silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Emi Rahmah
    Nim : 859170847
    Prodi : S1 PGPAUD

    Menurut saya tanggapan tentang video di atas adalah:
    1. Cara guru dalam video diatas sangat bagus yaitu menstimulus anak untuk berimajinasi dengan cara mengajak anak anak melihat halaman sekolah kemudian anak anak menyalurkan apa yang telah dilihat dengan cara menggambar
    2. Ajak anak untuk bercerita tentang apa yang ia lihat. Dan ajaklah anak untuk bertanya jawab tentang hasil karya seninya, sehinnga selain melatih kemampuan bahasa anak, juga melatih kepercayaan diri anak saat berhadapan dengan oranglain
    3. hal yang perlu diperbaiki dalam vidio tersebut yaitu guru harus lebih konkrit dalam memberikan instruksi untuk menggambar bebas memang seharusnya tidak diberikan contoh karena menggambar bebas itu bertujuan untuk mengajak anak mengeluarkan ide-ide atau imajinasinya sehingga anak-anak mempunyai kebebasan dalam menggambar bebas.

  2. Nama : Garnis sinta devi
    Nim : 858739169
    Pokjar : Mojokerto
    Tanggapan saya tentang vidio diatas terkait tentang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, Pada usia 0 – 6 tahun di usia inilah pertumbuhan dan perkembangan pada anak berkembang secara pesat dapat terlihat pada masa tk anak anak dengan cepat meniru apa yang mereka lihat pada saat ini disebut anak sebagai peniru yang ulung, anak membutuhkan stimulasi yang tepat dalam masa ini terkait anak yang sulit berimajinasi saat menggambar terlebih dahulu, kita sebagai guru harus ber intropeksi dulu dan harus mengupgrade pengetahuan kita terkait pembelajaran anak, yaitu sekarang pembelajaran berpusat kepada anak dan sesuai minat anak jika kita sudah menerapkan pembelajaran seperti itu anak akan jauh berkembang lebih kretif jadi kita tidak menekan anak harus seperti yang apa yang di contoh kan buguru dalam belajar, anak bisa mengeksperikan dan berimajinasi apa yang ia inginkan, Untuk menggali ide dan imajinasi anak anak dapat dilakukan dengan berbagai cara :
    1. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai imajinasinya dan minat anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak kehalaman sekolah untuk melihat lihat apa saja yang ada dihalaman sekolah.
    3. Mintalah anak untuk bercerita apa saja yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkanya
    4. Tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuatnya.
    5. Memberikan media yang beragam untuk anak menggambar
    Kekurangan dari vidio diatas guru kurang memberikan apersepsi sebelum kegiatan dengan cukup seperti memaparkan secara jelas menggambar secara bebas itu bagaimana apa saja yang boleh digambar. Namun sedikit banyak guru sudah melaksanakan assesmen dan evaluasi yang baik

  3. Nama : Garnis sinta devi
    Nim : 858739169
    Pokjar : Mojokerto
    Tanggapan saya tentang vidio diatas terkait tentang anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, Pada usia 0 – 6 tahun di usia inilah pertumbuhan dan perkembangan pada anak berkembang secara pesat dapat terlihat pada masa tk anak anak dengan cepat meniru apa yang mereka lihat pada saat ini disebut anak sebagai peniru yang ulung, anak membutuhkan stimulasi yang tepat dalam masa ini terkait anak yang sulit berimajinasi saat menggambar terlebih dahulu, kita sebagai guru harus ber intropeksi dulu dan harus mengupgrade pengetahuan kita terkait pembelajaran anak, yaitu sekarang pembelajaran berpusat kepada anak dan sesuai minat anak jika kita sudah menerapkan pembelajaran seperti itu anak akan jauh berkembang lebih kretif jadi kita tidak menekan anak harus seperti yang apa yang di contoh kan buguru dalam belajar, anak bisa mengeksperikan dan berimajinasi apa yang ia inginkan, Untuk menggali ide dan imajinasi anak anak dapat dilakukan dengan berbagai cara :
    1. Membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai imajinasinya dan minat anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak kehalaman sekolah untuk melihat lihat apa saja yang ada dihalaman sekolah.
    3. Mintalah anak untuk bercerita apa saja yang dilihat di halaman sekolah dan menggambarkanya
    4. Tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuatnya.
    5. Memberikan media yang beragam untuk anak menggambar
    Kekurangan dari vidio diatas guru kurang memberikan apersepsi sebelum kegiatan dengan cukup seperti memaparkan secara jelas menggambar secara bebas itu bagaimana apa saja yang boleh digambar. Namun sedikit banyak guru sudah melaksanakan assesmen dan evaluasi yang baik dalam pembelajaran tersebut

  4. Nama : Yulia rahmayanti
    Nim :858741237
    Prodi : S1 PG PAUD

    Tanggapan saya dalam Vidio tersebut, adalah :
    1. Anak sulit berimajinasi saat menggambar, karena anak cenderung meniru apa yang dicontohkan Bu guru dipapan tulis.
    2. Guru juga memberikan kesempatan anak anak untuk bercerita dan menggambarnya, dan anak anak diajak tanya jawab.
    3. guru juga memfasilitasi atau ide ide untuk anak anak diajak jalan jalan disekitan lingkungan sekolah. Untuk melihat apa saja yang ada dihalaman sekolah.

  5. Nama : Putri Dwi Wulandari
    NIM : 855832536

    Menurut saya cara guru menstimulus anak dalam kegiatan menggambar sudah cukup baik.
    Guru memberikan contoh dan meminta anak menggambar sebebas imajinasi anak dengan tidak harus mengikuti gambar yang guru buat.
    Kemudian meminta anak untuk melihat lingkungan sekitar anak demi mendapatkan gambaran langsung kepada anak sebagai contoh langsung.
    Namun menurut saya alangkah lebih baiknya jika setelah anak menggambar, maka anaklah yang menjelaskan apa yang telah ia gambar. Tentunya hal ini juga melatih anak untuk percaya diri dan bangga terhadap hasil karyanya.

  6. Nama : Yulia rahmayanti
    Nim :858741237
    Prodi : S1 PG PAUD

    Tanggapan saya dalam Vidio tersebut, adalah :
    1. Anak sulit berimajinasi saat menggambar, karena anak cenderung meniru apa yang dicontohkan Bu guru dipapan tulis.
    2. Guru juga memberikan kesempatan anak anak untuk bercerita dan menggambarnya, dan anak anak diajak tanya jawab.
    3. guru juga memfasilitasi atau ide ide untuk anak anak diajak jalan jalan disekitan lingkungan sekolah. Untuk melihat apa saja yang ada dihalaman sekolah.

  7. asalamualaikum wrwb selamat malam temanteman semua
    sy juga ingin memberikan tanggapan terkait dengan vidio di atas yang mana tenaga pendidik memberikan metode , tahapan yang tepat untuk anak didik yang sulit untuk menggali imajinasi untuk menggambar , hanya saja sy ingin menambahkan bahwasannya tenaga pendidik harus memberikan tahapan satu persatu baik itu cara menggambar apa yang diminati oleh anak didik maupun pada saat secara spontan anak memberikan gambaran namun tidak bisa untuk menggambarnya
    trimakasih

  8. assalamualaikum selamat malam teman teman semua
    saya nadiya utami
    ingin memberikan tanggapan tentang vidio di atas dimana tenaga pendidik / guru sudah memberikan metode , tahapan atau cara yang tepat untuk memberikan solusi bagi anak yang susah menggali imajinasi untuk menggambar , hanya saja sy ingin menambahkan bahwasannya tenaga pendidik sebaiknya juga memberikan cara melalui step by tep yang berfungsi untuk anak yang sudah mempunyai imajinasi namun belum bisa untuk menggambarnya di lembar kerja ataupun di buku gambar
    mungkin itu saja tanggapan yang sy berikan terimakasih

  9. Dalam vidio diatas sudah baik, guru menyiapkan alat untuk menggambar dan memberikan contoh dalam mengambar agar anak- anak tidak bingung untuk membuat gambar, meskipun guru sudah mbebaskan anak untuk berkreasi sendiri namun kadang anak anak masih sulit untuk menuangkan imajinasi nya dalam gambar. Dan terkadang anak anak belum langsung bisa membuat gambar tanpa melihat obyek terlebih dahulu.
    Setelah anak- anak diajak kehalaman dan diberi kesempatan untuk menggambar mereka mendapat ide yg berbeda.
    Guru memberi kesempatan kepada anak- anak untuk menceritakan apa yang mereka gambar, agar guru tahu bahwa anak benar – benar mengerti apa yang mereka gambar.

  10. Nama :Ni Kadek Yenni Indah Permatasari
    Nim :859029503
    Prodi :PG PAUD

    Menurut pendapat saya tentang video di atas tentang anak sulit berimajinasi itu sudah baik. Guru sudah dapat menstimulus anak dalam kegiatan berimajinasi dengan memberikan contoh gambar di depan dengan bebas meskipun anak cenderung meniru. Anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar diajak untuk keluar kelas, kemudian menanyakan kepada anak apa saja yang mereka lihat. kemudian guru mengajak anak untuk menggambar bebas sesuai dengan apa yang mereka lihat disekitar lingkungan sekolah, Kemudian meminta anak untuk menceritakan apa yang anak gambar. Darisanalah guru dapat mengetahui tingkat perkembangan anak.
    Trimakasih.

Leave a Reply