silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. NAMA : WILDAYANI
    NIM : 859404851
    Program di atas menayangkan upaya seorang guru di Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan. nah, menurut saya strategi yang di gunakan guru tersebut sudah bak karena tidak mendikte anak untuk bisa berimajinasi,

  2. dalam menggambar bebas sebaiknya jangan di beri contoh dahulu kita sampaikan temanya. jika ketrbatas tempat kita bisa memperlihatkan dalam bentuk vidio sehingga anak mudah mendapatkan gambaran yang ia gambar.
    dalam vidio itu anak terpaku dengan contoh yang di gambarkan ibu lina

  3. Nama : Khoirun Niswatin
    Nim : 859625215
    PG PAUD semerter 3
    Pokjar merauke
    Judul : Anak sulit berimajinasi saat menggambar

    Dari video pembelajaran tentang anak sulit berimajinasi saat menggambar, video yang saya amati sangat menarik karena guru menjelaskan bagaimana menggambar menurut imajinasi anak-anak itu sendiri. Dengan mengajak anak-anak untuk melihat apa saja yang ada dilingkungan sekolah, sehingga anak-anak dapat menuangkan kedalam imajinasinya dan mengeksplor bakat yang ada pada diri anak itu sendiri.

  4. Bismillah
    Nama : Niadaniati
    Nim : 859409116
    Program Studi : PG PAUD
    Menurut saya, setelah melihat video tersebut tentang “Anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar”. Terdapat perbedaan yang dihasilkan berdasarkan pemikiran anak antara sebelum dan sesudah guru mengajak anak keluar sekolah untuk melihat objek-objek yang terdapat di sekitar sekolah.
    Pada saat anak ditugaskan untuk menggambar sesuai imajinasinya, hasil dari gambarannya yaitu kebanyakan meniru dari yang telah dicontohkan oleh guru. Hal ini berarti anak belum memahami bagaimana cara menggunakan imajinasinya. Maka dari itu, guru memiliki cara dengan mengajak anak keluar sekolah untuk melihat objek-objek yang terdapat di sekitar sekolah dengan menjelaskan masing-masing objek tersebut.
    Setelah itu, anak diajak masuk ke dalam kelas dan guru menugaskan anak kembali untuk menggambar sesuai dengan imajinasi berdasarkan objek yang telah dilihatnya di luar sekitar sekolah tadi. Sehingga hasil dari gambaran mereka sudah sesuai dengan yang ditugaskan oleh guru. Dan tidak ada satupun dari anak yang menghasilkan gambar yang sama.

  5. NAMA : SRI UTAMI
    NIM : 858566925
    Dari tayangan video di atas menurut saya cara guru dalam menstimulasi agar anak bisa konsentrasi dalam menggambar bebas sudah tepat, dengan mengajak anak keluar dari ruangan kelas, jadi anak bisa berekspresi sesuai apa yang di lihat dan di amati di alam bebas, cuma kelemahannya di awal guru sudah memberi gambaran tentang apa yang harus di gambar anak nanti dengan memberi contoh seperti apa yang di gambar guru yaitu pemandangan, otomatis anak terinspirasi dari apa yang dilihat pertama kali, itu yang bakal di gambar anak.

  6. Nama : FARA SOVIKA
    NIM : 856260528
    Prodi : S1 PGPAUD
    Dari UPBJJ Padang
    Tentang video : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    Dari video di atas di jelaskan guru belum merangsang imajinasi anak,jadi anak cendrung meniru gambar yang guru contohkan,
    Untuk merangsang imajinasi anak bisa di lakaukan dengan :
    1. Bercerita dulu kepada anak
    Dengan bercerita anak bisa mengembangkan daya hayal dan imajinasinya
    2. Mengajak berkreasi dengan melihat benda sekeliling yang bisa anak jadikan sumber imajinasinya.misalnya melihat bendanya langsung .
    3. Bermain peran dulu
    Bisa saja guru menirukan gerak sesuatu, jadi anak mudah berimajinasi

  7. Judul : Anak Sulit Berimajinasi saat Menggambar
    Nama pengembang video
    – Naskah : Netti Herawati
    – Penelaah Materi : Siti Aisyah
    – Penelaah Media : Trini Prastati
    – Sutradara : Donny Harsabudhi
    – Lokasi : di dalam kelas dan di halaman sekolah
    – Kelompok anak : usia TK
    Ringkasan materi dalam video :
    Cara/strategi dan upaya seorang guru dalam mengatasi anak-anak yang sulit berimajinasi saat menggambar sangat penting. Strategi yang dilakukan dengan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menggambar bebas sesuai dengan minat anak. Kemudian mengajak anak keluar kelas untuk melihat halaman sekolah untuk memunculkan imajinasi dan kreatifitasnya melalui bercerita apa yang dilihat di halaman kemudian menggambarnya.
    b. Ya, guru sudah menerapkan prinsip asesmen dan evaluasi untuk anak usia dini. Dalam video guru melakukan asesmen, terlihat guru mempersiapkan strategi pembelajaran, alat dan bahan untuk kegiatan menggambar. Strategi pertama yang digunakan yaitu dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk menggambar bebas dengan memberikan contoh gambar, saat kegiatan guru mengamati proses pembelajaran dan ternyata anak belum bisa memunculkan imajinasinya, guru mengumpulkan hasil karya anak, namun anak-anak malah mengikuti contoh gambar dari gurunya.
    Kemudian guru mengevaluasi kegiatan dan strategi pertama dan menggunakan strategi ke 2 dengan mengajak anak keluar kelas untuk mengamati halaman sekolah, apa saja yang ada di lingkungan sekolah. untuk memunculkan imajinasi anak guru meminta anak bercerita tentang apa saja yang dilihat di halaman kemudian meminta anak menggambarnya. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung, guru mengamati dan memperhatikan proses belajar anak.
    c. Menurut pendapat saya, pembelajaran dalam video sudah bagus, cara berkomunikasi dengan anak dan interaksi dengan anak sudah baik. Selain memberikan contoh gambar dan melihat pengalaman secara langsung untuk memunculkan imajinasi anak, guru juga bisa menggunakan buku cerita bergambar dan membacakan pada anak dengan intonasi Yang baik sebelum kegiatan menggambar di mulai, bisa juga mengajak anak melihat video cerita yang menarik untuk memunculkan imajinasinya.

  8. menurut pendapat saya, pembelajaran dalam video sudah bagus, cara berkomunikasi dengan anak dan interaksi dengan anak sudah baik. Selain memberikan contoh gambar dan melihat pengalaman secara langsung untuk memunculkan imajinasi anak, guru juga bisa menggunakan buku cerita bergambar dan membacakan pada anak dengan intonasi Yang baik sebelum kegiatan menggambar di mulai, bisa juga mengajak anak melihat video cerita yang menarik untuk memunculkan imajinasinya.

  9. Nama : Aam Patmawati
    Nim : 857500618

    Pendapat saya di seri pengembangan kognitif di bagian judul anak sulit berimajinasi saat menggambar.

    Menurut saya apa yang di lakukan guru dalam Vidio tersebut sudah benar namun di sini anak itu sulit untuk imajinasi nya dan menggambar nya pemandangan nah alangkah baik nya sebelum melakukan kegiatan menggambar guru itu meminta anak keluar sekolah terlebih dahulu apa yang mereka lihat di lingkungan sekitar , kalau dalam Vidio melihat ke halaman sekolah itu setelah anak-anak sudah pada menggambar pemandangan . Terimakasih

  10. NAMA :HANIATURROSIDAH
    NIM :858742816
    UPBJJ UT : SURABAYA
    JUDUL VIDIO : SERI PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN KOGNITIF PAUD DENGAN JUDUL “ANAK SULIT BERIMAJINASI SAAT MENGAMBAR ”
    Ringakasan dalam Vidio 1
    Guru langsung mencotohkan gambar di papan tulis dan guru langsung menyuruh peserta didik untuk mengambar langsung.
    dalam vidio ini kelebihannya adalah guru sudah mencotohkan mengambar di papan tulis
    dalam vidio ini kelemahannya adalah anak masih belum bisa berimajinasi bebas untuk menggambar apa jadi anak lebih mencontoh gambar yang ada di papan tulis dan meihat gambar temannya
    proses pembelajarannya guru langsung mencotohkan di papan di dalam kelas,siswa langsung di suruh untuk mengambil krayon dan guru membagikan buku tulis kepada anak dan guru menyuruh siswa untuk menggambar bebas.jadi siwa masih binggung dan tidak faham apa yang ingin di gambar,
    settingan kelas seharusnya guru menceritahkan tema hari ini dan memberi semnagt kepas siswa dan guru memberikan percikan atau cerita-cerita agar anak bisa membayangkan kegiatan yang mau di gambar pada hari itu,
    kesesuan proses pembelajaran dalam vidio ini adalah guru bisa langsung menilai hasil karya anak
    Ringkasan dalam vidio 2
    Guru mengajak peserta didik melihat di luar kelas pemandangan di luar kelas,anak melihat lihat di dalam halaman ad apa saja,dan guru menyusruh satu murid untuk maju ke depan untuk menceritakan apa saja yang dia lihat di halaman sekolah.
    dalam vidio ini kelebihan vidio pembelajaran tersebut adalah guru sudah membuat siswa berimajainasi dengan cara mengajak jalan jalan anak anak ke halaman sekolah jadi anak bisa praktek angsung atau melihat langsung ada pa saja di halaman sekolah.
    kelemahan dalam pembelajaran tersebuta adalah guru juga harus mejelaskan ada apa saja di halaman memberi tanya jawab kepada siswa agar siwa mengamati dan guru juga memberi sedikit stimulus kepada siswa.
    proses pembelajaran dalam kegiatan ini sudah bagus anak sudah di ajak guru untuk praktek langsung atau jalan jalan di halaman dengan meihat pemandangan,rumah pak satpan,mobil,pohon kelapa,tempat sampah,bunga bunga dan gedung sekolah.
    settingan kelas dalam vidio ini guru harus menjelaskan sedikit tentang teman hari ini,guru mengajak siswa jalan -jalan di lapangan ,guru juga memberi stimulus kepada anak anak.guru juga sudah bagus karna ada anak yang di suruh untuj bercerita ke depan tentangf kegiatan jalan -jalan hari ini bagaimana.
    kesusuaian proses pembelajaran sudah bagus guru sudah mengajak anak melihat langsung jadi anak sudah mebimajinasi dengan apa yang di lihatnya atau punya gambaran,

Leave a Reply