silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nama : Dian Safitri
Nim : 859816002
Pokjar :Rate – Rate
Setelah saya menonton video anak yang sulit berimajinasi tanggapan saya adalah, sebaiknya guru harus terlebih dahulu memperlihatkan anak – anak pemandangan yang ada di sekitar atau di halaman sekolahnya agar sebelum anak – anak menggambar imajinasi mereka sudah terbentuk karna telah melihat secara nyata dan membuat juga anak tidak menggambar pemandangan yang sama karna hanya melihat satu contoh yang guru perlihatkan ,dan peran guru juga sangat penting dalam mengasah imajinasi anak – anak, makanya guru juga harus kreatif dalam mengembangkan imajinasi anak, karna terkadang ada juga sekolah yang pemandangannya kurang baik maka guru harus mencari cara lain untuk mengembangkan imajinasi anak ,yaitu dengan memperlihatkan video atau gambar pemandangan yang lebih banyak .
NAMA ; NUR FARIDA
NIM : 857991025
Dalam video yang diputarkan tersebut sangat menarik sekali untuk di laksanakan atau ditiru oleh para Guru. Karena untuk memunculkan imajinasi anak yang paling bisa mengena adalah anak diaajak langsung/ terlibat langsung dengan sebuah hal yang konkrit, dalam video tersebut anak diajak untuk keluar kelas dengan melihat berbagai macam benda – benda yang ada disekitar.
Dengan demikian secara langsung akan menambah ide – ide baru bagi anak yang awalnya tidak mempunyai ide apapun. selain itu anak cuka bisa menceritakan kembali apa yang telah dilihatnya sehingga menambah kosa kata anak.
Selain itu, Guru memberikan kebebasan daalam menggambar kepada anak didiknya tidak harus sama dengan apa yang dicontohkan Guru. Apabila anak belajar dengan suasana bahagia, tanpa ada paksaan atau tekanan maka proses pembelajaran akan semakin kondusif.
Nama : Triana Rima Susanty
NIM : 856103927
Anak usia dini sangat sulit untuk berimajinasi dan juga sulit untuk menuangkan ide-ide dalam bentuk gambar. Anak usia dini cenderung meniru gambar buatan guru atau melihat gambar yang dibuat oleh temannya. Hal ini dapat menyebabkan anak tidak kreatif dan tidak tahu apa yang mesti dia gambar disaat guru meminta anak untuk menggambar bebas. Anak cenderung tidak mempunyai ide gambar apa yang bisa ia gambar. Untuk menggali ide dan imajinasi anak dalam menggambar dapat dilakukan dengan cara membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai dengan imajinasinya walaupun itu hanya gambar berupa garis lurus aataupun garis lengkung. Selain itu juga dapat dilakukan dengan cara guru memfasilitasi anak untuk menggali ide-ide atau imajinasi anak dengan mengajak anak ke halaman sekolah sehingga anak dapat menggambar apa yang ia lihat dengan terlebih dahulu guru melakukan interaksi atau bertanya kepada anak tentang apa saja yang ia lihat.
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Nama : Dian Safitri
Nim : 859816002
Pokjar : Rate – Rate
Setelah saya menonton video anak sulit berimajinasi ,tanggapan saya adalah sebaiknya guru harus terlebih dahulu memperlihatkan anak – anak pemandangan yang ada di sekitarnya agar sebelum anak – anak menggambar, imajinasi anak sudah terbentuk karna telah melihat secara nyata karna jika anak hanya melihat satu contoh gambar yang di perlihatkan oleh seorang guru kepada anak, maka imajinasi anak hanya terfokus pada satu gambar saja , maka guru harus lebih kreatif dalam membentuk imajinasi anak yaitu dengan metode yang lebih menarik ,contohnya guru dapat memperlihatkan anak sebuah video berbagai macam pemandangan atau berbagai macam foto pemandangan , cara ini juga dapat di lakukan oleh guru – guru yang sekolahnya kurang dalam hal pemandangan .
Nama : SRIAMI, NIM : 859658972 setelah menonton tayangan vedeo ” Pembelajaran anak sulit berimajinasi saat menggambar” .
Berdasarkan vedeo tersebut sangat bermanfaat khususnya bagi guru paud dalam mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar. Adapun cara untuk mengatasi anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar adalah:
Cara 1 : Anak diajak menggambar bebas apa saja yang anak mau yang ada dalam pikirannya.
Cara 2 : Anak diajak berkeliling lingkungan sekolah untuk melihat sesuatu dan bisa langsung digambar.
Cara 3 : Anak diberikan kertas untuk menggambar dan bebas dalam menggambar sesuai dengan apa yang dipikirkan.
Dan kita sebagai guru paud selalu memberi semangat dan pujian apapun yang digambar dan anak semakin senang dan bangga serta percaya diri dengan gambarannya, sehingga membuat anak kreatif, inovatif mengeluarkan ide-ide yang ada dipikirannya
Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh
menurut pendapat saya bahwa video tersebut sangat meninspirasi kami selaku guru paud dalam mengembangkan kemampuan imajinasi anak dimana anak secara lansung melalui pengalamannnya melihat lingkungan sekitar nya sebagai inspirasi menggambarnya ,stimulasi lingkungan membertikan pengalaman baru atau permainan imajinatif untuk anak yang sulit membangun gambaran dalam pikirannya.
wassalam.
Dari video diputar sangat menginspirasi sekali bagi pendidik PAUD dalam upaya merangsang imajinasi dan kreativitas anak didik. Strategi yang diterapkan guru tersebut sangat mudah dilakukan oleh guru dan mudah diikuti oleh anak didik. Salah satu strategi yang mudah dan dapat diikuti oleh anak adalah dengan mengajak keluar kelas untuk melihat berbagai macam hal yang ada di sekitar. Anak-anak akan dengan senang hati bila diajak keluar kelas, selain itu anak-anak akan lebih banyak mendapatkan bahan untuk dituangkan dalam gambar. Dengan keluar kelas anak-anak juga dapat sekalian tadabur alam, mensyukuri dan menghargai alam ciptaan Allah SWT.
Dengan guru memberi kebebasan pada anak dalam menggambar akan dapat membuat mood anak menjadi baik sehingga anak dapat membuat karya dalam hal ini adalah menggambar sesuai kemampuan dan minat atau keinginan anak.
NAMA :MELDA YANI
NIM : 859815483
Dalam video yang telah di putarkan di atas sangat menarik untuk dilakukan atau di tiru oleh para guru. Karena untuk memudahkan munculnya imajinasi anak akan lebih cepat ia tangkap atau pahami jika anak di ajak langsung atau terlibat langsung dengan sesuatu hal yang konkrit, di dalam video tersebut anak di berikan stimulus yang variatif dengan menceritakan cerita sebelum menggambar, mengajak anak bermain peran, atau memperkenalkan berbagai media seni. dan juga telah di lihat di video tersebut anak-anak di ajak untuk keluar kelas dengan melihat berbagai macam benda-benda dan tanaman yang ada di sekitar sekolah. secara langsung sangat penting karena memberi ruang anak untuk mengekspresikan ide-ide mereka tanpa takut salah.
selain itu juga sebagai pendidik kita bisa menayakan kepada anak, hal apa saja yang telah kita lakukan tadi sehingga anak-anak bisa menceritakan kembali apa yang telah ia lihat sehingga dapat menambah kosa kata anak dan anak dapat berkembang lebih optimal.
selain itu juga guru bisa memberikan kebebasan kepada anak pada saat menggambar dan tidak harus gambarannya sesuai dengan contoh yang di perlihatkan. dan usahakan anak belajar dengan keadaan yang nyaman dan bahagia.
Nama : Ekiwi Nuringati
NIM : 858000756
Dari video diputar sangat menginspirasi sekali bagi pendidik PAUD dalam upaya merangsang imajinasi dan kreativitas anak didik. Strategi yang diterapkan guru tersebut sangat mudah dilakukan oleh guru dan mudah diikuti oleh anak didik. Salah satu strategi yang mudah dan dapat diikuti oleh anak adalah dengan mengajak keluar kelas untuk melihat berbagai macam hal yang ada di sekitar. Anak-anak akan dengan senang hati bila diajak keluar kelas, selain itu anak-anak akan lebih banyak mendapatkan bahan untuk dituangkan dalam gambar. Dengan keluar kelas anak-anak juga dapat sekalian tadabur alam, mensyukuri dan menghargai alam ciptaan Allah SWT. Dengan guru memberi kebebasan pada anak dalam menggambar akan dapat membuat mood anak menjadi baik sehingga anak dapat membuat karya dalam hal ini adalah menggambar sesuai kemampuan dan minat atau keinginan anak.
Nama: Cinthia Setiawati
NIM : 859664793
Tugas Diskusi 2 Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini
Menurut saya, video ini sangat menarik karena memperlihatkan bagaimana guru mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar. Guru menggunakan pendekatan yang tepat, yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk memilih sendiri apa yang ingin digambar, serta mengajak anak mengamati lingkungan sekitar. Cara ini menurut saya efektif karena anak usia dini memang belajar lebih baik lewat pengalaman langsung dan kegiatan yang menyenangkan. Dengan melihat langsung, anak jadi lebih mudah membayangkan dan mengekspresikan apa yang mereka lihat ke dalam gambar.
Saya juga setuju bahwa guru perlu lebih banyak memberi stimulus, bukan hanya perintah, supaya anak-anak lebih berani berkreasi. Namun, mungkin akan lebih bagus kalau sebelum kegiatan menggambar, guru melakukan pembukaan atau pengantar supaya anak-anak lebih siap dan fokus.
Secara keseluruhan, saya sangat mendukung metode seperti ini dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak usia dini.
Terima Kasih