silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
ringkasan cerita guru mengajak anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi pembelajaran anak-anak menemukan hambatan untuk menggambar agar anak-anak dapat menuangkan ide cemerlang guru mengajak anak didik untuk melihat benda-benda yang ada di sekitar sekolah dengan begitu anak didik dapatlah langsung melihat media yang akan dituangkan lewat Menggambar sesuai tingkat pengembangan anak didik dan kegiatan pembelajaran menggambar bebas Sesuai kurikulum yang berlaku
Dari video tersebut terlihat bahwa sebelum kegiatan inti dimulai guru tidak melakukan kegiatan pembuka terlebih dahulu, melainkan guru langsung mengajak anak pada kegiatan inti.
Kegiatan yang dilakukan yaitu guru memperlihatkan contoh gambar pemandangan dan anak diajak untuk menggambar bebas apa saja sesuai imajinasinya.
Namun ada beberapa gambar yang dihasilkan anak cenderung sama dengan apa yang dicontohkan oleh guru tadi yaitu gambar pemandangan. Anak tersebut terlihat bingung untuk menggambar apa karena hanya gambar pemandangan yang terlihat dan terbayang oleh anak.
Dari peristiwa itu, untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar, akhirnya guru melakukan stragtegi yang tepat yaitu mengajak anak bereksplorasi di lingkungan sekolah sehingga anak dapat menceritakan dan menggambar sesuai apa yang dia lihat.
Nama : Elsa Nurali
NIM : 857511302
Dari video tersebut terlihat bahwa sebelum kegiatan inti dimulai guru tidak melakukan kegiatan pembuka terlebih dahulu, melainkan guru langsung mengajak anak pada kegiatan inti.
Kegiatan yang dilakukan yaitu guru memperlihatkan contoh gambar pemandangan dan anak diajak untuk menggambar bebas apa saja sesuai imajinasinya.
Namun ada beberapa gambar yang dihasilkan anak cenderung sama dengan apa yang dicontohkan oleh guru tadi yaitu gambar pemandangan. Anak tersebut terlihat bingung untuk menggambar apa karena hanya gambar pemandangan yang terlihat dan terbayang oleh anak.
Dari peristiwa itu, untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar, akhirnya guru melakukan stragtegi yang tepat yaitu mengajak anak bereksplorasi di lingkungan sekolah sehingga anak dapat menceritakan dan menggambar sesuai apa yang dia lihat.
Nama: EVI LESTARI
Nim: 858554178
Video menggambarkan tentang anak anak yang diberi kebebasan gurunya untuk menggambar. Namun ternyata banyak anak yang kesulitan untuk menuangkan idenya dan kemudian memilih untuk meniru gambar yang dicontohkan guru. Agar anak dapat menuangkan ide imajinasinya, akhirnya guru mengajak anak anak untuk keluar dari kelas dan mengamati apa saja yang ada disekitar mereka, sehingga anak dapat melihat secara langsung. Setelah anak anak kembali masuk ruang kelas, guru memberikan pertanyaan apa saja yang ada diluar? barulah kemudian guru mengulang kembali, meminta anak anak menggambar bebas sesuai apa yg dilihatnya. Menurut saya hal itu sangat bagus, karena guru telah melakukan pembelajaran yang konstektual dan relevan pada anak anak
Setelah saya mengamati video diatas analisis yang dapat saya hasilkan yaitu: guru mengajak anak untuk melakukan kegiatan menggambar bebas, sesuai dengan imajinasi anak masing-masing, kemudian guru memberikan satu contoh gambar yaitu menggambar pemandangan saja, yang hasilnya dari hampir semua anak mengikuti gambar yang di contohkan oleh gurunya saja, sedangkan perintah dari gurunya anak-anak bebas menggambar apa saja, dan hasilnya capaian pembelajaran kurang maksimal, kemudian untuk memaksimalkan capaian pembelajaran guru mengajak anak-anak untuk melihat keluar lingkungan kelas yaitu pada halaman sekolah tujuannya agar anak lebih mudah berimajinasi sesuai dengan apa yang mereka lihat.
Menurut pendapat saya seharusnya guru tidak hanya memberikan satu contoh gambar tetapi harus banyak ragam contoh gambar, karena pada dasarnya anak bersifat peniru aktif, dan jika guru memberikan banyak pilihan gambar bisa saja anak bereksplorasi lebih luas dengan acuan ( wah ibu guru saja banyak menggambarnya berarti boleh dong saya menggambar apa yang saya mau) kurang lebih seperti itu yang anak fikirkan, kemudian kalaupun anak mau diajak berkeliling halaman seharusnya itu pada awal atau sebelum pembelajaran menggambar dimulai hal ini bertujuan agar anak lebih mudah untuk menggambar apa yang baru saja saya lihat atau boleh saja ibu gurunya mengintruksikan bukan menggambar bebas tapi menggambar apa saja yang kalian lihat di halaman sekolah. mungkin hanya itu saja pendapat saya . Terimakasih.
Menurut saya yang dilakukan guru dalam video sudah tepat dan sesuai kurikulum, memberikan kebebasan pada anak menggambarkan sesuatu yang dilihatnya ,dengan begitu anak bisa berkreasi sesuai imajinasi nya,dan setiap anak bisa berbeda ber imajinasi.
Nama: Lilis Wilyasmi
Kelas : B
Nim : 857449651
Setelah melihat vidio seorang guru mengajak menggambar anak belum menemuka imajinasinya sendiri, maka anak di ajak jalan jalan di sekitar sekolah biar bisa menyalurkan imajinasinya sendiri di dalam buku gambar dengan cara menggambar dengan bebas. Anak yang tadinya belum bisa menyalurkan imajinasinya kedlm buka sekarang udah ada gambaran-gambaran dan bisa anak menggambar dengan bebas.
Setelah menonton video. Saya melihat guru memberikan kegiatan menggambar bebas tetapi anak-anak sudah berimajinasi karena di berikan contoh oleh gurunya sehingga anak-anak hanya mengikuti contoh yang dipajang dipapan tulis. Solusi yang diberikan oleh guru sangat tepat dengan mengajak anak-anak berkeliling di lingkungan sekolah sehingga anak-anak mendapatkan imajinasi dari lingkungan sekitar. Sebaiknya guru melakukan kegiatan menggambar bebas di luar ruangan kelas agar anak dapat berimajinasi tanpa batas.
Terimakasih
Video tersebut memiliki 2 alur cerita yg pertama yaitu guru mengajak anak untuk menggambar bebas & memeberikan contoh gambar pemandangan guru buat dipapan tulis, setalah anak-anak menggambar ternyata hasilnya rata-rata anak-anak menggambar seperti yg guru contoh kan.
Dicerita kedua guru terlebih dahulu mengajak anak-anak keliling lingkungan sekolah untuk melihat ada benda-benda atau tanaman apa saja yg ada disana. Setelah itu anak-anak dipersilahkan untuk menggambar bebas dan ternyata hasilnya anak-anak bisa menggambar sesuai dengan imajinasinya masing-masing.
Saran untuk guru dalam video tersebut adalah guru harus lebih kreatif lagi untuk memfasilitasi anak dalam menggali imajinasinya.
dalam vidio pembelajaran yang telah saya simak, terdapat seorang guru yang sedang memberikan stimulasi pada aspek kognitif anak. anak-anak dalam vidio tersebut distimulus agar memiliki pemikiran yang kreativ agar imajinasi mereka luas. cara yang digunakan oleh guru tersebut yaitu dengan metode menggambar bebas. pada hasil pembelajaran pertama terlihat anak-anak menggambar gambar yang sama dengan ibu guru, yaitu gambar pemandangan. oleh karena anak bersifat konkret akhirnya guru tersebut mengajak anak untuk mengeksplore terlebih dahulu halaman sekolah agar anak lebih bisa berimajinasi dengan melihat benda-benda yang konkret yang ada di lingkungan sekitarnya. dengan begitu anak pun agar membuat gambar yang bervariasi dan tidak bergantung pada teman atau orang-orang sekitarnya karena mereka telah merekam benda-benda yang dilihatnya di lingkungan sekitar sekolah.