silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,342 Comments

  1. Setelah melihat vidio ini, saya menangkap bahwa anak akan merasa kesulitan dalam berimajinasi dalam menggambar bebas, anak cenderung banyak yang meniru contoh yang sudah digambarkan guru, dan banyak anak yang menggambar sama persis dengan contohnya, Kemudian setelah guru mengetahui hal ini kemudian guru memberikan metode lain agar anak dapat berimajinasi dalam menggambar bebas, Guru mengajak anak untuk keluar kelas melihat dan mengamati benda yang ada, anak disuruh menyebutkan apa saja yang dilihatnya, dengan demikian anak akan mengingatnya, setelah itu anak diberikan laginkesembatan untuk berimajinasi dalam menggambar dan metode ini berhasil dengan hasil gambaran anak yang bervariasi, ada yang mengggambar pohon, binatang, mobil, sayuran dan lain-lain

  2. Setelah melihat vidio ini, saya menangkap bahwa anak akan merasa kesulitan dalam berimajinasi dalam menggambar bebas, anak cenderung banyak yang meniru contoh yang sudah digambarkan guru, dan banyak anak yang menggambar sama persis dengan contohnya, Kemudian setelah guru mengetahui hal ini kemudian guru memberikan metode lain agar anak dapat berimajinasi dalam menggambar bebas, Guru mengajak anak untuk keluar kelas melihat dan mengamati benda yang ada, anak disuruh menyebutkan apa saja yang dilihatnya, dengan demikian anak akan mengingatnya, setelah itu anak diberikan laginkesembatan untuk berimajinasi dalam menggambar dan metode ini berhasil dengan hasil gambaran anak yang bervariasi, ada yang mengggambar pohon, binatang, mobil, sayuran dan lain-lain

  3. Dari vidio dia atas saya sangat setuju anak2 d ajak berjalan2 d halaman sehingga anak-anak bisa berimajinasi saat menggambar. Apa sja yang d lihatnya. Dan sering2 ajak anak2 mengenal apa sja yg d lihat serta tanya jawab. Jd anak2 akan gampang mengenal dan menghapalnya

  4. Strategi yang disampaikan bisa menginspirasi bagi guru. Dengan memberikan kebebasan pada anak-anak berimajinasi.

  5. Nama: Siti Nurfaida
    NIM: 858988005

    video diatas dapat memberi solusi terhadap guru yang menghadapi anak kesulitan dalam menggambarkan dan menceritakan imajinasi. anak-anak memiliki kemampuan dan minat yang berbeda-beda. sebagai seorang guru haruslah memahami itu dan perlu untuk mencari informasi dari literatur-literatur terpercaya terkait perkembangan dan kemampuan anak. seperti yang dikemukakan oleh Gardner (dalam Berliana, dkk. 2023) yang menyatakan bahwa pada hakikatnya setiap anak adalah anak yang cerdas. menurut Gardner anak kecerdasan majemuk / multiple intelligences yang berbeda-beda. jadi, perlu kiranya bagi guru untuk mempelajari teori tersebut.
    guru dalam video tersebut sangat memahami akan kemampuan dan minat anak yang berbeda-beda. maka dari itu ketika ada beberapa anak yang kesulitan dalam menggambarkan dan menceritakan imajinasi mereka guru tesebut mendampingi dan memberi solusi dengan mengajak siswa keluar kelas dan berkelilin ke halaman sekolah.

    referensi:
    Berliana, D., & Atikah, C. 2023. Teori Multiple Intelligences dan implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan
    (JCP) diakses di http://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jcp/i
    ndex

  6. ENDA ELYANI 856339226
    Reaksi anak terhadap proses pembelajaran yang dilakukan yaitu anak terlihat kesulitan menentukan idenya sendiri. Hal unik apa yang ditemui dalam video tersebut yaitu walaupun sudah diberikan kebebasan untuk menggambar tapi masih ada beberapa anak yang mengikuti Bu Lina menggambar pemandangan. Hal yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kualitas kegiatan pengembangan yaitu di dalam video, guru sudah melakukan berbagai metode seperti bercerita, tanya jawab, mengajak anak melihat halaman sekitar dan juga memberikan satu ide gambar, guru juga bisa menambahkan metode lain seperti memperlihatkan miniatur rumah, hewan, kendaraan dan lain-lain. Dengan tujuan untuk dapat mengembangkan imajinasi kreativitas anak.

  7. Menurut saya videonya bagus dan mudah dipahami untuk penyampaian materinya juga bisa menginspirasi bunda-bunda yang lain dalam menghadapi masalah yang sama seperti kasus di atas sangatlah membantu.
    Saran saya untuk video pembelajaran untuk pengembangan bahasa dari portal guru pintar ialah untuk lebih sering menambahkan video-video terbaru yang akan memotivasi dan memberi contoh pada guru-guru yang lain. Menurut saya sangat bermanfaat karena membantu guru dalam menstimulasi dan mendapatkan metode-metode yang baru dalam menghadapi suasana hati anak, cara didik, dan belajar pada anak dan banyak sekali mendapatkan metode baru dalam belajar. Terima kasih

  8. NAMA:RICINAWAR
    NIM :85870542
    vidio diatas menunjukan Pentingnya peran guru dalam mengembangkan imajinasi anak khususnya dalam kegiatan menggambar.guru sebagai fasilitator yang baik untuk memahami karakteristik setiap anak, anak untukm mengali ide ide kreatif anak ,guru cukup mengajak anak anak keluar kelas untuk menggambar apa yang mereka lihat diluar itu,dan guru juga harus memberi kebebasan kepada anak anak tersebut.guru harus mengajak anak berkomunikasi saat mendampinginya supaysmenjadi inspirasi anak lebih banyak.

  9. Nama. : Yuli Yani
    Nim : 877595738

    Program ini menggambarkan strategi seorang guru Taman Kanak-Kanak dalam mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi saat menggambar. Guru memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minatnya, lalu mengajak anak keluar kelas untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Setelah itu, anak diminta bercerita dan menggambarkan apa yang mereka lihat dan temukan di lapangan, sehingga imajinasi anak terstimulasi secara alami.

  10. Assalamualaikum wr. wb
    Nama : Durotul Maunah
    NIM : 860009686
    Izin untuk menyampaikan pendapat saya… Berdasarkan video yang berjudul Anak sulit berimajinasi saat menggambar. Guru dapat membantu siswa untuk belajar berimajinasi dengan mengajak siswa keluar kelas untuk menemukan ide kemudian meminta siswa untuk melihat apa saja yang ada disekitar. Setelah itu siswa diminta untuk menggambar benda yang dilihatnya.. Seperti saat diluar ia melihat kupu-kupu, ia bisa menggambar kupu-kupu.
    Terimakasih,
    Wassalamualaikum wr. wb

Leave a Reply