silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama: Azizah
    Nim: 859153801
    Dari video diatas kita dapat meningkatkan metode mengajar hususnya dalam pengembangan kognitif pada Anak usia dini.
    Seringkali kita temui hal serupa seperti meniru gambar teman yang lainn dan anak kesulitan menuangkan ide atau imajinasinya dalam bentuk gambar. Namun dengan melakukan tekhnik-tekhnik seperti: Mengajak anak berkeliling di taman sekolah dan meminta anak bercerita tentang apa saja yg dilihat dan digambar, tentu akan meningkatkan semangat belajar anak dan memberikan anak ide ide kreatif.

  2. Nama : aswida faradisa
    Nim : 878196271
    Vidio ini menurut saya sangat bermanfaat bagi pendidik paud karena dapat mengetahui bagaimana cara nya mengatasi anak yang kesusahan berimajinasi ketika menggambar,

    Sebagai pendidik tentunya kita memberikan kesempatan pada anak untuk terus mengembangkan imajinasinya sehingga mereka bisa mengekspresikan dengan baik tentang imajinasinya dengan menggambar
    Tapi,,terkadang ada anak yang kesulitan dalam berimajinasi sehingga dengan adanya vidio ini sangat membantu.

  3. Nama: Frederika Z. Rupilu
    NIM: 858601481
    Kota Tual

    Video sangat bermanfaat karena membantu guru agar tidak memberikan contoh secara langsung tetapi memberikan observasi secara luas atau turun lapangan atau praktek secara langsung dan siswa dapat melihat banyak objek tanpa terpaku pada satu objek sehingga dapat merangsang daya imajinasi anak.

  4. Nama:SONISA HULU
    NIM:859794849
    MATA KULIAH: PEMBELAJARAN TERPADU
    NAMA TUTOR :IBU Dra.SUPARTIK,M.Pd

    Video anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Nama guru pada video :Siti Aisah
    Setelah Saya menonton video ini.menurut saya sangat bermanfaat bagi guru atau pendidik terutama guru yang baru mengajar.dalam video ini, menjelaskan tentang Bagaimana cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat kegiatan menggambar untuk menggali kreatifitas pada anak yaitu:
    -membebaskan anak menggambar apa saja sesuai minat nya
    -guru memfasilitasi anak dengan mengajak anak kehalaman sekolah supaya anak mengenal apa saja yang ada diluar sekolah

    Kelebihan dari video ini:
    1.guru mengembangkan rasa percaya diri pada anak lewat pujian tanpa menyudutkan anak dengan kesalahan pada gambar
    2.guru jg menanyakan apa saja benda yang ada di luar sekolah
    3.guru memberikan kesempatan lagi pada anak untuk menggambar lagi apa yang akan dia gambar sesuai apa yang ingin digambar

    Kekurangan pada video
    1.guru seharusnya sebelum memberikan tugas menggambar lebih dulunya menanyakan pada anak apa yang akan digambar nya
    2.guru lebih dulu mempersilahkan anak menyebutkan apa saja gambar atau benda yang pernah dilihat sehingga anak dapat menentukan apa saja yang akan digambar nya sesuai yang pernah dia lihat, sehingga tidak terjadi kesamaan gambar dengan teman2 lainnya.

    Demikian terimakasih 🥰

  5. Nama : Nery kristiani
    NIM : 858454251

    Syalloooommm . . .
    “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    Vidio tersebut menceritakan bagaimana cara mengatasi anak yang sulit untuk berimajinasi sendiri, tentu sebagai bunda harus memberi peluang, kesempatan n subjek kepada anak agar mereka dapat berimajinasi sendiri dan menceritakan apa yang mereka gambar dan yang ada dipikiran mereka.

    TERIMA KASIH . . .

  6. Dari video diatas terlihat cara menangani anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar dengan cara mengajak keluar kelas atau outdoor untuk mengenalkan berbagai kondisi alam sehingga anak dapat mewujudkan karya seni dengan ber imajinasi sesuai keinginan yang ada dalam pikirannya tanpa harus meniru guru dan teman-temannya. Dari video ini saya belajar untuk mempelajari mengenai anak-anak yang sulit berimajinasi dan bercerita dengan membebaskan anak untuk memilih apa yang akan digambar, mengajak melihat langsung keadaan serta menceritakan apa yang mereka lihat sehingga membuat anak lebih dapat berkreasi dan berinovasi.

  7. Nama : Chanifati
    NIM : 857992138
    UPBJJ : Yogyakarta
    PRODI : PGPAUD

    • Setelah saya melihat dari Vidio tersebut,
    Yang menggambarkan seorang guru atau pendidik yang berupaya untuk mengembangkan aspek kognitif anak didiknya dengan kejadian setelah guru melakukan asesmen anekdotnya….
    Dari guru yang tadinya memberikan kegiatan menggambar bebas untuk anak didiknya dengan metode bercerita dan memberi contoh, ternyata setelah adanya penilaian asesmen anekdot terhadap anak,
    Kebanyakan anak tidak mengeluarkan imajinasinya untuk menggambar bebas, malah cenderung kebanyakan hanya menggambar yang berfokus dengan apa yang diceritakan atau dicontohkan kepada guru…
    Dari kejadian pada video tersebut akhirnya guru melakukan evaluasi bagaimana caranya agar anak dapat mengembangkan imajinasinya, mengekspresikan diri melalui gambar, dan menstimulasi lebih baik lagi.
    Guru memberikan kegiatan menggambar bebas dengan cara mengajak anak melihat pemandangan diluar dan mengamati keadaan yang ada diluar halaman terlebih dahulu agar anak dapat mengekspresikan apa saja yang dilihatnya tadi melalui bentuk gambar….

    • Refleksi yang saya dapat dari video tersebut
    Disitu ada anak yang sangat senang dan bisa mengikuti kegiatan menggambar yang diberikan guru tapi ada juga yang tidak senang dengan kegiatan tersebut dan akhirnya guru membuat ide-ide agar bagaimana caranya anak bisa menuangkan ide-idenya lewat kegiatan menggambar.
    Bahwa tidak semua anak yang diberikan kegiatan menggambar bisa berimajinasi yang baik.
    Menurut saya pengembangan yang dibuat guru lewat kegiatan yang diterapkan pada video GPO tersebut untuk mengembangkan agar bagaimana anak bisa berkembang lebih baik,,,itu sudah baik…mungkin guru bisa menilai bukan hanya dari menggambarnya saja karena tidak semua anak senang dengan kegiatan menggambar…
    Dengan kegiatan dalam video tersebut ada kegiatan anak melihat pemandangan diluar halaman, dari situ guru juga bisa menilai anak Ketika tidak bisa menggambar, guru bisa menilai dari dia bisa menyebutkan apa yang dilihatnya tadi.
    Itu juga termasuk imajinasi yang dikembangkan anak.

    • Setelah saya menganalisis dari video tersebut yang ada pada GPO,,,
    Saya akan memperbaiki dan meningkatkan mengajar saya di tempat saya mengajar..
    Saya akan membuat dan merencanakan metode pembelajaran yang menarik, agar anak dapat mengembangkan imajinasinya, Belajar sambil bermain tanpa ada paksaan.
    Terutama pada aspek kognitifnya, saya akan mengembangan dengan kegiatan-kegiatan yang menarik dan mudah dilakukan anak.
    Menggunakan alat media yang menarik, dan memberikan kegiatan menggambar bebas dengan metode mengamati apa yang dilihat setelah jalan-jalan.

  8. Nama : Reni Apriani
    NIM : 857532621
    UPBJJ : Bandung

    Video ini sangat bermanfaat untuk saya bagaimana cara menangani anak yang sulit berimajinasi. Karena anak cenderung meniru apa yang guru gambar atau melihat gambar temannya. Dengan cara pendekatan holistik (berpusat pada anak), anak dibebaskan untuk berkreasi dan berimajinasi sendiri. Serta guru mengajak anak mengamati lingkungan luar agar anak dapat menuangkan imajinasi atau apa yang dilihatnya dapat menjadi ide untuk menggambar, selain itu juga anak akan lebih antusias ketika mengamati lingkungan luar sekolah.

  9. Nama : Chanifati
    NIM : 857992138
    UPBJJ : Yogyakarta
    PRODI : PGPAUD

    Vidio diatas sangat mendukung dan memotivasi saya, agar saya dapat meningkatkan kualitas saya dalam mengajar, dalam memberikan kegiatan yang disukai anak, memilih metode dan media belajar yang asyik dan menyenangkan….
    agar anak dapat mengembangkan imajinasinya terutama dalam aspek kognitif.

  10. Ijin menanggapi video ,
    Nama saya : DARTIEK WIJIASTUTI
    NIM : 859939083
    Video tersebut dimaksudkan oleh ibu guru agar anak-anak TK dapat menggambar bebas . Kegiatan tersebut bertujuan untuk menggali kreatifitas dan imajinasi anak. Dengan mencontohkan gambar yang terlebih dahulu digambar oleh guru yaitu pemandangan. Namun hasil yang diharapkan oleh ibu guru agar anak-anak lebih kreatif dengan imajinasi yang dapat tertuang dalam hasil gambar masing-masing anak belum tercapai karena semua anak menggambar persis seperti yang dicontohkan.

    Oleh karenanya ibu guru berinisiatif untuk mengajak anak-anak untuk keluar kelas dengan tujuan observasi lingkungan sekitar agar anak mendapatkan lebih banyak ide untuk dapat dituangkan dalam bentuk gambar. Tentunya sebelum menggambar ulang , ibu guru sebaiknya bertanya kepada anak anak apa saja yang sudah dilihatnya diluar kemudian meminta mereka untuk bercerita tentang apa saja yang sudah ditemui anak di luar kelas.

    Jadi video tersebut sangatlah baik untuk menjadi referensi guru agar anak dapat menggambar bebas dengan objek yang bervariasi

    Demikian terimakasih

Leave a Reply