silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,595 Comments

  1. Secara keseluruhan video tersebut sangat baik dan memotivasi sebagai guru, dalam aspek perkembangan kognitif pentingnya bagi anak untuk berpikir/bernalar/berimajinasi dengan memberikan kesempatan terhadap anak untuk menuangkan imajinasi mereka akan menjadi suatu kreatifitas anak yang menyenangkan membentuk sesuatu hal positif yang disukai anak2 tentunya tidak luoa apresiasi yang dberikan.

  2. Video ini sangat bermanfaat bagi para pendidik maupun orang tua dalam memahami mengapa anak terkadang mengalami kesulitan dalam berimajinasi saat menggambar. Penjelasan yang diberikan cukup jelas, dengan contoh konkret yang mudah dipahami. Saya sangat mengapresiasi tips praktis yang diberikan, seperti pentingnya membiasakan anak mengamati lingkungan sekitar dan memberi mereka ruang berekspresi tanpa tekanan. Materi ini membuka wawasan bahwa imajinasi tidak bisa dipaksakan, tetapi perlu dipupuk dengan stimulasi yang tepat. Terima kasih UT Guru Pintar atas konten edukatifnya.

  3. 1. Deskripsi Kasus:
    Video ini menampilkan seorang guru TK yang menghadapi anak-anak yang mengalami kesulitan dalam berimajinasi ketika menggambar. Masalah ini umum terjadi pada anak-anak usia dini yang belum terbiasa mengekspresikan diri melalui media visual.

    2. Strategi Guru dalam Mengatasi Masalah: Guru dalam video menggunakan beberapa strategi sebagai berikut:

    Memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuai minat dan pilihannya sendiri.

    Mengajak anak keluar kelas, agar anak dapat mengamati langsung lingkungan sekitar sebagai sumber ide menggambar.

    Meminta anak bercerita, yaitu menceritakan apa yang dilihat atau dialami selama di luar kelas.

    Menggambar berdasarkan pengalaman langsung, yaitu anak menggambarkan hal-hal yang ditemukan saat eksplorasi di luar kelas.

    3. Hasil atau Dampak dari Strategi Guru: Pendekatan ini secara bertahap membantu anak:

    Menumbuhkan rasa percaya diri untuk berkreasi.

    Memperluas wawasan dan sumber imajinasi dari pengalaman nyata.

    Menghubungkan antara pengalaman konkret dan ekspresi simbolik melalui gambar.

    4. Keterkaitan dengan Teori Pembelajaran: Strategi ini selaras dengan:

    Teori Vygotsky, yang menekankan pentingnya interaksi sosial dan pengalaman nyata dalam mengembangkan kemampuan berpikir dan berimajinasi anak.

    Pendekatan konstruktivistik, di mana anak membangun pengetahuan dari pengalaman langsung.

  4. NIM:858112842
    Nama: Supertini Diana Moda
    Semester 9
    Melalui video ini saya belajar bahwa apabila anak sulit untuk berimajinasi, maka yang dilakukan oleh guru yaitu berjalan di sekeliling sekolah dan memberitahu anak-anak untuk menggambar apa saja yang dilihat di luar. Oleh sebab itu guru harus mengetahui kekurangan atau hambatan yang dialami anak-anak dan menemukan solusi yang tepat dalam mengatasi kesulitan anak dalam berimajinasi.

  5. Nama : Triyanti
    NIM : 855713594

    Video ini memberikan contoh yang baik tentang bagaimana guru dapat mengembangkan kreativitas anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan mengajak mereka berpikir kritis tentang dunia di sekitar mereka. Mengajak anak-anak menggambar bebas berdasarkan pengamatan mereka di lingkungan sekitar adalah cara yang efektif untuk merangsang imajinasi dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Namun, video ini bisa lebih kaya jika menyertakan pendekatan lebih bervariasi dalam memberi stimulus pada imajinasi anak, seperti memperkenalkan berbagai teknik menggambar atau mengajak mereka mengeksplorasi ide yang lebih kompleks. Dengan demikian, anak-anak tidak hanya meniru, tetapi benar-benar mengembangkan ide mereka sendiri.

  6. Nama : Lina Trisnawati
    Nim : 859687017
    Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh
    Setelah saya melihat video dengan judul “Anak kesulitan berimajinasi saat menggambar” adalah hal yang sering kali kita jumpai saat kegiatan pembelajaran di kelas. Apalagi ketika anak-anak kita arahkan untuk menggambar bebas. Kebanyakan anak anak akan meniru apa yang diajarkan oleh gurunya. Dalam video tersebut akhirnya guru melakukan metode yang lain agar anak bisa berimajinasi saat menggambar dengan cara mengajak anak-anak keluar dan mengamati objek yang ada di luar kelas. Dengan melihat berbagai ojek yang dijumpai akhirnya anak anak ketika masuk kembali kedalam kelas gambar yang mereka hasilkan lebih bervariatif. Hal itu menunjukkan bahwa dengan mengajak anak melihat objek nyata secara langsung membuat imajinasi anak berkembang. Bisa juga dengan menambahkan alat menggambar yang lebih bervariatif lagi tidak hanya dengan krayon, serta iringan musik agar anak merasa lebih semangat, dan melakukan pendampingan kepada anak yang masih kesulitan. Diharapkan dengan perbaikan tersebut kegiatan menggambar menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan bagi anak anak, dan mereka tidak lagi merasa kesulitan atau kebingungan untuk menggambar apa. Terima kasih, wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

  7. NAMA : VAZIATUN HASANAH
    NIM : 857761891
    Judul Vidio :Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    Cara membantu anak untuk menggali imajinasi dalam bentuk gambar yaitu dengan berbagai cara :
    1.Membebaskan anak untuk menggambar apa saja sesuai imajinasi dan minat anak
    2.Guru memfasilitasi anak melihat lihat apa saja yang ada di sekitar sekolah
    3.Meminta anak bercerita apa yang telah dilihat di luar sekolah yang di gambarnya
    4.Guru melakukan tanya jawab hasil karya gambar mereka.
    Dengan demikian anak lebih kreatif menuangkan imajinasi dan ide ide mereka.

  8. Halo teman-teman, perkenalkan saya Made Lika Listiani. Nim 859666378
    Menurut saya, salah satu penyebab anak sulit berimajinasi saat menggambar adalah kurangnya stimulasi dari lingkungan sekitar, seperti minimnya akses ke buku cerita bergambar atau aktivitas yang merangsang imajinasi. Saya pernah mengamati adik saya sendiri yang awalnya hanya menggambar bentuk-bentuk sederhana, namun setelah sering diajak membaca buku cerita dan bermain peran, imajinasinya mulai berkembang dan hasil gambarnya menjadi lebih variatif.

  9. Nama : Wiwik Widiyastutik
    Nim : 858461146
    Dalam video ini sangat membantu kami dalam pembelajaran menggambar disekolah. Yang mana ketika pelajaran menggambar, anak lebih cenderung meniru ibu gurunya, walaupun kami sudah menyuruh untuk menggambar bebas.

  10. Nama : DIA PRIMULA RIPTI
    NIM : 858174794
    Setelah saya melihat video “Anak Kesulitan Berimajinasi Saat Menggambar” memberikan gambaran nyata dan inspiratif tentang bagaimana guru taman kanak-kanak dapat mengatasi masalah perkembangan kognitif, khususnya dalam hal imajinasi anak saat menggambar hal tersebut sangat menginspirasi saya secara pribadi sebagai guru TK. Strategi yang diterapkan guru, seperti mengajak anak keluar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar, memberi kebebasan anak memilih apa yang ingin digambar, serta mengaitkan pengalaman konkret dengan ekspresi visual, terbukti efektif dalam merangsang daya imajinasi anak. Pendekatan ini selaras dengan teori Vygotsky yang menekankan pentingnya pengalaman sosial dan nyata dalam perkembangan berpikir anak, serta pendekatan konstruktivistik yang menempatkan anak sebagai pembangun pengetahuan melalui eksplorasi. Hasilnya, anak menjadi lebih percaya diri, kreatif, dan tidak hanya meniru gambar, tetapi benar-benar mengembangkan ide sendiri.

Leave a Reply