silahkan klik icon jika video tidak dapat diputar
Sinopsis
Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.
Badru Zaman
Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.
Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.
Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.
Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..
–
Nama:muti’atul lutfiah
Nim :858181553
Vidio ini memberikan contoh yang baik bagi guru dapat mengembangkan kreativitas anak-anak dan membantu anak untuk menggali imajinasi dalam bentuk gambar.penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung serta memberikan apresiasi atas setiap usaha mereka dalam menggambar.berikut adalah beberapa faktor penyebab dan solusi untuk mengatasi kesulitan anak usia dini dalam berimajinasi dalam berimajinasi saat menggambar.
Nama:Muti’atul lutfiah
Nim :858181553
Vidio ini memberikan contoh yang baik tentang bagaimana guru dapat mengembangkan kreativitas anak-anak dengan cara yang menyenangkan dan mengajak mereka berpikir kritis tentang dunia di sekitar mereka.penting untuk menciptakan lingkungan yang mendukung dan merangsang imajinasi anak,serta memberikan apresiasi atas setiap usaha mereka dalam menggambar.
Nama : Catur Sariati, Nim : 858175109, Video yang menampilkan mengenai berimajinasi saat menggambar, di video tersebut ibu guru mencontohkan anak anak untuk menggambar pemandangan dan mereka juga disuruh menggambar yang lainnya. Tetapi banyak anak yang menggambar menjiplak gambar buguru dan sedikit anak menggambar sesuai apa yang di instruksikan buguru. Ketika buguru menyuruh anak berimajinasi dan menuangkan ide ide dalam bentuk gambar, ansk anak masih meniru gambar sebelumnya, contoh gambar ibu guru dan milik temannya. Secara langsung anak” menyebabkan tidak kreatif dan tidak bisa menggali imajinasinya. Untuk menggali imajinasi dan ide ide saat menggambar ibu guru mengajak anak anak keluar ruangan atau keluar di halaman sekolah. Setelah kembali ke kelas ibu guru menyuruh anak bercerita dan melakukan tanya jawab setelah itu anak anak disuruh ibu guru menggambar dengan buku gambar yang disediakan ibu guru, mereka menggambar dengan bebas apa yang telah dilihat diluar ruangan tersebut.
nama : nur sulaekah
nim :858175155
judul video : anak sulit berimajinasi dalam mengambar
cara mengatasi anak dalam sulit mengambar adalah guru menfasilitasi anak untuk mengali ide-ide dan imajinasi anak dengan mengajak anak untuk melihat-lihat apa saja yang dlihat dihalaman sekolah.
guru juga bisa memberikan rangsangan visual seperti buku bergambar,menyediakan berbagai macam mainan yang merangsang kreativitas. selain itu penting juga untuk memberikan kebebasan pada anak untuk berkreasi tanpa batasan biarkan anak mengambar apa saja yang mereka suka,ini memungkinkan anak untuk mengeksplorasi ide-ide dan kreativitas serta mengapresiasikan setiap hasil karyanya. guru harus menunjukkan apresiasi atas setiap gambar yang dibuat anak,sekecil apapun itu,pujilah kreativitas dan usaha anak ,bukan hanya hasil akhirnya,dengan memberikan lingkungan yang mendukung dan berbagai stimulasi yang tepat,anak akan lebih mudah mengembangkan imajinasi mereka dalam menggambar
NAMA : IFTA ILMIYAH
NIM : 858175417
JUDUL VIDEO : ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGGAMBAR
Dalam video terebut memberikan beberapa contoh hal yang dapat dilakukan saat anak kesulitan untuk berimajinasi, seperti mengajak akan keluar dan berkeliling di sekitar sekolah atau mengajak anak berkeliling di lingkungan sekitar desa agar anak dapat melihat hal-hal yang dapat digambar atau diimajinasikan saat membuat gambar. selain itu, guru juga dapat merangsang imajinasi anak dengan memebrikan beberapa pertanyaan seputar hal yang dapat menarik minat anak untuk menggambar. serta memberi kebebasan pada anak untuk menggambar apa yang dia inginkan dapat membuat anak untuk memikirkan ide-ide yang lebih luas dalam menggambar