silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama: Dwi Kartika Sari
NIM: 859947912
Prodi: PGPAUD
UPBJJ: Jakarta
Dalam video pembelajaran tersebut tampak bahwa anak-anak mengalami kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam sebuah gambar. Seluruh anak hanya meniru gambar pemandangan yang sebelumnya digambarkan oleh guru. Padahal guru sudah memberikan instruksi untuk menggambar bebas sesuai dengan imajinasi anak.
Hal ini menggambarkan bahwa anak sering kali mengalami kesulitan dalam menuangkan ide ke dalam sebuah gambar. Ada perasaan takut salah atau takut membuat sesuatu yang tidak sesuai dengan yang dicontohkan.
Guru dapat melakukan beberapa upaya untuk menggali ide, antara lain dengan:
1. Membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan minat dan imajinasinya. Guru dapat memberikan arahan dengan memberikan pertanyaan pemantik, contohnya “Apa makanan kesukaan, alif? Alif boleh menggambarnya.”
2. Mengajak anak ke lingkungan sekitar sekolah atau tempat-tempat lainnya. Bimbing anak-anak untuk melihat objek yang ada di lingkungan tersebut. Dengan demikian, anak akan mendapatkan inspirasi ketika ia akan menggambar.
3. Memberikan motivasi kepada anak agar anak lebih percaya diri, sehingga ia mampu menuangkan imajinasinya tanpa rasa takut.
Nama : Aida Maghfiroh
NIM : 856102853
Judul video : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar.
Video tersebut menayangkan tentang bagaimana cara mengatasi anak yang mengalami kesulitan untuk berimajinasi. Sebagai guru tentu nya memberikan peluang kepada anak untuk berimajinasi sesuai dengan minat anak, namun guru juga mempunyai cara agar anak bisa berimajinasi dengan hal yang menyenangkan yaitu mengajak anak ke halaman sekolah agar anak dapat berimajinasi sesuai apa yang dilihatnya.
Assalamualaiku, Wr. Wb.
Perkenalkan data diri saya,
Nama : Winda Ridwan, S.T.
NIM : 858578041
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : UT Ternate
Dari penayangan Video yang di Tonton Pakar Dosen dan Pakar Guru sudah memberikan komentar kepada Proses Pembelajaran dalam tampilan Video. Saya sebagai calon penganjar sedikit memberi masukan yang mungkin sedikit sama dengan Pakar Dosen dan Guru sebagai yang ahli dalam memberikan perbaikan pembelajaran pada Video yang telah di tayangkan. Antara lain :
Mohon maaf Sedikit memberikan Komentar, pada awal penayangan video pembelajaran diatas, ibu Guru secara langsung memberikan arahan untuk menggambar, memang Ibu Guru sudah memberikan contoh gambar pemandangan dipapan tulis, akan tetapi gambar yang dibuat hanya kecil dan membingungkan menurut saya pribadi. Sebaiknya diajarkan terlebih dahulu tahapan-tahapan dalam membuat gambar, proses Membuat gambar dan pola membuat gambar contoh gambar bebek di buat gambar bebek yang cukup besar agar jelas agar anak bisa memperhatikan dan mampu meniru atau membuat gambar lainnya sesuai imanjinasi atau minat anak masing-masing. Pada awal video guru menyarankan kepada anak untuk bebas menggambar, entah gambar pesawat kemudian ada anak yang merespon menjawab gambar sapi, memang anak merespon akan tetapi Cuma 1 2 orang yang merespon, Yang lainnya hanya terdiam dan terlihat seperti kebingungan dan setelah dilihat ternyata hasil gambar anak semua sama halnya dengan Ibu Guru yaitu gambar Pemandangan. hal inilah yang disebut anak tidak kreatif atau tidak mampu mengekspresikan ide gambar atau hanya meniru gambar milik temannya. Namun saat Guru mengajak siswa untuk melihat lingkungan sekitar halaman sekolah, menyebutkan jenis apa saja yang dapat di lihat dihalaman sekolah anak mendapat gambaran imajinasi untuk mendapat ide untuk menggambar dan saat dibagikan buku gambar dan sudah di sediakan krayon sehingga anak-anak cukup senang. Kemudian saat menggambar, Guru sudah sangat baik karena memperhatikan dan mengarahkan anak satu per satu dan yang lebih membuat anak-anak mendapatkan kepercayaan diri yaitu saat mengumpulkan Tugas gambar anak, semua gambar diberikan Apresiasi sehingga anak-anak juga cukup puas dengan hasil gambarnya. Menurut saya dari cakupan Video, Guru sudah cukup baik melakukan pembelajaran untuk meningkatkan anak yang sulit berimajinasi atau sulit menuangkan ide gambarnya.
Sekian dan Terimakasih
Assalamualaiku, Wr. Wb.
Perkenalkan data diri saya,
Nama : Winda Ridwan, S.T.
NIM : 858578041
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : UT Ternate
Dari penayangan Video yang di Tonton Pakar Dosen dan Pakar Guru sudah memberikan komentar kepada Proses Pembelajaran dalam tampilan Video. Saya sebagai calon penganjar sedikit memberi masukan yang mungkin sedikit sama dengan Pakar Dosen dan Guru sebagai yang ahli dalam memberikan perbaikan pembelajaran pada Video yang telah di tayangkan. Antara lain : Mohon maaf Sedikit memberikan Komentar, pada awal penayangan video pembelajaran diatas, ibu Guru secara langsung memberikan arahan untuk menggambar, memang Ibu Guru sudah memberikan contoh gambar pemandangan dipapan tulis, akan tetapi gambar yang dibuat hanya kecil dan membingungkan menurut saya pribadi. Sebaiknya diajarkan terlebih dahulu tahapan-tahapan dalam membuat gambar, proses Membuat gambar dan pola membuat gambar contoh gambar bebek di buat gambar bebek yang cukup besar agar jelas agar anak bisa memperhatikan dan mampu meniru atau membuat gambar lainnya sesuai imanjinasi atau minat anak masing-masing. Pada awal video guru menyarankan kepada anak untuk bebas menggambar, entah gambar pesawat kemudian ada anak yang merespon menjawab gambar sapi, memang anak merespon akan tetapi Cuma 1 2 orang yang merespon, Yang lainnya hanya terdiam dan terlihat seperti kebingungan dan setelah dilihat ternyata hasil gambar anak semua sama halnya dengan Ibu Guru yaitu gambar Pemandangan. hal inilah yang disebut anak tidak kreatif atau tidak mampu mengekspresikan ide gambar atau hanya meniru gambar milik temannya. Namun saat Guru mengajak siswa untuk melihat lingkungan sekitar halaman sekolah, menyebutkan jenis apa saja yang dapat di lihat dihalaman sekolah anak mendapat gambaran imajinasi untuk mendapat ide untuk menggambar dan saat dibagikan buku gambar dan sudah di sediakan krayon sehingga anak-anak cukup senang. Kemudian saat menggambar, Guru sudah sangat baik karena memperhatikan dan mengarahkan anak satu per satu dan yang lebih membuat anak-anak mendapatkan kepercayaan diri yaitu saat mengumpulkan Tugas gambar anak, semua gambar diberikan Apresiasi sehingga anak-anak juga cukup puas dengan hasil gambarnya. Menurut saya dari cakupan Video, Guru sudah cukup baik melakukan pembelajaran untuk meningkatkan anak yang sulit berimajinasi atau sulit menuangkan ide gambarnya.
Sekian dan Terimakasih
Assalamualaiku, Wr. Wb.
Perkenalkan data diri saya,
Nama : Winda Ridwan, S.T.
NIM : 858578041
Prodi : PGPAUD
UPBJJ : UT Ternate
Dari penayangan Video yang di Tonton Pakar Dosen dan Pakar Guru sudah memberikan komentar kepada Proses Pembelajaran dalam tampilan Video. Saya sebagai calon penganjar sedikit memberi masukan yang mungkin sedikit sama dengan Pakar Dosen dan Guru sebagai yang ahli dalam memberikan perbaikan pembelajaran pada Video yang telah di tayangkan. Antara lain : Mohon maaf Sedikit memberikan Komentar, pada awal penayangan video pembelajaran diatas, ibu Guru secara langsung memberikan arahan untuk menggambar, memang Ibu Guru sudah memberikan contoh gambar pemandangan dipapan tulis, akan tetapi gambar yang dibuat hanya kecil dan membingungkan menurut saya pribadi. Sebaiknya diajarkan terlebih dahulu tahapan-tahapan dalam membuat gambar, proses Membuat gambar dan pola membuat gambar contoh gambar bebek di buat gambar bebek yang cukup besar agar jelas agar anak bisa memperhatikan dan mampu meniru atau membuat gambar lainnya sesuai imanjinasi atau minat anak masing-masing. Pada awal video guru menyarankan kepada anak untuk bebas menggambar, entah gambar pesawat kemudian ada anak yang merespon menjawab gambar sapi, memang anak merespon akan tetapi Cuma 1 2 orang yang merespon, Yang lainnya hanya terdiam dan terlihat seperti kebingungan dan setelah dilihat ternyata hasil gambar anak semua sama halnya dengan Ibu Guru yaitu gambar Pemandangan. hal inilah yang disebut anak tidak kreatif atau tidak mampu mengekspresikan ide gambar atau hanya meniru gambar milik temannya. Namun saat Guru mengajak siswa untuk melihat lingkungan sekitar halaman sekolah, menyebutkan jenis apa saja yang dapat di lihat dihalaman sekolah anak mendapat gambaran imajinasi untuk mendapat ide untuk menggambar dan saat dibagikan buku gambar dan sudah di sediakan krayon sehingga anak-anak cukup senang. Kemudian saat menggambar, Guru sudah sangat baik karena memperhatikan dan mengarahkan anak satu per satu dan yang lebih membuat anak-anak mendapatkan kepercayaan diri yaitu saat mengumpulkan Tugas gambar anak, semua gambar diberikan Apresiasi sehingga anak-anak juga cukup puas dengan hasil gambarnya. Menurut saya dari cakupan Video, Guru sudah cukup baik melakukan pembelajaran untuk meningkatkan anak yang sulit berimajinasi atau sulit menuangkan ide gambarnya.
Sekian dan Terimakasih
Nama : BIUTI
NIM : 859563431
PRODI : PGPAUD
UPBJJ : Majene
Mata Kulia : Profesionalitas Guru Paud
Salam… Vidio Guru Pakar Online dengan judul menggambar sesuai imajinasi anak sangat menginfirasi dengan keluar untuk melihat pemandangan luar akan sangat membantuh anak dalam mengembangkan imajinasinya dengan penjelasan penjelasan yang di sampaikan pada anak contonya daun yang berubah warna jadi kuning setelah berguguran dari tangkai karna sudah Tua dapat di bentuk jadi apa saja seperti kupu-kupu atau hewan lainnya atau dapat pulah dibentuk jadi huruf atau menyampaikan pada anak tentang manfaat dari tanaman yang di lihat tersebut dengan menyampaikan pulah warna daun kalau masih muda warna kalau sudah Tua warna batang dan warna pemandangan yang di lihat sehingga pada saat anak menggambar imajinasinya berkembang sehingga gambar nya sesuai aslinya.
Vidio kedua dengan judul cara mengatasi anak menulis huruf terbalik menurut saya tentang vidio kuhsusnya cara guru dalam mengajar lewat menulis dengan jari diudara akan sangat membantu anak dalam kecepatannya mengenal dan menulis huruf dan di sini saya tambahkan hal tersebut dapat juga di lakukan dalam menulis di tana, menyusun dari batu, atau membentuk huruf dari tana liat cara-cara tersebut sangat membantuh anak dalam pengenalan huruf. Sehingga tulisan tidak terbalik. demikian komentar saya Terima kasih…
Nama : Fitria Ningsih
Nim : 859791678
Ubpjj : Kota Medan
1. Judul dan Alamat Sumber Daring Video
“Anak Sulit Berimajinasi Saat Menggambar”. Video tersebut dari Guru Pintar Online (GPO)
2. Ringkasan Isi Video
Identitas Video : Ditulis oleh Badru Zaman
Ringkasan Isi Video :
Didalam video tersebut guru mengajarkan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasinya dan guru tersebut memberikan contoh gambar dan memberitahu kepada anak boleh menggambar apa saja seperti pesawat, pohon dan lainnya. Kemudian guru membagikan buku gambar anak-anak, dan anak-anak mengumpulkan hasil gambarnya tetapi semua anak menggambar sama dengan apa yang digambar guru sehingga anak tidak kreatif. Setelah itu guru mengajak anak-anak untuk berkeliling di sekitar sekolah untuk melihat benda-benda yang ada disekitar sekolah dan guru juga memberitahu nama-nama benda tersebut sehingga nantinya anak akan menuangkan ide-ide mereka kedalam gambar yang sudah mereka amati tadi sebelumnya.
3. Kelemaham Pembelajaran Dalam Video
Kelemahan dalam video tersebut ialah pada saat ingin memberikan kegiatan menggambar kepada anak, guru memberikan contoh gambar kepada anak-anak sehingga semua anak-anak tidak mempunyai kreativitasnya masing-masing dan hasil gambarnya sama semua seperti ynag diberikan guru.
4. Kelebihan Pembelajaran Dalam Video
Kelebihan dalam video tersebut ialah guru mengajak anak-anak untuk berkeliling di sekitar sekolah untuk melihat benda-benda yang ada disekitar sekolah dan guru juga memberitahu nama-nama benda tersebut sehingga nantinya anak akan menuangkan ide-ide mereka kedalam gambar yang sudah mereka amati tadi sebelumnya.
5. Hal Unik Dalam Pembelajaran Video
Pada saat kegiatan berkeliling disekolah anak-anak sangat menyukainya apalagi saat mengamati tumbuhan dan benda lainnya yang ada disekitar sekolah, dan ada satu anak memberitahu dan menyebutkan benda-benda yang ada disekitar sekolah didepan temannya.
Nama : Fitria Ningsih
Nim : 859791678
Upbjj : Kota Medan
• Seri Pembelajaran : Pengembangan kognitif PAUD ( Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar)
Disini dapat dilihat guru melalukan asesmen awal terlebih dahulu dengan melihat permasalahan yang ada setelah menemukan guru mengajak anak untuk melihat situasi lingkungan sekitar sehingga dapat menstimulus imajinasi anak dalam menggambar bebas. Saran dari video ini : Dengan melakukan kegiatan membawa anak-anak ke halaman sekolah setelah itu anak-anak boleh menggambar bebas apa yang dia lihat.
Nama : BIUTI
NIM 859563431
PRODI PGPAUD
UPJJ Majene
Mata Kulia Profesionalitas Guru Paud
Syalom… Dari vidio Guru Pakar online tersebut sangat bermanfaat dan mengispirasi khususnya dalam menceritakan kembali apa yang sudah di gambarkan tapi menurut saya akan lebih berdampak pada anak jika gambar anak, di ceritakan kembali sendiri oleh anak karna di vidio ibu Guru yang ceritakan maka menurut saya imajinasi serta percaya diri anak akan semakin berkembang jika mereka di beri kesempatan untuk menceritakan kembali gambarnya. Terima kasih…
Nama: Nazilatul Fatihah
NIM: 860143376
UPBJJ UT Surabaya.
Terima kasih telah berbagi cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Saya mendapat tugas memberi masukan dan saran. Menurut saya jika menambahkan animasi atau ilustrasi yang lebih menarik dalam pembelajaran, maka dapat membantu anak lebih fokus dan memahami materi dengan lebih baik. Terima kasih.