silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Tes
Nama : Kartini
NIM : 857713339
UPBJJ : Semarang
Menurut pendapat saya mengenai video Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar adalah memang benar, kita seringkali menjumpai anak-anak yang sulit untuk berimajinasi atau menuangkan ide-ide dalam bentuk gambar. Ketika kita meminta anak menggambar atau bercerita sering kita jumpai anak yang sulit bercerita tentang imajinasinya dan menuangkannya dalam bentuk gambar. Sering terjadi anak-anak cenderung meniru gambar yang sudah digambar sebelumnya atau meniru gambar milik temannya, secara tidak langsung, hal ini dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali ide dan imajinasinya dalam bentuk gambar. Dalam video tersebut, cara yang dilakukan guru sudah tepat, yaitu dengan membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai imajinasinya dan minat anak; guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah; mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkannya; setelah itu, guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat anak.
Saran untuk guru di video tersebut adalah sebaiknya posisi duduk diatur sedemikian rupa sehingga anak yang duduk di belakang tidak terhalang oleh temannya yang di depan; cara guru menjelaskan di depan, sebaiknya dengan cara duduk sepadan dengan anak, agar anak lebih fokus; guru sebaiknya menjelaskan dengan sejelas-jelasnya, sehingga anak paham yaitu dengan menunjukkan contoh-contoh gambar.
Dalam video “Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar”, disoroti tantangan yang dihadapi beberapa anak ketika menggambar karena kurangnya stimulasi imajinasi. Ini menunjukkan bahwa anak-anak memerlukan pengalaman yang kaya dan dukungan dari guru untuk mengembangkan kreativitas mereka. Memberikan ruang kebebasan serta mengaitkan aktivitas menggambar dengan pengalaman sehari-hari bisa membantu anak lebih terinspirasi. Saya memahami bahwa beberapa anak mengalami kesulitan dalam menggambar karena kurangnya pengalaman atau stimulasi. Guru dalam video tersebut bisa membantu anak-anak dengan memberikan contoh sederhana, mengajak anak-anak untuk membayangkan sesuatu dari pengalaman sehari-hari, dan memberikan kebebasan pada anak untuk bereksplorasi tanpa takut salah. Aktivitas mendongeng juga dapat meningkatkan imajinasi mereka. Saran saya, – Berikan tema-tema yang familiar bagi anak. – Sediakan materi visual yang dapat memicu imajinasi. – Biarkan anak berekspresi dengan bebas tanpa banyak koreksi.
Menurut pendapat saya, video ini sangat penting karena proses berimajinasi saat menggambar sangat penting untuk perkembangan kreativitas dan imajinasi seorang anak. Dengan mengetahui cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, orang tua dan pendidik dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuannya dalam berimajinasi dan mengekspresikan ide-ide mereka melalui karya seni mereka.
Nama: rianti ismaria
Nim: 856581986
Menurut pendapat saya, video ini sangat penting karena proses berimajinasi saat menggambar sangat penting untuk perkembangan kreativitas dan imajinasi seorang anak. Dengan mengetahui cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, orangtua dan pendidik dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuannya dalam berimajinasi dan mengekspresikan ide-ide mereka melalui karya seni mereka.
Saya sangat mengapresiasi upaya GPO dalam menyediakan konten edukatif yang bermanfaat seperti video ini, dan saya yakin bahwa video ini akan sangat membantu orangtua dan pendidik dalam mendukung perkembangan anak usia dini dalam hal kreativitas dan imajinasi
Nama : Siti Rodiah
Nim : 857473424
Assalamu’alaikum
Video tersebut menceritakan tentang upaya guru untuk mengatasi anak yang sulit bercerita dan berimajinasi pada saat menggambar. Yang pertama dilakukan guru adalah mengajak anak untuk menggambar bebas namun guru terlebih dahulu memberikan contoh sehingga anak menggambar sesuai dengan contoh yang diberikan oleh guru. Akhirnya guru mengajak anak untuk berkeliling ke halaman sekolah untuk mengamati apa saja yang di lihat di lingkungan sekolah. Dan menurut saya cara kedua yang dilakukan guru ini sudah tepat karena dengan mengamati secara langsung, anak bisa menceritakan apa yang mereka lihat dan bisa dengan mudah menuangkannya ke dalam gambar. Karena pada dasarnya dengan melihat secara langsung anak mudah untuk mengingatnya.
Nama : Erlia Rista dewi
Dalam vidio tersebut adalah proses pembelajaran yang bertema menggambar bebas namun pada beberapa anak ada yang tidak bisa mengekspresikan imajinasinya sehingga guru berupaya untuk membimbing anak mampu berimajinasi dan menggambarkan imajinasi nya tersebut dalam bentuk lukisan. adapun teknik yang dilakukan oleh ibu guru yaitu mengajak anak keluar ruangan untuk memperhatikan apa yang ada dihalaman sekolah dengan tujuan agar anak mampu melihat dan mengamati benda yang ada disekelilingnya.
kesan : suasana kelas terlihat bersih, aman dan nyaman. selain itu, ibu guru menyampaikan pembelajaran menggunakan bahasa yang mudah dipahami
pesan : pembelajaran pada video tersebut cukup baik, namun teknik dan metode perlu ditingkatkan. banyak teknik dan cara yang mudah dalam membantu anak untuk berimajinasi seperti memebrikan buku bergmbar untuk terlebih dahulu diamati. atau sebaliknya ibu guru terlabih dahulu mengajak anak-anak kehalaman sekolah dan kemudian diberi kegiatan untuk menggambar sesuai apa yang ia lihat.
Nama : Ni Ketut Esi Ciobitri
NIM : 859019201
seperti yang sudah dijelaskan di video bahwa ketika kita meminta anak untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasinya maka kebanyakan anak yang binggung menuangkan imajinasinya, seperti mereka meniru gambar yang sudah pernah dibuat atau juga mereka meniru gambar milik teman lainnya.
salah satu upaya untuk menggali imajinasi anak sudah baik diterapkan pada video, seperti mengajak anak mengekplorasi secara langsung lingkungan di sekitar sekolah. dengan kegiatan ekplorasi seperti yang ada di video anak dapat menemukan berbagai objek yang bisa mereka tuangkan dalam bentuk gambar.
Sejauh ini menurut saya, apa yang dipaparkan oleh guru sudah sangat jelas dan menginspirasi para guru atau calon guru lain agar dapat meniru bahkan memodifikasi cara belajarnya. Jika ada yang perlu diberi masukan, mungkin adalah dari segi menumbuhkan imajinasi anak.
Dari pengalaman saya, beberapa hal yang harus diterapkan oleh guru sebelum melakukan kegiatan menggambar atau mewarnai adalah menggiring imajinasi anak secara tidak langsung. Bagaimana caranya? Misalkan kegiatan menggambar alam akan dilakukan pada hari Rabu, maka hari Senin dan Selasa anak akan diberi materi yang berhubungan dengan alam, baik itu alam di lingkungan sekitar maupun alam bebas yang lain (gunung, laut, pepohonan, hutan, pantai, bunga, daun dll). Kegiatan pra-menggambarnya juga tidak hanya menonton tetapi juga terjun langsung seperti membuat kolase daun, membuat rangkaian bunga, membuat sains gunung meletus, memanen buah, menghias bingkai dengan kerang dan pasir, dsb. Kegiatan-kegiatan tersebut akan membantu anak menemukan imajinasinya agar tidak terlalu liar kemana-mana. Hal ini juga terbukti membantu anak mengenal lingkungan sekitarnya dengan baik.
Memang saat kami pertama menerapkan hal ini muncul pro-kontra yang menjurus ke mengerucutkan imajinasi anak, namun kami melakukannya secara bertahap agar anak dapat mengenal apa yang mereka imajinasikan dengan baik. Mungkin begitu kiranya berbagi pengalaman saya. Terima kasih dan semoga ilmunya hari ini dicatat sebagai amal jariyah teman-teman semuanya 🙂
Nama : Maria Ulfa
NIM : 858558032
UPBJJ : Malang
Pokjar : Salut Kab. Kediri Jatim
Setiap anak memiliki kemampuan dan perkembangan yang berbeda-beda, seperti halnya dalam mengungkapkan imajinainya dalam menggambar.
Masalah diatas sering kali dijumpai oleh guru PAUD terhadap anak didiknya. Kesulitan anak dalam mengungkapkan idenya biasanya terjadi karena anak masih bingung mulai dari manakah ia akan menggambar dan gambar apa yang akan mereka gambar.
Solusi vidio di atas dapat dijadikan referensi oleh guru PAUD ketika menjumpai masalah yang sama. Selain mengamati alam/lingkungan sekitar guru juga dapat menjadikan vidio sebagai media untuk mengasah imajinasi anak. Seringnya anak diajak mengamati, bercerita pengalaman dan menuangkan ide lama kelamaan kemampuan mereka berimajinasi akan semakin baik.
Terimakasih