silahkan klik icon    jika video tidak dapat diputar

Sinopsis

Program ini menggambarkan upaya seorang guru Taman kanak-kanak untuk mengatasi anak yang sulit berimajinasi pada saat menggambar. Strategi yang diterapkan guru tersebut anatara lain: memberikan kebebasan kepada anak untuk menggambar sesuatu sesuai dengan minat anak, mengajak anak keluar kelas, kemudian meminta anak untuk bercerita dan menggambarkan apa yang ditemukan di lapangan.

Badru Zaman

Secara umum tujuan tayangan video dalam pembelajaran sudah tercapai, yaitu menggambarkan kondisi anak yang sulit berimajinasi ketika diminta guru untuk menggambar serta alternatif pemecahan masalahnya. Kesulitan anak berimajinasi ini muncul terutama ketika guru terlebih dahulu memberikan contoh gambar kepada anak. Anak cenderung meniru apa yang digambar oleh guru.

Berdasarkan tayangan video, kegiatan yang dilakukan oleh guru terpotong (langsung kegiatan guru memberikan contoh gambar pada anak); sehingga tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.

Pendekatan atau strategi yang digunakan oleh guru untuk mengatasi permasalahan anak tersebut sudah tepat, yaitu meminta anak untuk melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga anak dapat menggambar sesuai apa yang dilihatnya.Usulan perbaikan: sebaiknya ditambahkan sedikit teori tentang tahapan perkembangan kognitif anak, khususnya mengenai tahap imitasi (meniru), sehingga penyampaian permasalahan dapat lebih diperkaya.

Della Raymena Jovanka, S.Pd., M.Si.

Secara keseluruhan dalam tayangan video pembelajaran, guru mengajak
anak-anak didiknya untuk melakukan kegiatan menggambar bebas serta anak
diberi kebebasan untuk menuangkan ide-ide cemerlangnya namun dalam isi
bembelajaran anak anak anak menemukan hambatan untuk mengambar, agar
anak anak dapat menuangkan ide ide cemerlang guru mengajak anak didik
untuk melihat benda –benda yang ada disekitar sekolah dengan begitu anak
didik dapat langsung melihat media yang akan dituangkan lewat
menggambar sesuai tingkat perkembangan anak didik dan kegiatan
pembelajaran menggambar bebas sesuai kurikulum yang berlaku..

Similar Posts

2,594 Comments

  1. Nama : Mareta tifani intan latifa
    NIM : 857728432
    PBJJ-UT : Semarang
    Pokjar : Kota Rembang
    JURUSAN : S1 PGPAUD
    Setelah mengamati video diatas dengan judul anak mengalami kesulitan dalam berimajinasi maka menurut pendapat saya, metode dan strategi pengembangan yang dilakukan oleh pendidik sudah tepat dengan mengajak anak – anak untuk berjalan – jalan guna untuk mengembangkan imajinasi mereka, anak – anak juga diminta untuk menceritakan apa saja yang dilihatnya tanpa ragu – ragu, dengan kegiatan ini memberikan motivasi dalam mengembangkan kepercayaan diri anak. Dan juga beri kebebasan kepada anak untuk menuangkan ide dalam coret mencoret

  2. Nama : Lilik Himmatus Sa’adah
    Nim : 857728425

    Bagi anak-anak, berimajinasi merupakan kebutuhan alaminya dan bukan
    bentuk kemalasan. Imajinasi anak bisa saja lahir sebagai hasil imitasi, meniru
    dari tayangan yang ditontonnya atau pengaruh dari dongeng dan cerita yang
    didengarnya. Tetapi, imajinasi juga bisa muncul secara murni dari dalam
    benaknya, sebagai hasil mengolah apa yang ia ketahui. Manfaaat dari
    imajinasi bagi anak salah satunya adalah anak menjadi terampil bersosialisasi;
    anak menjadi pandai aktif, berpikir kritis, dan kreatif; menambah pengetahuan
    anak; dapat memunculkan bakat anak, dan lain-lain. Dalam proses menggambar, diperlukan daya imajinasi. Daya imajinasi menggambar adalah
    kemampuan individu dalam membayangkan dan menciptakan sesuatu dalam
    bentuk grafis di atas sebuah permukaan.
    Jika kita mampu mengasah, mengembangkan, dan mengelola imajinasi
    anak, maka berimajinasi akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan
    kecerdasan kreatifnya, serta membuatnya lebih produktif karena potensi dan
    kemampuan imajinatif anak merupakan proses awal tumbuhkembangnya daya
    cipta dalam diri anak yang boleh jadi menghasilkan sebuah kreasi yang
    menarik dan bermanfaat untuk perkembangan kepribadiannya.
    Nah, jadi upaya yang dilakukan guru dalam video tersebut sudah baik dan dapat ditiru oleh guru lainnya.

    Terimakasih

  3. Nama : Tilai
    NIM : 825981668
    UPBJJ UT – Jakarta
    Pada ada video tersebut, guru hanya menunjukkan satu contoh gambar, sehingga anak-anak cenderung meniru gambar tersebut karena sifat imitatif anak pada usia dini. Sebaiknya, guru memberikan beberapa contoh gambar yang berbeda agar anak-anak memiliki pilihan dan dapat memilih objek yang ingin mereka gambar.

    Guru telah melakukan perbaikan dengan mengajak anak-anak untuk keluar kelas dan mendapatkan ide dari objek di sekitar sekolah. Namun, video tidak menampilkan hasil gambar anak setelah mereka melihat pemandangan di luar kelas. Menurut saya, sebaiknya kegiatan jalan-jalan dilakukan sebelum kegiatan menggambar bebas, sehingga anak-anak dapat berkreasi sesuai dengan apa yang mereka lihat di luar kelas dan tidak terpaku pada contoh yang diberikan oleh guru.

    Adapun pertanyaan pemantik yang dilakukan guru setelah anak-anak keluar kelas, sudah tepat dilakukan. Hal tersebut dapat meningkatkan daya ingat anak dan membantu mereka menemukan ide-ide yang akan mereka gambar.

  4. Nama: Wilandaoni Sibarani
    Nim: 857065504
    Program studi: PG PAUD semester 8

    video tersebut sudah cukup baik dalam menjelaskan bagaimana cara guru agar dapat membangun imajinasi anak dalam menggambar. dalam video dijelaskan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh guru, dan menurut saya itu sudah tepat. karena biasanya guru mencontohkan gambar yang sudah dibuat untuk diikuti oleh anak sehingga dalam hal ini anak hanya mencontoh dan tidak berkembang imajinasinya untuk menggambar bebas. menurut saya dalam video terseut sudah tepat cara-cara yang dapat dilakukan guru dalam mengembangkan imajinasi anak saat menggambar, seperti:
    1. mengajak anak ke halaman sekolah untuk melihat pemandangan yang ada disekitarnya
    2. berdiskusi tentang hal-hal yang anak minati/sukai, kemudian guuru bisa meminta anak untuk menggambarkan apa yang dia sukai
    3. ajak anak untuk menggambar bebas sesuai dengan yang diinginkan, dan jangan paksa untuk anak menggambar mengikuti contoh yang ada
    4. selanjutnya guru bisa memanggil anak satu persatu maju kedepan untuk menceritakan apa yang sudah digambarnya kepada teman-temannya

  5. Menurut saya, untuk dapat menggali kreatif anak dalam menggambar guru dapat memberikan pertanyaan terbuka kepada anak misal saat mau berangkat sekolah apa saja yang dapat dilihat saat berada dalam perjalanan, atau membacakan buku cerita, mengajak anak melihat disekeliling misal di dalam sekolah ada apa saja anak diminta menyebutkan dan mencob untuk menggambar benda yang disebutnya, atau menanyakan apa yang disukai anak dan memintanya untuk menggambar kannya serta menceritakan nya

  6. Setelah saya melihat video tentang pembelajaran tentang bagaimana cara membangun imajinasi anak saat menggambar.
    Guru dalam memberi contoh saat menggambar pasti anak-anak akan meniru gambar yang di contohkan oleh guru tersebut.Di video tersebut menunjukkan guru memberi satu contoh gambar yang sifat imitatif aud muncul di sana. Bisa jadi sebagai guru memberi pemahaman terlebih dahulu apa itu imajinasi sehingga anak- anak dengan mudah membayangkan gambar yang ada di angan- angan anak- anak sendiri, dan di beri contoh dengan beberapa gambar menurut bayangan anak- anak.
    Guru melakukan perbaikan dengan mengajak jalan- jalan untuk melihat alam di sekitarnya atau lingkungan sekitar sekolah itu juga bisa dilakukan karena dengan menunjukkan alam secara nyata anak- anak bisa muncul imajinasinya. Kemudian dengan memberi pertanyaan – pertanyaan pemantik dapat meningkatkan daya ingat anak

  7. Setelah mengamati video diatas pembelajaran yang dilakukan dalam kegiatan memberi kebebasan anak berimajinasi dalam menggambar sudah bagus.Guru sudah memberikan stimulus yang tepat terhadap anak . Langkah yang pertama guru menginstruksikan kepada anak diberi kebebasan untuk menggambar pemandangan apa saja sesuai imajinasi mereka. Akan tetapi masih banyak anak yang meniru menggambar sama persis yang telah dicontohkan guru di didepan kelas , karena sifat anak meniru terhadap apa yang dilihatnya .
    Banyak langkah yang kemudian dilakukan oleh guru agar anak dapat mengasah imajinasinya yaitu :

    1. Guru memberikan kebebasan anak untuk menggambar apa saja sesuai minat dan bakat kreativitas anak.
    2. Guru berusaha mengajak anak untuk melihat langsung objek yang ada di luar sekolah .Hal ini dapat memberikan kebebasan kepada anak karena mereka dapat mengeksplor pemandangan yang ada di sekitar sekolah . Menjadikan mereka memunculkan ide-ide baru dalam menghasilkan sebuah karya.
    3. Guru juga memberikan kesempatan kepada anak untuk mempresentasikan hasil karyanya yang telah dibuat . Mereka menceritakan kembali hasil karyanya sehingga orang lain dapat mengetahui apa tujuan dari gambar yang telah dibuat .Langkah ini juga dapat mengetahui tingkat perkembangan bahasa sejauh mana mereka memahami instruksi yang telah diberikan guru.
    Sebaiknya guru memberikan penguatan kepada anak berupa penghargaan atau reward kepada anak misalnya stiker bintang , ucapan pujian kepada anak , instruksi secara nonverbal berupa ajungan jempol. Sehingga anak akan merasa lebih senang dan bersemangat dalam melakukan kegiatan pembelajaran

  8. Nama: Sari Indrawati
    NIM: 857081895

    Video ini menunjukkan tidak sedikit dari anak yang mengalami masalah dalam berimajinasi saat akan berkarya terkhusus pada bidang menggambar. Untuk menunjang perkembangan anak dalam berimajinasi, sebagai guru kita memberikan fasilitas(media) yang dapat menggugah rasa ingin tahu dan imajinasi anak lebih dalam. Selain itu kita juga perlu memberikan anak kebebasan dalam berkreasi, mereka perlu mengeksplor didunia mereka, sebagai fasilitator kita dapat memberikan arahan yang bersifat membimbing kepada anak.

  9. Nama : Dewin Zaqiatul Mazidah
    NIM : 858837597
    PGPAUD
    Video : “Sulit berimajinasi saat menggambar”

    Dalam video tersebut langkah – langkah yang dilakukan guru dalam menstimulus kreativitas anak dalam menggambar sudah tepat yaitu guru mengajak anak keluar kelas mengamati lingkungan sekitar dengan begitu anak mempunyai gambaran tentang berbagai macam objek yang akan digambar setelah anak -anak diajak mengamati kemudian anak disuruh untuk menceritakan tentang berbagai macam objek yang telah ditemukan setelah melakukan pengamatan tujuannya untuk mengetahui seberapa banyak macam-macam objek yang telah dilihat anak.
    Bagi anak yang mampu bercerita dan mampu menggambar sesuai imajinasinya sendiri bisa dikasih reward berupa pujian ataupun yang lainnya.

  10. Nama : Titik yuniarsih
    NIM : 857689774

    Ada beberapa kekurangan atau kelemahan yang dilakukan oleh guru yaitu, guru memberikan contoh gambar di papan tulis sehingga hampir semua anak mencontoh gambar yang ada di papan tulis, kedua tidak terlihat kegiatan pembukaan yang dilakukan oleh guru.
    Adapun kelebihan yang dilakukan oleh guru sebagai berikut:
    – Pendekatan atau strategi yang
    digunakan oleh guru untuk
    mengatasi permasalahan anak
    tersebut sudah tepat, yaitu meminta
    anak untuk melakukan pengamatan
    terhadap lingkungan sekitarnya
    sehingga anak dapat menggambar
    sesuai apa yang dilihatnya.
    – Guru melakukan tanya jawab dengan
    anak mengenai hasil karya yang
    dibuat mereka.
    -guru meminta anak untuk bercerita
    dan menggambarkan tentang apa
    yang dilihatnya.

Leave a Reply