silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
PAUD anak sulit berimajinasi saat menggambar. Dalam video tersebut terdapat masalah yang pernah di alami seorang guru dan terdapat juga cara penyelesaianya yang mudah dimengerti dan dipahami.
Pada video yang telah ditonton tampak usaha guru dalam mengatasi masalah dengan kondisi anak yang sulit berimajinasi. Dalam video, tampak bahwa untuk menggali ide, maka guru dapat menggunakan beberapa cara yakni:
1. Membebaskan anak untuk mengambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak
2. Guru memfasilitasi anak untuk menggali ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke luar sekolah sehingga dapat mengamati apasaja yang ada dihalaman sekolah. Anak dapat bercerita apa yang dilihat dihalaman sekolah dena menggambarkannnya
3. Guru melakukan tanya jawab hasil karya yang telah dibuat anak sebelumnya
Nama : DINA FATIN ALFIYAH
NIM : 858538134
Assalamualaikum wr wb
Setelah saya menonton video tentang anak sulit berimajinasi dalam menggambar sangat bermanfaat sehingga dapat memberikan saya tambahan pengetahuan untuk saya terapkan dalam kelas mengajar saya karena ada juga beberapa anak di kelas mengajar saya yang sulit berimajinasi dalam menggambar dan jika ditanya sedang menggambar apa jawabannya bingung dan belum tahu mau menggambar apa. Jadi dalam video tersebut dapat saya terapkan untuk memberikan stimulus dan pemantik terhadap anak tersebut.
Nama : Rosnah
Nim : 859816224
pokjar :Rate-rate
upbjj :83/Kendari
Setelah melihat vidio yang ada bahwa kurangnya minat atau kurangnya pengalaman menggambar bebas adalah salah satu dari penyebab anak sulit untuk berimajinasi dalam menggambar namun itu bukan berarti anak tidak berbakat atau kurang kreatif dalam hal menggambar.Tindakan guru dalam vidio terlihat sudah memberikan dukungan ,pendekatan yang tepat sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan imajinasinya yaitu dengan cara memberikan kebebasan kepada anak menggambar sesuai dengan minatnya,serta mengajak anak keluar kelas dan menggambar apa yang dilihatnya secara langsung.
Nama : Ayu Lestari
NIM : 859685844
UPBJJ : Bandar Lampung
Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh. Setelah menonton video diatas, saya menjadi tahu untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
Cara untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar dari video diatas adalah:
1) membebaskan anak untuk menggambarkan apa saja sesuai dengan imajinasinya dan minat anak.
2) guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat-lihat apa saja yang ada dihalaman sekolah dan yang dilihat.
3) mintalah anak untuk bercerita tentang apa yang dilihat dihalaman sekolah dan menggambarkannya
4) guru melakukan tanya jawab dengan anak mengenai hasil karya yang dibuat mereka.
inilah hasil yang dapat saya pahami dari video diatas. 🙏🙏
assalamualikum
nama :asmawati Nim:856261766
alamat :UPBJJ Padang
menurut vidio di atas dalam mengambar anak masih banyak merasa kesulitan untuk berimajinasi sendiri saat mengambar.untuk itu,sebagai seorang guru atau pendidik kita perlu memberikan bimbingan yang lebih optimal terhadap anak didik kita,agar anak tidak merasa canggung dalam berimajinasi.selain itu,anak diberi kebebasan untuk menggambar bebas sesuai minat dan bakat anak, agar anak bisa berimajinasi lebih leluasa .guru akan mengajak anak keluar kelas atau halaman sekolah agar memiliki ide baru saat menggambar.
Assalamualaikum wr wb
Nama : SITI SOLEHAH
NIM : 859687862
saya sudah menonton video anak sulit berimajinasi saat menggambar
Menurut saya dalam hal ini untuk mengatasi anak yang masih sulit dalam berimajinasi anak masih butuh atau perlu untuk di latih dan di asah kembali dalam berimajinasi Agara anak dapat memunculkan ide-ide atau imajinasi mereka. Selain itu bisa dilakukan dengan berbagai cara untuk membantu anak agar bisa membuat suatu gambar dengan imajinasi mereka sendiri yaitu dengan salah satunya membebaskan mereka untuk menggambar sesuka hati mereka atau sesuai dengan kemauan mereka
Terimakasih
Wassalamu’alaikum wr wb
NAMA : AGNI FADHILA LATIEFAH
NIM : 857525135
setelah saya menonton video berjudul anak sulit berimajinasi ini saya memahami bahwa Anak-anak pada usia dini masih terbatas untuk mengekspresikan imajinasi dan ide-ide mereka melalui gambar Karena pada usia ini anak masih dalam fase pra-operasional, dimana pemikiran praoperasional masih mengandung dua batasan: egoisme (mementingkan diri sendiri) dan animisme (kepercayaan pada imaginasi). Contoh egosentrisme pada anak dalam subtahap ini adalah ketidakmampuan untuk membedakan perspektif sendiri dari perspektif orang lain dari sudut pandang orang lain. Sehingga mereka lebih sering meniru gambar yang ada daripada mencoba untuk menjadi kreatif dengan mencoba berekplorasi dengan menggambar menggunakan ide mereka sendiri.
Dalam hal ini, guru dapat membantu dengan membiarkan anak-anak menggambar secara bebas berdasarkan imajinasi dan minat mereka, serta memfasilitasi kegiatan ini seperti dengan menjelajahi halaman sekolah untuk menginspirasi mereka menemukan gambar yang unik. Dengan membebaskan anak-anak untuk menggambarkan apa yang ada dalam imajinasi mereka atau berdasarkan apa yang mereka lihat, dapat lebih meningkatkan kreativitas dan keterampilan imajinatif mereka dalam menggambar.
Nama : Jennifer sania soesanto
NIM : 858530677
saya telah menonton video berjudul anak sulit berimajinasi saat menggambar. hal ini tentu nya sering kita jumpai sebagai guru PAUD. karena anak usia 3-5 tahun masih suka kebingungan apa yang akna di gambar saat guru menyuruh menggambar bebas. nahh, untuk isi video sudah bagus menurut saya menggunakan salah satu cara yaitu observasi lingkungan. mengajak anak untuk berkeliling mencari inspirasi, hal ini sering di gunakan oleh guru di sekolah saya. terimakasih saya suka dengan vudeo nya. namun kalau boleh saran, pihak UT alangkah baik nya untuk memberikan video yang terbaru, karna kalau di lihat video tersebut sudah sangat lama ya.. sekian dari saya terimakasih.
Nama : Cindy Nur Ramndhani
NIM : 858876155
Mohon izin saya menanggapi video diatas, tentang sulitnya anak berimajinasi saat menggambar. Anak-anak yang cenderung meniru gambar yang sama dengan temannya, maupun bu guru. Hal ini banyak sekali ditemukan D tempat saya mengajar. Sehingga kurang luasnya imajinasi anak.
Memberikan kebebasan anak, mencari, melihat pemandangan atau objek di luar ruangan. Bisa menjadi solusi.
Dari video diatas, kita sebagai pendidik dapat belajar berbagai teknik yang digunakan guru untuk membantu anak didik mengembangkan imajinasi nya.
Tentunya, adanya platform ini sangat bermanfaat dan membantu memberikan solusi dalam kendala pembelajaran yang terjadi di sekolah kita masing-masing.
Sekian, terimakasih..