silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama ; ASTIK
    NIM : 858727196
    Prodi : BI – PG PAUD
    Judul : Anak Sulit berimajinasi pada saat menggambar
    Assalamualaikum….
    Video tersebut menayangkan tentang salah satu cara mengembangkan imajinasi anak dalam menggambar, menurut saya, video tersebut sudah bagus, guru mengajak anak untuk keluar ruangan agar anak dapat melihat secara langsung dan menuangkannya kedalam objek gambar imajinasi, anak menjadi terasah dan juga bisa megungkapkan pendapatnya sesuai dengan apa yang mereka lihat.

  2. Nama : Fitri Sri Maryanti
    NIM : 857501437
    POKJAR : MAN Awipari
    Jurusan : PGPAUD semester 2

    1. Kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam video tersebut sudah benar, ketika anak usia dini sulit berimajinasi dalam menggambar maka guru tersebut mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan melihat secara langsung obyek-obyek yang ada di halaman sekolah , sehingga dengan cara tersebut diharapkan anak usia dini yang sulit berimajinasi akan dapat membangun imajinasinya untuk menggambar obyek-obyek yang ada di halaman sesuai apa yang diinginkan anak usia dini.
    2. Menurut saya kelebihannya dalam video tersebut ketika anak usia dini sulit untuk berimajinasi ketika menggambar maka guru tersebut dengan segera melakukan metode mengajak anak usia dini mengamati langsung obyek yang ada di sekitar halaman sekolah sehingga diharapkan akan membangun imajinasi anak dalam menggambar sesuai dengan keinginan. Kegiatan anak yg di lakukan di luar kelas biasanya lebih menyenangkan, mudah di ingat ,dan mengembangkan perbendaharaan kata dalam bercerita terhadap apa yang anak lihat sesuai dengan kenyataan (konkrit)
    Kekurangan dalam video tersebut guru langsung memberikan arahan untuk menggambar sesuai dengan imajinasi anak usia dini. Sebaiknya guru tersebut bercerita terlebih dahulu dengan gerakan-gerakan yang sesuai, intonasi yang sesuai dengan cerita tersebut dan menggunakan alat peraga. Setelah itu mengajak anak-anak ber jalan-jalan di sekitar halaman sekolah untuk mengamati obyek-obyek secara langsung. Sehingga setelah guru bercerita dan mengajak anak usia dini berjalan-jalan di sekitar halaman sekolah diharapkan akan membangun imajinasi anak dalam hal menggambar.
    Metode bercerita merupakan satu cara yang bisa digunakan oleh guru dalam meningkatkan kreatifitas anak dalam menggambar, karena dengan mendengarkan cerita anak bisa menumbuhkan imajinasi mereka karena metode bercerita merupakan penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dari guru kepada anak didik. Metode bercerita dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan, memberikan keterangan atau penjelasan tentang hal baru dalam rangka penyampaian pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dasar anak PAUD.
    Selain itu guru tersebut harus selalu memotivasi anak agar anak tersebut lebih suka dan senang dalam mengerjakan sesuatu kegiatan . Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara peragaan atau memperagakan dengan gerakan gerakan tubuh,seperti gerakan tangan ,mata dll
    3. Untuk mengatasi permasalahan tersebut saya sebagai guru akan melakukan metode bercerita terlebih dahulu kepada anak, dengan gerakan-gerakan yang sesuai, intonasi yang sesuai dengan cerita tersebut dan menggunakan alat peraga. Setelah itu mengajak anak-anak ber jalan-jalan di sekitar halaman sekolah untuk mengamati obyek-obyek secara langsung. Sehingga setelah guru bercerita dan mengajak anak usia dini berjalan-jalan di sekitar halaman sekolah diharapkan akan membangun imajinasi anak dalam hal menggambar. Ketika anak usia dini sedang atau akan menggambar maka kita sebagai guru harus memberikan motivasi kepada anak untuk menggambar sesuai dengan imajinasinya. Disamping itu, guru melakukan agenda atau kunjungan sesuai dengan tema yang berlangsung, misalnya pada hari sabtu (sabtu gembira). Diharapkan dengan cara-cara tersebut diatas dapat mengatasi permasalahan anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar sehingga anak usia didik tidak hanya mampu meniru gambar yang disediakan namun bisa bereksplorasi sesuai dengan yang ada di dalam pikirannya.
    4. Metode bercerita merupakan satu cara yang bisa digunakan oleh guru dalam meningkatkan kreatifitas anak dalam menggambar, karena dengan mendengarkan cerita anak bisa menumbuhkan imajinasi mereka karena metode bercerita merupakan penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dari guru kepada anak didik. Metode bercerita dilaksanakan dalam upaya memperkenalkan, memberikan keterangan atau penjelasan tentang hal baru dalam rangka penyampaian pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi dasar anak PAUD.
    Metode kunjungan atau jalan-jalan ke lingkungan terdekat yang terjadwal misalkan setiap seminggu sekali atau sebulan sekali , misalnya ke kandang sapi, sehingga anak dapat mengetahui pengalaman baru dengan melihat secara langsung apa saja obyek yang ada di kandang sapi atau di sekitar kandang sapi.
    Metode karya wisata ke tempat yang jauh dari sekolah dan menarik untuk anak usia dini, anak usia dini akan sangat senang jika berkunjung ke tempat yang memang belum atau jarang dikunjungi, sehingga dari perasaan senang tersebut akan selalu teringat pengalaman ketika karya wisata, sehingga ketika guru menyuruh anak untuk menggambar sesuai imajinasi anak dapat melakukan hal tersebut karena banyak memori yang tersimpan dalam pikirannya sesuai dengan pengalamannya.

  3. Sri Mulyati
    857788026
    Menurut saya, pembelajaran di dalam vidio sudah bagus. Untuk meningkatkan imajinasi anak dalam menggambar, memang sebaiknya anak diajak ke luar kelas atau ke dunia yang sesungguhnya. Dengan anak diajak ke luar kelas maka anak bisa melihat apa saja yang ada di luar ruangan sehingga bisa menimbulkan imajinasi anak untuk menggambarkan atau menuangkan apa yang dia lihat dan dia rasakan, tidak hanya terfokus pada apa yang diajarkan guru, maupun hasil karya yang dihasilkan temannya.

  4. Nama : Kharisma Aprilia
    Nim : 857761569
    Fakultas / Prodi : FKIP / PGPAUD
    Judul Video : Anak Sulit Berimajinasi

    Tanggapan :
    1. Dalam video seorang sedang mengajar dengan kegiatan menggambar bebas sesuai apa yang dilihat disekitar, namun ada bebrapa anak yang merasa sulit untuk berimajinasi kemudian digambarkan sehingga kebanyakan dari mereka meniru contoh gambar dari guru atau teman lainnya.
    2. Baiknya guru langsung tanggap menangani anak dengan solusi yang menurut saya sudah tepat dengan mengajak anak berkeliling lingkungan luar sekolah supaya anak melihat langsung benda yang ada disekitar. Dan pada dasarnya anak usia dini belajar sambil bermain yang mudah diingat, menyenangkan, serta mengembangakan bahasa anak yang nantinya akan bercerita apa yang telah dilihat di luar sekolah.
    3. Namun, menurut saya metode yang digunakan guru masih kurang tepat dalam urutannya. Sebelumnya pastikan anak nyaman dengan kegiatannya. Pertama yang saya lakukan jika diposisi guru adalah mambaca buku cerita untuk memperkaya fantasi anak. Pilih buku dengan gambar besar dan berwarna. Tunjukkan gambar apa saja yang ada dalam buku, gunakan suara berbeda untuk tiap karakter, dan bicarakan apa yang terjadi atau akan terjadi. Kemudian bisa menyediakan properti sederhana di dalam kelas sebagai contoh. Dilanjut dengan mengajak anak bermain di luat sekolah menjadi solusi apabila anak masih kesulitan berimajinasi. Selanjutnya, jika anak selesai menggambar berikan apresiasi yang membuat merasa bangga dengan hasil karyanya namun tidak berlebihan.

    Sekian, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam menanggapi video.
    Terimakasih, Wassalamu’alaikum wr. wb.

  5. Nama : Faizatur Rohmah Aszahroh
    NIM : 858164453
    Video pembelajaran tersebut bercerita tentang anak yang belum bisa menuangkan imajinasinya dalam menggambar. Pada awalnya guru memberikan contoh menggambar pemandangan, dan guru meminta anak untuk menggambar bebas sesuai imajinasi mereka. Tetapi kebanyakan anak menirukan apa yang digambar oleh guru. Kemudian guru mengajak anak untuk keluar kelas mengamati apa yang ada di luar kelas dan apa saja yang bisa mereka gambar sesuai yang mereka lihat di luar kelas. Kemudian guru meminta anak menggambar apa yang mereka lihat.
    Dari video tersebut guru sudah melakukan strategi dengan baik. Namun, lebih baik sebelum meminta anak menggambar, terlebih dahulu guru memberikan contoh atau cerita yang akan membuat imajinasi anak keluar dan barulah guru meminta anak menggambar sesuai dengan imajinasinya.

  6. Anak sulit berimajinasi
    setelah saya melihat video di GPO tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar maka, menurut saya, yang di lakukan guru sudah benar, sehingga vidio di atas menjelaskan seorang pendidik yang mengajak anak didiknya untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar tetapi malah yang terjadi adalah anak kurang kreatif dan meniru gambar, sehingga guru memberikan stimulasi kepada anak – anak untuk mengajak anak melihat dan mengamati benda-benda di sekitarnya. Kemudian guru mengajak kembali anak untuk menggambar kembali apa yang di lihat oleh anak. Metode ini sangat membantu untuk mengatasi imajinasi anak pada saat menggambar dan memberikan fasilitas dengan cara memaanfaatkan media di luar kelas sehingga anak dapat bercerita apa saja yang mereka lihat. sehingga saat anak di suruh menggambar bebas anak sudah bisa berimajinasi saat menggambar dengan objek yang di lihatnya

  7. Nama : Heni Kurinah
    NIM : 858749059
    Dalam video guru mengundang anak-anak menggambar bebas, menurut imajinasi mereka. akan tetapi guru memberikan contoh gambar pemandangan, yang membuat sebagian besar anak terpaku dan mencontoh gambar dari guru. sehingga yang dilakukan guru berikutnya adalah membawa anak-anak keluar kelas dan melihat apa saja yang ada di luar kelas, sehingga mereka memiliki ide untuk menggambar sesuai dengan imajinasi mereka. menurut saya yang dilakukan guru sudah benar, karena anak usia dini pemikirannya adalah hal konkrit, mereka akan kesulitan jika kita meminta mereka untuk berimajinasi atau membayangkan. oleh karena itu dengan mengeksplorasi langsung benda atau tempat yang dipelajari akan mempermudah anak untuk belajar.

  8. Nama : Hairiah
    Nim : 858306635
    Program studi : PG PAUD
    Judul : anak sulit berimajinasi saat menggambar
    Dari video di atas yang saya lihat seorang guru menyuruh anak untuk menggambar untuk berimajinasi tentang pemandangan. Tetapi guru mencontohkan gambar satu pemandangan di papan tulis maka anak-anak hanya terfokus pada gambar ibu guru saja. Tahapan guru yang satu nya lagi sudah benar melakukan pengumpulan informasi tentang pemandangan dengan menyuruh anak-anak bereksplor membawa anak-anak jalan-jalan di lingkungan sekitar di area sekolah. Setelah itu ibu guru melakukan tanya jawab apa saja yang dilihat untuk melatih daya ingat anak dan setelah itu ibu guru menyuruh anak-anak untuk berimajinasi dengan menggambar bebas apa yang Anda lihat tadi di lingkungan sekitar.

  9. Nama: Netti Rahmayani
    Nim: 858750884
    Vidio tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar, menurut saya guru pendidik sudah benar dengan memberikan contoh menggambar pemandangan. dan guru memberikan kebebasan untuk menggambar sesuai dengan imajinasi anak didik. lalu guru membagikan buku gambar sebagai media untuk menggamabr bebas. pada saat proses menggambar yang terjadi anak meniru contoh gambar yang dajarkan oleh guru atau meniru gambar temannya, sehingga anak tidak kreatif dan belum terbiasa menggali imajinasinya dalam bentuk gambagr. setelah itu guru mengajak anak-anak untuk melihat dan mengamati benda-benda di sekitarnya. setelah itu guru menanyakan kembali tentang apa yang telah dilihat oleh anak dihalaman sekolah. lalu guru membagikan buku gambar dan menyuruh anak untuk menggambar kembali tentang apa yang dilihat oleh anak dihalaman sekolah.

  10. Nama : Zhidnie Ilma
    NIM : 858862845
    Prodi : S1 PGPAUD

    Anak Sulit Berimajinasi saat menggambar

    Dari video tersebut,dapat disimpulkan bahwa salah satu kesulitan anak usia dini yaitu menggambarkan apa yang mereka lihat. Anak cenderung tidak percaya diri atau takut apabila guru memberikan tugas untuk menggambar,namun ada juga anak yang gemar sekali menggambar. Tidak dapat dipungkiri anak seringkali mengeluh bahwa tidak bisa menggambar, karena anak memiliki pemahaman bahwa menggambar harus mirip dengan benda yang mereka lihat. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam mengembangkan imajinasi anak saat menggambar seperti yang ada di video tersebut yaitu :
    • Mengajak anak mengelilingi lingkungan sekolah/bereksplorasi terhadap lingkungan.
    • Memberikan acuan kepada anak untuk menggambar sesuai apa yang mereka lihat.
    • Menanyakan hal apa yang mereka sukai,untuk dituangkan dalam model gambaran.
    • Memberikan contoh gambaran yang mudah untuk ditiru anak-anak.
    Dan untuk selebihnya video tersebut sudah bagus dalam menstimulasi anak-anak untuk berimajinasi dalam menggambar.

Leave a Reply