silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Beberapa hal positif yang dapat kita lihat dari video tersebut:
    Fokus pada minat anak: Dengan memberikan kebebasan untuk memilih objek yang ingin digambar, guru telah menghormati minat dan ketertarikan individu setiap anak. Hal ini akan membuat anak lebih termotivasi dan terlibat dalam proses pembelajaran.
    Pengalaman langsung: Mengajak anak keluar kelas dan mengamati lingkungan sekitar adalah cara yang efektif untuk merangsang indera dan pikiran anak. Pengalaman langsung ini akan memberikan bahan-bahan imajinatif yang kaya untuk dituangkan dalam gambar.
    Koneksi antara pengalaman dan ekspresi: Dengan meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang dilihatnya, guru telah membantu anak membangun koneksi antara pengalaman nyata dengan ekspresi imajinatif melalui gambar.
    Saran untuk Guru dalam Video:

    Berdasarkan strategi yang telah diterapkan guru dalam video, berikut beberapa saran tambahan:
    Berikan pertanyaan terbuka: Selain mengajak anak bercerita, guru dapat memberikan pertanyaan terbuka untuk merangsang imajinasi anak, misalnya “Apa yang kamu pikirkan saat melihat awan itu?”, “Kalau kamu bisa menjadi binatang, kamu ingin menjadi apa?”.
    Gunakan berbagai media: Selain gambar, guru dapat menggunakan berbagai media lain seperti plastisin, tanah liat, atau bahan alam untuk membantu anak mengekspresikan imajinasinya.
    Berikan umpan balik positif: Berikan pujian dan dorongan positif kepada anak atas setiap usaha dan kreativitasnya.
    Libatkan orang tua: Ajak orang tua untuk berkolaborasi dalam mendukung perkembangan imajinasi anak di rumah.

  2. Nama: Pratiwi Dwi Handari
    NIM: 859504889

    Pendapat:
    Pendekatan guru untuk memberikan kebebasan pada anak-anak dalam menggambar adalah langkah yang baik karena dapat mendorong kreativitas. Namun, ada tantangan di mana banyak anak memilih untuk meniru gambar yang sudah dikenal, yang bisa membatasi pengembangan imajinasi. Keputusan guru untuk membawa anak-anak keluar dan mengajak mereka mengamati lingkungan sekitar adalah ide yang efektif untuk merangsang imajinasi anak melalui pengalaman nyata.

    Saran:
    Guru dapat berikan contoh yang beragam, seperti ketika memperkenalkan aktivitas menggambar, guru dapat menunjukkan lebih banyak contoh gambar dari berbagai tema selain pemandangan, seperti hewan, kendaraan, dan benda-benda abstrak. Ini bisa membantu anak-anak melihat bahwa ada banyak hal yang bisa digambar.

  3. Nama: Suriani
    Nim :859431558
    Setelah saya menonton video diatas yang menceritakan tentang seorang guru yang memberikan tugas kegiatan menggambar bebas kepada muridnya didalam kelas,namun hasil gambar siswa semuanya sama tidak sesuai yang diingkan ibu guru karena sianak mengikuti apa yang digambarkan oleh ibu guru dipapan tulis itu berarti sianak pada kegiatan diatas tidak muncul imajinasinya dalam menggambar bebas yang disebabkan karena sianak hanya fokus pada gambar yang dicontohkan oleh ibu guru.
    Dan ibu guru memberikan teknik yang bagus untuk membuat sianak menggambar dengan berimajinasi yaitu mengajak siswa untuk keluar kelas berkeliling sekitar sekolah melihat apa -apa yang ada disekitar dan menggambar bebas apa yang dilihat disekitar sekolah.
    Dan saran saya untuk ibu guru dalam vidio diatas yaitu Berikan pujian dan dorongan positif saat anak-anak menggambar. Dengan memberikan pujian dan dorongan positif, anak-anak akan merasa senang dan termotivasi untuk terus menggambar.kemudian
    Berikan waktu yang cukup untuk anak-anak menggambar dan jangan terburu-buru. Dengan memberikan waktu yang cukup, anak-anak akan memiliki kesempatan untuk berimajinasi dan menciptakan gambar yang indah.Disampin itu kita juga bisa
    Berikan anak-anak kesempatan untuk menggambar dengan bahan-bahan alam, seperti daun, batu, dan pasir. Dengan menggunakan bahan-bahan alam, anak-anak akan memiliki kesempatan untuk berimajinasi dan menciptakan gambar yang unik dan menarik.dan disamping itu kita juga bisa menggambar bebas diarea yang luas seperti diluar kelas misalnya supaya anak-anak bisa langsung menggambar apa yang dilihat.

    B. Jawablah pertanyaan berikut dan diskusikanlah jawaban teman Anda.
    1.Menurut Anda apakah dalam perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka memang penting dan perlu untuk dilaksanakan di lembaga PAUD dan TK? jelaskan alasan jawaban anda Jawab: Menurut saya Perubahan kurikulum menjadi kurikulum merdeka di lembaga PAUD dan TK penting karena kurikulum merdeka memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar secara aktif dan kreatif. Dalam kurikulum merdeka, anak-anak diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar secara aktif, seperti melalui proyek, eksperimen, dan kegiatan lainnya. Hal ini akan membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan mereka secara optimal dan memperkuat rasa ingin tahu mereka.

    2 Menurut Anda apakah perubahan iklim itu dapat merupakan suatu cara untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi guru PAUD? Menjelaskan alasan dari jawaban Anda.
    Jawab: Menurut sa7ya Perubahan iklim dapat menjadi suatu cara untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi guru PAUD. Perubahan iklim merupakan isu global yang penting dan relevan bagi anak-anak. Dengan mempelajari perubahan iklim, guru dapat memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dan mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi perubahan iklim,Hal ini akan membantu anak-anak untuk menjadi warga negara yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan.

    3.Menurut Anda, apakah perubahan yang paling penting bagi guru TK/PAUD pada kurikulum merdeka?
    Jawab: Menurut saya Perubahan yang paling penting bagi guru TK/PAUD pada kurikulum merdeka adalah memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar secara aktif dan kreatif. Dalam kurikulum merdeka, guru perlu memberikan dukungan yang tepat kepada anak-anak agar mereka dapat belajar dengan baik dan mencapai potensi maksimal mereka. Guru juga perlu memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk berpartisipasi dalam kegiatan belajar secara aktif, seperti melalui proyek,eksperimen,Hal ini akan membantu anak-anak untuk mengembangkan kemampuan mereka secara optimal dan memperkuat rasa ingin tahu mereka.

  4. Nama : Sang Ayu Putu Sugiartini
    NIM : 859019613

    Setelah saya menonton video tersebut, disana upaya guru untuk mengatasi anak yang sulit berimajiasi pada saat menggambar menurut saya bisa diterapkan karena dengan strategi memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas berkeliling lingkungan sekolah sehingga anak-anak mendapatkan imajinasi dari lingkungan sekitar serta mengajak anak untuk menggambar apa yang dilihatnya.

  5. berdasrkan pengamatan saya pada vidio diatas. terlhat seorang guru mengajak muritnya untk melaksanakan kegiatan menggambar bebas.namun pada awal kegiatan ibu guru tidak mengajak anak anak untuk menemukan ide sehingga anak anak terlihat kesulitan ketika diajak menggamabr bebas.ada beberapaa upaya yang bisa dilakukan ibu guru dalam meningkatkan kemapuan anak dalam menggambar bebas.antara lain :
    1.membebaskan anak untuk menggambar bebbas sesuai dengan imajinasi mereka.
    2.memfasilitasi ide dengan mengajak anak bermain di luar kelas agar anak mudah mendapatkan ide menggambar
    3.meminta anak untuk menceritakan apa saja yang dilihat di luar kelas
    4.melakukan tanya jawab tentang apa saja yang ditemui diluar kelas.
    5. memberikan apresiasi pada hasil karya yang sudah dibuat

  6. Bismillah
    Nama : Nabila Sholehah
    NIM : 857454116
    Pokjar : Gambir (Bandung)
    Izin menanggapi terkait vidio pembelajaran yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”
    Menurut saya peran guru dalam vidio pembelajaran tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan anak-anak dengan memberikan contoh terlebih dahulu dalam menggambar sesuatu lalu memberikan perintah yang cukup jelas dan berulang tetapi masih adanya anak yang belum paham dengan perintah yang diberikan lalu dengan inisiatif guru tersebut mengajak anak-anak untuk melihat sekeliling sekolah agar anak dapat berimajinasi bebas dengan melihat lingkungannya setelah mengajak anak berkeliling, guru pun menanyakan apa saja yang dilihatnya dengan tanya jawab ataupun bercerita dan melakukan kegiatan menggambar lagi yang sesuai dengan perintah guru tersebut.
    Menurut saya saran pada guru tersebut lebih baik untuk menjelaskan lebih rinci lebih tepat kepada kegiatan yang akan dilakukan dikarenakan terlihat dari respon atau reaksi anak-anak seperti belum paham apa yang akan dilakukannya, lalu berikan contoh atau gambar dari sebuah poster atau menjelaskan dan menunjukan kebebasan dalam menggambar itu seperti apa agar anak paham arti kata “bebas” itu sendiri dan berilah penjelasan ataupun pujian kepada anak meskipun anak tersebut tidak sesuai dengan perintahnya agar anak termotivasi untuk menggambar yang lain dan agar anak tidak kecewa.
    Terimakasih.

  7. Nama: Melly Wulandari
    NIM :858310255
    UPBJJ BANJARMASIN
    izin menanggapi
    Dalam video tersebut guru telah melakukan perannya dengan baik. Guru telah menjelaskan tentang menggambar kepada anak-anak. Guru pun memberikan contoh “pemandangan” sebagai salah satu contoh gambarnya. Namun anak-anak justru mengikuti gambar dari ibu guru alih-alih menggambar sesuai imajinasi mereka atau menggambar bebas seperti yang diperintahkan oleh guru.
    Saran saya sebaiknya guru memberikan contoh lain juga atau menyebutkan ide-ide menggambar yang dapat menjadi referensi anak dalam menggambar. Mengingat anak-anak tersebut tidak paham dengan konsep ‘bebas’ yang di perintahkan.
    Terima kasih 🙂

  8. Nama : maya siti maemunah
    NIM : 877322885
    Pokjar : Kota Pasuruan

    Terdapat 2 metode pembelajaran dalam video tersebut yaitu :
    1. Pada alur video pertama guru memberi contoh di depan kelas menggambar pemandangan setelah itu guru mempersilahkan anak-anak untuk menggambar pemandangan dengan imajinasinya masing-masing. Tetapi ternyata hasilnya mayoritas anak-anak meniru gambar yang telah dicontohkan oleh guru.

    2. Pada alur video kedua guru mengajak anak-anak berjalan-jalan keliling lingkungan sekolah untuk melihat ada apa saja disana. Setelah berjalan-jalan anak-anak diajak berdiskusi tentang apa saja yang mereka lihat selama jalan-jalan tersebut. Anak-anak memberikan respon yg sangat positif. Setelah itu guru mempersilahkan anak-anak untuk menggambar pemandangan sesuai dengan yang mereka lihat selama jalan-jalan tadi. Dan hasilnya ternyata anak-anak mampu menggambar sesuai dengaan imajinasinya masing-masing.

    Masukan saya untuk guru dalam video tersebut adalah sebaiknya guru lebih kreatif & inovatif dalam membangun imajinasinya anak-anak. Sehingga anak-anak bisa mencurahkan segala kemampuannya dalam berkarya.

  9. Berdasarkan pengamatan saya pada video tersebut terlihat seorang guru mengajak muritnya untk melaksanakan kegiatan menggambar bebas.namun pada awal kegiatan ibu guru tidak mengajak anak anak untuk menemukan ide sehingga anak anak terlihat kesulitan ketika diajak menggambar bebas.ada beberapaa upaya yang bisa dilakukan ibu guru dalam meningkatkan kemapuan anak dalam menggambar bebas.antara lain : 1.membebaskan anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi mereka. 2.memfasilitasi ide dengan mengajak anak bermain di luar kelas agar anak mudah mendapatkan ide menggambar 3.meminta anak untuk menceritakan apa saja yang dilihat di luar kelas 4.melakukan tanya jawab tentang apa saja yang ditemui diluar kelas. 5. memberikan apresiasi pada hasil karya yang sudah dibuat
    Saran terkait isi vidio diatas : sebaiknya sebelum melakukan kegiatan menggamabr bebas ibu guru hendanya mengajak anak anak untuk bermain di luar kelas terlebih dahulu agar anak mudah berimajinasi / menemukan ide yang nantinya bisa dijadikan sumber imajinasi ketika kegiatan menggambar bebas.ibu guru juga diharus kan memberikan apresisasi terhadap hasil karya yang sudah dibuat anak anak agar anak anak lebih semnagt lagi dalam melaksanakan kegiatan menggambar bebas

  10. Assalamualaikumm
    Nama : Sa’adatul Asri
    NIM : 858552697
    Pokjar : Pokjar Purwodadi ( Pasuruan ,Jawa Timur )
    Semester : 8

    Izin menanggapi video pembelajaran tentang “Aku Sulit Berimjinasi Saat Menggambar”
    Menurut saya peran guru pada saat mengajar sudah benar, dengan cara memberi contoh gambar sederhana pada anak dan menyuruh anak menggambar sesuai imajinasinya ,akan tetapi anak -anak tersebut masih kesulitan dalam berimajinasi dan gambarnya masih meniru gambar temannya, lalu guru tersebut berinisitif untuk mengajak anak kehalaman sekolah dan berkeliling melihat lingkungan sekitar agar terinspirasi dan berimajinasi dalam menggambar ,guru tersebut menanyakan apa saja dilihat pada saat keliling halaman sekolah tadi salah satu anak pun menjawab tentang apa saja yang telah dilihat tadi dan guru pun menyuruh anak-anak semua kembali pada kegiatan tadi yaitu menggambar bebas.

    Saran saya ,guru tersebut perlu mengulang penjelasan kepada anak tentang apa itu menggambar bebas ,pilihlah objek yang sering dilihat anak dan ajukan pertanyaan pada anak untuk mendorong kemampuan berkomunikasi tentang apa yang telah ia gambar , memberikan contoh gambar sederhana yang ada di lingkungan sekitar atau mengajak anak belajar menggambar sambil bermain agar anak tersebut dapat berimjinasi dalam menggambar, dan selalu menghargai dan memuji hasil karya anak akan menumbuhkan rasa percaya diri pada anak .
    Terimakasih

Leave a Reply