silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Video pembelajaran sangat bermanfaat karena sudah memberikan solusi tentang cara cara membantu anak
Dengan kegiatan kegiatan yang mudah dilakukan
Nama : Desi Wulandari
NIM : 859173011
SEMESTER : 2 (DUA)
JUDUL VIDEO ” ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
Setelah saya mengamati video pembelajaran tersebut, pada awal video tidak ditampilkannya pembukaan atau kegiatan berdo’a sebelum memulai kegiatan. Namun pendekatan dan strategi pembelajaran yang dilakukan sudah tepat yaitu memberikan kesempatan anak untuk menggambar sesuai dengan apa yang dilihat seperti mengajak anak-anak untuk melakukan kegiatan diluar ruangan dan memberi kesempatan anak untuk menceritakan apa yang dilihat saat diluar.
Menurut saya, pada video tersebut hendaknya menambahkan aspek perkembangan kognitif seperti warna-warna yang digunakan anak saat menggambar dan memberi reward untuk anak yang dapat menggambar tanpa dibantu oleh guru dan meniru hasil menggambar teman-temannya.
Assalamu’alaikum
Nama :SINTA.R
Nim :859771938
Setelah saya mengamati vidio pembelajaran tersebut menurut saya pendekatan dan strategi pembelajaran yang di terapkan sudah sangat tepat. Dengan memberi kesempatan kepda anak
Untuk menggambar sesuai apa yang di lihatnya dengan mengajak anak-anak untuk mengamati lingkungan dihalaman sekolah, dan mengajak anak untuk bercerita terhadap apa yg sedang dilihatnya.
Assalamu’alaikum
Nama: SINTA.R
Nim : 859771938
ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
Anak diberi kebebasan berimajinasi saat menggambar sesuai dengan imajinasinya, pada video tersebut guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolahan untuk melihat lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah. Setelah mengajak anak melihat lingkungan sekitar kita mengadakan sesi tanya jawab apa saja yang mereka lihat pada saat keluar dari ruang kelas. Lalu suruh anak menuangkan imajinasinya
Dengan menonton Video diatas saya merasa sangat bermanfaat bagi saya, sangat membantu bagi anak-anak yang kesulitan saat menggambar bebas.
Nama : sustra wati zega
Nim : 856021944
menurut saya guru sangat membantu anak dalam menggali ide dan imajinasi anak yaitu dengan cara mengajak anak menggambar bebas atau dengan mengajak anak melihat apa saja yang ada dilingkungan sekolah. setelah itu kemudian anak di ajak menggambar apa yang sudah dilihat tadi.
Kegiatan tersebut sangat membantu kita sebagai pendidik menerapkan hal tersebut. Sebagai pendidik kita juga bisa memberi reward untuk anak yang dapat menggambar tanpa dibantu oleh guru dan meniru hasil menggambar teman-temannya.
Video ini sangat bermanfaat dan dapat diterapkan guru dalam kegiatan belajar menggambar di kelas. Anak sangat tertarik untuk mengekspresikan apapun yang dilihatnya kedalam bentuk gambar dan warna yang mana hasilnya berupa ide atau imajinasi anak sehingga pemilihan kegiatan belajar yang tepat dapat menstimulasi kreativitas anak juga meningkatkan motorik dan kognitif.
Nama : Wahyu Lestari
Nim : 858681679
Perkembangan kognitif
Judul video : anak sulit berimajinasi saat menggambar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Menurut pendapat saya dari mempelajari video tersebut untuk menggali imajinasi kita dapat mengajak anak ke tepat tebuka untuk mengenalkan berbagai macam tentang lingkungan yang ada di sekitar kita, sehingga dapat memperluas imajinasi anak melalui interaksi secara langsung dengan alam sehingga anak-anak dapat memperluas imajinasinya.
Sangat bermanfaat sekali kita sebagai guru dapat menggali informasi melalui tanya jawab dengan peserta didik apa yang mereka lihat.
Nama : A.Surya Mahardika
Nim : 859417571
Semester : 4
Judul video yang di nonton : Anak sulit berimajinasi saat menggambar.
Menurut saya guru sangat membantu anak-anak untuk menggali ide dan imajinasi anak dengan cara mengajaknya berkeliling di lingkungan sekolah,sehingga ide dan imajinasi anak-anak semakin berkembang dan dituangkan dalam bentuk gambaran
Nama : Annisa Juwita timur
Nim : 859879042
Pendekatan guru untuk mengajak anak menggali ide dan imajinasi melalui kegiatan menggambar bebas atau observasi lingkungan sekolah merupakan metode yang efektif dalam merangsang kreativitas anak. Memberikan reward untuk anak yang dapat menggambar tanpa bantuan guru dan meniru hasil teman-temannya juga dapat meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri anak.
Nama : Dina Vega Robayani
NIM : 857936788
Video ini sangat bermanfaat dan dapat diterapkan guru dalam kegiatan belajar menggambar di kelas. Anak sangat tertarik untuk mengekspresikan apapun yang dilihatnya kedalam bentuk gambar dan warna yang mana hasilnya berupa ide atau imajinasi anak sehingga pemilihan kegiatan belajar yang tepat dapat menstimulasi kreativitas anak juga meningkatkan motorik dan kognitif.