silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Selamat pagi Bu
    Nama : Amastasia Tritanova Rolasma Simbolon
    Nim: 855845295
    Terkait video diatas yang sudah saya tonton menurut saya Bu guru belum memberikan arahan yang cukup terhadap anak sehingga anak mengikuti gambar apa yang telah dibuat oleh Bu guru sehingga anak tidak dapat mengeluarkan imajinasi dan kreatifitas anak
    Sebaiknya Bu guru tidak perlu memberikan contoh kepada anak karna anak akan meniru gambar apa yang telah Bu guru buat
    Bu guru bisa Melakukan menggambar bebas setelah mengajak anak-anak melihat sekitar lingkungan baik dihalaman sekolah maupun didalam ruangan
    Sehingga anak akan lebih banyak imajinasi dan kreatifitas setelah melihat sekitar nya

  2. Video tersebut membahas tentang anak yang sulit dalam mengembangkan imajinasinya. Didalam video guru mencontohkan gambar pemandangan kemudian menyuruh anak untuk menggambar bebas. Akan tetapi kebanyakan anak meniru gambar yang dicontohkan oleh gurunya atau mencontek teman sebelahnya, sehingga mengakibatkan kreativitas dan juga imajinasinya tidak berkembang. Adapun solusi yang diajukan oleh guru mengajak anak untuk mengamati lingkungan yang ada diluar kelas, kemudian anak menggambar apa yang telah ia lihat.

    Menurut saya cara lain untuk mengembangkan imajinasi anak yaitu dengan mengajak anak untuk mengamati hasil karya anak yang ditempel didinding serta mengajak anak mengamati buku cerita.

  3. Nama : Dwi lestari
    Nim : 858615379
    Setelah melihat Video ini menurut saya adalah upaya guru agar anak dapat menggambar sesuai imajinasi nya sesuai kemampuan nya karena setiap anak adalah berbeda satu sama lainnya, dengan upaya yaitu melihat pemandangan di sekitar lingkungan agar wawasan anak lebih luas sehingga anak akan bisa menggambar sesuai dengan apa yang mereka lihat dan apa yang ada dalam pemikiran anak tersebut

  4. Nama : Diana Ambar Sari
    NIM : 859808653

    Pada awal video Guru sudah memberikan instruksi dengan jelas, membebaskan jenis gambar yang diinginkan
    2. Pada akhir video, guru memperbaiki siklus pembelajaran dengan mengajak anak berjalan-jalan keliling sekolah terlebih dahulu lalu menggambarkan apa yg dilihat
    Saran saya :
    – pada awal video pembelajaran dimulai, alangkah baiknya guru memberikan dulu stimulus kepada anak berupa cerita tentang kegiatan selama libur akhir pekan. Guru mengajak murid untuk mengingat kembali momen menyenangkan yang telah dilalui anak, seperti : rekreasi ke kebun binatang, naik pesawat, berlibur kepantai, membuat kue lebaran dll.

  5. Mendorong anak untuk berimajinasi saat menggambar adalah salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan berpikir mereka.
    dalam vidio awal anak-anak di mintai untuk menggambar bebas namun banyak anak yang masih meniru gambar guru, karena kurangnya imanijasi anak untuk menggambar sesuatu.
    dalam vidio 2 anak -anak di ajak untuk melihat pemandangan di luar ruangan. anak-anak melihat pemandangan sekitar kemudian guru meminta anak untuk menggambar, terlihat perbedaan antara ke 2 vidio tersebut. dalam vidio ke 2 anak lebih beragam dalam menggambarnya.
    ada beberapa cara untuk menggali kreativitas anak dalam menggambar yaitu :
    1. Berikan Kebebasan dalam Pilihan Tema
    Alih-alih memberikan instruksi yang spesifik, beri anak kebebasan untuk memilih tema sendiri. Misalnya, ajak anak membayangkan “jika kamu bisa terbang, apa yang akan kamu lihat?” atau “gambar monster yang belum pernah ada.” Pertanyaan-pertanyaan terbuka seperti ini bisa memancing imajinasi mereka.

    2. Gunakan Media yang Beragam
    Beri anak akses pada berbagai media, seperti krayon, cat air, spidol, atau pensil warna. Dengan media yang beragam, anak akan lebih tertarik untuk bereksperimen, sehingga dapat memicu daya imajinasi mereka. Misalnya, cat air dapat memberikan pengalaman yang berbeda dalam menghasilkan bentuk dan warna yang bisa merangsang kreativitas.

    3. Cerita Pendahuluan
    Mulailah dengan bercerita. Misalnya, “Bayangkan kamu sedang di hutan ajaib dan ada makhluk aneh yang tinggal di sana. Bagaimana bentuknya? Apa warnanya?” Cerita ini membantu anak membayangkan sesuatu yang tidak biasa dan menuangkannya dalam bentuk gambar.

    4. Ajak Anak Menjawab Pertanyaan Melalui Gambar
    Dorong anak untuk berpikir di luar kotak dengan memberikan pertanyaan yang merangsang imajinasi. Contohnya, “Bagaimana bentuk rumah di planet lain?” atau “Jika kamu bisa mendesain kendaraan masa depan, seperti apa bentuknya?” Dengan cara ini, anak akan menggambar sesuatu yang unik dari hasil imajinasi mereka.

    5. Berikan Contoh yang Menginspirasi, Bukan Meniru
    Berikan gambar-gambar yang bersifat inspiratif, bukan untuk ditiru. Misalnya, tunjukkan beberapa karya seni dari berbagai budaya atau seniman dengan gaya yang berbeda. Ini bisa memicu rasa ingin tahu mereka tanpa menuntut untuk meniru bentuk atau gaya tertentu.

  6. Kalau menurut vidio yang saya lihat dapat disimpulkan bahwa guru memberikan kebebasan kepada anak terkait dengan membebaskan imajinasi mereka sehingga anak tersebut berkarya sesuai dengan apa yang mereka dengar dan lihat.kqrena setelah it guru juga mempasilitasi apa yang anak butuhkan dan juga bercerita tentang imajinasi yang mereka kembangkan.kemudian guru menanyakan hasil karya yang mereka buat tersebut

  7. Dari video pembelajaran tadi ,untuk dapat mengembangkan imajinasi anak usia dini agar bisa menggambar bebas sesuai imajinasinya sebaiknya menggunakan cara dengan mengajak anak anak jalan disekitar halaman sekolah ,saat jalan guru bisa sedikit memneri masukan gambaran apa yang ditemui dijumpai disekitar lingkungan sekolah ,biar saat anak menggambar bisa menentukan imajinasi dengan apa yang dilihatnya .
    Terima kasih

  8. Perkenalkan
    Nama :Purwati
    Nim. :857773904

    Dalam video pembelajaran diatas ,untuk mengemnangkan imajinasi anak dalam menggambar bebas contoh lingkungan sekolah . anak sebaiknya
    diajak keluar jalan melihat lihat apa saja yang ada dilingkungan sekolah ,sambil jalan guru sambil bercerita tentang apa yang ada dihalaman sekolah ,biar anak bisa mengembangkan dan membantu anak menggambar sesuai imajinasi yang ada disekitar sekolah .
    Dengan mengajak anak keluar dihalaman sekolah akan menambah ide ide anak dalam imajinasinya dalam menggambar bebas .
    Terima kasih

  9. Nama saya :Yustina hulu
    Jurusan :PGPAUD

    Menurut pendapat saya pada vidio di atas guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya sendiri,tetapi anak ada yang tidak bisa menggambar sesuai imajinasinya karena kurang konsentrasi jadi guru juga sudah memberikan kebebasan untuk berkarya sesuai imajinasinya masing-masing jadi guru membawa anak-anak untuk mengamati lingkungan sekitar supaya anak dapat berpikir dan berkarya sesuai yang mereka lihat di luar atau di lingkungan sekitar
    Menurut saya sebaiknya guru melakukan kegiatan itu sebelum pembelajaran di kelas dimulai supaya anak dapat berpikir tentang apa saja gambar yang buatnya di buku gambar untuk menjadi jawaban pembelajaran dari guru.

  10. Nama : Rina Herlina
    NIM : 857521747
    UPBJJ : Bandung

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb
    Video tersebut menggambarkan upaya seorang guru untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Guru melakukan beberapa cara untuk menggali ide dan imajinasi anak diantaranya:
    – membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasi dan minat anak
    -memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide anak dengan cara mengajak anak untuk keluar kelas kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di halaman sekolah.
    – Guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang mereka buat.
    Saya selama ini sudah melakukan cara-cara tersebut agar anak lebih bebas berkreasi dan akhirnya imajinasi mereka lebih terasah.

Leave a Reply