silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama: Asnani Dawolo
NIM : 878368581
Selamat pagi 🙏
Izin berkomentar 🙏
Dari video diatas dengan judul Anak sulit berimajinasi saat menggambar,
Sangat membantu,dan menginspirasi saya sebagai guru TK,
Karena banyak anak yang sangat sulit untuk memulai sesuatu terlebih menggambar,
Dengan metode menggali imajinasi anak dapat juga dilakukan dengan menonton film atau pertunjukan, serta lukisan-lukisan, sehingga anak memiliki inspirasi sesuai yang dilihatnya dan dapat diekspresikan dengan menggambar…
Terimakasih 🙏
nama: nadia putri sasmita
nim: 878197384
pokjar: purwodadi
video diatas menjelaskan tentang mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar
karena anak cenderung meniru gambar guru dan teman sehingga menjadikan anak kurang kreatif
kita sebagai pendidik bisa membebaskan anak untuk berimajinasi dan memfasilitasi anak untuk menggali ide dan kreatifitasnya sendiri
Nim : 858014421
Upkbjj: Yogyakarta
Prodi: Pg Paud Pre Service
Judul vidio Anak sulit berimajinasi dalam menggambar.
Menurut pendapat saya dari vidio tersebut, masukan untuk ibu guru Lina akan lebih baik jika ingin menggambar anak anak dibawa keluar kelas dengan metode belajar di alam, anak anak akan lebih bebas dalam mengembangkan imajinasi. Seperti belajar di bawah pohon yang sejuk sambil mengamati lingkungan sekolah sekitar. Atau anak anak diajak jalan jalan sambil mengamati halaman sekolah dengan catatan halaman sekolah penuh edukatif pembelajaran yg menarik misal ada tempat huruf huruf, angka angka, gambar gambar hewan yang menarik dll kemudian anak dibebaskan menggambar dikelas.
Ibu guru Lina ingin menginginkan anak anak untuk berimajinasi akan tetapi dari awal vidio sudah diberi contoh dalam metode menggambar, secara tidak langsung itu membuat anak anak akan mencontoh/ meniru ibu guru dalam menggambar, sehingga menghambat imanjinasi anak anak/ bisa jadi anak anak akan mencontoh gambar temannya.
Untuk ibu guru yang kedua anak anak anak lebih kreatif menggambar dari hasil pengamatan di luar kelas/ halaman sekolah.
Nama: Nuvitasari
Nim: 858314696
Dari video di atas nampak jelas seorang guru sedang menjelaskan bagaimana cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi ketika menggambar.
1. Guru membebaskan anak menggambar apa saja sesuai dengan minat anak.
2. Guru dapat memfasilitasi anak, contoh mengajak anak keluar ruangan sekolah untuk melihat-lihat apa yang ada di sekitar sekolah. Sehingga anak lebih mudah untuk berimajinasi karena mereka melihat dengan secara langsung, contoh nya seperti tanaman yang ada di sekitar sekolah, mereka bisa menggambar bunga, pohon, buah, maupun benda yang lainnya.
877320416 / Shellvia Chusnul Chotimah
Ijin menanggapi🙏
Ketika kita meminta anak-anak menggambar sesuatu, seringkali kita dapati bahwa anak-anak menggambar sama dan persis seperti milik teman atau seperti contoh yang diberikan guru. Hal ini disebabkan anak-anak merasa kurang termotivasi dan kurang akan imajinasi. Video diatas memberi solusi dengan mengajak siswa untuk berjalan-jalan dihalaman atau lingkungan sekitar sekolah. Dengan keluar dari ruang kelas, imajinasi anak-anak dapat terstimulasi dengan benda-benda yang mereka lihat diluar kelas.
Namun setelah melihat dan menyimpan objek-objek tersebut didalam otaknya terkadang anak-anak memiliki masalah tersendiri. Yaitu, merasa bingung bagaimana cara menggambar benda tersebut. Sehingga seringkali siswa kembali pada ‘setelan’ awal yakni meniru gambar teman. Sebagai pendidik sebelum memberikan kegiatan menggambar ada baiknya kita memberikan pelajaran mengenal bentuk bangun datar, serta memastikan siswa mendapatkan stimulasi akan aspek fisik motorik halus yang maksimal. Sehingga siswa memiliki bekal untuk mengasah imajinasinya melalui bentuk gambar. Ketika siswa mulai mengenal bentuk bangun, mereka dapat dengan mudah menyusun gambar melalui bentuk bangun yang telah mereka kenal. Misalnya menggambar mobil tersusun dari bentuk bangun datar persegi panjang, lingkaran dan trapesium. Meskipun mereka belum hafal nama-nama bentuk bangun, mereka dapat dengan mudah menyusun gambar dengan bentuk bangun datar yang telah mereka ketahui dalam imajinasinya.
Sekian, terimakasih~
Saya Dinda Pebrian putri, dengan NIM : 858876338. Dari UPBJJ Malang.
Vidio tersebut sangat bermanfaat untuk kita para guru, karena dikelas banyak dijumpai anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Yang mana dengan adanya vidio pembelajaran ini guru jadi tahu, cara apa yang bisa dilakukan agar anak terbiasa untuk menggali imajinasinya dalam bentuk gambar.
Nama : Fitriannisa Candra Lutfiatiningsih
NIM : 857988342
Pada video yang berjudul Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar, terdapat ilustrasi video hambatan tentang anak yang kesulitan untuk berimajinasi saat menggambar. Hal tersebut berhubungan dengan salah satu perkembangan anak yaitu kognitif. Dengan adanya hambatan tersebut, guru dituntut untuk dapat mencari solusi permasalahan. Pada video tersebut juga memiliki contoh untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar seperti, memfasilitasi anak dengan mengajak anak melihat-lihat sekitar atau di luar kelas. Dengan keluar kelas, imajinasi anak terstimulasi karena adanya objek yang mereka lihat diluar kelas. Selain kegiatan yang terdapat pada video, kegiatan lain yang dapat dilakukan guru adalah dengan kegiatan memperlihatkan anak pada konkrit lainnya di dalam kelas, video tentang hewan di kebun binatang, menggambar dengan banyak bangun ruang hingga menjadi suatu bentuk seperti pohon, kursi, meja dan kegiatan lainnya.
Nama : Anita Friska Manullang
NIM : 878268966
Judul Video : Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar
Prodi : Pendidikan Anak Usia Dini UPBJJ Medan
Menurut saya, guru tersebut sudah menerapkan strategi yang sangat tepat dan menyenangkan. Ia tidak memaksa, tapi justru memfasilitasi imajinasi anak lewat kebebasan, pengalaman langsung, dan bercerita. Ini sesuai dengan prinsip pembelajaran anak usia dini: belajar sambil bermain dan melalui pengalaman nyata.
Hal ini dapat dilihat pada saat guru tersebut melakukan berbagai teknik seperti;
1. Memberikan Kebebasan untuk Menggambar Sesuai Minat Anak
• Anak-anak akan lebih semangat dan kreatif kalau diberi kebebasan memilih sendiri apa yang ingin mereka gambar.
• Anak merasa dihargai dan tidak takut salah.
• Ini membantu anak mengekspresikan diri tanpa tekanan.
2. Mengajak Anak ke Luar Kelas (Observasi Lapangan)
• Anak bisa melihat langsung hal-hal nyata yang bisa jadi ide menggambar.
• Pengalaman langsung ini membantu anak membangun imajinasi dan kreativitas.
• Belajar di luar kelas juga menyenangkan dan membuat anak lebih antusias.
3. Mengajak Anak Bercerita Sebelum Menggambar
• Anak dilatih berpikir dan mengingat apa yang dilihat.
• Bercerita membantu anak menyusun ide dalam pikirannya, sehingga lebih mudah dituangkan ke gambar.
• Ini juga mengembangkan kemampuan bahasa dan daya ingat
Terima Kasih
Nama : Erlince Silvester Daeli
Nim : 859812843
Izin Menanggapi Vidionya,
Vidio diatas sangat membantu para pendidik dalam mengatasi kesulitan anak dalam menggambar
dan juga membuat anak semakin kreatif dalam berimajinasi dalam menggambar sesuatu,
Dimana dividio diatas dapat kita ambil intinya yaitu solusi anak yang tidak kreatif/sulit menemukan ide ketika diberi tugas menggambar,nah dibawah ini solusinya:
1.memberi ruang dan juga kebebasan pada anak untuk menggambar sesuai dgn keinginan
2. Mengajak anak bercerita tentang apa hewan kesukaan, warna favorit, tempat yang pernah dikunjungi,d
3.mengajak anak keluar ruangan/ dihalaman melihat lingkungan sekitar , ada apa saja.
Terimakasih atas inspirasi nya ibu.
Nama : Maria Setia
NIM : 858329474
pada video di atas dapat kita lihat bagaimana cara guru untuk mengembangkam imajenasi anak dalam menggambar yaitu dengan membebas kan anak dalam dalam menggambar dengan sesuai imajenasinya dan bisa pula mengajak anak keluar ruangan atau tempat terbuka untuk menciptakan inspirasi bagi anak dalam menggambar. Video ini sangat bagus untuk saya.