dan kepekaan untuk membantu setiap anak berkembang secara penuh

  7. Nama : Zaini
    NIM : 858921884
    Judul Video : Anak sulit berimajinasi ketika menggambar

    Tips untuk mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi yaitu :
    A. Anak harus diberi ruang kebebasan dalam menggambar
    B. Guru harus berperan sebagai fasilitator ketika anak hendak melakukan kegiatan menggambar
    C. Mengajak anak untuk bercerita tentang hal yang ada di lingkungannya, tanyalah ada apa saja di sana, lalu meminta anak untuk menggambar apa yang dilihatnya.

  8. Nama Siti Amidah
    NIM: 858529411
    Dari video berjudul Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar.
    Terlihat contoh praktis proses belajar mengajar menumbuhkan Imajinasi pada anak.
    Kelebihan video Ini: Guru bisa langsung praktek cara menumbuhkan imajinasi dengan mengajak anak anak.keluar ruangan di sekitar Sekolah sehingga anak melihat benda konkret yang akan digambarnya.
    Untuk sekolah dengan latar belakang lingkungan yang penuh dengan keberagaman pemandangan teknik ini efektif untuk anak.Untuk sekolah dikota kota dengan ruang outdoor yang terbatss sepertinya perlu strategi lain untuk menumbuhkan imajinasi anak.

  9. Dari,video tersebut,dapat dilihat bahwa
    Anak anak,di situ,tidak mampu untuk berimajinasi dalam,menggambar
    Akan,tetapi lebih ke meniru,gambar yang
    Telah,di contoh kan gurunya,atau mencontoh gambar yang di buat oleh teman,padahal ibu guru memberikan arahan,untuk menggambar bebas,sesuai apa yang ada di,imajinasi mereka.
    Untuk mengatasi hal tersebut,sebaiknya ibu guru,sebelum memberikan tugas menggambar bebas mengajak anak untuk,keluar kelas,melihat lihat alam sekitar,agar imajinasi anak anak tersebut
    Terbangun secara alamiah,,,
    Sehingga mereka mampu untuk,menggambar sesuai apa yang di imajinasikan mereka

  10. Bismillah,,
    Setelah saya menonton video yang berjudul ” Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar ” pada laman guru pintar online ini menurut saya dalam video ini sangatlah membantu para tenaga pendidik yang mengalami kendala dalam hal penanganan anak yang sulit berimajinasi saat menggambar di kelas karena dalam video ini memberikan tips-tips cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar adapun strategi yang dibagikan dalam video ini dalam hal strategi yang dapat diterapkan guru dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak dapat diajak untuk keluar kelas menikmati pemandangan anak juga dapat diminta untuk bercerita dan menggambarkan apa yang anak-anak lihat pada saat menikmati pemandangan di luar kelas tersebut sehingga anak dapat menemukan imajinasinya saat proses menggambar.
    Sekian dan terimakasih 🙏🏼

Leave a Reply