silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : Tazkia Diannisa Nuruz Zahra
    Nim : 857475324
    Mata kuliah : Pemantapan Kemampuan Profesional
    Tutor : Undang Sudana S. S, M. Hum

    Tayangan video diatas sangat bermanfaat bagi saya untuk dapat diterapkan di lembaga tempat saya mengajar tentang bagaimana cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar, yaitu dengan cara sebagai berikut:
    1. Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat dan imajinasi anak
    2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali imajinasi anak dengan metode karyawisata/melihat objek konkret
    3. Guru menstimulus anak untuk bercerita tentang objek yang dilihatnya
    4. Guru melakukan tanya jawab terkait hasil gambar
    Menurut saya guru tersebut sudah sangat baik dalam membangun imajinasi anak dengan memfasilitasinya berkeliling ke halaman sekolah sehingga anak juga antusias dan bersemangat, guru juga dapat menstimulus keberanian anak untuk dapat melakukan tanya jawab terkait objek yang dilihatnya. Namun alangkah baiknya menurut pendapat saya guru juga harus mendorong/memotivasi anak yang masih sulit untuk menuangkan imajinasinya dengan memberikan pertanyaan pemantik seperti mainan kesukaan atau mengajak anak untuk menggambar objek yang mudah terlebih dahulu seperti bentuk rumah dll.

  2. Assalamualaikum
    Nama : Anita yufika
    Nim : 855894155
    UPBJJ : Banda Aceh

    Video di atas menggambarkan pendekatan yang bijak dan holistik dalam mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Alih-alih memaksa atau memberikan instruksi kaku, guru tersebut memilih pendekatan yang lebih memberdayakan anak. Memberikan kebebasan memilih subjek gambar memungkinkan anak mengeksplorasi minat dan pengalamannya sendiri, sehingga imajinasinya terpicu dari sumber yang autentik baginya. Mengajak anak keluar kelas dan mengamati lingkungan sekitar merupakan strategi yang efektif untuk merangsang pancaindra dan memberikan inspirasi baru. Dengan meminta anak bercerita dan menggambarkan apa yang dilihatnya, guru tersebut tidak hanya mendorong kemampuan menggambar, tetapi juga kemampuan bercerita dan ekspresi diri secara keseluruhan. Pendekatan ini menunjukkan pemahaman mendalam tentang perkembangan anak dan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kreativitas dan eksplorasi. Refleksi ini menyoroti pentingnya pendekatan individual dan penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya. Keberhasilan strategi ini bergantung pada kesabaran dan kemampuan guru untuk membimbing anak tanpa tekanan, sehingga anak merasa aman dan nyaman untuk mengekspresikan dirinya.

  3. Assalamualaikum
    Nama : Anita Yufika
    Nim : 855894155
    UPBJJ : Banda Aceh
    Video di atas menggambarkan pendekatan yang bijak dan holistik dalam mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Alih-alih memaksa atau memberikan instruksi kaku, guru tersebut memilih pendekatan yang lebih memberdayakan anak. Memberikan kebebasan memilih subjek gambar memungkinkan anak mengeksplorasi minat dan pengalamannya sendiri, sehingga imajinasinya terpicu dari sumber yang autentik baginya. Mengajak anak keluar kelas dan mengamati lingkungan sekitar merupakan strategi yang efektif untuk merangsang pancaindra dan memberikan inspirasi baru. Dengan meminta anak bercerita dan menggambarkan apa yang dilihatnya, guru tersebut tidak hanya mendorong kemampuan menggambar, tetapi juga kemampuan bercerita dan ekspresi diri secara keseluruhan. Pendekatan ini menunjukkan pemahaman mendalam tentang perkembangan anak dan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kreativitas dan eksplorasi. Refleksi ini menyoroti pentingnya pendekatan individual dan penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar yang kaya. Keberhasilan strategi ini bergantung pada kesabaran dan kemampuan guru untuk membimbing anak tanpa tekanan, sehingga anak merasa aman dan nyaman untuk mengekspresikan dirinya.

  4. Nama : Mixell
    NIM : 877524439
    Prodi : PGPAUD
    UPBJJ : Medan
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar
    Di dalam video yang di ajarkan oleh ibu guru di atas , kita di ajarkan cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Murid di berikan kebebasan dalam menggambar apapun yang diinginkan dan ibu guru memberikan pendekatan yang baik kepada anak yang sulit menggambar hal yang diinginkan dengan cara melihat keluar , bercerita dan memberikan kesempatan lain lagi untuk menggambar.

  5. Nama : Fenny Sigiarti

    NIM : 857994006

    UPBJJ : UT YOGYAKARTA

    Mohon ijin menanggapi video di atas tentang upaya seorang guru taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Hal ini juga sering terjadi di sekolah tempat saya mengajar. Saya setuju dengan apa yang dilakukan oleh guru tersebut yaitu dengan membebaskan anak untuk menggambar sesuai dengan minat anak, mengajak anak untuk keluar kelas, dan menggambar apa yang ditemukan anak di luar kelas. Dengan cara tersebut anak akan terdorong untuk menemukan imajinasinya sehingga dapat menggambar apa yg anak lihat pada lingkungan di luar kelas seperti ada gunung, bangunan, sungai, taman, kolam dan lain sebagainya. Selain itu guru juga selalu memberikan motivasi agar anak lebih percaya diri ketika menggambar.

    Terimakasih

  6. Nama : Rohimah
    Nim : 857649717
    Prodi : Profesionalitas Guru PAUD
    Menurut saya, video tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar sangat bagus dan menarik serta sangat bermanfaat. Komentar saya mengenai video tentang anak sulit berimajinasi saat mengambar dalam video tersebut adalah alangkah baiknya kalau sebelum memberikan contoh gambar, guru terlebih dahulu bercerita kemudian memberikan pertanyaan pemantik atau mengajak anak untuk melihat poster/gambar pada dinding maupun mengajak keluar kelas untuk melihat apa yang ada di sekitar. Kemudian setelah kembali ke ruang kelas, guru membagikan buku gambar lalu mengajak anak untuk bercerita apa yang dilihatnya dengan memberikan pertanyaan pemantik terlebih dahulu. Dari anak-anak bercerita tersebut, maka imajinasi anak mulai berkembang dan dapat menentukan gambar apa yang akan anak-anak buat sesuai apa yang dilihatnya tanpa guru memberikan contoh gambar terlebih dahulu. Dan ketika anak kesulitan untuk menggambar, secara otomatis anak bertanya pada guru, kalau mau gambar ini gambar apa dulu bu? Dan guru memberikan stimulan pada anak tersebut
    Terimakasih

  7. Nama : Marliana
    NIM : 859948756

    Tantangan yang sering dihadapi dalam kegiatan menggambar di PAUD adalah ketika anak-anak sulit berimajinasi ketika menggambar. Hal ini bisa saja disebabkan oleh guru yang memberikan contoh terlebih dahulu, sehingga anak cenderung meniru daripada berimajinasi.

    Dalam video di atas, strategi yang diberikan adalah :
    1. Memberikan kebebasan anak dalam menggambar, tanpa dibatasi oleh contoh dari guru.
    2. Mengajak anak untuk keluar kelas, sehingga anak dapat mengamati objek di luar kelas.
    3. Mengumintegrasikan kegiatan menggambar dengan metode bercerita, yaitu tentang apa yang mereka lihat, setelah itu anak dapat menuangkan apa yang dilihatnya ke dalam gambar.

  8. Nama : Siti Sarah Mawla
    NIM : 857389137
    Mata Kuliah : Pemantapan Kemampuan Mengajar

    Pendekatan yang ditampilkan dalam video ini sangat inspiratif. Sebagai guru, saya melihat bahwa strategi yang digunakan memberikan kebebasan, mengajak eksplorasi luar kelas, dan menghubungkan pengalaman langsung dengan kegiatan menggambar sangat relevan untuk mendorong imajinasi anak usia dini. Anak-anak memang membutuhkan ruang untuk berekspresi tanpa tekanan, dan pembelajaran berbasis pengalaman nyata seperti ini bisa memantik kreativitas mereka secara alami.
    Langkah guru yang mengajak anak keluar kelas juga patut diapresiasi, karena sering kali ide dan imajinasi anak justru muncul saat mereka bersentuhan langsung dengan lingkungan sekitar. Pendekatan seperti ini tidak hanya mendukung aspek kognitif, tapi juga sosial-emosional anak.
    Mungkin akan lebih menarik kalau ditunjukkan juga bagaimana perkembangan anak sebelum dan sesudah menggunakan strategi ini misalnya lewat hasil gambar atau respon anak. Tapi secara keseluruhan, ini adalah praktik yang patut dicontoh untuk mengatasi tantangan pembelajaran di usia dini. Terima kasih atas inspirasinya!

  9. Assalamualaikumwr. wb
    Nama : Septya Ernawati
    Nim : 859707101
    UPBJJ : Palu
    Dari Vidio diatas saya melihat bahwa apapun yang kita lakukan itu sangat berpengaruh kepada seorang anak didik. jika sorang guru tidak kreatif dan inginnya lebih mudah dalam mengontrol anak , yang pastinya kita hanya memberikan contoh dan anak akan mengerjakan apa yang kita mau. sedangkan guru yang kreatif mengajar anak lebih luas mengenal dan mengajak anak berpikir kreatif dalam segala hal atau pembelajaran apapun .

  10. Assalamulaikum Wr.Wb,
    Nama : Rateni
    Nim : 858191174
    UPBJJ : UT Palangka Raya
    saya telah menganalisis vidio yang berjudul Anak sulit berimajinasi saat mengambar,dalam vidio tersebut saya dapat menghadapi ketika anak murid saya mengalami kesulitan ketika berimajinasi saat mengambar dengan memberikan dukungan dan sitimulasi,contohnya,saya mengajak anak berimajinasi,dan membiarkan mereka berekspolasi,saya dapat membantu dengan memberikan pertanyaan yang mengarah pada ide-ide yang baru sehingga dapat mendorong anak didik saya untuk berfikir kreatif dalam membuat ide dalam mengambar.trimaksih

Leave a Reply