silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama: fani seftia wulandari
Nim: 856252212
Izin menanggapi video tersebut, judul video: ” Anak sulit berimajinasi saat menggambar ”
menurut saya dari video tersebut guru sudah termasuk dalam guru PAUD yang kaya, karena dalam video tersebut guru membolehkan anak untuk berimajinasi dengan diri mereka sendiri dan tidak bergantung pada satu objek saja. Kemudian guru juga menstimulasi perkembangan anak dengan cara memotivasi anak untuk mengeluarkan ide atau kreativitas mereka dan guru juga mengajak anak untuk menggambar di luar ruangan agar imajinasi mereka dan kreativitas mereka juga bisa mereka kembangkan sendiri dan mereka tidak merasa bosan jika guru mengajak mereka belajar dilingkungan sekitar sekolah . Kemudian guru bisa memberikan pujian kepada anak agar mereka bisa percaya diri dalam berkreatifitas.
Video ini sangat membantu saya sebagai pendidik untuk meningkatkan metode yang lebih bervariasi dan menyenangkan.
Kegiatan ini menggambarkan bahwa seorang guru yang ingin mengembangkan kemampuan imajinasi anak memerlukan kegiatan yang benar-benar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. dan strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambarkan sesuatu sesuai minat anak.
Vidio (anak sulit berimajinasi saat menggambar) diatas pendidik memberi kebebasan kepada anak untuk berimajinasi dengan cara mengajak anak duajak keluar untuk meluangkan ide yang dilihat disekitar nya selanjutnya penddudik memberikan apresiasi kepada anak agar anak selalu merasa percaya diri dalam hal berkreatifitas .
Vudio(anak kurang berimajinasi pada saat menggambar)menurut saya pendidik sudah bener mengajak anak anak keluar kelas agar imajinasi dan kreatifitas anak tumbuh dan membebaskan anak.setekah melakukan itu guru memberikan pujian apresiasi agar anak tetap merasa percaya diri pada saat berkreatifitas.
“Video pembelajaran yang interaktif dan menarik. Namun, perlu ada evaluasi singkat untuk memastikan pemahaman anak-anak.”
BERANDA
TENTANG GPO
KONTAK
PROFILE
LOG OUT
X
Home / Seri Pembelajaran PAUD / Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
SERI PEMBELAJARAN PAUD
Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Pakar Dosen
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Vidio (anak sulit berimajinasi saat menggambar) diatas pendidik memberi kebebasan kepada anak untuk berimajinasi dengan cara mengajak anak duajak keluar untuk meluangkan ide yang dilihat disekitar nya selanjutnya penddudik memberikan apresiasi kepada anak agar anak selalu merasa percaya diri dalam hal berkreatifitas .
Lipika Suprati
859806176
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Vidio (anak sulit berimajinasi saat menggambar) diatas pendidik memberi kebebasan kepada anak untuk berimajinasi dengan cara mengajak anak duajak keluar untuk meluangkan ide yang dilihat disekitar nya selanjutnya penddudik memberikan apresiasi kepada anak agar anak selalu merasa percaya diri dalam hal berkreatifitas .
Assalamu’alaikum Wr,Wb
Nama : Yuliyanti
Nim :858288798
Upbjj : Banjarmasin
Dari video tersebut dapat di lihat, bagaimana cara mengatasi kesulitan anak
untuk berimajinasi saat menggambar.Melalui pembelajaran di luar ruangan anak dapat menemukan ide-ide kreatif yang dapat di tuangkan melalui tulisan atau gambar.Selain itu guru juga dapat menambahkan penghargaan berupa pujian atau hadia atas usaha anak bebagai bentuk penyemangat atas usaha yang anak lakukan.
Terima Kasih,Wassalam . . .
Nama : Kurnia LilaSari
NIM : 856337627
Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
Setelah saya menonton video tersebut diatas, menurut saya guru sangat membantu anak dalam menggali ide dan imajinasi anak yaitu dengan cara mengajak anak menggambar bebas atau deg..an mengajak anak melihat apa saja yang ada dilingkungan sekolah yang setelah itu kemudian anak di ajak menggambar apa yang sudah dilihat tadi.
Kegitan tersebut sangat membantu saya sebagai pendidik, juga akan menerapkan hal tersebut.