silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Nama : THAIFI FAHNUR
    Nim : 855900116
    UPBJJ : Banda Aceh

    Terimakasih, video ini membuka wawasan kami tentang pentingnya stimulasi imajinasi anak dalam kegiatan menggambar. Penjelasan dan tipsnya sangat mudah di mengerti dan bisa langsung diterapkan di kegiatan pembelajaran.

  2. Assalamualikum Wr.Wb
    Izin memberikan refleksi tentang Video yang berjudul “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    Nama : Widia Fitriani
    NIM : 856257046
    Prodi : PGPAUD
    Semester : 6

    Menanggapi vidio diatas, menurut saya Video ini sangat relevan dalam dunia PAUD, yaitu saat anak terlihat ‘’Sulit Berimajinasi saat Menggambar’’, Kesulitan berimajinasi saat menggambar sering kali disebabkan oleh Kurangnya Eksposur Visual Anak-anak yang jarang melihat gambar atau cerita bergambar mungkin kesulitan membayangkan dan menggambarkan objek secara kreatif, Keterbatasan Kognitif Pada usia dini, kemampuan berpikir abstrak dan menuangkan ide ke dalam bentuk visual masih dalam tahap perkembangan.
    yang perlu guru lakukan untuk merangsang imajinasi anak yaitu seperti : Eksplorasi Lingkungan (Mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek nyata di sekitar sekolah, seperti pohon, bunga, atau pos satpam.), Menggambar Bebas (Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasi mereka tanpa arahan spesifik, mendorong kreativitas dan ekspresi diri.), Apresiasi Positif (Memberikan pujian dan komentar positif terhadap karya anak, seperti mengomentari garis, bentuk, dan warna yang digunakan, untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka.)
    Untuk mendukung perkembangan imajinasi anak dalam menggambar, disarankan untuk: Memberikan akses kepada anak terhadap buku cerita bergambar, gambar alam, atau karya seni lainnya.

  3. Nama : Nur Fitriyani Anisah
    Nim : 858549026

    Menurut saya, seorang guru TK harus siap untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar.
    Strategi yang diterapkan guru tersebut antara lain memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar
    sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan
    menggambarkan apa yang ditemukan diluar sekolah atau lapangan.

  4. Assalamualikum wr.wb
    Nama: Siti Nurhasanah
    NIM : 859665527
    Bismillahirahmanirahim izin menanggapi vidio di atas
    Dalam video terlihat seorang anak tampak kesulitan untuk mulai menggambar karena tidak memiliki ide atau bingung harus menggambar apa. Anak terlihat diam, kurang ekspresi, dan cenderung menunggu instruksi dari guru. kejadian ini sangat relevan juga dengan pengalaman saya yang sering saya jumpai di kelas dengan anak yang baru berinteraksi dengan lingkungan sekolah, anak tersebut mengalami hambatan menuangkan imajinasinya saat menggambar dan lebih memilih untuk meninggalkan tempat duduknya, Mengingat anak usia dini berada pada masa berpikir konkret. Hal ini menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh seorang guru. Saya sangat setuju dengan inisiatif yang dilakukan oleh guru dengan mengajak anak keluar dan melihat objek secara langsung kemudian menuangkan apa yang dilihatnya ke dalam gambar, memberikan pengalaman belajar secara langsung yang tentunya lebih menyenangkan untuk anak.
    Dengan adanya vidio ini saya jadi lebih paham bagai mana cara menghadapi anak yang memiliki masalah seperti kejadian tersebut. saya sebagai guru PAUD menyadari penting untuk tidak terburu-buru menilai anak yang sulit berimajinasi sebagai “tidak kreatif”. Setiap anak memiliki cara dan waktu sendiri untuk mengekspresikan ide. Tugas guru adalah membimbing dan menciptakan suasana belajar yang aman, menyenangkan, dan bebas dari tekanan agar kreativitas anak bisa tumbuh secara alami. Refleksi ini mengingatkan bahwa menggambar bukan soal hasil, melainkan tentang proses anak dalam menuangkan gagasan dan perasaan mereka.
    Terimakasih.

  5. Nama : Erna Suryani
    NIM : 858619677

    Anak Sulit Berimajinasi saat Mengambar
    Menangapi video diatas, menurut saya video ini sangat bermanfaat bagi pendidik yang ada di PAUD. Dimana seringkali kita menghadapi situasi tersebut dan kadang sebagai pendidik merasa hal tersebut biasa karena faktor usia. Dari video ini saya belajar bagaimana seharusnya menumbuhkan kemampuan berimajinasi anak itu perlu di kembangkan dan dibentuk melalui pengalaman anak-anak di sekolah maupun dirumah dimana mereka diberikan kebebasan untuk berekpresi sesuai dengan ide dan suasana hati dan tetap didampingi oleh guru maupun orang tua.

  6. Assalamualikum Wr.Wb
    Izin memberikan refleksi tentang Video yang berjudul “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR”
    Nama : Ritna Safitri
    NIM : 856824667
    Prodi : PGPAUD
    Semester : 8

    Menanggapi vidio diatas, menurut saya Video ini sangat relevan dalam dunia PAUD, yaitu saat anak terlihat ‘’Sulit Berimajinasi saat Menggambar’’, Kesulitan berimajinasi saat menggambar sering kali disebabkan oleh Kurangnya Eksposur Visual Anak-anak yang jarang melihat gambar atau cerita bergambar mungkin kesulitan membayangkan dan menggambarkan objek secara kreatif, Keterbatasan Kognitif Pada usia dini, kemampuan berpikir abstrak dan menuangkan ide ke dalam bentuk visual masih dalam tahap perkembangan.
    yang perlu guru lakukan untuk merangsang imajinasi anak yaitu seperti : Eksplorasi Lingkungan (Mengajak anak keluar kelas untuk mengamati objek nyata di sekitar sekolah, seperti pohon, bunga, atau pos satpam.), Menggambar Bebas (Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai imajinasi mereka tanpa arahan spesifik, mendorong kreativitas dan ekspresi diri.), Apresiasi Positif (Memberikan pujian dan komentar positif terhadap karya anak, seperti mengomentari garis, bentuk, dan warna yang digunakan, untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka.)
    Untuk mendukung perkembangan imajinasi anak dalam menggambar, disarankan untuk: Memberikan akses kepada anak terhadap buku cerita bergambar, gambar alam, atau karya seni lainnya.

  7. Nama :Ritna Safitri
    Nim: 856824667
    Jurusan :S1 PGPAUD
    Upbjj : Bengkulu
    Pada video diatas dengan judul :Anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Guru PAUD menunjukkan tentang menstimulasi imajinasi pada anak, dengan kegiatan menggambar.
    -dengan menjelaskan beberapa strategi yang sudah diterapkan dengan memberikan kebebasan pada anak, untuk menggambar sesuai imajinasinya, anak dapat menggambar yang diinginkan.
    – dengan mengajak anak keluar kelas supaya dapat mengamati dilingkungan sekolah, agar anak mendapatkan pengalaman yang luas.
    Dengan anak bercerita dan menggambarkan hasil temuan, untuk membangun kepercayaan diri pada anak supaya dapat berekspresi.
    -guru menyediakan berbagai macam alat dan media pada gambar untuk menarik hati anak supaya dapat berekspresi.
    -memberikan semangat pada anak untuk menggambar yang ada di pikirannya.

  8. NAMA : FIRLY NURBAETI ZEIN
    NIM : 857526223
    PGPAUD UPBJJ BANDUNG

    Kelebihan dari strategi belajar yang diterapkan oleh guru dalam video tersebut diantaranya memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai keinginannya, anak juga diberikan kesempatan bermain dan belajar diluar kelas sehingga dapat memperluas imajinasi anak, kemudian anak menceritakan gambar dan apa saja yang ia lihat.

    Kekurangan dari strategi belajar yang diterapkan diantaranya bagi anak yang kurang percaya diri, ia akan tetap kesulitan dalam berimajinasi karena kurangnya pengalaman dan rasa percaya diri. Guru dapat memberikan contoh visual untuk memicu ide dan membantu agar anak lebih percaya diri dengan memberikan pujian atau apresiasi terhadap gambar/karya yang ia buat.

    Hal unik yang saya temukan pada video tersebut diantaranya guru mengajak anak keluar kelas untuk memberikan kesempatan kepada anak bermain dan belajar diluar kelas sehingga dapat memperluas imajinasi dan pengalaman anak.

    Strategi yang diterapkan dalam video tersebut dapat mendukung pengembangan kreativitas dan pengalaman anak. Namun perlu pendekatan yang lebih beragam dan reponsif terhadap kebutuhan masing-masing anak. Dengan bimbingan yang tepat, anak akan terbantu dalam mengembangkan imajinasi mereka.

  9. assalamualaikum wr. wb
    NAMA: JALEHA
    NIM: 858316421
    UPBJJ: BANJARMASIN

    Dengan video yang diatas yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi Saat Mengambar” Dengan ini agar upaya guru agar bisa mendapatkan ide dan imajinasi anak anak, dari video tersebut bahwa menjelaskan bahwa guru menyerahkan kepada anak anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan keinginan nya dan minat nya dengan gamabr yang disukainya itu bisa menambah imajinasinya dan minat anak untuk menggambar dan mewarnainya, dan juga dengan cara guru memfasilitasi anak untuk menggali imajinasi nya anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah atau diluar ruangan mengajak anak untuk melihat-lihat apa saja yang dilihat di halaman sekolah dan guru bertanya dengan anak ini tanaman apa dan itu pohon apa, dan sesegerapun anak- anak itu menjawab nya dengan berdahuluan.
    Kelebihan dari metode pembelajaran yang telah diajarkan oleh guru tersebut divideo itu yaitu anak diberikan keluar ruangan atau diluar kelas sehingga anak pun bisa mendapatkan imajinasi yang lebih luas dari melihat alam semesta.

  10. NAMA ; MARIA HADIYATI
    NIM : 859273934
    PGPAUD UPBJJ KUPANG
    Dalam video yang berjudul “Anak Sulit Berimajinasi Saat Mengambar”
    Hal yang penting dalam mengembangakan imajinasi anak yakni tidak hanya melalui gambar di dalam kelas, anak juga diminta untuk terjun langsung ke alam maupun lingkungan di luar kelas, sehingga anak mampu berimajinasi sesuai dengan apa yang dilihat.
    Hal unik yang saya temukan pada video tersebut diantaranya guru mengajak anak keluar kelas untuk memberikan kesempatan kepada anak bermain dan belajar diluar kelas sehingga dapat memperluas imajinasi dan pengalaman anak.
    strategi yang dibuat dalam video ini selain mengembangkan imajinasi, anak juga sangat antausias dalam pembelajaran. pada intinya lingkungan tempat anak-anak belajar sangat mendukung dan membantu anak dalam berimajinasi .

Leave a Reply