silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Saya Ajeng Rahma Azzahra dengan NIM 858013562 dari Prodi PGPAUD izin menanggapi video yang telah saya tonton pada pembelajaran PAUD, saya melihat video yang berjudul Anak sulit berimajinasi saat menggambar. Yaitu yang berisi upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. Video dari Guru Pintar sangat relevan dengan tantangan nyata yang dihadapi guru PAUD di lapangan. Penjelasan mengenai strategi pembelajaran yang konkret, seperti dalam video tentang anak yang kesulitan berimajinasi saat menggambar, sangat membantu karena memberikan gambaran langsung cara guru bisa menyiasati situasi tersebut. Penayangan kegiatan pembelajaran secara visual membuat strategi pembelajaran lebih mudah dipahami dan ditiru. Misalnya, penggunaan media nyata dan aktivitas luar ruangan untuk memicu imajinasi anak adalah metode yang sangat baik dan efektif.
Saran untuk Pengembangan Video Selanjutnya Akan lebih baik jika dalam setiap video disertai dengan refleksi dari guru yang bersangkutan atau pendapat dari anak-anak setelah kegiatan. Hal ini akan memberi gambaran lebih mendalam tentang efektivitas strategi yang diterapkan.
Sekian dan terimakasih..
Ijinkan saya untuk menyampaikan pendapat saya,setelah melihat video di atas saya dapat mengambil pelajaran tentang anak yang sulit berimajianasi saat menggambar guru dapat melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut dengan cara antara lain:
-Membebaskan anak meggambar apa saja
-Memfasilitasi anak untuk mendapatkan ide dengan cara mengajak anak berkeliling lingkungan sekolah
-Setelah berkeliling Mintalah anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang anak liat
Nama : Nursia S. Maluling
NIM : 859704027
Saya sangat setuju dengan strategi yang diterapkan oleh guru Taman Kanak-Kanak dalam video tersebut. Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai minatnya, guru dapat membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.
Mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan juga merupakan ide yang sangat bagus. Hal ini dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan observasi dan ekspresi diri mereka.
Saya percaya bahwa strategi ini dapat membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar menjadi lebih kreatif dan percaya diri dalam mengungkapkan ide-ide mereka. Guru tersebut telah menunjukkan pendekatan yang sangat positif dan mendukung dalam membantu anak mengembangkan kemampuan seni dan kreativitas mereka.
Secara keseluruhan, saya sangat mengapresiasi strategi yang diterapkan oleh guru tersebut dan percaya bahwa pendekatan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak lainnya yang mungkin mengalami kesulitan serupa.
Nama : Nursia S. Maluling
NIM : 859704027
Saya sangat setuju dengan strategi yang diterapkan oleh guru Taman Kanak-Kanak dalam video tersebut. Dengan memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai minatnya, guru dapat membantu meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak.
Mengajak anak keluar kelas dan meminta mereka untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan juga merupakan ide yang sangat bagus. Hal ini dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan observasi dan ekspresi diri mereka.
Saya percaya bahwa strategi ini dapat membantu anak yang sulit berimajinasi saat menggambar menjadi lebih kreatif dan percaya diri dalam mengungkapkan ide-ide mereka. Guru tersebut telah menunjukkan pendekatan yang sangat positif dan mendukung dalam membantu anak mengembangkan kemampuan seni dan kreativitas mereka.
Secara keseluruhan, saya sangat mengapresiasi strategi yang diterapkan oleh guru tersebut dan percaya bahwa pendekatan ini dapat bermanfaat bagi anak-anak lainnya yang mungkin mengalami kesulitan serupa.
Nama : Maria Mes
NIM : 858197286
Menanggapi video di atas, ” Anak Sulit berimajinasi saat menggambar “. Setelah saya menonton vidio tersebut, saya sangat terinspirasi dan termotivasi dengan strategi yang di terapkan guru pintar online,terutama dalam memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar bebas sesuai minat atau keinginan masing- masing anak agar imajinasinya tersalurkan. Sehingga guru memberikan ide agar anak lebih kreatif dan berimajinasi dengan cara membawa anak-anak keluar kelas untuk melihat pemandangan di luar agar apa yang mereka lihat mereka bisa bercerita dan mengekspresikan karya mereka sesuai apa yang mereka lihat atau mereka temukan di luar kelas.
nama : isni rahmawati
nim: 858332243
assalamualaikum wr wbizin memberi tanggapan pada video ini , dalam video ini saya dapat belajar bagiman cara mngatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar, murid saya sering sekali kesulitan saat di suruh menggambar bebas , dengan adanya video ini saya lebih tau bagaimana mengatasi ank yg sulit berimajinasi dan teknik apasaja yang harus di lakukan .
video ini sangat bermanfaat bagi guru pemula seperti saya. trimakasih wassalamualaikum wr wb.
Setelah saya menonton video tersebut, saya lebih memahami cara menanamkan pembelajaran dalam kelas anak usia dini seperti menggambar. Yang mana bagi anak usia dini yang sulit berimajinasi saat menggambar maka kita dapat mengarahkan anak-anak untuk meningkatkan kemampuan menggambar dengan cara menggambar bebas. Terimakasih🙏
Dari penjelasan video tersebut sangat betul dan bermanfaat bagi seorang guru yang sedang kesulitan dalam menghadapi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.
Dari penjelasan tersebut kita dapat mengetahui dengan memberikan solusi yaitu menggali ide dan membebaskan anak untuk menggambar sesuai keinginan mereka, mengajak anak keluar kelas.
Dengan demikian membantu saya sebagai guru dan membuka wawasan yang semakin luas.
Video anak sulit berimajinasi saat menggambar menunjukkan pendekatan yang baik dengan
memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat mereka. Namun, saya
menyarankan agar guru juga memperkenalkan variasi penggunaan alat gambar yang berbeda misalnya,
cat air, krayon untuk merangsang kreativitas anak lebih lanjut. Selain menggambar, guru dapat
mengenalkan konsep warna, bentuk, atau bahkan cerita yang berkaitan dengan gambar yang dibuat
anak. Ini dapat membantu anak mengaitkan imajinasi mereka dengan pengetahuan yang lebih luas.
Meskipun memberikan kebebasan itu penting, terkadang kita perlu Menyediakan beberapa gambar
atau cerita yang relevan sebelum mereka mulai menggambar sehingga membantu memicu imajinasi
mereka. Setelah anak menggambar, suruhlah anak untuk menceritakan tentang gambar mereka untuk
meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan sosial. Ini juga memberi mereka kesempatan untuk
mendengarkan pendapat teman-teman mereka.
Mizan Biki _858594614
menurut saya video tersebut sangat bermanfaat bagi saya mahasiswa. dari video tersebut saya belajar memahami cara mengatasi anak yang sulit berimajinasi saat menggambar.