silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Assalamu’alaikum Izin menjawab ibu Anak kesulitan saat berimajinasi menggambar walaupun sudah meliaht banyak yang biasa digambar disekitarnya dikarenakan anak tidak kreatif dan belum bisa menggerakkan otot-otot tangannya dengan baik. Walaupun anaknya ingin menggambar suatu benda tapi dia tidak bisa.

  2. Nama : Musfirah
    Nim : 859559908
    UPBJJ : UT Majene
    Assalamu’alaikum Izin menjawab ibu Anak kesulitan saat berimajinasi menggambar walaupun sudah meliaht banyak yang biasa digambar disekitarnya dikarenakan anak tidak kreatif dan belum bisa menggerakkan otot-otot tangannya dengan baik. Walaupun anaknya ingin menggambar suatu benda tapi dia tidak bisa.

  3. Assalamu’alaikum wr.wb
    Perkenalkan saya Dwi Utami
    NIM : 857772848
    Pada anak usia TK ,menggambar adalah kegiatan yang menyenangkan.Mereka bisa menuangkan dan mengekspresikan imajinasi dan pikiran dalam gambar Namun ada juga anak yang masih kesulitan berimajinasi dalam menggambar.Cara guru dalam video di atas sangat tepat,karena dengan mengajak anak melihat lingkungan sekitar,akan menimbulkan ide,imajinasi dalam menggambar

  4. Assalamualaikum
    Perkenalkan nama saya DARHAYANI
    NIM 878252283
    Di sini saya akan memberikan komentar berdasarkan vidio di atas mengenai Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    Tidak dipungkiri, sangat sering kita jumpai anak yang sulit menuangkan imajinasinya saat kita perintahkan menggambar bebas
    Tak sedikit dari mereka akan mengikuti/mencontoh dari gambar yang sudah kita buat, atau meniru gambar temannya.
    Upaya yang dilakukan ibu guru dalam vidio tersebut menurut saya sudah sangat tepat, anak di ajak keluar ruang kelas untuk memperhatikan benda-benda di sekelilingnya, lalu mereka di perintahkan untuk menyebutkan benda-benda tersebut serta menuangkannya dalam bentuk gambar.

    Sedikit kritik dan saran dari saya
    Sebaiknya penataan tempat duduk di tata duduk melingkar agar terlihat lebih rapi dan usahakan janga ada anak yang duduk nya berlapis, sehingga sulit untuk memperhatikan penjelasan dari ibu guru

    Terima kasih
    Assalamualaikum

  5. NAMA : Azizah Tussalma
    NIM : 859272584
    Menurut saya, guru diatas telah memberikan pembelajaran yang menarik bagi anak. Hanya saja, urutan dalam pembelajarannya kurang tepat menurut saya. Pada video tersebut, guru meminta anak menggambar bebas tetapi guru memberikan contoh gambar seperti apa. akibatnya, anak kurang memahami perintah dan mengikuti apa yang gurunya gambar. Menurut saya, guru hendaknya mengajak anak berkeliling sekolah terlebih dahulu dan menyuruh anak menggambar bebas apa yang telah dilihatnya dilingkungan sekolah. nah dari gambar tersebut guru bisa meminta anak bercerita tentang apa yang ia lihat di sekitar lingkungan sekolah melalui gambarnya.

  6. assalamu’alaikum warrahmatulahi wabarakatuh..
    perkenalkan nama saya REGINA DAMILU
    vidio di atas bisa jadi rekomendasi saya sebagai seorang guru.
    karena tidak semua anak nyaman menggambar di dalam ruangan karena anak cepat jenuh dan bosan selain itu anak juga menjadi kurang berimajinasi terhadap apa yang akan di gambarkan nya.
    maka cara mensiasatinya dengan mengajak anak halaman dan menggambar bebas dengan apa yang mereka lihat..

  7. Nama : Arsy Ilahi
    Nim : 856819508
    Video ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

  8. Nama: Khalimatus Sa’diah
    Nim: 858312234
    UPBJJ: UT Banjarmasin

    Setelah saya menyaksikan video tersebut, saya menyimpulkan bahwa
    pada kegiatan menggambar, anak-anak sulit dalam berimajinasi. Dalam vidio pembelajaran tersebut pendidik sudah memberikan contoh terlebih dahulu agar anak dapat menggali imajinasi yang luas secara bebas. Pada kegiatan menggambar tersebut ada beberapa anak yang belum mampu mengimajinasikan hasil karya yang ingin dibuat sehingga membuat anak masih meniru gambar temannya. Bagaimana cara pembelajaran menggambar bebas sesuai dengan imajinasi anak, yakni dengan cara mengajak anak keluar kelas melihat halaman sekitar.

  9. Nama :Mainawati
    NIM :859170435
    Prodi :S1PGPAUD
    Dari analisis saya tentang vidio diatas “Anak sulit berimajinasi saat menggambar”:
    1. Tujuan Pembelajaran: Video ini bertujuan untuk membantu pendidik memahami penyebab anak kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar dan memberikan strategi untuk mengatasi masalah tersebut.
    2. Metode Pembelajaran: Penyampaian materi dilakukan dengan cara yang interaktif, menggunakan contoh konkret dan penjelasan yang mudah dipahami.
    3. Keterlibatan Siswa: Video menunjukkan pentingnya merangsang kreativitas anak dengan memberikan mereka kebebasan berekspresi. Contoh kegiatan menggambar yang melibatkan imajinasi sangat mendukung keterlibatan siswa.
    4. Efektivitas: Video ini efektif dalam mengidentifikasi masalah dan menawarkan solusi praktis, seperti menggunakan teknik bercerita untuk merangsang imajinasi anak.

    Refleksi saya tentang vidio tersebut sbb:
    Dari video ini, saya belajar bahwa imajinasi anak dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk lingkungan dan cara pembelajaran yang diterapkan. Penting bagi pendidik untuk menciptakan suasana yang mendukung kreativitas, seperti menyediakan alat menggambar yang beragam dan mengajak anak untuk berpikir bebas. Saya juga menyadari bahwa teknik bercerita bisa menjadi jembatan yang baik untuk meningkatkan kemampuan imajinasi anak sebelum mereka menggambar.
    Pengalaman ini akan saya terapkan dalam pengajaran saya dengan lebih fokus pada pendekatan yang mendorong eksplorasi dan kebebasan berimajinasi.

    Sekian terimakasih🙏😊

  10. Nama: Hana Pertiwi
    Nim: 855765291
    UPBJJ : UT Palembang

    Video ini menggambarkan upaya seorang guru taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
    strategi yang diterapkan oleh guru sudah sangat baik yaitu guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya. selain itu upaya yang dilakukan guru adalah mengajak anak keluar ruangan untuk melihat objek yang ada di luar ruangan yang kemudian bisa dituangkan dalam bentuk gambar sesuai dengan apa yang dilihat oleh anak di lapangan.

    Saran saya untuk video yang berjudul anak sulit berimajinasi saat menggambar:
    Ada baiknya sebelum kegiatan menggambar terlebih dahulu guru mengajak anak keluar untuk melihat objek yang ada di lapangan kemudian barulah mengajak anak untuk menceritakan apa yang mereka temukan di lapangan dan dituangkan dalam bentuk gambar sesuai dengan imajinasi dan kreativitas anak yang mereka temukan di lapangan.
    Terima kasih…🙏

Leave a Reply